Maleficent (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Maleficent
Maleficent poster.jpg
Sutradara Robert Stromberg
Produser Joe Roth
Skenario Linda Woolverton
Berdasarkan La Belle au bois dormant by Charles Perrault
Little Briar Rose by The Brothers Grimm
Pemeran Angelina Jolie
Brenton Thwaites
Sharlto Copley
Elle Fanning
Sam Riley
Imelda Staunton
Juno Temple
Lesley Manville
Narator Janet McTeer
Musik James Newton Howard
Sinematografi Dean Semler
Penyunting Chris Lebenzon
Richard Pearson
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 28 Mei 2014 (2014-5-28) (Britania Raya)
  • 30 Mei 2014 (2014-5-30) (Amerika Serikat)
Durasi
97 minutes[1]
Negara Britania Raya
Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $180 juta[2]
Pendapatan kotor $44,348,000[3]

Maleficent (/məˈlɛfɪsənt/) adalah film fantasi [yang disutradarai oleh Robert Stromberg dan skenario yang ditulis oleh Linda Woolverton[4] yang dibintangi oleh Angelina Jolie[5] sebagai Maleficent.

Plot[sunting | sunting sumber]

Maleficent (Angelina Jolie) awalnya peri wanita bersayap besar dan kuat yang sangat baik hati. Di tempat tinggalnya yang bernama Moors, Maleficent kecil (Ella Purrnell) bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Stefan (Micheal Higgins). Stefan tertangkap oleh warga Moors karena mencuri, namun Maleficent kecil menyelamatkannya. Stefan yang hanya seorang yatim piatu miskin rela melepaskan cincinnya hanya karena Maleficent tidak bisa menyentuh besi. Mereka pun bersahabat, dan akhirnya menjadi sering bertemu. Sehingga, lama-kelamaan persahabatan mereka berubah menjadi cinta.

Maleficent meyakini bahwa ciuman Stefan adalah "True Love Kiss"-nya. Namun seiring berjalannya waktu, Stefan (Toby Regbo) mulai jarang menemui Maleficent untuk mengejar mimpinya ke istana. Maleficent pun merasa sedih telah ditinggalkan Stefan.

Suatu hari Moors diserang oleh Raja dan pasukannya untuk menguasai Moors. Maleficent berhasil menyingkirkan mereka karena kekuatan sayapnya dan penghuni Moors. Akan tetapi, Raja sangat dendam padanya. Raja akan memberikan tahtanya kepada siapa pun yang berhasil membunuh Maleficent.

Stefan yang memimpikan menjadi Raja berniat untuk membunuh Maleficent. Ia segera menemui Maleficent dari sekian lama mereka tak bertemu. Namun, Maleficent terlalu percaya pada Stefan sehingga ia terjebak. Stefan pun memberi obat tidur kepada Maleficent, kemudian bersiap membunuhnya. Tetapi, karena Stefan tak tega, ia hanya memotong sayap Maleficent dan membawanya ke istana. Maleficent sangat kecewa dan marah sehingga menjadi pemurung.

Suatu kali, Maleficent menyelamatkan seekor burung gagak yang hampir dibunuh. Burung bernama Diaval (Sam Riley) itu mengabdikan dirinya pada Maleficent karena berhutang budi. Diaval memberikan informasi kepada Maleficent bahwa Stefan sudah menjadi raja dan menikah, lalu telah dikaruniai bayi perempuan bernama Aurora (Vivienne Jolie-Pitt). Stefan akan mengadakan pesta dan pembaptisan puterinya tersebut. Peri-peri dan rakyatnyapun datang untuk memberikan hadiah pada Aurora. Namun, Maleficent yang tak diundang sekaligus masih menyimpan dendampun makin naik pitam. Ia menghadiri acara itu untuk memberikan kutukan kepada Aurora meski Stefan sudah memohon padanya. Tetapi, dendam yang disimpan di hatinya begitu besar sehingga telah merubahnya menjadi Peri yang sangat jahat.

