Daftar karakter Big Hero 6 (Disney)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini adalah daftar karakter fiksi dari adaptasi film fitur Disney tahun 2014 Big Hero 6, serta acara televisi lanjutannya Big Hero 6: The Series dan Baymax! dan adaptasi buku komik berikutnya melalui IDW Publishing, berdasarkan karakter yang dibuat oleh Steven T. Seagle dan Duncan Rouleau (dikreditkan ke Man of Action) dan diterbitkan oleh Marvel Comics.

Sementara karakter tituler berasal dari Marvel Comics, penokohan dan pemeran pendukung mereka baru ditemukan oleh Disney, membuat penampilan mereka berbeda secara radikal dari materi sumber.[1]

Diperkenalkan di film[sunting | sunting sumber]

Hiro Hamada[sunting | sunting sumber]

Hiro Hamada adalah ahli teknologi berusia 14 tahun yang awalnya berencana menggunakan kecemerlangan mentalnya untuk menipu orang lain melalui pertarungan bot gang belakang. Melalui saran dan desakan kakak laki-lakinya Tadashi, Hiro memutuskan untuk bergabung dengan Institut Teknologi San Fransokyo dan menggunakan otaknya untuk bekerja. Namun, tragedi terjadi ketika Tadashi tewas dalam kebakaran. Dari sini, Hiro memutuskan untuk menggunakan kecerdasannya untuk membentuk tim bersama teman-temannya dan memimpin Big Hero 6.

Hiro secara longgar didasarkan pada Hiro Takachiho dan diisi suaranya oleh Ryan Potter dalam semua bentuk media.[2]

Baymax[sunting | sunting sumber]

Baymax adalah robot perawatan kesehatan tiup yang diciptakan oleh Tadashi Hamada. Satu-satunya fungsi Baymax adalah membantu orang tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara mental dan emosional. Setelah kematian Tadashi, Baymax merasa tujuannya sekarang adalah untuk membantu adik laki-laki Tadashi, Hiro. Dilengkapi dengan "10.000 prosedur medis yang berbeda", berbagai bentuk seni bela diri, tetapi pemikiran umum yang longgar, Baymax melakukan semua yang dia bisa untuk menyelamatkan orang dengan lebih dari satu cara.

Baymax secara longgar didasarkan pada karakter komik Marvel dengan nama yang sama dan diisi suaranya oleh Scott Adsit dalam semua bentuk media.[3]

Honey Lemon[sunting | sunting sumber]

Honey Lemon adalah seorang kimiawan yang menikmati pekerjaannya. Meski agak gila dan eksentrik, dia sangat peduli pada teman-temannya dan melakukan semua yang dia bisa untuk membawa optimisme ke grup. Dia tidak selalu menganggap kekerasan adalah jawaban untuk segalanya, tetapi dia akan terjun ke dalam pertarungan saat dibutuhkan.

Honey Lemon secara longgar didasarkan pada Aiko Miyazaki dan diisi suaranya oleh Genesis Rodriguez dalam semua bentuk media.[4]

Go Go Tomago[sunting | sunting sumber]

Ethel "Go Go" Tomago[5] adalah pecandu adrenalin sarkastik yang lebih suka bekerja dengan elektromagnet. Dia benar-benar pemain tim. Saat bertarung, dia dianggap yang paling berpengalaman karena latar belakangnya, tetapi lebih memilih untuk bertarung bersama timnya.

Go Go secara longgar didasarkan pada Leiko Tanaka dan diisi suaranya oleh Jamie Chung dalam semua bentuk media.[6]

Wasabi[sunting | sunting sumber]

Wasabi adalah ahli dalam teknologi laser, tetapi merupakan penderita OCD yang lebih suka memiliki sistem dan keteraturan daripada kekacauan dan spontanitas. Sementara dia tampaknya pengecut, dia menarik untuk teman-temannya dan kadang-kadang menunjukkan sifar heroiknya kepada banyak orang dan keterkejutannya sendiri.

Wasabi secara longgar didasarkan pada Wasabi-No-Ginger dan diisi suaranya oleh Damon Wayans Jr. dalam film dan Khary Payton dalam bentuk media lainnya.

Fred[sunting | sunting sumber]

Frederick Flamarian "Fred" Frederickson IV adalah kutu buku buku komik yang meskipun merupakan anak seorang miliarder, menghabiskan waktunya sebagai maskot sekolah yang membalik tanda yang merupakan "penggemar sains". Berbekal kostum kaiju yang dijuluki "Fredzilla" dan pengetahuannya tentang pengetahuan buku komik, kejenakaannya menghibur, mengganggu, dan membantu teman-temannya di tim.

Fred secara longgar didasarkan pada karakter komik Marvel dengan nama yang sama dan diisi suaranya oleh T.J. Miller dalam film dan Kingdom Hearts III dan Brooks Wheelan dalam serial tersebut.[7]

Tadashi Hamada[sunting | sunting sumber]

Tadashi Hamada adalah kakak laki-laki Hiro dan, seperti dia, menunjukkan bakat untuk memahami dan membangun berbagai bentuk teknologi. Dia membangun Baymax untuk satu-satunya tujuan membantu orang, tetapi tidak dapat melihat ini membuahkan hasil karena kematiannya yang dini. Kematiannya memicu serangkaian peristiwa yang akan mengarahkan Hiro untuk membentuk Big Hero 6.

Tadashi diisi suaranya oleh Daniel Henney dalam semua bentuk media.[8]

Bibi Cass[sunting | sunting sumber]

Bibi Cass
Penampilan
perdana
Big Hero 6 (2014)
Pencipta
Pengisi suaraMaya Rudolph
SpesiesManusia
Jenis kelaminPerempuan

Bibi Cass adalah bibi dan wali Hiro dan Tadashi, yang diberikan hak asuh atas mereka setelah kematian saudara perempuan dan saudara iparnya, dan pemilik Lucky Cat CafΓ©. Cass terus merawat dan mencintai mereka seolah-olah mereka adalah anak-anaknya sendiri meskipun seperti orang tua lainnya dia akan merasa prihatin dan marah setiap kali mereka mendapat masalah. Dia membebaskan mereka dari penjara setelah insiden yang melibatkan pertarungan bot dan menyesali fakta bahwa dia tidak pernah membaca buku tentang mengasuh anak. Dia hadir saat Hiro mempresentasikan mikrobotnya di pameran SFIT dan mengungkapkan kegembiraannya melihat dia berhasil. Cass merencanakan pesta setelahnya untuk keponakan dan teman-temannya, tetapi Tadashi tewas dalam kebakaran, menghancurkan kebahagiaan dia dan Hiro. Beberapa minggu kemudian, Cass mencoba menghibur Hiro dan mengeluarkannya dari rumah, yang mengarah ke serangkaian acara yang melibatkan Hiro, Baymax, dan teman-temannya menjadi Big Hero 6, sementara Cass tetap tidak sadar. Hiro akhirnya mulai menghadiri SFIT karena kebahagiaan dan dukungan Cass.

Serial televisi memperluas karakternya, menggambarkan dia tidak hanya tidak menyadari kepahlawanan keponakannya, tetapi juga menampilkan beberapa keanehan dalam hal memasak dan makanan. Hal ini diperlihatkan lebih jauh dalam episode "Food Fight" di mana dia tidak hanya ditampilkan menguasai banyak hidangan yang tidak biasa dengan berbagai bahan yang tidak dikenal, tetapi dia juga terlihat suka melakukannya untuk menantang dirinya sendiri.[9] Cass juga menampilkan kepribadian yang terkadang bergantung pada ketidaktahuan. Meskipun begitu dia menyadarinya, dia menanggapi situasinya dengan serius. Dia juga tidak pernah berkencan atau menikah sebelum episode "Aunt Cass Goes Out" dan meskipun dia menganggap Alistair Krei menarik dan romantis, dia akhirnya melihat kekurangannya cukup untuk mencampakkannya. Di musim kedua, dia mulai berkencan dengan Chief Diego Cruz, yang dia kenal sejak sekolah menengah. Belakangan tersirat bahwa hubungan itu tidak bertahan lama. Di musim ketiga, dia menampilkan beberapa kemampuan atletik; mengungkapkan bahwa dia biasa bermain softball ketika dia masih kuliah, dan juga sangat pandai menyanyi.

Meskipun dia adalah bibi Hiro, dia bertindak lebih seperti seorang ibu; menjebaknya untuk berkencan dengan gadis seusianya dan memotret mereka saat mereka pergi ke pesta dansa.[10] Dia juga terbukti sangat tidak menyadari peristiwa besar yang terjadi di seluruh kota, biasanya karena Hiro dan teman-temannya menghentikannya untuk melihat sesuatu yang besar terjadi. Di akhir seri, dia mengadopsi Noodle Burger Boy dan keluarga robotnya sebagai stafnya. Mereka pada gilirannya, dengan sayang memanggilnya "ibu", yang dia akui aneh. Pada serial Baymax!, Cass mengaku pada robot tituler bahwa keterikatannya dengan kafe adalah karena dia takut kehilangan keluarganya, karena pelanggan sudah seperti anggota keluarga baginya dan dia takut mereka meninggalkannya ke tempat lain. Dia menambahkan bahwa dia "berjanji" untuk menjaga keluarganya; menyiratkan bahwa dia mengambil alih kafe dari orang tua Hiro dan Tadashi.

Alistair Krei[sunting | sunting sumber]

Alistair Krei
Penampilan
perdana
Big Hero 6 (2014)
Pencipta
Pengisi suaraAlan Tudyk
Usia44
Informasi
Jenis kelaminLaki-laki

Alistair Krei adalah CEO mandiri dari Krei Tech. Dianggap sebagai orang yang berpengaruh, Krei selalu mencari hal terbaik berikutnya dan menemukannya di mikrobot Hiro Hamada di SFIT. Dia sangat terkesan dengan proyek microbot Hiro dan meminta agar teknologinya dibeli oleh perusahaannya, tetapi dia ditolak setelah berbicara keras dengan Profesor Robert Callaghan yang memiliki masa lalu yang sulit dengannya. Segera terungkap bahwa Krei telah membantu mengembangkan perangkat teleportasi khusus untuk pemerintah di mana putri Callaghan, Abigail, menjadi pilot uji coba. Tes portal tersebut gagal dan Abigail dianggap tersesat di suatu tempat yang tidak diketahui dan sejak itu Krei disalahkan. Meskipun demikian, ia melanjutkan karirnya yang termasyhur seolah-olah tidak ada yang terjadi mengungkapkan sisi moral yang meragukan. Krei segera diserang oleh Callaghan yang pendendam, namun diselamatkan oleh Hiro dan teman-temannya yang menjadi tim pahlawan super Big Hero 6. Setelah kekalahan Callaghan dan penyelamatan Abigail, Krei kembali ke bisnis sekarang dengan lebih sadar akan tindakannya.

