How to Train Your Dragon 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
How to Train Your Dragon 2
Seorang anak laki-laki berambut gelap, memegang helm di sisinya, teman-temannya dan naga hitam di belakangnya: Naga-naga terbang di atas kepala.
Poster peluncuran teatrikal
SutradaraDean DeBlois
ProduserBonnie Arnold
SkenarioDean DeBlois
BerdasarkanHow to Train Your Dragon
oleh Cressida Cowell
Pemeran
MusikJohn Powell
PenyuntingJohn K. Carr
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
Durasi
102 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$145 juta[2]
Pendapatan kotor$621.5 Juta[3]

How to Train Your Dragon 2 Film fantasi aksi animasi komputer Amerika didasarkan pada seri buku dengan nama yang sama oleh Cressida Cowell, diproduksi oleh DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh 20th Century Fox. Ini adalah sekuel film animasi komputer 2010 How to Train Your Dragon dan angsuran kedua dalam trilogi. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Dean DeBlois, dan bintang-bintang dari suara-suara Jay Baruchel, Gerard Butler, Craig Ferguson, America Ferrera, Jonah Hill, Christopher Mintz-Plasse, T.J. Miller, dan Kristen Wiig, bersama dengan Cate Blanchett, Djimon Hounsou, dan Kit Harington bergabung dengan para pemain. Film ini berlangsung lima tahun setelah film pertama, menampilkan Hiccup dan teman-temannya sebagai orang dewasa muda saat mereka bertemu Valka, ibu Hiccup yang telah lama hilang, dan Drago Bludvist, seorang gila yang ingin menaklukkan dunia.[4]

How to Train Your Dragon 2 ditayangkan perdana di Cannes pada 16 Mei 2014, dan dirilis di Amerika Serikat pada 13 Juni. Kritik memuji film ini karena animasi, akting suara, skor musik, urutan aksi, kedalaman emosi, dan lebih gelap, lebih lanjut nada serius dibandingkan dengan pendahulunya. Film ini memenangkan Golden Globe Award for Best Animated Feature Film dan dinominasikan untuk Academy Award for Best Animated Feature, kalah dari Big Hero 6. Film ini memenangkan enam Annie Awards, termasuk Best Animated Feature. Film ini mendapat lebih dari $ 621 juta di seluruh dunia, menjadikannya film dengan urutan ke-12 tertinggi di tahun 2014. Film ini berpenghasilan lebih rendah dari pendahulunya di box office AS, tetapi tampil lebih baik secara internasional. Angsuran terakhir dalam trilogi, How to Train Your Dragon: The Hidden World, dirilis pada 22 Februari 2019.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Lima tahun setelah penduduk desa Viking di Berk dan para naga berdamai, mereka hidup bersama dalam harmoni. Hiccup dan naganya, Toothless the Night Fury (yang terakhir dari jenisnya) menemukan dan memetakan tanah yang belum dijelajahi. Sekarang berusia 20 tahun, dia didesak oleh ayahnya, Stoick the Vast, untuk menggantikannya sebagai kepala suku, meskipun Hiccup merasa tidak yakin dia siap.

Saat menyelidiki hutan yang terbakar, Hiccup dan Astrid menemukan sisa-sisa benteng yang terbungkus es dan bertemu dengan sekelompok penjebak naga yang berbahaya. Salah satu penjebak, Eret, menyalahkan keduanya atas penghancuran bentengnya dan upaya untuk menangkap naga mereka untuk pemimpin penjebak, Drago Bludvist, yang merencanakan untuk menangkap dan mencuci otak semua naga dan menjadikan mereka prajuritnya. Hiccup dan Astrid melarikan diri dan memperingatkan Stoick tentang pasukan naga yang Drago kumpulkan. Stoick memerintahkan penduduk desa untuk membentengi pulau dan bersiap untuk pertempuran. Namun, Hiccup menolak untuk percaya bahwa perang tidak terhindarkan, dan terbang untuk berbicara dengan Drago. Stoick menghentikannya, menjelaskan bahwa ia pernah bertemu Drago di pertemuan para kepala suku, di mana Drago telah menawarkan untuk melindungi mereka dari naga jika mereka berjanji untuk melayaninya; Ketika mereka menolak, dia meminta naga-naga menyerang mereka, dengan Stoick satu-satunya yang selamat. Tidak gentar, Hiccup terbang dengan Toothless untuk mencari Drago untuk mencoba berargumentasi dengannya.