Aurora dikutuk akan tertusuk jarum pemintal dan akan tertidur selamanya seperti orang mati pada saat matahari terbenam di ultahnya yang ke-16. Akan tetapi dalam kutukannya Maleficent menyebutkan tidak ada kekuatan apapun di bumi yang dapat mematahkan kutukan itu kecuali ciuman cinta sejati. Maleficent sangat yakin bahwa ciuman cinta sejati tidak akan pernah ada.

Karena kalut Aurora akan terkena kutukan, Stefan memerintahkan negerinya untuk mengumpulkan semua jarum pemintal dan membakarnya disebuah ruang bawah tanah istana. Sedangkan Aurora telah di pindahkan ke sebuah gubuk di hutan terpencil dengan dijaga oleh 3 peri (Imelda Staunton, Juno Temple) agar terlindung dari jarum pemintal.

Aurora (Elle Fanning) pun tumbuh besar menjadi gadis yang sangat cantik dan tetap diawasi oleh Maleficent. Pada saat berumur 16 tahun, Aurora bertemu Maleficent secara langsung dan percaya bahwa Maleficent adalah Ibu Peri Pelindung-nya. Maleficent pun luluh dan mulai menyayangi Aurora seperti anaknya sendiri. Ia sungguh menyesal karena telah memberi kutukan pada Aurora.

Seiring waktu berjalan, Aurora akhirnya tahu bahwa ia telah diberi kutukan oleh Maleficent. Aurora sangat kecewa dan memutuskan untuk kembali kepada ayahnya di istana. Saat kepulangannya, tiba-tiba ayahnya, Raja Stefan langsung mengurung Aurora dalam menara agar dia lebih aman. Akan tetapi kutukan itu tetap terjadi, dan malamnya Aurora terhipnotis untuk mengunjungi ruang bawah tanah istana dan menyentuh jarum pemintal. Aurora pun tertidur.

Disisi lain, Maleficent mencoba jalan terakhir untuk menyelamatkan Aurora. Dia mengantarkan Pangeran muda (Brenton Thwaites) yang ditemui Aurora di hutan. Menurut Maleficent, pangeran itu mungkin adalah cinta sejati Aurora agar bisa membangunkannya dari tidur. Pangeran pun sampai di kamar Aurora dan mencium Aurora. Aurora tetap tidak bangun. Maleficent benar-benar sedih dan mengakui bahwa sisa hatinya yang telah hancur telah diisi oleh kehadiran Aurora. Maleficent menyayangi Aurora dan ingin Aurora kembali. Ia mencium kening Aurora seperti ibunya sendiri. Tahu-tahu, kutukan itu pun hilang. Aurora telah berhasil terbangun kembali. Ternyata ciuman itulah yang dimaksud ciuman kasih sayang sejati.

Aurora ingin ikut bersama Maleficent untuk tinggal di Moors. Tetapi ditengah jalan Raja Stefan menyerang Maleficent. Maleficent mengubah Diaval menjadi naga untuk melindunginya, tetapi percuma. Sedangkan Aurora bingung dan ketakutan sehingga masuk ke ruangan dimana ayahnya menyimpan sayap Maleficent dalam peti kaca. Aurora berusaha melepaskan sayap Maleficent tersebut dan berhasil. Kekuatan Maleficent kembali karena sayapnya kembali.

Singkat cerita, Stefan pun kalah. Maleficent membawa Stefan ke atas menara istana untuk membunuhnya. Tetapi tiba-tiba rasa cinta Maleficent kepada Stefan yang tersisa telah menggelayutinya. Maleficent memang masih memiliki hati yang sangat baik, hanya saja kekecewaan dan dendamlah yang merubahnya. Akhirnya Maleficent berbelas kasih melepaskan Stefan. Akan tetapi, Stefan memanfaatkan kesempatan itu untuk membunuh Maleficent agar jatuh dari menara istana. Namun Stefan sendirilah yang jatuh dari menara istana sehingga ia meninggal.

Aurora tetap ikut bersama Maleficent karena dia juga sangat menyayangi Maleficent seperti ibunya. Aurora pun diangkat menjadi Ratu Moors dan mereka hidup bahagia selamanya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Maleficent (Original Motion Picture Soundtrack)
Film score oleh James Newton Howard
Dirilis 27 Mei 2014
Genre Orchestral
Durasi 1:11:46
Label Walt Disney
Penilaian profesional
Nilai pendapat
Sumber Penilaian

Seluruh musik diciptakan oleh James Newton Howard (Tracks 1–22).

