Wreck-It Ralph

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Wreck-It Ralph
Poster bioskop bergambar protagonis bernama Ralph bersama karakter-karakter permainan video
Poster bioskop
Sutradara Rich Moore
Produser Clark Spencer
Skenario Phil Johnston[1]
Jennifer Lee[1]
Cerita Rich Moore
Phil Johnston
Jim Reardon
Pemeran John C. Reilly
Sarah Silverman
Jack McBrayer
Jane Lynch
Musik Henry Jackman
Sinematografi Rob Dressel
Penyunting Tim Mertens
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 29 Oktober 2012 (2012-10-29) (El Capitan Theatre)
  • 2 November 2012 (2012-11-2) (United States)
Durasi
101 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $165 juta[3]
Pendapatan kotor $471.2 juta[3]

Wreck-It Ralph adalah film komedi 3D yang merupakan hasil animasi komputer[4] yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan diedarkan oleh Walt Disney Pictures.[5] Film ini adalah film cerita animasi ke-52[6][7][8] dalam seri Film unggulan animasi Disney. Sutradaranya adalah Rich Moore yang sebelumnya menyutradarai episode The Simpsons dan Futurama. Skenario ditulis oleh Phil Johnston dan Jennifer Lee berdasarkan cerita karya Moore, Johnston dan Jim Reardon. John Lasseter bertindak sebagai produser eksekutif. Pengisi suara di dalam film ini antara lain John C. Reilly, Sarah Silverman, Jack McBrayer, dan Jane Lynch.

Pemutaran premier Wreck-It Ralph berlangsung di bioskop El Capitan Theatre pada 29 Oktober 2012,[9] dan diputar untuk umum mulai 2 November 2012. Film ini sukses secara komersial dan mendapat pujian dari kritikus, memenangi Annie Award untuk Film Animasi Terbaik dan menerima nominasi Golden Globe Award untuk Film Cerita Animasi Terbaik serta Academy Award untuk Film Animasi Terbaik.[10][11][12] Wreck-It Ralph dirilis dalam bentuk Blu-ray dan DVD pada 5 Maret 2013.

Di Indonesia, film ini pernah ditayangkan di RCTI,[13] Global TV[14] dan Disney Channel Asia,[15] dalam versi dubbing Bahasa Indonesia yang sudah beredar sejak tahun 2015[16]. Kemudian film ini tayang kembali di HBO Asia[17] pada tahun 2016 dengan pilihan dubbing Bahasa Indonesia dan Inggris (asli).

Sebuah sekuel berjudul Ralph Breaks the Internet dijadwalkan untuk rilis pada 21 November 2018.[18]

Alur[sunting | sunting sumber]

Wreck-it Ralph suatu hari menyampaikan curhatnya tentang kejenuhannya sebagia orang jahat, namun para tokoh jahat lainnya menasehati Ralph untuk meyakinkan bahwa setiap karakter game memiliki perannya masing-masing.

Ralph pun mendatangi kembali game asalnya, Fix-it Felix Jr. dan menyadari bahwa dalam sebuah apartemen dalam game tersebut sedang mengadakan sebuah pesta. Ralph cemburu ketika menyadari bahwa dia tidak diundang, sehingga ia nekat masuk apartemen hanya untuk makan sepotong kue. Namun kue yang disajikan justru menyebabkan Ralph cemburu akan kebolehan Felix mendapatkan sebuah medali kehormatan sehingga ia menyebabkan pertengkaran dengan penghuni apartemen.

Tidak bisa mengendalikan kecemburuannya, Ralph pun kabur dan nekat pergi ke game lain demi mendapatkan medali kehormatan seperti yang didapatkan oleh Felix, sehingga ia membiarkan seluruh penghuni apartemen, termasuk Felix (karakter utama game tersebut) terancam tanpa tempat tinggal dan membuat game Fix-it Felix ditarik dari arcade.