Mereka bertemu seorang penunggang naga bernama Valka, yang dinyatakan sebagai ibu Hiccup yang telah lama hilang. Dia menjelaskan bahwa dia, seperti putranya, tidak bisa memaksa dirinya untuk membunuh naga. Setelah dibawa pergi selama serangan naga, dia menghabiskan 20 tahun menyelamatkan naga dari perangkap Drago dan membawanya ke sarang pulau yang dibuat dari es oleh naga alpha raksasa yang disebut "Bewilderbeast", yang mampu mengendalikan naga yang lebih kecil. Stoick dan letnannya Gobber melacak Hiccup ke sarangnya, tempat Stoick menemukan istrinya masih hidup. Sementara itu, Astrid dan pengendara lainnya memaksa Eret untuk membawa mereka ke Drago. Drago menangkap mereka dan, mempelajari naga Berk, mengirim armadanya ke sarang naga untuk menyerang, sementara para pengendara melarikan diri dengan bantuan Eret.

Di sarang, pertempuran terjadi antara penunggang naga, naga Valka, dan Drago dan armadanya, di mana Drago mengungkapkan ia memiliki Bewilderbeast sendiri untuk menantang Alpha. Kedua naga kolosal bertarung, berakhir dengan Bewilderbeast Drago membunuh lawannya dan menjadi alpha baru. Drago's Bewilderbeast menguasai semua naga dewasa, yang menurutinya menghipnotis. Hiccup mencoba membujuk Drago untuk mengakhiri kekerasan, tetapi Drago memerintahkannya untuk membunuh. Tanpa gigi, di bawah pengaruh Bewilderbeast, mendekati Hiccup dan meluncurkan baut plasma ke arahnya, tetapi Stoick mendorong Hiccup keluar dari sana dan malah dibunuh. Bewilderbeast sejenak melepaskan kendali dari Toothless, tetapi Hiccup mengusir Toothless dalam keputusasaan. Drago memudarkan Hiccup dan yang lainnya di pulau itu dan mengendarai Toothless, sekali lagi di bawah kendali Bewilderbeast, untuk memimpin pasukannya menaklukkan Berk. Stoick diberi pemakaman Viking dan Hiccup, sekarang setelah kehilangan ayah dan naganya, tidak yakin harus berbuat apa. Valka memberi tahu dengan penuh semangat bahwa dia sendiri yang dapat menyatukan manusia dan naga. Terinspirasi oleh kata-katanya dan ayahnya, Hiccup kembali ke Berk untuk menghentikan Drago.

Para penunggang naga menerbangkan bayi naga, kebal terhadap kendali Bewilderbeast, kembali ke Berk. Mereka menemukan Drago telah menyerang desa dan mengambil kendali atas naganya. Hiccup berhadapan dengan Drago dan ompong yang dicuci otak sementara pengendara lain mengalihkan perhatian Bewilderbeast. Hiccup membebaskan Toothless dari kendali Bewilderbeast, sangat mengejutkan Drago. Hiccup dan Toothless secara singkat memisahkan Drago dari Bewilderbeast dan menghadapi Drago di tanah, tetapi Bewilderbeast menyerang mereka, membungkusnya dalam es. Namun, ompong ledakan es, mengungkapkan bahwa Hiccup dan dia tidak terluka. Toothless kemudian menantang Bewilderbeast, menembaknya di wajah berulang kali, yang mematahkan kendali atas naga lain, yang memihak Toothless sebagai alpha baru. Semua naga berulang kali menembaki Bewilderbeast sampai Toothless menembakkan ledakan besar terakhir, menghancurkan gading kirinya. Dikalahkan, Bewilderbeast mundur di bawah laut dengan Drago di punggungnya, yang tenggelam dalam proses, membunuhnya.