Serial televisi terus menampilkan kepribadiannya yang ambigu secara moral. Meskipun tidak jahat, dia manipulatif dan tampaknya sama sekali tidak mempedulikan apa pun. Dia langsung memutuskan untuk menyalin pemancar mikrobot Hiro, sesuatu yang langsung dikonfirmasi oleh asistennya dan mempercepat produksi drone pertahanan yang gagal dia jalankan pemeriksaan diagnostiknya. Ketika dia menyadari hal ini, dia menuntut agar Big Hero 6 memperbaiki masalahnya atau dia akan membongkar identitas mereka. Dia menampilkan fasad yang menawan ketika dia bertemu dengan Bibi Cass yang membuatnya jatuh cinta, tetapi setelah mengungkapkan jati dirinya, bahkan dia menganggapnya tercela. Sementara dia menganggap Big Hero 6 sebagai sekutu, dia lebih suka mereka tidak sering mengunjunginya seperti yang ditunjukkan dalam episode "Killer App" di mana setelah menjelaskan rencana awal Noodle Burger Boy kepada mereka, dia dengan sopan, namun terburu-buru, menyuruh mereka pergi. Dia awalnya menaruh dendam kecil terhadap Globby karena mencuri dompetnya,[25] tetapi kemudian mempekerjakannya untuk menjadi juru bicara. Dia menerima Hiro sebagai magang di perusahaannya untuk bersaing dengan Liv Amara yang memiliki persaingan sepihak dengannya.

Dalam episode "Muira-Horror!", Krei akhirnya mengungkap sisi terhormat, sentimental, dan bahkan intuitif. Dia mengungkapkan bahwa ketika dia masih kecil dia tidak punya teman, jadi ketika dia pergi ke perkemahan musim panas dia akan melatih dirinya untuk mengenal alam liar sebanyak mungkin, membuatnya sangat berpengetahuan tentang alam. Dia juga beraksi saat Go Go dalam masalah, sesuatu yang mengejutkan dia dan Hiro. Dia awalnya tidak menyukai Natal karena tidak bisa merayakannya saat berada di sekolah berasrama, namun segera berubah pikiran setelah Hiro menyuruh Baymax berdandan sebagai Sinterklas untuknya. Dia juga ingin memiliki kelinci ketika dia masih muda, tetapi orang tuanya melarang dia untuk memiliki hewan peliharaan yang "lemah". Meskipun terus-menerus melindungi Big Hero 6, dia bekerja dengan Chief Cruz dalam upaya merebut tim. Belakangan terungkap bahwa dia dimanfaatkan oleh Trina. Setelah Sycorax ditutup, Krei membeli gedung tersebut, mungkin karena dendam.

Yokai[sunting | sunting sumber]

Yokai
Penampilan
perdana
Big Hero 6 (2014)
Pencipta
Pengisi suaraJames Cromwell
Nama lengkapProfesor Robert Callaghan
Jenis kelaminLaki-laki

Yokai (Profesor Robert Callaghan) adalah penjahat super yang pernah menjadi Profesor dan dekan yang baik hati dan terhormat di SFIT. Berasal dari latar belakang militer,[11] Profesor Robert Callaghan adalah pelopor dalam mengembangkan banyak penemuan teknologi canggih termasuk Callaghan-Catmull Spline. Dia memiliki seorang putri yang sangat dia cintai bernama Abigail yang tumbuh menjadi pilot uji coba untuk Krei Tech. Ketika sebuah kecelakaan teleportasi membuat test podnya hilang di jurang, Callaghan dengan marah menyalahkan Krei dan bersumpah akan membalas dendam. Dia mengajar banyak siswa di SFIT dan bertemu dengan Hiro Hamada, adik dari murid bintangnya Tadashi. Callaghan terkesan dengan penemuan Hiro: Robot mikro yang dikendalikan oleh pemancar kepala. Melihat ini sebagai kesempatan untuk kembali ke Krei, Callaghan tampaknya menyalakan api dan mencuri mikrobot Hiro, tetapi secara tidak sengaja membunuh Tadashi. Namun demikian, ia melanjutkan pencariannya dengan nama Yokai dan mencuri banyak bagian untuk membuat ulang mesin teleportasi dalam upaya untuk menghancurkan gedung baru Krei Tech dan Krei sendiri. Dia digagalkan oleh kedatangan Big Hero 6 yang berhasil menghentikannya dan dapat mengambil Abigail dari portal. Ketika Callaghan dibawa pergi oleh polisi, dia melihat putrinya yang masih hidup dirawat dan hanya bisa menundukkan kepalanya karena malu atas kejahatan yang telah dan akan dia lakukan.

Callaghan kembali dalam episode "Mini-Max" di mana diperlihatkan bahwa dia ditahan di penjara dengan keamanan tingkat tinggi menjalani hukuman penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat. Dia mengungkapkan bahwa dia pernah bekerja dengan Profesor Granville di masa lalu karena dia adalah salah satu guru terbaik yang bekerja di SFIT dan dia awalnya mengundurkan diri karena kecelakaan. Callaghan mengakui bahwa dia sangat menyesali tindakannya, terutama yang menyebabkan kematian Tadashi, dan bahwa dia mengerti bahwa permintaan maafnya tidak cukup bagi Hiro untuk memaafkannya. Dalam episode "Hiro the Villain", Chief Cruz mewawancarainya tentang Big Hero 6, tapi dia membela mereka dan memperingatkannya bahwa keyakinannya menganggap mereka penjahat salah.

Tn. Yama[sunting | sunting sumber]

Tn.Yama
Penampilan
perdana
Big Hero 6 (2014)
Pencipta
Pengisi suaraPaul Briggs
Jenis kelaminLaki-laki

Tuan Yama adalah seorang gangster Jepang terkenal yang menjalankan banyak kegiatan ilegal bawah tanah di San Fransokyo yang mencakup pertarungan robot. Dia memiliki botnya sendiri yang dijuluki "Little Yama" yang dia banggakan karena menggunakan serangan kekerasannya. Namun, dia diakali oleh Hiro Hamada yang botnya yang lebih sederhana berhasil mengalahkan dan menghancurkan miliknya sendiri. Tidak mau kalah, Yama meminta anak buahnya untuk "memberi [Hiro] pelajaran". Dia mengejar ketika Hiro diselamatkan oleh Tadashi, tetapi setelah seluruh keributan itu, Yama, Hiro, Tadashi serta semua orang yang berpartisipasi dalam pertarungan robot ilegal ditangkap.

Beberapa waktu kemudian, dia keluar dari penjara dan kembali melakukan pekerjaan ilegal. Dalam episode perdana Big Hero 6: The Series, "Baymax Returns", Yama mulai bekerja untuk Obake, sosok misterius yang dia takuti sendiri. Serial tersebut lebih lanjut menunjukkan bahwa meskipun penampilannya kelebihan berat badan, dia menunjukkan beberapa pengetahuan teknis karena dia mampu mereplikasi dan memproduksi kerangka Baymax secara massal setelah memilikinya untuk waktu yang terbatas. Namun dia dikalahkan oleh Hiro sekali lagi bersama teman-temannya. Yama juga terbukti tidak pandai bekerja dengan atau mengendalikan orang lain seperti dalam "Food Fight" dia dengan mudah diakali oleh Momakase yang melumpuhkan dan mencuri kembali perangkat yang awalnya dia curi untuknya.[9] Dalam episode "Small Hiro One", Yama juga terungkap memiliki varian raksasa dari Yama Kecil yang disebut "Mega Yama" yang telah dia coba tingkatkan. Dalam episode yang sama, ia terlihat tidak menyadari bahwa Hiro dan alter ego Big Hero 6 miliknya adalah satu dan sama. Terlepas dari pekerjaan kriminalnya, Yama mengambil kelas samba sebagai pekerjaan sampingan.

Diperkenalkan di televisi[sunting | sunting sumber]

Profesor Granville[sunting | sunting sumber]

Profesor Granville
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Baymax Returns" (2017)
Pencipta
  • Sharon Flynn
  • Paiman Kalayeh
Pengisi suaraJenifer Lewis
Jenis kelaminPerempuan

Profesor Grace Granville adalah dekan baru SFIT setelah Profesor Callaghan ditangkap. Granville menggantikannya pada hari Hiro memulai hari pertamanya di sekolah. Meskipun menemukan Hiro tidak fokus dan egois, dia melihat potensi besar dalam dirinya karena berhubungan dengan Tadashi yang dia temukan sebagai murid yang luar biasa. Dia terus mempertanyakan motivasi Hiro dan terbukti tidak menyukai kontak fisik langsung dengan orang lain. Kemudian, dia menyadari betapa pentingnya bagi Hiro untuk mengingat saudara laki-lakinya dan memilih untuk memberinya lab dengan harapan hal itu akan membuatnya tetap fokus. Granville menunjukkan kepedulian terhadap semua jika tidak sebagian besar muridnya termasuk Karmi yang iri. Granville memberi kesan bahwa Hiro perlu lebih banyak bersosialisasi dan memasangkannya dengan Karmi, tampaknya tidak menyadari fakta bahwa dia tidak menyukai Hiro. Namun, menjadi jelas bahwa Granville bermaksud agar Karmi mengambil pelajaran dari pertemuan singkat mereka yang menyiratkan bahwa dia sangat menyadari kepribadiannya yang murung. Ketika Hiro mencoba untuk menyerah pada sebuah proyek, Granville menolaknya untuk berhenti, menunjukkan bahwa terlepas dari persepsi sebelumnya tentang dia, dia masih menganggapnya jenius. Granville juga menunjukkan sisi eksentrik yang lucu. Dalam "Rivalry Weak", dia terlihat menganggap serius lelucon antara SFIT dan Institut Seni San Fransokyo dengan memaksa Wasabi dan Fred untuk bertindak sebagai penjaga kafe, yang menjadi sumber lelucon SFAI.

Terungkap dalam "Small Hiro One" bahwa dia telah mengajar di SFIT dua puluh tahun sebelumnya, sesuatu yang tampaknya tidak pernah dia sampaikan kepada Hiro bersama beberapa muridnya termasuk Trevor Trengrove dan Wendy Wower. Episode "Mini-Max" dan "Countdown to Catastrophe" mengungkapkan Granville juga seorang mentor Bob Aken (Obake) yang dia anggap cukup jenius untuk memberinya kebebasan dalam penelitiannya. Tapi Aken melukai dirinya sendiri akibat kecelakaan yang disebabkan oleh penelitiannya, dengan Granville terjatuh saat mengundurkan diri. Dia kembali bertahun-tahun kemudian, tetapi dengan maksud untuk menjaga siswanya tetap terkendali karena dia merasa bahwa "siswa membutuhkan batasan, bahkan jenius" sambil berusaha untuk tidak membuat kesalahan yang sama dengan Hiro. Dia kemudian terhibur oleh fakta bahwa Hiro benar-benar orang yang baik. Terbukti, bahwa dia sangat menyadari upaya Hiro dan teman-temannya sebagai Big Hero 6.

Di musim kedua, dia mulai mengambil peran sebagai mentor dan dalam episode "The Present" menunjukkan sisi yang sangat mengayomi ketika dia menghibur Hiro di Natal pertamanya tanpa Tadashi. Di musim ketiga, terungkap bahwa Granville memiliki tiga anjing, yang semuanya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Dia juga memiliki suara nyanyian yang kuat.