Ralph pergi ke game Tapper, kemudian bertemu dengan salah satu prajurit di game Heroes Duty, sebuah game pembasmi serangga. Ralph mengetahui adanya peluang untuk mendapatkan medali di game tersebut dan nekat bergabung sebagai prajurit Heroes Duty untuk ikut serta membasmi serangga Cybug di game tersebut. Ralph sempat kewalahan dalam aksinya, namun Ralph berhasil mencuri medali dari game tersebut sambil secara tidak sengaja memecahkan sebuah telur Cybug, dan terbawa menuju game balapan Sugar Rush.

Felix, tokoh utama di game tempat Ralph bernaung pun bekerja sama dengan Sersan Calhoun untuk menemukan Ralph dan mengalahkan Cybug yang dibawa Raplh ke Sugar Rush agar Cybug tersebut tidak menyerang permainan lainnya. Felix juga menceritakan riwayat Turbo, karakter game terpopuler dari Turbotime, yang nekat pindah ke game lain (seperti yang dilakukan Ralph) yaitu game balap Road Blasters akibat popularitasnya yang dikalahkan oleh game baru itu. Hal tersebut menyebabkan game yang ditinggali Turbo sendiri dan game lain dicabut.

Ralph mengira Cybug yang terbawa olehnya sudah mati, namun nyatanya dia membiarkan Cybug berkembang biak di Sugar Rush. Kemudian Ralph bertemu dengan Vanellope von Schweetz, seorang anak kecil yang mengalami glitch / cacat gambar, namun berambisi mengikuti balapan meskipun mendapatkan larangan dari King Candy. Vanellope berhasil mendapatkan medali Ralph dan menggunakannya untuk mengikuti balapan. Ralph marah karena medalinya dicuri dan secara tidak sengaja merusak arena balapan. Ralph akhirnya ditahan oleh anggota polisi Sugar Rush, namun Ralph berhasil kabur.

Ralph yang melarikan diri pun melihat Vanellope diserang oleh teman-teman pembalap lainnya, dan memutuskan untuk bekerja sama dengan Vanellope dengan perjanjian bahwa Vanellope menang balapan dan Ralph kembali mendapatkan medalinya. Maka mereka pun membuat mobil baru untuk Vanellope dan mengajarinya teknik balapan.

Ralph akhirnya bertemu King Candy. King Candy kemudian berhasil mengembalikan medali dan memanipulasi Ralph dengan pikiran palsunya yang menyatakan bahwa Vanellope tidak boleh ikut balapan karena ia mengalami glitch dan akan mati jika glitchnya timbul akibat dipilih oleh pemain sebagai karakternya. Mengetahui hal tersebut, Ralph langsung menghancurkan mobil yang telah dibuatnya bersama dan memulai pertengkaran dengan Vanellope.

Ralph pulang dengan medali di tangannya, namun ketika ia mengetahui bahwa penghuni apartemen telah pergi dan game-nya akan dicabut, Ralph pun merasa tidak enak ketika ia harus tinggal sendirian di apartemen dan membuang medali tersebut, kemudian ia melanjutkan perjalanannya menuju Sugar Rush. Tapi Ralph beberapa saat kemudian menyadari perbuatan bodohnya terhadap Vanellope ketika ia bertemu dengan Sour Bill (asisten King Candy) dan meminta penjelasan darinya.

Ternyata Vanellope cacat / glitch karena King Candy mengubah kodingan game tersebut, sehingga King Candy menjadi penguasa game, dan menjadikan Vanellope tokoh yang tidak berguna. Game tersebut akan kembali seperti semula jika Vanellope berhasil mencapai garis finis dan tidak mengalami glitch lagi, sehingga King Candy berusaha untuk mencegah Vanellope ikut balapan.

Ralph segera menuju penjara tempat Felix dan Vanellope dikurung. Felix sempat marah, namun penjelasan Ralph soal alasan kaburnya pun membuat Felix bersedia memperbaiki mobil milik Vanellope yang pernah dibuatnya bersama. Vanellope kembali ikut balapan, untuk menentukan pembalap yang akan tampil pada permainan berikutnya.

Ditengah berlangsungnya balapan, Cybug berhasil berkembang biak dan merusak arena balapan Sugar Rush, menyebabkan Calhoun kewalahan menghadapi kawanan tersebut, sementara itu, Vanellope mendapat serangan dari King Candy, dan dalam serangan tersebut, identitas King Candy terkuak. King Candy ternyata adalah Turbo, karakter game dari game lawas Turbotime yang pernah nekat pindah ke game lainnya, dan menyamar sebagai King Candy ketika game Sugar Rush pertama kali dipasang.

