Big Hero 6 (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Big Hero 6
Big Hero 6 (film) poster.jpg
Sutradara
Produser Roy Conli
Penulis
  • Don Hall
  • Jordan Roberts[1]
Berdasarkan Big Hero 6 
karya
Pemeran
Musik Henry Jackman[2]
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris

Big Hero 6 adalah film 3D superhero animasi komputer yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios, berdasarkan dari tim superhero Marvel Comics dengan nama yang sama. Film ini akan disutradarai oleh Don Hall, co-direktur Winnie the Pooh, dan Chris Williams, co-direktur Bolt. Ini menjadi film animasi yang ke-54 di Walt Disney Animated Classics series.

Film Big Hero 6 akan menjadi yang pertama dari produksi Disney animasi untuk menampilkan karakter Marvel sejak akuisisi The Walt Disney Company dari Marvel Entertainment pada tahun 2009. Film ini dirilis pada 7 November 2014 oleh Walt Disney Pictures.

Plot[sunting | sunting sumber]

Hiro Hamada adalah bocah ahli robotik berumur 14 tahun. Dia tinggal di kota metropolitan San-Fransokyo dan menghabiskan kesehariannya bergabung dalam pertarungan robot ilegal. Kakak Hiro, Tadashi takut Hiro akan menyia-nyiakan potensinya. Tadashi membawanya ke universitas tempatnya belajar, San-Fransokyo Institute of Technology (SFIT), di mana Hiro bertemu dengan teman-teman Tadashi. Mereka adalah Go Go Tomago, Fred, Wasabi No-Ginger,dan Honey Lemon. Begitu juga dengan Baymax, robot penjaga kesehatan pribadi yang diciptakan Tadashi. Hiro yang kagum, memutuskan untuk bergabung ke SFIT. Hiro kemudian mempersembahkan projectnya, Microbots untuk bisa masuk ke SFIT. Microbots adalah sekumpulan robot kecil yang dapat bergabung bersama membentuk apapun dalam setiap bayangan pengaturan. Profesor Callaghan, ketua dari program universitas, tertarik dengan project Hiro. Dengan demikian Hiro masuk ke dalam universitas itu.Lalu,Alistair Krei,presiden dari Tech Company berusaha untuk membeli ciptaan itu.Ketika api mulai membara di universitas tersebut,Tadashi masuk ke dalam untuk menyelamatkan Callaghan yang terjebak di dalamnya,namun ledakan terjadi,dan Tadashi pun terbunuh dalam universitas itu. Setelah kematian kakaknya,Hiro menjadi pendiam,dan mengasingkan dirinya dari teman-temannya.

Suatu hari,Hiro tidak sengaja mengaktifkan Baymax,secara bersamaan dia menemukan 1 microbot di saku jaketnya,microbot itu membawa mereka berdua ke satu rumah gudang yang sudah ditinggalkan.Di situ,Hiro menemukan bahwa seseorang telah menggandakan microbots ciptaannya dalam jumlah yang sangat banyak.Kemudian,dia diserang oleh orang bertopeng (Julukannya "Yokai") yang mengendalikan microbots ciptaannya.Mereka meloloskan diri,dan pergi ke kantor polisi.Tidak dapat meyakinkan polisi tentang dirinya yang diserang oleh Yokai,dia memutuskan untuk menangkap orang bertopeng itu.Dia memperbaharui Baymax dengan armor ciptaannya,dan memasangnya chip petarung.Di suatu tempat,Hiro terlibat dalam penyerangan Microbots Yokai bersama Go Go Tomago,Fred,Wasabi,dan Honey Lemon.Mereka segera melarikan diri dengan mobil van milik Wasabi.Van Wasabi tenggelam,Namun Baymax segera menolong mereka.Mereka pun melarikan diri ke mansion Fred.Di situ,Hiro membentuk sebuah kumpulan superhero yang terdiri dari Hiro,Honey Lemon,Baymax,Wasabi,Fred,dan Go Go Tomago.Hiro menciptakan armor untuk semua temannya,termasuk dirinya sendiri dan Baymax.