Obake[sunting | sunting sumber]

Obake
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Baymax Returns" (2017)
Penampilan
terakhir
Big Hero 6: The Series
"Countdown to Catastrophe" (2018)
Pencipta
  • Sharon Flynn
  • Paiman Kalayeh
Pengisi suaraAndrew Scott
Jenis kelaminLaki-laki

Obake (Bob Aken) adalah penjahat misterius dan mantan pelajar dengan daya tarik aneh terhadap Hiro, meluas ke Big Hero 6 sejak sebelum mereka secara resmi memutuskan untuk menjadi pahlawan super. Dia memiliki kendali atas banyak penjahat lainnya termasuk Tuan Yama. Melalui Yama, dia juga bekerja dengan Momakase. Obake diturunkan menjadi murid Granville yang dia biarkan bebas mengendalikan penelitiannya. Hal ini mengakibatkan dia menderita luka-luka yang disebabkan oleh ledakan dari upayanya untuk menciptakan penguat energi, sangat mempengaruhi persimpangan temporoparietalnya yang sangat merusak moralitasnya, membuatnya psikotik; dan secara bertahap memburuk; meski diberi kesadaran dari Baymax, dia menolak pengobatan, menganggap kondisinya "membebaskan".

Dari kegilaan ini dan obsesinya, Obake mendalangi berbagai peristiwa di musim pertama dari Globby yang mencuri salah satu lukisan Lenore Shimamoto untuk cetak biru penguat energinya hingga mempelajari identitas Big Hero 6 secara sia-sia melalui peretasan file pribadi Krei dan algoritme prediksi Noodle Burger Boy. Obake akhirnya mengungkapkan dirinya saat memperoleh catatan yang dia butuhkan dari jurnal Shimamoto, melanjutkan tujuannya dengan membantu penangkapan Steamer dan memperoleh magnet super dengan menundukkan tim pada ketakutan mereka. Dalam tiga bagian akhir musim satu "Countdown to Catastrophe", memperoleh penguat daya yang dibuat Hiro saat membajak Baymax, Obake mengungkapkan tujuannya untuk membuat ulang Bencana Besar dan membuat ulang San Fransokyo dalam citranya dengan Hiro sebagai muridnya. Tapi Big Hero 6 menghindari bencana, dengan Obake mengundurkan diri saat pangkalan bawah airnya runtuh akibat gelombang kejut dengan nasibnya tidak jelas.

Karmi[sunting | sunting sumber]

Karmi
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Issue 188" (2018)
Pencipta
  • Bill Motz
  • Bob Roth
Pengisi suaraHaley Tju
Usia16
AliasPhoenomblina (dalam bentuk mutannya)
Jenis kelaminPerempuan

Karmi adalah siswi biologi berbakat intelektual di SFIT dan saingan akademik Hiro. Karmi awalnya adalah siswa termuda yang menghadiri SFIT, sebuah fakta yang dia banggakan. Dia dianggap anti sosial oleh banyak orang dan tidak punya teman, mengingat kuman dan mikroba yang dia pelajari sebagai teman dan diperlakukan hampir seperti hewan peliharaan. Saat Hiro Hamada mulai serius mengikuti SFIT, Karmi merasa terancam dan menunjukkan sisi egois, sinis dan sombong. Dia sangat tidak peduli pada Hiro dan benci bekerja dengan seorang siswa yang dia rasa "mencuri takhtanya" sebagai pelajar termuda di SFIT. Ironisnya, Karmi sangat menyukai alter ego superhero Hiro yang sama sekali tidak dia sadari adalah orang yang sama. Dia juga di bawah asumsi bahwa Hiro menaksir dia yang dia mengejek dia untuk. Dia lebih suka melihat Hiro gagal sampai-sampai dia akan merekam dan mengunggah kegagalannya secara online, meskipun telah terbukti bahwa dia lebih pintar darinya sampai tingkat tertentu. Meskipun demikian, penemuannya didanai oleh miliarder Liv Amara. Dia bisa dengan sengaja memanipulasi orang-orang di sekitarnya seperti dalam episode "Kentucky Kaiju" ketika dia meyakinkan siswa lain bahwa kecelakaan yang tidak disengaja Hiro dilakukan dengan sengaja.

Karmi telah menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan orang lain dan mengkritik Hiro karena tidak mempertimbangkan kesehatannya sendiri dan orang-orang di sekitarnya ketika dia sakit.Dia kemudian mendapatkan simpatinya ketika ilmuwan terkenal Trevor Trengrove mengeluarkannya dari kuliahnya dan berterima kasih kepada Hiro atas pengertiannya, meskipun mereka berdua merasa jijik setelahnya. Karmi juga menulis fiksi penggemar tentang dirinya dan Big Hero 6 dengan Hiro (yang dia sebut "Captain Cutie") digambarkan sebagai pacarnya.[12] Dia memasukkan pemikiran ilmiahnya sendiri ke dalam ceritanya karena akhirnya menginspirasi para pahlawan untuk menggunakan kekuatan mereka dengan cara yang baru dan menarik. Di musim kedua, dia magang di Sycorax. Perlahan juga terungkap bahwa dia menganggap Hiro sebagai satu-satunya teman sejatinya dan menunjukkan perhatian yang sebenarnya tentang dia. Dia kemudian mengembangkan ikatan dengan Honey Lemon karena bidang studi mereka yang serupa, tetapi tidak menyadari ketika dia menunjukkan betapa miripnya dia dengan Hiro. Dia akhirnya terikat dengannya dalam episode "City of Monsters" dan mengungkapkan bahwa dia mengagumi Tadashi karena kejeniusannya. Dia kemudian diubah menjadi monster oleh Amara yang menamakan dirinya Phoenomblina, tetapi Hiro berhasil menghubunginya dengan mengakui bahwa dia peduli padanya. Liv Amara yang asli membuatnya kembali normal. Belakangan, Karmi meninggalkan SFIT dan San Fransokyo, atas perintah orang tuanya, mengikuti acara tersebut tanpa mengucapkan selamat tinggal kepada Hiro, tetapi terus menulis fiksi penggemar tentang Big Hero 6 dan dirinya sendiri sebagai Lab Lady. Dalam episode "Legacies", dia menyiarkan langsung pidato kelulusan Hiro tentang Tadashi; jelas menunjukkan dukungan untuknya.

Sejak pindah, Karmi telah menjadi sukses sebagai pembuat webseries untuk serialnya Big Chibi 6. Dia berhubungan kembali dengan Hiro di mana sangat tersirat bahwa dia telah mengembangkan perasaan padanya yang mungkin dia balas. Karena itu, dia tidak lagi tertarik pada "Captain Cutie", masih tidak menyadari bahwa mereka adalah satu dan sama. Dia juga belajar sendiri tentang pemrograman, sekali lagi tersirat telah terinspirasi oleh Hiro, dan menggunakan kemampuan barunya untuk membantu tim. Dia juga menampilkan kepribadian yang lebih tenang dan lebih tulus.

Richardson Mole[sunting | sunting sumber]

Richardson Mole
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Issue 188" (2018)
Pencipta
  • Bill Motz
  • Bob Roth
Pengisi suaraSean Giambrone
Usia11
Jenis kelaminLaki-laki

Richardson Mole adalah seorang kutu buku buku komik, dan musuh bebuyutan Fred. Digambarkan sendiri sebagai "anak berusia sebelas tahun yang paling memenuhi syarat di San Fransokyo", Mole adalah orang sombong kaya sosiopat pendek, egois, kelebihan berat badan, manja, dan garis batas yang merupakan antitesis dari Fred. Dia memiliki toko buku komiknya sendiri dan melakukan semua yang dia bisa untuk mengakali dan mempermalukan saingannya yang jauh lebih tua. Dia menganggap dirinya sebagai pria wanita dan mengejar Go Go yang dia sebut "gadis impian". Namun, satu-satunya kesamaan yang tampaknya dimiliki oleh keduanya adalah rasa kesal mereka terhadap Fred, meskipun dalam kasus Go Go itu hanya sedikit geli sementara Mole langsung tidak menyukainya. Dia memiliki seluruh arcade yang didedikasikan untuk kebenciannya pada Fred dengan varian Whac-A-Mole menjadi favoritnya. Fred hanya mendapat bantuan darinya sebagai upaya terakhir yang dengan senang hati diminta oleh Mole hanya untuk menunjukkan koleksinya yang lebih unggul dibandingkan dengan milik Fred. Ironisnya, dia memuji alter ego Fred, yang dia sebut "Pria Kadal", dan sama sekali tidak tertarik dengan alter ego Go Go.

Ibunya, Binky Mole, tampaknya tidak menyukai hobi putranya, yang tampaknya tidak mengganggunya, tetapi dia membencinya ketika orang-orang mengomentari kebersihannya yang tampaknya buruk. Dia selanjutnya terbukti egois, manipulatif, dan bahkan sangat jahat seperti yang ditunjukkan dalam episode "Big Hero 7". Ketika dia mengetahui tentang identitas Big Hero 6, dia tidak merasa khawatir akan potensi kerugian yang dapat ditimbulkannya kepada orang lain karena dia dapat menghasilkan uang darinya. Namun, pada akhir episode, kejutan statis besar baginya oleh bola High Voltage menyebabkan dia melupakan identitas mereka. Dalam episode "Supersonic Sue", terungkap bahwa Mole tidak punya teman, mengingat action figure yang dimilikinya sebagai satu-satunya teman "nyata". Meskipun ia memiliki banyak koleksi, ia tidak memiliki siapa pun untuk menunjukkannya. Dia terus mengejek Fred saat dia membeli seluruh Mech-Wrestling League, terlepas dari kenyataan bahwa dia tidak suka gulat dan hanya melakukannya untuk mengganggu Fred.

Di musim ketiga, Mole terbukti sepenuhnya mampu berubah menjadi penjahat; bekerja sama dengan orang-orang seperti Supersonic Sue dan Supersonic Stu supaya dia bisa kembali ke Big Hero 6 karena mengabaikannya, yang ironisnya adalah kesalahannya sendiri karena menyalahgunakan telepon Halp mereka untuk kebutuhan egoisnya sendiri hanya untuk bergaul dengan mereka, pada dasarnya situasi "anak laki-laki yang menangis serigala". Namun, dia berhasil menemukan cara untuk membebaskan dirinya dari hukuman mati, tetapi reputasinya pada dasarnya hancur. Dalam episode "Better Off Fred", dia terungkap memiliki sepupu bernama Olivia yang dia manipulasi untuk tidak menyukai Fred dengan mengatakan padanya bahwa dia orang yang menyebalkan. Namun, dia melihat melewati intriknya. Dia juga masih takut dengan Supersonics. Selain itu, Mole merasa terganggu dengan pemikiran bahwa orang lain selain dirinya dapat membuat Fred merasa sengsara; percaya bahwa adalah kewajibannya untuk melakukannya. Dia mengadopsi Nega-Globby setelah dia diberi otak karena keduanya akhirnya berbagi kepribadian sok tahu yang sama dan senang mengoreksi satu sama lain.