Vanellope berhasil mengatasi kekurangan cacatnya untuk lolos dari kejaran Turbo, dan membiarkan Turbo dimakan Cybug. Namun Vanellope gagal mencapai garis finis karena Cybug berhasil menyerang mobilnya dan garis finis. Vanellope semakin terancam nyawanya karena ia tidak bisa meninggalkan permainan akibat cacat yang masih dideritanya.

Melihat situasi tersebut, Ralph langsung terbang menuju gunung Diet Cola (Tempat Tinggal Vanellope) dan berhadapan dengan Turbo yang telah bermetamorfosis setelah sebelumnya ditelan Cybug. Turbo sempat menghajar Ralph dan menjatuhkannya dari ketinggian sebelum Ralph berhasil memukul semua Mentos yang tumbuh diatas gunung tersebut hingga jatuh dan menciptakan semburan cola panas yang dapat menarik perhatian Cybug sebelum membunuh semua Cybug tersebut, termasuk Turbo.

Ralph pun diselamatkan oleh Vanellope sebelum semburan Cola terjadi. Dan Felix pun memperbaiki garis finis di game tersebut dan membuat Vanellope berhasil menyentuhnya. Vanellope pun akhirnya berubah menjadi tuan putri yang tidak cacat / mengalami glitch lagi dan mendapat pengakuan dari para pembalap lainnya sebagai pembalap sejati sekaligus penguasa Sugar Rush yang sebenarnya. Vanellope juga mendapatkan kemampuan khusus yaitu mampu berpindah tempat dengan cepat layaknya Teleportasi dalam jangkauan dekat, yang dimana itu merupakan kemampuannya saat dia mengalami cacat / glitch.

Sepulangnya dari Sugar Rush, Ralph mendapatkan kue ungkapan cinta dari warga penghuni game asalnya dan dibuatkan sebuah rumah baru oleh Felix. Kemudian, game Fix-it Felix Jr pun menjadi populer dengan kehadiran berbagai tokoh game tambahan yang diantaranya adalah Q-Bert dan penghuni game lama yang kehilangan rumahnya. Felix pun menikahi Calhoun dan Ralph menemukan kebahagiaannya ketika ia melihat Vanellope membalap kembali.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Sarah Silverman dan John C. Reilly mempersembahkan Wreck-It Ralph di San Diego Comic-Con International 2012

Sebuah karakter yang dibuat mirip musisi dubstep Skrillex muncul dalam Fix-It Felix, Jr. sebagai DJ di pesta peringatan dari permainan tersebut.[32]

Rujukan dan cameo permainan video[sunting | sunting sumber]

Selain karakter yang berbicara, Wreck-It Ralph berisi sejumlah rujukan permainan video lainnya, termasuk karakter dan lelucon visual. Karakter jalan permainan video pada pertemuan dukungan, ditambah karakter-karakter yang disebutkan di atas, meliputi: Bowser dari waralaba Mario,[1][19][27] Doctor Eggman dari Sonic the Hedgehog,[1][27] dan Neff dari Altered Beast.[33] Selain itu, kabin permainan arkade Fix It Felix, Jr. dibuat untuk mengingatkan pada kabinet permainan arkade Nintendo asli Donkey Kong,[34] dengan Ralph dan Felix mengambil posisi yang sama masing-masing dengan Donkey Kong dan Mario. Permainan Hero's Duty merupakan sebuah rujukan dari permainan penembak orang pertama yang sangat sukses Halo dan Call of Duty. Karakter-karakter dari Q*bert, yang meliputi Q*bert, Coily, Slick, Sam, dan Ugg, ditampilkan sebagai karakter "tak berumah" dan kemudian diambil oleh Ralph dan Felix ke dalam permainan mereka (Q*bert juga berkata kepada Felix pada satu adegan menggunakan karakter-karakter acak dan simbol balon kata dari permainannya, yang disebut Q*bert-ese).[24][35] Adegan-adegan dalam Game Central Station dan bar Tapper meliputi Chun-Li, Cammy dan Blanka dari Street Fighter,[27][36] Pac-Man, Blinky, Pinky, and Inky dari Pac-Man,[24][37] Paperboy dari Paperboy,[33][38] dua paddle dan bola dari Pong,[39] Dig Dug, Pooka, dan Fygar dari Dig Dug,[39] The Qix dari Qix,[37] Frogger dari Frogger, dan Peter Pepper dari BurgerTime.[40] Selain itu, Lara Croft dan Mario yang disebutkan, tidak muncul.[41]