Mereka segera mengivestigasi laboratorium lama milik Krei Tech yang dulunya telah dipakai untuk menguji teknologi teleportasi.Ketika pilot tes yang mengendarai kendaraan menuju portal itu,pilot itu terjebak di dalamnya.Kemudian mereka diserang oleh Yokai,setelah pertarungan singkat,Hiro berhasil mencabut topengnya,dan mendapati bahwa orang itu adalah profesor Callaghan,Callaghan telah mencuri Microbots Hiro untuk menyelamatkan dirinya.Mengetahui bahwa Tadashi mati dengan sia-sia.Hiro menyuruh Baymax untuk membunuh Callaghan,tetapi Baymax tidak ingin membunuh Callaghan.Hiro secara kasar membuang chip perawat baymax,dan hanya memasukan chip petarungnya,Baymax langsung menjadi mesin pembunuh dan segera mencoba membunuhnya.Teman-teman Hiro segera mencoba menghentikannya,dan akhirnya Honey Lemon memasukkan kembali chip perawat Baymax,Baymax segera kembali normal,dan Callaghan segera melarikan diri.Hiro marah kepada teman-temannya dan pulang kembali ke rumahnya.Di garasi rumahnya,dia mencoba kembali membuang chip perawatnya,namun tidak bisa.Hiro mengatakan bahwa dengan membunuh Callaghan dapat memuaskan hatinya,untuk menenangkan hatinya,Baymax menampilkan video tentang Tes Tadashi terhadap Baymax,Tadashi baru berhasil pada test ke-84,Hiro mengetahui bahwa membunuh Callaghan bukanlah hal yang diminta Tadashi untuk membalas kematiannya.

Teman-teman Hiro dan dia mengetahui bahwa pilot tes yang terjebak dalam portal itu adalah anak Callaghan,Abigail.Callaghan membalas dendam kepada Alistair Krei yang telah menyebabkan kematian putrinya.Callaghan ingin membunuh Krei dengan melemparnya ke dalam portal yang aktif.Namun rencana itu telah diganggu oleh Hiro dan teman-temannya dengan melumpuhkan sejumlah Microbots Callaghan.Di dalam portal yang aktif,Baymax telah mendeteksi tanda hidup dari Abigail,Hiro dan Baymax segera melaju kesana untuk menyelamatkannya.Tapi di jalan keluar mereka,armor Baymax rusak,sehingga satu-satunya cara untuk menyelamatkan Abigail dan Hiro adalah dengan menembakkan rocket fist milik Baymax.Namun,Hiro tidak mau meninggalkannya,tetapi dia harus.Dan akhirnya dia harus meninggalkan Baymax di belakang dengan air mata berlinang.Setelah mereka keluar,portal akhirnya meledak.Abigail segera dilarikan ke rumah sakit,dan Callaghan ditahan polisi.

Suatu hari setelah kejadian itu,Hiro telah menemukan chip perawat Baymax (Yang mengandung semua personalitas Baymax) di rocket fist milik Baymax.Dia kembali membuat Baymax,dan kebahagiaan pun muncul kembali.Film diakhiri ketika teman-teman Hiro,Baymax,dan Hiro segera melindungi kota dengan harapan untuk memenuhi harapan Tadashi untuk membantu banyak orang. Di bagian "End credits", itu menampilkan gambar headline koran bahwa Hiro telah diberikan dana bantuan dari universitas dan bangunan didedikasikan untuk Tadashi. Dalam sebuah adegan setelah "End credits", Fred tidak sengaja membuka pintu rahasia di rumah keluarganya dan menemukan perlengkapan superhero didalamnya. lalu disana Fred bertemu ayahnya, seorang superhero yang telah pensiun. Ayahnya mengatakan bahwa mereka memiliki banyak waktu untuk berbicara yang dikatakan saat mereka sedang berpelukan.