Globby[sunting | sunting sumber]

Globby
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Big Roommates 2" (2018)
PenciptaJeff Poliquin
Pengisi suaraAndy Richter
JulukanGlooby (oleh Richardson Mole)
Jenis kelaminLaki-laki

Globby (Dibs) adalah pencuri minor yang diubah menjadi penjahat berkekuatan super. Dibs tinggal di bagian San Fransokyo yang lebih keras di mana dia mengambil bagian dalam hobi favoritnya: mengambil bagian dalam kejahatan kecil dengan mencuri dompet. Dia sangat buruk dalam "pekerjaannya" karena dia selalu mendapati dirinya kehilangan apa pun yang dia coba curi. Bahkan pernah kehilangan uang Tuan Yama dan hampir dijatuhkan dari atap olehnya. Dia akhirnya berhasil mencuri tas kimia Honey Lemon, mengira itu dompet biasa, dan bersembunyi di gudang milik Alistair Krei. Krei membuat ikat kepala pemancar saraf berdasarkan desain Hiro, dengan Dibs memutuskan untuk mencurinya setelah menyadari bahwa itu sangat berharga. Tapi Dibs secara tidak sengaja menghancurkan dompet kimia saat melarikan diri dengan pemancar, campuran kimia yang tidak stabil mengubahnya menjadi mutan humanoid seperti gumpalan dengan pemancar saraf menyatu ke tengkoraknya. Mengambil nama Globby yang dibuat oleh Fred, dia telah memutuskan untuk menjadi penjahat super karir, meskipun dia lebih memilih penghinaan daripada membunuh orang. Dalam episode "Failure Mode", Globby mengetahui bahwa dia dapat menggunakan pemancar untuk mengubah komposisinya menjadi bentuk materi apa pun yang dapat dia pikirkan, memungkinkan dia untuk benar-benar mengalahkan Big Hero 6 sambil menjadi antek pertama Obake.

Globby akhirnya melihat kesalahannya setelah mempelajari rencana Obake untuk menghancurkan kota (menjelaskan bahwa dia menyadari kegilaan Obake tetapi "menganggapnya gila yang 'menyenangkan'"), dan akhirnya berubah dengan membantu Big Hero 6 menghentikan rencananya. Dia rupanya menganggap Felony Carl sebagai satu-satunya teman sejatinya. Dia meminta Honey Lemon dan Karmi membuat serum untuk membuatnya kembali normal setelah menyadari bahwa dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan. Dia akhirnya kehilangan kekuatannya dan mendapatkannya kembali sambil menyelamatkan kota, mendapatkan pujian dari publik. Dia masih bergaul dengan Felony Carl..Menyusul peristiwa dalam episode "The Globby Within", Globby kembali dipandang sebagai penjahat karena pengaruh Nega-Globby. Meskipun berhasil dihilangkan, Globby terpaksa bersembunyi yang, untungnya baginya, dia mampu melakukannya dengan mengubah penampilannya. Dia kemudian mungkin dibebaskan dari kesalahan ketika dia membantu Big Hero 6 mengalahkan Trina dan pemberontakan robotnya. Dalam episode "Krei-oke Night", dia dan Felony Carl terlihat lebih dekat dan, seperti yang dikonfirmasi oleh kru serial tersebut, tersirat sebagai pasangan.

Felony Carl[sunting | sunting sumber]

Felony Carl
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Big Roommates 2" (2018)
PenciptaJeff Poliquin
Pengisi suaraDiedrich Bader
Usia42
Jenis kelaminLaki-laki

Felony Carl adalah seorang mantan penjahat di San Fransokyo. Carl diberi nama panggilannya oleh ibunya sendiri, yang tampaknya tidak dia pedulikan karena secara teknis itu adalah nama yang akurat. Dia meninggalkan kehidupan kriminal, tetapi terus tinggal di lingkungan yang lebih keras di San Fransokyo. Dia terbukti positif tentang maskulinitasnya sendiri, karena dia mengaku suka sepeda motornya berwarna merah muda berkilauan. Carl agak berteman dengan Dibs, meskipun dia meremehkan usahanya untuk menjadi penjahat dan menyuruhnya untuk menyerah. Setelah Dibs berubah menjadi Globby, dia masih terus mengkritiknya meski keduanya tampak baik-baik saja dengannya. Terlepas dari penampilannya yang besar dan mengintimidasi, dia terbukti sebagai orang yang sangat berwawasan dan sangat pandai menganalisis hal-hal dan orang-orang tertentu. Dia tetap berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai penjaga untuk berbagai tempat termasuk kompetisi Food Fight bawah tanah dan untuk berbagai klub di seluruh kehidupan malam San Fransokyo. Carl juga menggambarkan dirinya sebagai "romantis tanpa harapan" dan terlihat berusaha mengejar kehidupan cinta. Dia rupanya juga memiliki hubungan yang baik dengan ayahnya karena dia sepertinya mengingat hari ulang tahunnya. Dia menyimpan informasi tentang kehidupan kriminal meskipun meletakkan semuanya di belakangnya dan tampaknya suka berada di sekitar Baymax karena penampilannya yang dapat dipeluk. Menurut Globby, ia dulunya dikenal sebagai "Carl Berdosa". Carl terbukti sangat menghargai persahabatannya dengan Globby karena dia mengkhawatirkan keselamatannya setelah dijebak oleh Nega-Globby. Dia rupanya dipekerjakan di Pizza Party-torium bersama dengan Tn. Sparkles yang telah direformasi sepenuhnya. Dia dan Globby diyakini telah menjadi pasangan.

Noodle Burger Boy[sunting | sunting sumber]

Noodle Burger Boy
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Killer App" (2018)
PenciptaDaniel Dominguez
Pengisi suaraLucas Neff
Jenis kelaminLaki-laki

Noodle Burger Boy adalah maskot robot untuk restoran Noodle Burger. Dia dikenal dengan algoritm prediksinya yang memungkinkannya menebak pilihan pelanggannya. Desainnya awalnya untuk militer dan dirancang oleh Krei Tech, tapi ditinggalkan. Dia digunakan kembali untuk menjadi "maskot bocah robot nostalgia pamungkas", tetapi tanpa senjata. Obake menggunakan kemampuan teknisnya untuk mengubahnya kembali menjadi senjata dan mulai menimbulkan masalah di seluruh San Fransokyo. Dia mampu memprediksi kemampuan Big Hero 6, tetapi dikalahkan oleh Hiro dan Wasabi saat mereka mengganti kostum dan kemampuan. Dia kembali dalam episode "Kentucky Kaiju" di mana dia mengambil alih monster tituler untuk melawan Big Hero 6, tetapi sekali lagi dikalahkan dan kabur. Dia akhirnya pindah dengan Obake dan membantunya dalam upaya meledakkan kota, meskipun dia gagal. Dia benar-benar membelakangi waralaba Noodle Burger dan mulai bekerja bersama Trina yang dia sebut "kakak" dan secara terbuka menyayanginya. Dia menghabiskan sebagian besar musim kedua membantu Trina dan menjadi semacam pendamping baginya dalam upaya untuk melanjutkan rencana Obake. Dia mencoba mewujudkan rencananya, tetapi rencana mereka gagal dan Noodle Burger Boy kabur sementara Trina mungkin dipenjara. Di musim ketiga pemutaran perdana, Noodle Burger Boy sendirian dan secara terbuka merindukan Trina dan Obake dan mulai membuat keluarga baru yang terdiri dari mini AI seperti dirinya. Dia berhasil "merekrut" Hyper-Potamus, Hangry Panda, dan Crushroom, yang semuanya dia sebut sebagai "kakak". Dalam episode "Mini Noodle Burger Max", dia terbukti mempertahankan kepekaan karena dia tidak hanya bersedia bekerja sama dengan Baymax dan Mini-Max untuk menyelamatkan tim mereka masing-masing, tetapi dia juga bersimpati dengan keinginan untuk menyelamatkan apa yang mereka anggap sebagai keluarga dan membagikan kekuatannya ketika mereka kehabisan tenaga. Dia dan keluarganya akhirnya dikalahkan melalui kekuatan gabungan dari Big Hero 6, Mini-Max dan Momakase. Dia mulai bekerja untuk Bibi Cass sebagai penyambut di Lucky Cat CafΓ©.

Mini-Max[sunting | sunting sumber]

Mini-Max
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Mini-Max" (2018)
PenciptaPaiman Kalayeh
Pengisi suaraJohn Michael Higgins
Jenis kelaminLaki-laki

Mini-Max adalah versi miniatur Baymax. Dia diciptakan oleh Hiro untuk bertindak sebagai semacam pengasuh bayi untuk Fred ketika tim menyadari bahwa dia tidak mampu dijauhkan dari masalah. Namun, Fred memperlakukannya seperti sahabat karib dan secara terbuka memperlakukannya seperti itu, menyatakan bahwa dia yang lucu dibandingkan dengan sikapnya yang "serius", meskipun jelas terlihat bahwa Fred sama sekali tidak menunjukkan sifat serius sementara Mini-Max memiliki lebih semangat yang ditentukan. Dia dirancang untuk menjadi terlalu heroik dan menampilkan keterampilan seni bela diri yang sangat baik terlepas dari ukuran tubuhnya. Dia akhirnya pergi untuk bertarung bersama tim, mengenakan varian baju zirah biru tua kecil dari baju zirah Baymax. Dia berperan besar dalam membantu mengalahkan Obake dalam episode "Countdown to Catastrophe". Di musim kedua, Mini-Max menjadi karakter yang lebih menonjol dan sering mengenakan baju besinya untuk membantu para pahlawan. Dia terlibat dengan banyak kejahatan yang diikuti oleh tim dan menunjukkan banyak keterampilan seperti memasak. Dalam episode"Mini-Maximum Trouble", Mini-Max tersiram air, menyebabkan korsleting. Namun, hal ini menyebabkan dia melakukan kesalahan dan dia berubah menjadi jahat, menunjukkan antusiasme yang sama seperti saat dia menjadi pahlawan. Untungnya, tim berhasil mematikannya dan memprogram ulang dia kembali ke dirinya yang dulu sambil juga membuatnya kedap air. Dia sekali lagi membantu tim melawan Trina dan Noodle Burger Boy ketika mereka berusaha melenyapkan San Fransokyo. Di musim ketiga episode "Trading Chips", terungkap bahwa Mini-Max sedikit sadar diri tentang ukuran tubuhnya, tetapi dia belajar untuk mengatasinya. Dia merupakan bagian integral dalam mengalahkan Noodle Burger Boy dan keluarganya dan bahkan bersimpati dengan mereka.