Rujukan-rujukan tambahan berdasarkan pada lelucon gerakan. Para penduduk Niceland dan bartender dari Tapper dianimasikan menggunakan gerakan kaki yang merupakan sebuah lawakan gerak animasi yang terbatas pada beberapa permainan arkade dengan delapan dan enam belas bit.[42] King Candy menggunakan Kode Konami pada sebuah pengkontrol NES untuk mengakses pemprograman Sugar Rush.[43] Pada Game Central Station, terdapat sebuah grafiti yang menggambarkan "makhluk-makhluk Aerith" (merujuk kepada karakter Aerith Gainsborough dari Final Fantasy VII),[38][44] "All your base are belong to us" (sebuah frase Engrish yang dipopulerkan dari permainan Zero Wing), "Sheng Long Was Here" (merujuk kepada sebuah lelucon April Mop terkait karakter Sheng Long dari Street Fighter), dan "Jenkins" (sebuah rujukan kepada meme Leeroy Jenkins yang populer dari World of Warcraft).[45] Terdapat pula sebuah rujukan kepada serial Metal Gear saat Ralph mencari sebuah medali di tempat pencarian barang Tapper, yang mula-mula menemukan sebuah Super Mushroom dari waralaba Mario, dan kemudian "poin eksklamasi" dari Metal Gear (dengan efek suara yang berasal dari permainan tersebut).[42] Mr. Litwak mengenakan pakaian hitam-putih, sebuah rujukan kepada pendiri ikonik Twin Galaxies Walter Day.[42] Salah satu lagi yang disebuatkan adalah sebuah karya asli dari Buckner dan Garcia, yang sebelumnya tenar karena menulis lagu-lagu bertema permainan video pada 1980an.[42] Lowo pembuka Walt Disney Animation Studios dianimasikan dalam gaya berpiksel 8-bit,[46] sementara logo produksi penutup Walt Disney Pictures ditampilkan cacat, sebuah rujukan kepada kill screen dari beberapa permainan arkade seperti Pac-Man.[45]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Konsep Wreck-It Ralph mula-mula dikembangkan di Disney pada akhir 1980an, dengan judul pengerjaan High Score. Kemudian, proyek tersebut dikembangkan dan disusun ulang beberapa kali: Pada akhir 1990an, proyek tersebut mengambil judul pengerjaan Joe Jump, kemudian pada pertengahan 2000an diganti kembali menjadi Reboot Ralph.[47][48]

John Lasseter, kepala Walt Disney Animation Studios dan produser eksekutif film tersebut, menyebut Wreck-It Ralph merupakan "salah satu karakter jahat dalam permainan video 8-bit yang menjelajahi dunia arkade untuk membuktikan bahwa dirinya baik."[35] Seperti film Who Framed Roger Rabbit dan Toy Story, Wreck-It Ralph menampilkan peran cameo dari beberapa karakter permainan video berlisensi.[35] Contohnya, pada satu adegan dimana memperlihatkan Ralph menghadiri sekelompok pendukung dari berbagai karakter jahat pada permainan arkade, yaitu Clyde dari Pac-Man, Doctor Eggman dari Sonic the Hedgehog, dan Bowser dari Super Mario Bros.[35] Rich Moore sebagai sutradara, menyatakan bahwa film ini mengisahkan tentang dunia permainan video dengan suasana autentik, "dimana memiliki karakter-karakter asli dari permainan-permainan yang sesungguhnya."[49] Moore memutuskan untuk menambah karakter-karakter berlisensi dengan kekhasan yang sama dengan rujukan-rujukan budaya dalam film-film pendek Looney Tunes, tetapi dianggap "memiliki keseimbangan yang tepat sehingga sebagian pemirsa tidak merasa diabaikan atau ditinggal berbicara."[50] Namun, Moore memutuskan untuk membuat film dengan karakter yang telah ada sebelumnya, dengan berpendapat bahwa "ada begitu banyak mitologi dan beban melekat pada judul yang Saya rasa membuat beberapa orang kecewa," dan menganggap film ini menjadi alasan kenapa film-film dari waralaba permainan video biasanya gagal.[50] Selain itu, Ralph merupakan pengembangan gambaran karakter baru dari permainan video 8-bit, yang memberikan kebebasan kepada mereka untuk mengambil karakter-karakter tersebut arah yang baru.[50]