Tokoh tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Hiro Hamada biasa juga disebut dengan Hiro, Seorang ahli robotik dan lulus SMA pada umur 14 tahun, Ketertarikannya terhadap pertandingan robot ilegal membuatnya sempat terkurung penjara.

Tokoh Pendukung[sunting | sunting sumber]

Tokoh Tokoh Lainnya[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Tokoh Pengisi Suara (Inggris) Pengisi Suara (Indonesia)
Hiro Hamada Ryan Potter
Baymax Scott Adsit
GoGo Tomago Jamie Chung
Honey Lemon Génesis Rodríguez
Wasabi Damon Wayans, Jr.
Fred T.J. Miller
Aunt Cass Maya Rudolph
Tadashi Hamada Daniel Henney
Professor Robert Callaghan James Cromwell
Alistair Krei Alan Tudyk
Freds pappa Stan Lee
Abigail Callaghan Katie Lowes
Tekniker 1 Dan Howell
Tekniker 2 Phil Lester

Rilis[sunting | sunting sumber]

Rilis Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Big Hero 6 tayang perdana di bioskop pada tanggal 23 Oktober 2014 pada acara pembukaan Festival Film Internasional Tokyo[4]. Versi 3D ditayangkan perdana di Festival Film Abu Dhabi tanggal 31 Oktober 2014.[5]

Sementara itu di Korea Selatan, film ini diberi judul "Big Hero" dan disensor pada beberapa adegan yang menampilkan unsur budaya Jepang untuk menghindari ketegangan hubungan antara Korea Selatan dan Jepang. Contohnya adalah perubahan nama tokoh Hiro Hamada menjadi Hero Armada, dan penggantian huruf Jepang menjadi huruf Inggris.[6]

Media Rumahan[sunting | sunting sumber]

Big Hero 6 dirilis dalam bentuk DVD dan BluRay oleh Walt Disney Studios Home Entertainment pada tanggal 24 Februari 2015 di Amerika Serikat. Termasuk didalamnya adalah film pendek Feast dan film fitur "The Origin Story of Big Hero 6: Hiro's Journey", "Big Hero Secrets" dan "Big Animator 6: The Characters Behind the Characters", beserta beberapa adegan yang dihapus serta trailer teatrikal.

Penayangan di Televisi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, film ini tayang perdana di saluran TV kabel Fox Movies Premium pada bulan Agustus 2015 dalam Bahasa Inggris[7]. Versi Bahasa Indonesia dari film ini ditayangkan perdana di HBO Asia pada tanggal 18 Desember 2016 sebagai salah satu pilihan bahasa, kemudian ditayangkan di RCTI pada tanggal 25 Desember 2016 pukul 13.30 WIB dan di Global TV pada tanggal 1 Januari 2017 pukul 18.00 WIB dan akan segera ditayangkan di Disney Channel Asia pada tahun 2017 mendatang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jordan Roberts Goes From Indies to Disney - Speakeasy - WSJ". The Wall Street Journal. May 14, 2013. Diakses tanggal August 11, 2013. 
  2. ^ "Henry Jackman to Score Disney’s ‘Big Hero 6′". Film Music Reporter. Diakses tanggal April 3, 2014. 
  3. ^ Arruda, Cameron (May 9, 2013). "Disney Announces First Ever Animated Marvel Film 'Big Hero 6' To Hit Theaters in November 2014". Film Thrasher. Diakses tanggal May 9, 2013. 
  4. ^ "World Premieres of 'Big Hero 6' and 'Parasyte' Set for Tokyo International Film Festival". Cartoon Brew (dalam en-US). 2014-07-31. Diakses tanggal 2017-01-02. 
  5. ^ "World premiere of Big Hero 6 in 3D to close Abu Dhabi Film Festival | The National". Diakses tanggal 2017-01-02. 
  6. ^ Ashcraft, Brian. "Why Big Hero 6 Is Upsetting Some People in South Korea". Kotaku (dalam en-US). Diakses tanggal 2017-01-02. 
  7. ^ "Big Hero 6 on FOX Movies Premium - FILM". Vidio. Diakses tanggal 2017-01-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]