Di Amara[sunting | sunting sumber]

Di Amara
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Big Problem" (2018)
Penampilan
terakhir
Big Hero 6: The Series
"City of Monsters - Bagian II" (2019)
PenciptaJenny Jaffe
Pengisi suaraMara Wilson
Usia23 (secara fisik)
AliasLiv Amara
Jenis kelaminPerempuan

Diane "Di" Amara adalah klon jahat Liv Amara, miliarder berusia 23 tahun CEO Sycorax, salah satu perusahaan terbesar di San Fransokyo. Saat berpose sebagai tiruan kelahirannya, dia dianggap sebagai idola di dunia teknologi dan selalu mencari hal terbaik berikutnya. Semua orang mencintainya kecuali saingannya Alistair Krei yang tidak terlalu dia perhatikan. Meskipun awalnya tertarik dengan Baymax, dia dengan cepat menolak Hiro ketika dia mengetahui bahwa dia tidak benar-benar membangunnya dan karena itu tidak berpikir bahwa Hiro layak untuk ditemani. Dia akhirnya memilih Karmi setelah menganggap nano-reseptornya lebih menarik. Seiring waktu, keduanya mengembangkan ikatan yang erat atas minat yang sama dan mulai berkolaborasi dalam proyek. Dia akhirnya membawanya sebagai pekerja magang di perusahaannya. Sisi jahatnya terungkap ketika dia mulai menawarkan jasanya kepada orang-orang seperti Momakase (alias Vicaneris), High Voltage (alias Eelectora dan Tactirella) dan menjadi orang yang mengubah Orso Knox menjadi monster bernama Siranus melalui teknologinya sendiri. Di menampilkan penampilan yang baik hati, tetapi pada kenyataannya adalah individu yang licik dan cerdas. Dalam episode "Lie Detector", dia diturunkan untuk menjaga Liv Amara yang asli dalam cryo-stasis untuk kondisinya. Di menyatakan bahwa dia "akan melakukan apa saja" untuk membantunya, menjelaskan motivasinya. Dia kemudian menyalakan Karmi dengan mengubahnya menjadi monster bernama Phoenomblina dan kemudian menculik Hiro dan Baymax dalam upaya untuk menghapus anti-virus yang sebenarnya membunuh Liv. Meski berhasil, dia ingin melanjutkan rencananya untuk menciptakan monster. Dia dihentikan oleh Liv begitu dia sadar dan segera ditangkap bersama asistennya Chris segera setelah itu.

Trina[sunting | sunting sumber]

Trina
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"The Bot Fighter" (2018)
Penampilan
terakhir
Big Hero 6: The Series
"Legacies" (2020)
PenciptaHan-Yee Ling
Pengisi suaraChristy Carlson Romano
Jenis kelaminPerempuan

Trina Aken adalah mantan pacar Hiro dan "putri" gynoid yang diciptakan oleh Obake dengan tujuan semata-mata untuk memikat Hiro agar menjadi bagian dari kerajaan yang direncanakannya. Dia pertama kali muncul dengan menyamar sebagai petarung bot muda yang bekerja sama dengan Hiro di sirkuit pertarungan bot bawah tanah. Segera terungkap bahwa dia telah meretas robot pesaing lain untuk merampok bank. Meskipun Hiro naksir padanya, ia berbalik melawan Trina memaksanya untuk melarikan diri kembali ke Obake. Trina kemudian mengungkapkan asal robotiknya kepada Hiro sambil menggodanya dengan santai. Setelah kekalahan Obake, dia melarikan diri. Dia menjadi penjahat penuh waktu dengan memotong rambut dirinya sendiri dan meningkatkan tubuh robot. Dia bekerja bersama Noodle Burger Boy yang dia sebut "adik laki-laki" dan tampaknya menunjukkan perhatian yang tulus padanya. Trina menghabiskan sebagian besar musim 2 mencoba menyusun rencananya sendiri untuk balas dendam terhadap Big Hero 6. Dalam episode "Something Fluffy", dia dan Noodle Burger Boy terus menggali sampah mencari suku cadang untuk beberapa jenis perangkat. Dia secara terbuka menyuarakan ketidaksukaannya pada transformasi monster penjahat baru-baru ini; menyebut mereka "pecundang". Belakangan terungkap bahwa rencananya melibatkan penggunaan kode yang tersisa dari "ayahnya" Obake. Rencananya akhirnya membuahkan hasil dalam episode "Legacies" di mana dia bekerja di bawah Krei untuk membuat Buddy Guardians. Sekarang dibuat agar terlihat jauh lebih tua dan memakai gaya rambut yang mirip dengan penciptanya, Trina, bersama dengan Noodle Burger Boy, mencoba menggunakan reaktor termonuklir, menyamar sebagai truk sampah, untuk melenyapkan San Fransokyo; percaya bahwa dia akan melanjutkan warisan ayahnya. Dia akhirnya dikalahkan dan tersirat telah dipenjara.

Megan Cruz[sunting | sunting sumber]

Megan Cruz
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Something's Fishy" (2019)
Penampilan
terakhir
Big Hero 6: The Series
"Legacies" (2020)
PenciptaSharon Flynn
Pengisi suaraIsabella Gomez
Usia14
Jenis kelaminPerempuan

Megan Amelia Isabella Cruz adalah seorang gadis yang seumuran dengan Hiro yang baru saja pindah ke San Fransokyo bersama ayahnya, Diego Cruz, yang merupakan kepala kepolisian San Fransokyo. Dia pertama kali diperkenalkan oleh Cass yang ingin menjodohkan Hiro dengannya sebagai calon kencan untuknya.[10] Meskipun hanya bersama untuk waktu yang singkat, keduanya rukun satu sama lain. Megan mulai memperlakukan Hiro dengan kebiasaan remaja biasa seperti pergi ke prom. Keduanya sejak itu semakin menyukai satu sama lain dan, seperti yang diungkapkan oleh Fred, tampaknya telah "berkencan" cukup lama. Dia ingin menjadi jurnalis agar bisa mempelajari identitas Big Hero 6. Tidak mengetahui bahwa Hiro sebenarnya adalah pemimpin tim, dia tidak menyadari upayanya untuk mencegahnya dari mencari kebenaran dan hanya salah mengira bahwa Hiro menutupinya dengan aneh. Dalam episode "Hiro the Villain", dia mulai menggandakan penelitiannya ketika dia menemui hambatan dan dengan cepat menemukan bahwa Big Hero 6 sebagian besar terlihat di tempat-tempat seperti Krei Tech dan SFIT. Dia mencoba untuk mewawancarai Krei dan Granville, tetapi dia melihat melalui manuver wawancara defensif mereka. Ketika dia mengetahui tentang kematian Tadashi di SFIT dan keterlibatan Callaghan, Megan akhirnya menduga bahwa semua peristiwa terkait Big Hero 6 berhubungan dengan Hiro. Dia mengkonfrontasi Hiro atas informasinya dan mengancam akan memberi tahu ayahnya tentang mereka, tetapi setelah diizinkan untuk membayangi grup dan menyaksikan tindakan heroik Hiro, berubah pikiran dan memutuskan untuk merahasiakan mereka. Dia menjadi lebih aktif di episode "Legacies" di mana dia membantu Hiro mencari tahu dari mana Buddy Guardians berasal. Mengikuti pengakuan ayahnya bahwa Big Hero 6 bagus dan Hiro adalah pemimpin mereka, hubungannya dengan ayahnya membaik. Dia tidak terlihat lagi setelah itu, tapi dia disebutkan dalam episode "Big Chibi 6" oleh Cass dan Baymax. Ketika Hiro mulai menunjukkan minat romantis pada Karmi, keduanya bertanya "Bagaimana dengan Megan?", menyiratkan bahwa keduanya tidak lagi bertemu, meskipun dapat diasumsikan bahwa mereka masih berteman.

Chief Cruz[sunting | sunting sumber]

Chief Cruz
Penampilan
perdana
Big Hero 6: The Series
"Something's Fishy" (2019)
Penampilan
terakhir
Big Hero 6: The Series
"Legacies" (2020)
PenciptaSharon Flynn
Pengisi suaraNΓ©stor Carbonell
Jenis kelaminLaki-laki

Chief Diego Cruz adalah kepala kepolisian San Fransokyo yang baru terpilih. Dia telah mengenal Bibi Cass selama bertahun-tahun dan meninggalkan kota untuk mengejar karirnya di bidang penegakan hukum. Ketika dia kembali, dia menjadi ayah seorang putri bernama Megan dan memilih untuk tinggal secara permanen. Dia menganggap Big Hero 6 sebagai masalah bagi kota dan berharap posisi barunya akan memungkinkan dia untuk menggandakan upaya memadamkan kewaspadaan. Seperti kebanyakan ayah pada umumnya, dia sangat protektif terhadap putrinya. Meski dekat dengan Bibi Cass, dia sedikit curiga pada Hiro, terutama karena kedekatannya dengan Megan. Namun demikian, dia mendukung usaha jurnalistiknya, terutama karena dia meluncurkan sebuah proyek untuk menemukan identitas Big Hero 6 yang akan membuat pekerjaannya lebih mudah. Cruz naksir Cass sampai-sampai dia rela meminum kopi, minuman yang tidak disukainya, di hadapannya dan bersikeras agar dia memanggilnya dengan nama depannya. Dia memulai perangnya melawan Big Hero 6 dalam episode "The Globby Within" ketika kekuatan Globby mulai bertingkah (efek samping dari melahap Nega-Globby). Dia mengeluarkan surat perintah untuk penangkapannya dan siapa pun yang membantunya. Ketika dia menemukan upaya Big Hero 6 untuk melakukannya, dia mengeluarkan surat perintah untuk mereka. Dia dengan bangga mengklaim bahwa kehadiran Big Hero 6 adalah penyebab munculnya semua penjahat. Meskipun demikian, Hardlight tampak menuntut untuk menghadapi mereka dan menculik Cruz. Meski para pahlawan menyelamatkannya, dia tetap memiliki prasangka yang kuat. Belakangan terungkap dalam episode "Fred the Fugitive" bahwa usahanya untuk memadamkan kewaspadaan terutama karena ayahnya mengorbankan hidupnya untuk seorang penjahat untuk menyelamatkan putranya dan Boss Awesome datang terlambat. Dalam episode "Legacies", Cruz akhirnya melihat kesalahannya saat Megan diculik oleh Trina dan memanggil Big Hero 6 untuk membantu menemukan dan menyelamatkannya. Setelah itu, dia mengetahui identitas mereka.