Maleficent (Original Motion Picture Soundtrack)
No. Judul Pencipta Performer(s) Durasi
1. "Maleficent Suite"       6:38
2. "Welcome to the Moors"       1:05
3. "Maleficent Flies"       4:39
4. "Battle of the Moors"       4:58
5. "Three Peasant Women"       1:04
6. "Go Away"       2:26
7. "Aurora and the Fawn"       2:28
8. "The Christening"       5:30
9. "Prince Philip"       2:29
10. "The Spindle's Power"       4:35
11. "You Could Live Here Now"       2:26
12. "Path of Destruction"       1:47
13. "Aurora in Faerieland"       4:41
14. "The Wall Defends Itself"       1:06
15. "The Curse Won't Reverse"       1:21
16. "Are You Maleficent?"       2:10
17. "The Army Dances"       1:28
18. "Phillip's Kiss"       2:20
19. "The Iron Gauntlet"       1:35
20. "True Love's Kiss"       2:33
21. "Maleficent Is Captured"       7:42
22. "The Queen of Faerieland"       3:25
23. "Once Upon a Dream"   Jack Lawrence, Sammy Fain Lana Del Rey 3:20
Durasi total:
45:57

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Maleficent telah menerima $ 222.716.901 di Amerika Utara pada 16 Juli 2014, dan diperkirakan $ 447.000.000 di negara-negara lain pada 16 Juli, dengan total pendapatan di seluruh dunia sebesar $ 669.716.901. Di seluruh dunia, di akhir pekan pembukaannya, film tersebut meraup $ 175.500.000, $ 9.000.000 diantaranya didapatkan dari lokasi IMAX.[13] Hal ini juga debut terbesar di antara film-film yang dibintangi Angelina Jolie[13], dan pendapatan aktris 'tertinggi (pada sebuah film) sepanjang masa di seluruh dunia[14][15], serta 2014 film ketiga yang pendapatannya tercatat melampaui $ 600.000.000 di box office seluruh dunia..[16][17]

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Utara, Maleficent memperoleh $ 4,2 juta pada pertunjukan Kamis malam, melebihi pendapatan tayangan tengah malam atau larut malam dari sebelumnya yang dipegang oleh film fantasi live-action, Alice in Wonderland , Oz Agung The Great and Powerfull dan Snow White and The Huntsman. Pada akhir hari pembukaan (termasuk laba Kamis larut malam), film tersebut meraup $ 24.300.000, mirip dengan Oz , namun di depan Snow White and The Huntsman dan di belakang Alice . Pada akhir pekan debutnya Maleficent berada di tempat pertama dengan $ 69.400.000 ($ 6.700.000 diantaranya diperoleh dari lokasi IMAX dan 35% diperoleh dari pertunjukan 3D), yang melebihi harapan Disney dari $ 60.000.000 pembukaan dan menjadikannya pembukaan akhir pekan terbesar untuk kinerja Jolie (rekor sebelumnya dipegang oleh film nya Wanted, 2008 ), serta akhir pekan pembukaan tertinggi ketiga untuk bintang wanita solo (di belakang dua film pertama The Hunger Games series ). Disney melaporkan bahwa 46% dari pembeli tiket di hari Kamis rata-rata adalah laki-laki, sementara laporan akhir pekan mengatakan penonton keluarga menyumbang 45% dari total penonton film, dan pasangan dan remaja menyumbang 38% dan 18% masing-masing. Penonton Perempuan dan penonton lebih dari 25 tahun masing-masing menyumbang 60% dan 51%. Selama minggu pertama, film ini mendapat total $ 93.800.000, di depan Snow White dan di belakang Oz dan Alice . Pada akhir pekan kedua, pendapatan film ini turun 50% menjadi $ 34.300.000, finis di tempat kedua.