Sebelum masa produksi, karakter-karakter yang telah ada ditambahkan pada jalan cerita ke dalam tempat-tempat dimana mereka bisa dipahami sebagai karakter atau hanya sebagai cameo menurut daftar karakter yang disarankan oleh tim kreatif, tanpa memikirkan bisa tidaknya memakai karakter-karakter tersebut.[49] Perusahaan tersebut kemudian meminta ijin para pemegang hak cipta untuk dapat menggunakan karakter tersebut, serta bekerjasama dengan beberapa perusahaan untuk memastikan agar karakter-karakter mereka dapat digambarkan menurut aslinya.[49] Dalam perkara Nintendo, para penulis awalnya hanya memperlihatkan pertemuan Bad-anon dengan Bowser sebagai karakter yang sangat berpengaruh dalam adegan tersebut. Menurut Moore, Nintendo sangat bersikap positif terhadap penggunaan ini. Moore mengatakan, "Jika terdapat sekelompok yang bertujuan untuk membantu karakter-karakter jahat dalam permainan video, maka Bowser harus berada di kelompok tersebut!"[38] Nintendo membujuk agar para produser dapat menyusun adegan yang selaras bagi Mario untuk penyertaannya dalam film ini. Disamping mengetahui bahwa mereka bisa menggunakan karakter tersebut, para produser tidak bisa menemukan adegan selaras yang akan membuat Mario menjadi karakter penting tanpa harus menjauhi alur dari cerita utama. Pada akhirnya mereka memutuskan untuk tidak mencantumkan karakter tersebut.[38][51] Moore menangkis rumor bahwa Mario dan Luigi saudaranya tidak disertakan karena Nintendo meminta bayaran lisensi yang terlalu tinggi, dengan menyatakan bahwa rumor tersebut berkembang dari salah satu lelucon yang dibuat oleh John C. Reilly di Comic-Con.[41] Dr. Wily dari Mega Man dimunculkan namun dipotong dari versi akhir film.[52] Secara keseluruhan, terdapat sekitar 188 karakter tunggal dalam film sebagai hasil penyertaan cameo.[49]

Rancangan sebelumnya dari lakon cerita yang menampilkan Ralph dan Vanellope menghabiskan waktu untuk mengelilingi dunia permainan guna mengumpulkan potongan-potongan untuk kendaraannya supaya bisa mengikuti Sugar Rush, dan beberapa kali meliputi perjalanan Felix. Pada adegan tersebut, Ralph akan berkata kepada Felix tentang hubungannya dengan Calhoun, yang kemudian membuat dirinya menjadi murung dan mengurungkan niatnya untuk mendapatkan medalinya kembali. Saat ini, dunia permainan keempat, Extreme Easy Living 2, akan memperkenalkan dan memberikan "kesenangan sesaat" antara alam sosial The Sims dan beberapa aspek dunia terbuka yang kurang objektif dari Grand Theft Auto.[53] Ralph juga datang kesana untuk menenangkan kemurungannya, dan mendapatkan kebahagiaan dengan menekan tombol "Like It" (Menyukai) supaya dapat melakukan tindakan yang bisa diterima dalam pesta alam dari tempat tersebut. Moore menyatakan bahwa meskipun sulit untuk menurunkan dunia permainan baru, mereka mendapatkan pembelajaran dalam paruh kedua film tersebut, yang menurutnya akan menjadi jalan cerita yang terlalu sulit bagi penonton untuk memahaminya.[53] Kemudian mereka mencari tahu suatu cara agar permainan sosial dapat dijadikan bagian dari permainan arkade, meskipun mereka menganggap permainan tersebut terus dijalankan di laptop Litwak, mereka benar-benar menyadari bahwa membenarkan konsep tersebut akan menjadi berbelit. Sketsa gambar goretan dan suara bacaan dari adegan tersebut dicantumkan pada rilisan media rumahan film ini[53]