Karakter Lainnya[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

  • Sersan Gerson (diisi suaranya oleh Daniel Gerson)[13] adalah sersan polisi dari kantor polisi setempat San Fransokyo. Dia tampak tidak tertarik dengan pekerjaannya atau apa pun di sekitarnya. Dia memang menawarkan selotipnya ke Baymax saat dia mengempis dan kemudian bersemangat saat mereka memberinya lebih banyak selotip.
  • Heathcliff / Mongoose (diisi suaranya oleh David Shaughnessy)[14] adalah kepala pelayan keluarga Fred yang terlihat sangat dekat dengannya. Tidak ada fase dia dan dia mengambil pekerjaannya dengan serius. Dia diturunkan menjadi pengemudi ahli; melakukan berbagai manuver mustahil dalam limusin. Dia pernah menjadi agen rahasia yang dijuluki Mongoose karena memiliki musuh bebuyutan, yang pantas disebut Cobra. Boss Awesome membantunya mengalahkannya sekali dan sebagai gantinya, dia memutuskan untuk tetap bersama Fredericksons sebagai kepala pelayan pribadi mereka.
  • Judy (diisi suaranya oleh Laura Silverman)[15] adalah asisten Krei. Dia adalah karakter bisu dalam film tersebut, tetapi dalam serial tersebut dia berbicara untuk pertama kalinya. Dia sarkastik dan blak-blakan berbicara tentang bosnya dan perusahaannya. Namanya tidak diungkapkan sampai musim kedua, mengakui bahwa tidak ada yang benar-benar bertanya. Dia rupanya tinggal bersama Nana.
  • Mochi (diisi suaranya oleh Brock Powell)[16] adalah kucing belacu kelebihan berat badan milik Hiro dan Bibi Cass. Mereka sangat peduli dengan kucing peliharaan mereka, meskipun kadang-kadang bisa menjadi gangguan. Dia benci pergi ke dokter hewan.
  • Ringleader (diisi suaranya oleh Charlotte Gulezian)[17] adalah seorang wanita Asia mengenakan penutup mata yang memimpin pertarungan bot di San Fransokyo. Dia bekerja di bawah Tn. Yama. Dalam serial tersebut, dia dikreditkan sebagai Asisten Yama. Dia secara fisik didasarkan pada Fujitas, yang merupakan penjahat yang dibatalkan dari film tersebut.[11]
  • Abigail Callaghan (diisi suaranya oleh Katie Lowes) adalah Putri Robert Callaghan. Dia ingin menjadi petarung robot, tetapi tumbuh menjadi pilot untuk Krei Tech. Kecelakaan membuatnya tersesat di antara dimensi dan suspensi. Abigail diselamatkan oleh Hiro dan Baymax dan dirawat di rumah sakit.
  • Frederick Frederickson III / Boss Awesome (diisi suaranya oleh Stan Lee)[18] adalah Ayah Fred dan seorang miliarder. Tuan Frederickson pernah menjadi pahlawan super bernama Boss Awesome, tetapi menetap dan memiliki Fred yang dia biarkan menjadi rahasia masa lalunya melalui adegan pasca-kredit. Dia berkeliling dunia pada pameran eksotis dan tampaknya memiliki kekuatan super. Meskipun usianya sudah lanjut, dia masih kuat dan mampu menangani dua penjahat sekolah lamanya Baron Von Steamer dan Supersonic Sue.[19] Dia memiliki perusahaan perkapalan, menjelaskan kekayaannya yang melimpah. Frederick Frederickson III dimodelkan setelah aktor suaranya Stan Lee.[20]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Diperkenalkan di Musim 1[sunting | sunting sumber]

  • Ny. Frederickson (nΓ©e Flamaria') / Major Blast (diisi suaranya oleh Susan Sullivan)[21] adalah Ibu sosialita kaya raya Fred yang malu dengan kejenakaan putranya, tapi tetap mencintainya. Dia awalnya malu dengan cara orang memandang dia dan keluarganya, tetapi kemudian belajar untuk menghadapinya. Di musim kedua, dia terungkap tidak hanya mengetahui kehidupan ganda putranya Big Hero 6, tetapi dia juga berperan sebagai penjahat bernama Major Blast yang fungsi utamanya adalah menguji untuk melihat apakah suaminya mampu melindungi dirinya sendiri. Dia mengenakan baju zirah itu lagi untuk menguji Fred.
  • Bluff Dunder (diisi suaranya oleh Diedrich Bader)[22] adalah seorang reporter berita untuk San Fransokyo. Dikenal karena penyampaiannya yang agak sombong. Meskipun kurangnya empati untuk banyak hal, dia menganggap Big Hero 6 sebagai pahlawan sejati dan terkejut dengan surat perintah SFPD untuk menangkap mereka. Dia memiliki babi peliharaan bernama Noodles dan ayahnya Duff (diisi suaranya juga oleh Diedrich Bader)[23] yang juga seorang reporter berita.
  • High Voltage adalah duo ibu / anak yang ditenagai listrik dan musik pop bertenaga, yakni Barb (diisi suaranya oleh Katy Mixon)[24] dan Juniper (diisi suaranya oleh Sophie Reynolds).[25] Mereka bermimpi menjadi bintang dan merampok tempat karena mereka merasa bintang "tidak harus mengikuti audisi". Mereka mendapatkan tenaga dari bola listrik, tetapi juga memiliki gelang yang ditenagai oleh baterai sel khusus. Mereka berusaha untuk berjalan lurus, tetapi diberi implan belut listrik oleh Amara dan memperoleh kemampuan untuk menciptakan listrik secara internal dan berubah menjadi belut dan dia menamakannya Eelectora dan Tactirella. Mereka berdua kembali normal oleh Bessie di episode "City of Monsters". Di musim 3, mereka melakukan pengabdian masyarakat untuk membayar kejahatan mereka.
  • Beverly Samantha "Binky" Mole adalah ibu sosialita kaya Richardson Mole yang meremehkan keluarga Fredericksons. Dia tidak pernah berbicara dan selalu kecewa dengan sesuatu termasuk anaknya sendiri
  • Baron von Steamer (diisi suaranya oleh Jeff Bennett)[26] adalah penjahat berbasis steampunk dan musuh bebuyutan Boss Awesome. Menurut Tuan Frederickson, dia sudah tua ketika dia melawannya. Dia tersinggung karena tidak banyak orang yang mengingatnya dan tampaknya ketinggalan zaman. Dia juga tidak sepintar yang dia kira Wasabi adalah Fred. Dia juga tampaknya tidak menyadari bahwa Boss Awesome telah pindah, meskipun dia akhirnya melawannya lagi dan kalah telak.
  • Momakase (diisi suaranya oleh Naoko Mori)[27] adalah seorang pencuri profesional dan koki sushi yang menggunakan pisau berbilah graphene dan katana sebagai senjata. Dia menganggap dirinya koki terbaik dan ingin mengalahkan Cass ketika dia memenangkan kompetisi memasak.[9] Dia kebanyakan keluar untuk dirinya sendiri dan cenderung memutuskan hubungan dengan majikannya. Dalam episode "Fan Friction", dia mulai bekerja untuk Obake. Setelah kekalahan Obake, Momakase kembali menjadi penjahat tunggal. Dia membuat kesepakatan dengan Amara dan menerima implan yang memberinya cakar dan penampilan kebinatangan yang buas bernama Vicarenis. Dia kembali normal oleh Bessie di "City of Monsters". Dalam episode "Hiro the Villain", dia terungkap memiliki sepasang pedang khusus yang telah menjadi bagian integral dari keluarganya selama beberapa generasi dan menunjukkan rasa hormat saat dia membantu Big Hero 6 melarikan diri dari polisi setelah Hiro membantunya mendapatkan kembali pedangnya dari Yama, yang merupakan gangster telah memaksa ayah Momakase untuk menyerahkan pedangnya sebagai imbalan atas keselamatan Momakase dan keluarganya. Dia membantu Big Hero 6 di final dengan mengalahkan Noodle Burger Boy dan keluarganya dan menurut Fred sekarang "lebih baik".
  • Bolton Gramercy (diisi suaranya oleh Gordon Ramsay)[28] adalah koki yang sombong dan idola Cass yang kemudian menjadi saingan. Dia kemudian belajar kerendahan hati setelah dikalahkan oleh Cass dalam kompetisi memasak bawah tanah seperti yang terlihat di "Food Fight". Di akhir episode, dia meminta kembali pisaunya dari Cass.
  • Yum LabouchΓ© (diisi suaranya oleh Alton Brown)[29] adalah koki terkenal dan juri dalam kompetisi memasak bawah tanah seperti yang terlihat di episode "Food Fight."
  • Ned Ludd / Hibagon (diisi suaranya oleh Jon Rudnitsky)[30] adalah mantan pengembang real estate yang menentang teknologi ketika meteorit elektromagnetik jatuh di depannya dan sekarang tinggal di Hutan Muirahara yang dia beri nama Bessie. Dia tidak mempercayai teknologi sampai-sampai dia menganggap Baymax sebagai ancaman. Dia diserang oleh Amara dan berubah menjadi Hibagon, makhluk legendaris yang awalnya dia pura-pura untuk mencegah orang keluar dari hutan. Dia kembali normal, tapi kehilangan Bessie miliknya yang berharga. Dia kembali ke kota untuk merebut kembali monster Bessie sebagai peliharaan miliknya.
  • Bessie (diisi suaranya oleh Fred Tatasciore)[31] adalah meteorit elektromagnetik sederhana yang mendarat di Hutan Muirahara. Kekuatan "dia" mampu meredam listrik apa pun. Dia dicuri dari Ned Ludd oleh Di Amara dan diubah menjadi monster hibrida beruang. Ludd akhirnya menjinakkan peliharaannya yang baru bermutasi dan membawanya kembali ke hutan. Dalam episode "Fred the Fugitive", terungkap bahwa dia telah melahirkan tiga anak yang menunjukkan sifat yang sama.
  • Dr. Mel Meyers (diisi suaranya oleh John Ross Bowie)[32] adalah seorang ilmuwan yang bekerja di bawah Krei dan yang juga membencinya karena menyalahgunakan ciptaannya Buddy-Drone, robot pengawal yang dia buat untuk digunakan untuk pesta kejutan. Dia canggung secara sosial dan tampaknya sedikit menyukai Cass setelah bertemu sebentar dengannya.
  • Mad Jacks adalah tim tentara bayaran ops hitam beroktan tinggi yang semua anggotanya disebutkan dalam beberapa variasi Jack, ini termasuk pemimpin mereka Jack, nama asli Greg (diisi suaranya oleh Rob Riggle),[33] Jack (diisi suaranya oleh Kevin Michael Richardson),[34] dan Jaq (diisi suaranya oleh Kerri Kenney).[35] Mereka adalah pecandu adrenalin yang terkenal dengan slogannya "Jack Attack!" dan memiliki situs web dan lagu tema mereka sendiri. Di musim 3 terungkap bahwa mereka tampaknya telah pensiun dari menjadi tentara bayaran dan sebagai gantinya menjadi pembawa acara televisi berjudul Bright Lights, Loud Noises.
  • Tn. Frank Sparkles (diisi suaranya oleh Patton Oswalt)[36] adalah pembawa acara permainan gila dan egois yang lebih memilih ketenarannya sendiri daripada orang lain. Dia menculik kucing Hiro dan Cass Mochi setelah ketenaran internetnya yang tak terduga dan memutuskan untuk berkomitmen menjadi penjahat super penuh waktu. Dia menggunakan sumber dayanya untuk menghibur orang kaya meskipun di bawahnya, dia menggunakan uang yang dia peroleh untuk skema jahatnya. Dia kebanyakan mencari perhatian ketika dia mencoba untuk mengklaim bahwa dia bertanggung jawab atas wabah monster dan menjadi bermutasi oleh Amara, memberinya kualitas seperti tumbuhan dan kemampuan untuk secara telepati mengendalikan Mayois bernama Zyeroxelides, makhluk nabati juga diciptakan oleh Amara. Dia kembali normal oleh Bessie di "City of Monsters". Dalam episode "A Fresh Sparkles", Mr. Sparkles, menggunakan nama aslinya Frank, telah berubah dan sekarang bekerja di Pizza Party-torium. Mr Sparkles didasarkan pada karakter yang ditinggalkan dari film tersebut.[11]
  • Sara (diisi suaranya oleh Jenifer Lewis)[37] adalah manajer di Noodle Burger. Dia tampak ramah terutama kepada Fred, salah satu pelanggan setianya, tapi bisa menjadi terlalu dramatis terutama saat Noodle Burger Boy menghilang. Dia semakin terpukul setelah mengetahui nasib maskot kesayangannya. Di musim 3 pemutaran perdana, dia mendapatkan pekerjaan baru di Hyper-Potamus Pizza-Party-Torium, hanya saja maskot baru itu mengalami nasib yang sama. Dia sekali lagi mencoba untuk pindah dan bahkan mempekerjakan Tuan Sparkles dan Felony Carl sebagai karyawan.
  • Dr. Trevor Trengrove (diisi suaranya oleh Andy Daly)[38] adalah ilmuwan produktif yang tampaknya lebih peduli dengan citranya. Terungkap bahwa dia palsu, telah mencuri tesisnya dari mantan rekannya Wendy Wower dan dipaksa oleh Yama untuk membuat robot yang kuat.
  • Dr. Wendy Wower (diisi suaranya oleh Riki Lindhome)[39] adalah ilmuwan hiburan anak-anak yang pernah bekerja dengan Trevor Trengrove. Dia tidak memiliki perasaan keras pada mantan pasangannya dan memaafkannya ketika dia mengakui pencuriannya. Dia terbukti sama tertariknya dengan Baymax seperti Hiro ketika dia pertama kali bertemu dengannya. Dia mengaku mendasarkan kepribadiannya pada Granville. Wendy juga membawakan acara televisinya sendiri.
  • Anak Kecil yang Aneh (diisi suaranya oleh Kari Wahlgren)[40] adalah anak yang tidak disebutkan namanya yang tampaknya menjadi penggemar Wendy Wower. Dia memiliki rambut pirang runcing dan memakai tiga pasang kacamata di kepalanya. Dia terbukti jeli dan tampaknya menyukai kekacauan. Dia kemudian terungkap sangat pemalu dan ingin tumbuh menjadi seperti Wendy, tetapi kesulitan mengungkapkannya.
  • Lenore Shimamoto (diisi suaranya oleh Jeanne Sakata)[41] adalah seorang seniman terkenal yang menyembunyikan pikiran ilmiah yang cemerlang. Dia hidup sekitar tahun 1906 dan membuat catatan harian tentang penemuan ilmiahnya sambil melanjutkan karirnya sebagai seorang seniman. Dia kemudian terungkap telah menyebabkan Bencana Besar San Fransokyo sebagai hasil dari upayanya membangun penguat energi, meninggalkan silinder fonograf dan lukisan yang menyembunyikan cetak biru untuk mengakui tindakannya sambil berharap tidak ada yang mengulangi pekerjaannya.
  • Orso Knox (diisi suaranya oleh Fred Tatasciore)[42] adalah ilmuwan pencinta Shakespeare yang entah bagaimana mengubah dirinya menjadi monster mengerikan bernama Siranus yang digambarkan Fred dan Alistair sebagai "ikan paus, dinosaurus, dan sehelai rambut yang dilemparkan ke dalam blender." Dia tampaknya memiliki koneksi ke Fredericksons, Krei, dan Amara. Dia kemudian "sembuh" dari transformasinya menjadi mutan, tetapi sebenarnya berada di bawah kendali Amara. Dia kemudian dibebaskan dari kendalinya oleh Bessie di episode "City of Monsters".