Di luar Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Maleficent dibuka di luar Amerika Utara pada akhir pekan yang sama seperti Amerika Utara, penghasilan $ 20.100.000 yang didapatkan berasal dari 35 wilayah dalam dua hari pertama (28-29 Mei 2014). Selama akhir pekan pembukaannya, film ini menduduki puncak box office dengan $ 106.100.000, penghasilan dari 47 wilayah. Pembukaan akhir pekan terbesarnya berasal dari China ($ 22.200.000), Meksiko ($ 14,0 juta) dan Rusia dan CIS ($ 13,0 juta). Pada akhir pekan kedua rilis, Maleficent turun ke $ 61.700.000, penghasilan didapat dari 52 pasar. Saat itu di tempat pertama di box office di luar Amerika Utara pada tiga pekan, pertama, ketiga ($ 39.200.000) dan keempat ($ 47.900.000) .

Maleficent adalah film kelima paling sukses pada tahun 2014, dan film live-action Angelina Jolie yang paling sukses. Pendapatan secara total, pasar atas film ini setelah Amerika Utara adalah Cina ($ 46.500.000), Meksiko ($ 45.300.000) , Rusia ($ 37.100.000), Brazil ($ 31.300.000), Inggris ($ 30.300.000), Jepang ($ 19.400.000) dan Italia ($ 18.200.000).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Maleficent (PG)". British Board of Film Classification. May 14, 2014. Diakses tanggal May 15, 2014. 
  2. ^ Cunningham, Todd (8 May 2014). "Angelina Jolie's 'Maleficent' Tracking for $60 Million-Plus Box-Office Opening". The Wrap. Diakses tanggal 8 May 2014. 
  3. ^ "Maleficent (2014) - Box Office Mojo". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  4. ^ "Angelina Jolie Is 'Maleficent' In First Official Photo". Diakses tanggal June 20, 2012. 
  5. ^ "Angelina Jolie in Maleficent | Maleficent reviews and BoxOffice Collection". NewsZoner. Diakses tanggal 2014-05-31. 
  6. ^ Sneider, Jeff (October 17, 2013). "'Kick-Ass 2' Actress to Play Younger Version of Angelina Jolie in 'Maleficent'". The Wrap. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  7. ^ "Ella Purnell replaces India Eisley in Maleficent". MSN Entertainment. October 18, 2013. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  8. ^ Charalambous, Sophia (November 8, 2012). "Chelmsford schoolgirl stars in Disney movie with Angelina Jolie". Essex Chronicle. Diakses tanggal May 31, 2014. 
  9. ^ a b "Maleficent (2014) (IMDB)". 
  10. ^ Tourtellotte, Bob (August 22, 2012). "Jolie, Pitt daughter to make film debut as young princess". Reuters. Diakses tanggal August 23, 2012. 
  11. ^ Fleming, MIke, Jr. (May 30, 2012). "Disney Crowns Young Prince In ‘Maleficent’". Deadline.com. 
  12. ^ Kit, Borys (May 17, 2012). "Juno Temple Joins Angelina Jolie's 'Maleficent' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal June 19, 2012. 
  13. ^ a b "GLOBAL: 'Maleficent' Edges Out X-Men for Box Office Crown with $100.6M Day-and-Date Debut Overseas". Boxoffice. June 1, 2014. Diakses tanggal June 2, 2014. 
  14. ^ "GLOBAL: Strong Brazil Bow Sends 'How to Train Your Dragon 2' to $43.5 Million Overseas Weekend; 'Maleficent' Takes $20.3 Million in China". Boxoffice (BoxOffice® Media, LLC). June 22, 2014. Diakses tanggal June 22, 2014. 
  15. ^ Subers, Ray (June 22, 2014). "Weekend Report: 'Man' Defeats 'Boys,' Falls Short of Predecessor". Box Office Mojo (IMDb). Diakses tanggal June 22, 2014. 
  16. ^ Lang, Brent. "'Maleficient' Passes $600 Million at Worldwide Box Office", Variety, Retrieved on July 2, 2014.
  17. ^ McClintock, Pamela. "Angelia Jolie's 'Maleficient' Crosses $600 Million Worldwide", The Hollywood Reporter, Retrieved on July 2, 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]