Film ini juga memperkenalkan fungsi distribusi reflektansi dwi-penyutradaraan baru dari Disney, dengan refleksi yang lebih realistik pada permukaan, dan sistem tangkap kamera sinematografi virtual baru, yang menjadikan film ini dapat menggerakkan adegan-adegan secara waktu nyata.[54] Untuk mencari tahu ruas Sugar Rush dari film tersebut, kelompok pengembangan visual berkunjung ke pameran dagang ISM Cologne, pabrik See's Candy, dan fasilitas manufaktur lainnya. Kelompok itu juga membawa fotografer makanan, guna memperagakan teknik membuat makanan agar tampak mencolok. Efek khusus, termasuk "asap atau debu," diperlihatkan berbeda dalam setiap ruas.[55]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Disney mempromosikan film ini di konvensi E3 2012 menggunakan sebuah kabin arkade.

Film ini awalnya dijadwalkan rilis pada 22 Maret 2013, namun diubah menjadi 2 November 2012 karena bertentangan dengan jadwal lain.[56][57] Rilis layar lebarnya dibarengi oleh film pendek animasi Disney, Paperman.[58][59]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Cuplikan pertama film Wreck-It Ralph dirilis pada 6 Juni 2012, bersamaan dengan debut Madagascar 3: Europe's Most Wanted dan Rock of Ages.[60] Rilis ini juga bertepatan dengan acara Electronic Entertainment Expo 2012, dimana Disney membuat sebuah kabin arkade tiruan untuk permainan Fix-It Felix Jr. fiksi yang ditempatkan di ruang acara tersebut.[61] Disney juga merilis versi Flash dalam penjelajah web dari permainan Fix-It Felix Jr. serta versi iOS, Android, dan Windows Phone, dengan versi daring yang dibuat menggunakan Unity dari Sugar Rush dan Hero's Duty.[62] Cuplikan kedua untuk film ini dirilis pada 12 September 2012, bersamaan dengan Finding Nemo 3D dan Frankenweenie.

Untuk mempromosikan perilisan media rumahan Wreck-It Ralph, sutradara Rich Moore memproduksi film pendek berjudul Garlan Hulse: Where Potential Lives. Film mokumenter tersebut dirancang sebagai parodi dari The King of Kong.[63]

Media rumahan[sunting | sunting sumber]

Wreck-It Ralph dirilis dalam bentuk Cakram Blu-ray (2D dan 3D) dan DVD di Amerika Utara pada 5 Maret 2013 oleh Walt Disney Studios Home Entertainment.[64] Film ini tersedia dalam bentuk unduhan digital di kawasan-kawasan terpilih pada 12 Februari 2013.[65] Wreck-It Ralph memulai debutnya di urutan #1 dalam penjualan Blu-ray dan DVD di Amerika Serikat.[66]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film terlaris (Box office)[sunting | sunting sumber]

Wreck-It Ralph memperoleh laba $189.4 juta di Amerika Utara dan $281.8 juta dari negara-negara lainnya, dengan perolehan di seluruh dunia mencapai $471.2 juta.[3] Film ini menjadi tontonan dengan laba tertinggi ke-14 pada 2012,[67] dan menjadi film animasi dengan laba tertinggi keempat di tahun yang sama.