Bangsa Viking dan naga merayakan kemenangan mereka dan Hiccup dijadikan kepala suku Berk. Setelah itu, Berk mengalami perbaikan, dengan Hiccup merasa aman bahwa naga dapat mempertahankannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Setelah sukses di film pertama, rencana perilisan sekuelanya diumumkan pada 27 April 2010.[9]How to Train Your Dragon ... akan menjadi waralaba dari DreamWorks Animation. Kami berencana untuk merilis sekuelnya di bioskop pada 2013,” kata Jeffrey Katzenberg, CEO DreamWorks Animation. Telah diberitahukan bahwa DeBlois sudah mulai mengkonsep skenario untuk sekuelnya pada Februari 2010 di Skywalker Ranch, selama penyelesaian tata suara di film pertama. Film ini awalnya dijadwalkan rilis pada 20 Juni 2014, tetapi pada Agustus 2013 tanggal perilisan dimajukan satu minggu menjadi 13 Juni 2014.

Film ini ditulis, disutradarai, dan dieksekutif produseri oleh DeBlois, penulis dan sutradara di film pertama. Bonnie Arnold, produser film pertama, juga memproduseri sekuel ini. Namun, Chris Sanders, yang juga penulis dan sutradara di film pertama, hanya bertindak sebagai eksekutif produser tambahan di film ini karena keterlibatannya dengan The Croods. Ketika ditawarkan sekuelnya, DeBlois menerimanya dengan perjanjian bisa menyelesaikan triloginya. Untuk mengembangkan sekuel ini, dia berniat mengenang kembali film-film masa mudanya, seperti The Empire Strikes Back dan My Neighbor Totoro yang memberi inspirasi penting untuk film ini. “Hal yang saya sukai terutama Empire karena telah memperluas cakupan Star Wars ke segala bidang: emosional, ruang lingkup, karakter, dan kegembiraan. Hal itu terasa memperindahnya dan itulah tujuannya,”

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini diputar pada 16 Mei 2014 di Festival Film Cannes 2014.[10] Di Amerika Serikat, film ini ditayangkan perdana pada 8 Juni 2014, di Regency Village Theatre di Los Angeles, dan dirilis secara teatrikal pada 13 Juni 2014. Film ini juga di-remaster secara digital ke IMAX 3D dan dirilis ke bioskop internasional pada 13 Juni 2014[11]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

How to Train Your Dragon 2 dirilis secara digital pada 21 Oktober 2014, dan kemudian dirilis dalam DVD, 3D Blu-ray dan Blu-ray pada 11 November.[12] Blu-ray dan dirilis digital disertai dengan film pendek animasi baru berjudul Dawn of the Dragon Racers, di mana Hiccup dan teman-temannya bersaing untuk menjadi Juara Balap Naga Berk pertama. Paket DVD ganda dengan film dan Dawn of the Dragon Racers dirilis secara eksklusif di toko-toko Walmart.[13] Pada Februari 2015, 7,5 juta unit hiburan rumah telah terjual di seluruh dunia.