Diperkenalkan di Musim 2[sunting | sunting sumber]

  • Chris (diisi suaranya oleh Ben Feldman)[43] adalah Asisten pribadi Di Amara yang sangat bahagia dan ramah kepada semua orang. Dia suka dipanggil sebagai "Asisten"-nya Liv. Dia tampaknya telah meningkatkan kekuatan dan keterampilan lain yang membuatnya efisien. Dia diturunkan menjadi ciptaan Amara dan memiliki beberapa DNA anjing dan gorila di dalam dirinya. Dia ditangkap bersama dengan Di.
  • Nega-Glooby (diisi suaranya oleh Dee Bradley Baker,[44] kemudian digantikan oleh Andy Richter) adalah kumpulan gumpalan hidup yang dibuat oleh Amara setelah asistennya mencuri sampel Globby. Ia memiliki satu mata yang diambil dari tanaman hidup di labnya. Ia tidak berakal dan hanya mengetahui kehancuran. Setelah diserap oleh Globby, ia mencoba untuk mengambil kendali atas dirinya, namun telah dihapus dan terbungkus dalam ruang hampa khusus yang dibuat oleh Big Hero 6. Dia kemudian dibebaskan dan diberi otak yang membuatnya lebih manusiawi, tapi juga angkuh dan sombong. Tim akhirnya membiarkannya tinggal bersama Richardson Mole setelah terlihat jelas bahwa mereka memiliki kepribadian yang mirip.
  • Mayoi (diisi suaranya oleh Dee Bradley Baker)[45] adalah makhluk nabati kecil yang menggemaskan. Mereka menjadi hit besar dengan orang-orang San Fransokyo, tetapi pada kenyataannya adalah makhluk tidak stabil yang tumbuh berukuran raksasa. Mereka diciptakan oleh Amara, tetapi dikendalikan oleh Mr. Sparkles alias Zyetoxelides. Honey Lemon kemudian mengadopsi salah satunya saat berhasil mengalahkan Di Amara.
  • Supersonic Sue (diisi suaranya oleh Jane Lynch)[46] penjahat sepatu roda bergaya jadul. Dia beralih ke kehidupan kriminal karena menggunakan "skate peningkat kinerja" dalam turnamen sepatu roda yang kompetitif. Sama seperti Steamer, dia menganggap dirinya musuh bebuyutan Boss Awesome. Dia mengklaim bahwa melihat Go Go meyakinkannya untuk kembali ke kejahatan.
  • Liv Amara (diisi suaranya oleh Mara Wilson)[47] adalah miliarder berusia 23 tahun yang merupakan CEO Sycorax yang disimpan dalam stasis oleh tiruannya Diane "Di" Amara setelah dia mencoba membuat "proyek keabadian" di mana dia mengembangkan organisme simbiotik yang dirancang untuk melindungi dari penyakit dan memperpanjang harapan hidup. Namun proyeknya ditolak, dan tanpa ada yang mau mendukungnya, Liv harus menguji organisme itu sendiri. Organisme secara tak terduga berevolusi untuk menghancurkan sel manusia dan akibatnya, kesehatan Liv mulai menurun dengan cepat, menghasilkan klon untuk membantunya dan disimpan dalam keadaan diam oleh klonnya. Hiro dan Baymax menghancurkan anti-virus dan setelah terbangun dari cryostasisnya menyerahkan tiruannya dan Chris ke polisi setelah terungkapnya sifat jahatnya.
  • El Fuego (diisi suaranya oleh Horatio Sanz)[48] adalah seorang pegulat mech yang sombong dan orang jahat di liga. Dia menganggap dirinya lebih baik dari orang lain dan ingin menantang Baymax karena ukuran tubuhnya. Baju zirahnya memungkinkan untuk terbang terbatas dan pukulan kuat bersama dengan lampiran pelempar api, maka nama El Fuego (Bahasa Spanyol dari "Api").
  • Uncle Samurai (diisi suaranya oleh Eric Bauza)[49] adalah Musuh bebuyutan El Fuego di atas ring. Dia dianggap sebagai pahlawan dalam mech-wrestling dan patriotik.
  • Ian / Hardlight (diisi suaranya oleh Will Friedle)[50] adalah Karyawan kutu buku Keri. Dia adalah seorang ahli teknologi yang selalu dipanggil "Ethan" oleh bosnya. Dia menjalani kehidupan ganda sebagai penjahat bernama Hardlight yang memiliki kemampuan untuk membuat konstruksi cahaya padat bertema video game yang dia mainkan. Pidato dan tingkah lakunya terdiri dari ucapan terkait permainan. Dia adalah penggemar seri Big Chibi 6 Karmi dan melawan Big Hero 6 dan Karmi. Dia dikalahkan dan ditangkap.
  • Roderick "Roddy" Blair (diisi suaranya oleh John DiMaggio)[51] adalah teman lama Tn. Frederickson yang membantu membangun markas Boss Awesome. Dia membantu tim membangun kembali bagian dalam pabrik cokelat Frederickson menjadi markas besar yang efektif. Terlepas dari kepribadiannya yang baik, dia secara terbuka menganggap Fred menyebalkan dan mengganggu. Meskipun demikian, dia menawarkan nasihat yang bermanfaat bagi para pahlawan muda. Dia biasa merancang sarang penjahat, tetapi berhenti setelah penjahat bernama Dark Volt menolak untuk membayarnya secara penuh.
  • Detektif Kato (diisi suaranya oleh Eric Bauza)[52] adalah anggota Kepolisian San Fransokyo. Tidak seperti Chief Cruz, dia percaya bahwa Big Hero 6 sangat membantu kota.
  • Basemax (diisi suaranya oleh Zehra Fazal)[53] adalah kecerdasan buatan yang diaktifkan suara di Markas Big Hero 6. Tidak seperti Max lainnya yang semuanya dibuat oleh Hiro, Basemax dibuat oleh Roddy. Dia memiliki "hubungan" yang aneh dengan Baymax karena keduanya secara praktis melakukan fungsi yang sama dan memiliki kebiasaan berbicara pada saat yang sama, namun keduanya cukup sopan untuk menyusun program mereka.
  • Celine Simard / Sirque (diisi suaranya oleh Jessica ParΓ©)[54] adalah seorang akrobat/fisikawan/pencuri beraksen Prancis yang berkeliling dunia dengan rombongan sirkusnya; mencuri barang di samping. Dia mencuri proyek Silent Sparrow Krei untuk mempermudah pencurian. Meskipun menjadi penjahat, dia tampaknya memiliki moral sendiri.
  • Supersonic Stu (diisi suaranya oleh Timothy Simons)[55] adalah cucu Supersonic Sue yang, seperti neneknya, adalah penjahat yang memiliki sepatu roda khusus yang, dalam kasusnya, memungkinkannya berubah menjadi bola cepat. Dia tidak terlalu cerdas dan sangat kekanak-kanakan. Perhatiannya mudah dialihkan oleh kue-kue dan ditenangkan oleh pelukan neneknya. Dia mengaku tidak pintar dan memperhatikan Wendy Wower agar suatu hari dia menjadi pintar.
  • Buddy Guardians (diisi suaranya oleh Eric Bauza)[56] adalah robot raksasa yang diciptakan oleh Trina, melalui Krei Tech, untuk digunakan oleh SFPD. Mereka digunakan untuk menghancurkan San Fransokyo, tetapi kemudian diberi salinan chip medis Tadashi. Salah satu dari mereka tampaknya telah mengembangkan kepribadiannya sendiri dan tertarik pada sihir.