Pada 22 Januari 2019, Universal Pictures Home Entertainment merilis versi 4K Ultra HD Blu-ray dari How to Train Your Dragon 2 bersama pendahulunya, menjadikannya katalog pertama film Animasi DreamWorks yang akan dirilis pada format itu[14]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

How to Train Your Dragon 2 mendapat $ 177 juta di Amerika Utara, dan $ 441,9 juta di negara-negara lain, dengan total seluruh dunia $ 618,9 juta.[15] Film ini adalah film animasi terlaris kedua terbesar di 2014, di belakang Big Hero 6, dan film terlaris kedua belas tahun ini dalam genre apa pun. Sementara How to Train Your Dragon 2 hanya menghasilkan $ 177 juta di box office AS, dibandingkan dengan $ 217 juta untuk pendahulunya, kinerjanya jauh lebih baik di box office internasional, menghasilkan $ 438 juta untuk How to Train Your Dragon's $ 277 juta. Menghitung dalam semua pengeluaran, Deadline Hollywood memperkirakan bahwa film ini menghasilkan untung $ 107,3 ​​juta.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Agregator peninjau Rotten Tomatoes memberi film ini skor "certified fresh" 92% berdasarkan ulasan dari 180 kritikus, dengan peringkat rata-rata 7,74 / 10. Konsensus kritis situs web menyatakan: "Menyenangkan, resonan emosional, dan animasi indah, How to Train Your Dragon 2 dibuat di atas keberhasilan pendahulunya seperti sekuel seharusnya."[16] Metacritic memberikan film skor 76/100 berdasarkan pada ulasan dari 39 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[17] Audiens yang disurvei oleh CinemaScore selama akhir pekan pembukaan memberi film ini nilai A. Audiensi terdiri dari 47% wanita dan 53% pria. Anak-anak dan Dewasa Muda merespons paling kuat, dengan mereka yang berusia di bawah 25 memberikan nilai A +.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 2 [2D] (PG)". 20th Century Fox. British Board of Film Classification. May 16, 2014. Diakses tanggal May 16, 2014. 
  2. ^ Kilday, Gregg (June 12, 2014). "Will 'How to Train Your Dragon 2' Help Get DreamWorks Animation 'Back on Track'?". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal June 12, 2014. 
  3. ^ "How to Train Your Dragon 2 (2014)". Box Office Mojo. June 13, 2014. Diakses tanggal November 10, 2015. 
  4. ^ "Annie Awards: 'How to Train Your Dragon 2' Director on Toothless' Storyline in Next Film". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-11. 
  5. ^ "How to Train Your Dragon 2". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2019-11-06. 
  6. ^ "How to Train Your Dragon 2". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2019-11-06. 
  7. ^ "Dreamworks Animation 2013 Comic Con Panel Live Blog". CINEMABLEND. 2013-07-18. Diakses tanggal 2019-11-11. 
  8. ^ Connelly, Brendon (2013-07-18). "Cate Blanchett Joining How To Train Your Dragon 2 As Valka The Vigilante, Kit Harrington And Djimon Honsou In Too". Bleeding Cool News And Rumors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-11. 
  9. ^ "'Train Your Dragon' sequel in the works - The Hollywood Reporter". web.archive.org. 2011-03-26. Diakses tanggal 2019-11-11. 
  10. ^ Keslassy, Justin Chang,Elsa; Chang, Justin; Keslassy, Elsa (2014-04-17). "Cannes Unveils 2014 Official Selection Lineup". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-11. 
  11. ^ "Imax to Breathe Fire With 'How to Train Your Dragon 2' 3D Release". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-11. 
  12. ^ "How to Train Your Dragon 2 Available Digitally on October 21". ComingSoon.net (dalam bahasa Inggris). 2014-08-29. Diakses tanggal 2019-11-11. 
  13. ^ "How To Train Your Dragon 2 / Dawn Of The Dragon Racers (Walmart Exclusive) (Widescreen, WALMART EXCLUSIVE)". Walmart.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-11. 
  14. ^ "How to Train Your Dragon - 4K Ultra HD Blu-ray Ultra HD Review | High Def Digest". ultrahd.highdefdigest.com. Diakses tanggal 2019-11-11. 
  15. ^ "How to Train Your Dragon 2". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-11. 
  16. ^ How to Train Your Dragon 2 (2014) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-11 
  17. ^ How to Train Your Dragon 2, diakses tanggal 2019-11-11 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]