Diperkenalkan di Musim 3[sunting | sunting sumber]

  • Hyper-Potamus (diisi suaranya oleh Kari Wahlgren) adalah kuda nil animatronik "canggih" yang bisa terbang. Dia diciptakan untuk Hyper-Potamus Pizza-Party-Torium, tetapi diambil alih oleh Noodle Burger Boy sebagai bagian dari "keluarga" barunya. Dia kembali normal pada akhir seri dan mulai bekerja untuk Bibi Cass sebagai sebuah server.
  • Hangry Panda (diisi suaranya oleh Nicole Sullivan) adalah robot panda dengan mulut bergerak yang bisa membuat jus. Dia diciptakan untuk Kebun Binatang San Fransokyo di mana dia menawarkan minuman kepada para tamu sambil berbicara dengan suasana hati yang terus-menerus. Dia adalah orang pertama yang menjadi jahat oleh Noodle Burger Boy. Dia kembali normal pada akhir seri dan mulai bekerja untuk Bibi Cass sebagai pengambil pesanan.
  • Crushroom (diisi suaranya oleh Cree Summer) adalah animatronik jamur bersenjata besar yang kuat dan kebanyakan berbicara sebagai orang ketiga. Dia kebanyakan melakukan pengiriman pizza dengan skuter pribadinya sebelum diambil alih oleh Noodle Burger Boy untuk "keluarga" barunya. Dia kembali normal pada akhir seri dan mulai bekerja untuk Bibi Cass sebagai busboy.
  • Walikota Saito (diisi suaranya oleh Jeanne Sakata) adalah walikota San Fransokyo. Setiap tahun, dia mengadakan acara "Walikota untuk Sehari" di mana orang-orang mengajukan diri untuk menjadi walikota selama satu hari saat dia istirahat. Dia tidak mempercayai salah satu teknologi Alistair Krei, tetapi dia tidak memiliki grup teknologi lain untuk diandalkan saat ini.
  • Curie (diisi suaranya oleh Fred Tatasciore) adalah seekor anjing Gembala Inggris milik Granville, yang suka menggigit dan menggigit segalanya. Dinamai setelah Marie Curie.
  • Fermi (diisi suaranya oleh Fred Tatasciore) adalah adalah seekor anjing Rottweiler milik Granville, yang sombong dan cenderung tidak patuh sampai dia memiliki Tn. Pip, kepiting mainan pemerasannya. Dinamakan setelah Enrico Fermi.
  • Oppenheimer (diisi suaranya oleh Bennett) adalah seekor anjing chiuahua milik Granville, yang selalu mengembalikan benda-benda acak sepuluh kali lipat ukurannya. Dinamakan setelah J. Robert Oppenheimer.
  • Sergeant Suction adalah robot penyedot debu kecil yang fungsi utamanya adalah menyedot limbah. Noodle Burger Boy berusaha merekrutnya ke dalam "keluarganya", meskipun tidak menunjukkan konsep kesadaran diri. Hal ini hancur setelah dihancurkan. Ini kemudian muncul kembali, mungkin model lain, di mana sekali lagi digunakan untuk membantu Noodle Burger Boy dengan salah satu skema jahatnya.
  • Krei Shuttle (diisi suaranya oleh Genesis Rodriguez) adalah pesawat ulang-alik dengan kecerdasan buatan yang dibuat oleh Hiro dan Honey Lemon untuk sistem transit Krei. Itu menyerupai kelinci dan memiliki telinga yang ditenagai oleh kepositifan, memberikannya kepribadian yang ceria mirip dengan Homey Lemon. Jika diberi emosi negatif, dia menjadi murung dan berbicara negatif.[57]
  • Olivia Mole (diisi suaranya oleh Nichole Bloom) adalah pecandu buku komik dengan hasrat yang mirip dengan Fred. Dia awalnya tidak menyukainya karena sepupunya, Richardson, mengatakan kepadanya bahwa dia adalah orang yang menyebalkan. Dia menyadari bahwa dia berbohong dan akhirnya menyukai Fred dan mulai berkencan dengannya.
  • 4 2 Sing adalah boy band K-Pop populer yang terdiri dari dua pasangan kembar Dae dan Hyun-Ki (diisi suaranya oleh Nichkhun) dan Kwang-Sun dan Ye Joon (diisi suaranya oleh Jae Park). Mereka mencolok dan sombong, meski sangat berbakat. Mereka ingin menjadi pahlawan super untuk membedakan diri mereka dari kelompok lain, tetapi sangat tidak kompeten dan tidak tahu cara bertarung, dan memuji setiap kemenangan sukses yang diambil Big Hero 6, muncul hanya pada menit terakhir untuk berfoto dengan pers. Mereka akhirnya sadar.
  • Queen of Spamivia (diisi suaranya oleh Zehra Fazal) adalah virus email yang mengambil alih Basemax secara singkat. Dia bertindak hampir seperti A.I. dan berbicara dalam istilah abad pertengahan, bahkan sampai "ksatria" Baymax dan Mini-Max ke sisinya dalam memulai pemberontakan robotnya.[58]
  • Rishi Patel (diisi suaranya oleh Julian Zale) adalah anak dengan kecerdasan tinggi yang berusia sebelas tahun yang terpilih sebagai siswa potensial untuk SFIT. Dia ternyata sama mengganggu dan kasarnya seperti Hiro saat pertama kali bergabung. Dia mulai menghargai sekolah ketika dia mengetahui bahwa penjahat super menyerangnya dan bekerja sama dengan Hiro untuk mempertahankannya. Granville membuatnya menjadi anak didik Hiro untuk semester musim gugur, yang membuatnya sangat senang

Diperkenalkan di seri Baymax![sunting | sunting sumber]

  • Kiko Tanaka (diisi suaranya oleh Emily Kuroda) adalah seorang wanita lanjut usia yang tidak suka berenang karena hal itu menimbulkan kenangan menyakitkan karena tidak bisa menemani suaminya berenang sebelum dia meninggal dunia. Dia memiliki penampilan luar yang sangat pemarah sebelum Baymax datang dan membantunya menghadapi ketakutannya.
  • Sofia (diisi suaranya oleh Lilimar) seorang gadis pra-remaja yang mengalami menstruasi pertamanya. Meski marah dan kesal karena merasa masa kecilnya akan berakhir, Baymax berhasil membantunya dengan membuatnya sadar bahwa dia masih muda dan memiliki seluruh hidupnya di depan. Dia sangat berbakat dengan yo-yo.
  • Ali (diisi suaranya oleh Zeno Robinson) adalah anak laki-laki pra-remaja dan sahabat Sofia yang berbakat dengan yo-yo.
  • Mbita (diisi suaranya oleh Jaboukie Young-White) adalah pria yang menjalankan truk makanan bernama "Just Fish Soup". Dia menemukan bahwa dia memiliki alergi ikan, sehingga merusak bisnisnya dan membuatnya takut akan masa depan. Dengan bantuan Baymax, dia belajar menerima perubahan dan bahkan berhasil mengajak orang yang dia sukai, Yukio.
  • Yukio (diisi suaranya oleh Brian Tee) adalah seorang pria yang menjalankan penjual makanan yang menjual apel. Dia bersahabat dengan Mbita dan kemudian setuju untuk berkencan dengannya.
  • Yachi adalah kucing oranye yang secara tidak sengaja menelan sebuah earbud bluetooth sehingga tersangkut di tenggorokannya. Ia sebenarnya ingin memiliki rumah yang penuh kasih. Tersirat bahwa dia diadopsi oleh Kiko

Seri Buku Komik[sunting | sunting sumber]

  • Profesor Kameela adalah seorang guru di SFIT yang menjalankan tim peneliti Baryonic Dark Matter. Wasabi rupanya mengaguminya dan ingin menjadi bagian dari timnya.
  • Alex Miromoto adalah dosen teknologi terkenal yang menemukan cara untuk membuat hologram padat untuk tujuan komunikasi. Dia mulai menggunakan teknologi itu sendiri untuk merampok tempat dengan asistennya. Dia hanya dapat memproyeksikan melalui penggunaan ponsel.
  • Olivia Vega / Mechadama adalah sesama mahasiswa di SFIT yang mengidolakan Go Go. Tidak menyadari bahwa dia dan kepribadian pahlawan supernya sama, dia memutuskan untuk meningkatkan teknologi dengan menggunakan energi foton. Dia mulai melakukan kejahatan untuk membantu neneknya yang sakit. Setelah tertangkap, Go Go dan Granville meminta para korban untuk membatalkan dakwaan agar mereka dapat membantunya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Big Hero 6": The Movie Vs. The Comic Book - WDW News Today". wdwnt.com (dalam bahasa Inggris). 2014-11-10. Diakses tanggal 2022-12-10. 
  2. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Hiro-Hamada/
  3. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Baymax/
  4. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Honey-Lemon/
  5. ^ twitter.com/jamiechung1/status/529330930645622784
  6. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Go-Go-Tomago/
  7. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Fred/
  8. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Tadashi-Hamada/
  9. ^ a b c Baymax and Hiro Spy on Aunt Cass | Big Hero 6 The Series | Disney XD, diakses tanggal 2022-12-10 
  10. ^ a b Baymax Crashes Hiro's Date | Big Hero 6 The Series | Disney XD, diakses tanggal 2022-12-10 
  11. ^ a b c Julius, Jessica (28 Oktober 2014). The Art of Big Hero 6. Chronicle Books. ISBN 9781452122212. 
  12. ^ Fan Friction Sneak Peek | Big Hero 6 The Series | Disney Channel, diakses tanggal 2022-12-11 
  13. ^ www.behindthevoiceactors.com/movies/Big-Hero-6/Desk-Sergeant/
  14. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Heathcliff/
  15. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Kreis-Assistant/
  16. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Mochi/
  17. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Yamas-Assistant/
  18. ^ www.behindthevoiceactors.com/characters/Big-Hero-6/Freds-Dad/
  19. ^ Secret Identity | Big Hero 6 The Series | Disney XD, diakses tanggal 2022-12-11 
  20. ^ Stan Lee Cameo Featurette - Big Hero 6, diakses tanggal 2022-12-11 
  21. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Freds-Mom/
  22. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Bluff-Dunder/
  23. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Duff-Dunder/
  24. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Barb/
  25. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Juniper/
  26. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Baron-Von-Steamer/
  27. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Momakase/
  28. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Bolton-Gramercy/
  29. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Yum-Labouche/
  30. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Ned-Ludo/
  31. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Bessie-Monster/
  32. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Mel/
  33. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Greg-Jack/
  34. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Jack/
  35. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Jaq/
  36. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Mr-Sparkles/
  37. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Sarah-the-Noodle-Burger-Boy-Manager/
  38. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Trevor-Trengrove/
  39. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Wendy-Wower/
  40. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Weird-Little-Boy/
  41. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Lenore-Shimamoto/
  42. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Monster/
  43. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Chris/
  44. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Nega-Globby/
  45. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Mayoi/
  46. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Supersonic-Sue/
  47. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Liv-Amara/
  48. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/El-Fuego/
  49. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Uncle-Samurai/
  50. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Ian-Hardlight/
  51. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Roddy/
  52. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Detective-Kato/
  53. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Basemax/
  54. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Sirque/
  55. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Supersonic-Stu/
  56. ^ www.behindthevoiceactors.com/tv-shows/Big-Hero-6-The-Series/Buddy-Guardians/
  57. ^ Honey Lemon's Project 😊 | Big Hero 6 The Series | Disney XD, diakses tanggal 2022-12-25 
  58. ^ Mini Max Goes Bad | Big Hero 6 The Series | Disney XD, diakses tanggal 2023-01-01