Di Amerika Utara, film ini memulai debutnya dengan laba $13.5 juta di hari pertama. Angka ini di atas rata-rata untuk sebuah film animasi yang dirilis pada bulan November.[68] Pada akhir pekan awal, film ini merajai box office dengan laba $49 juta, yang membuat film ini menjadi awalan terbesar untuk sebuah film Walt Disney Animation Studios pada masa itu.[69][70]

Di luar Amerika Utara, Wreck-It Ralph memperoleh laba $12 juta pada akhir pekan awal yang didapatnya dari enam lokasi pasar.[71] Di antara seluruh lokasi pasar, tiga penjualan awal terbesarnya tercatat di Inggris, Irlandia dan Malta ($7.15 juta), Brasil ($5.32 juta dengan pratinjau di hari kerja), dan Rusia dengan CIS ($5.27 juta).[72] Jumlah laba dari tiga lokasi pasar terbesar adalah Inggris, Irlandia dan Malta ($36.2 juta), Jepang ($29.6 juta), dan Australia ($24.0 juta).[72]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Situs web Rotten Tomatoes melaporkan 87% kritikus memberikan ulasan positif untuk film ini, yang bersumber pada 174 ulasan dengan nilai rata-rata 7.5/10. Konsensus pada situs tersebut tertulis: "Memberikan penghiburan yang setara bagi anak-anak dan orangtua untuk berbagai rujukan. Wreck-It Ralph menampilkan petualangan seru dengan tema-tema pada umumnya dan cerita nostalgia yang dibuat menyenangkan."[73] Metacritic, situs web yang memberikan penilaian yang dinormalisasikan dari para kritikus arus utama, mengalkulasi nilai 72 dari 100 menurut 36 kritikus yang menandainya sebagai "ulasan yang disukai".[74] Film ini menerima nilai "A" dari para pemirsa melalui sebuah jajak pendapat yang dibuat oleh CinemaScore.[75]

Roger Ebert dari Chicago Sun-Times memberikan penilaian 3 dari 4 bintang dan menulis, "Sebagian besar film animasi, baik dari rancangan seni ataupun palet warna Wreck-It Ralph telah memberikan peran, kostum dan set yang tak terbatas serta memberikan karakter asli yang dibawakan dalam film tersebut di dunia maya."[76] A.O. Scott dari The New York Times menulis, "Film ini memberikan pandangan sinisme – yang diterapkan pada penayangan penuh warna, kegaduhan, kecerdikan dan menyenangkan selama 93 menit."[77] Peter Debruge dari Variety menyatakan bahwa "Dengan ditujukannya film ini kepada anak laki-laki dan perempuan, tua dan muda, Walt Disney Animation Studios memiliki patokan tinggi dalam penyusunan hal tersebut, yang kemudian dieksekusi dengan sangat baik menjadi tontonan kartun, mmenjadi nilai tambah untuk cerita nostalgia dengan emosi yang nyata."[2] Betsy Sharkey dari Los Angeles Times berkata, "Kepekaan mendalam film ini disertai suasana sekolah lama/sekolah baru merupakan sesuatu yang luar biasa,"[78] sementara Justin Lowe dari The Hollywood Reporter menulis, "Dengan mencampurkan gaya lama pada karakter dewasa dan adegan mendebarkan dengan jalan cerita anak-anak, film ini mampu menampilkan adegan yang luar biasa."[79] Sementara itu, Christopher Orr dari The Atlantic bahwa film ini "terlalu kelebihan cerita dan masih perlu dikembangkan."[80]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Daftar penghargaan dan nominasi
Penghargaan Kategori Penerima dan nominee Hasil
Academy Awards[12] Film Fitur Animasi Terbaik Rich Moore Nominasi
Annie Awards[81][10] Film Fitur Animasi Terbaik Menang
Efek Animasi dalam sebuah Produksi Animasi Brett Albert Nominasi
Rancangan Karakter dalam sebuah Produksi Fitur Animasi Bill Schwab, Lorelay Bove, Cory Loftis, Minkyu Lee Nominasi
Penyutradaraan dalam sebuah Produksi Fitur Animasi Rich Moore Menang
Musik dalam sebuah Produksi Fitur Animasi Henry Jackman, Skrillex, Adam Young, Matthew Thiessen, Jamie Houston, Yasushi Akimoto Menang
Penataan Cerita dalam sebuah Produksi Fitur Animasi Leo Matsuda Nominasi
Lissa Treiman Nominasi
Pengisian Suara dalam sebuah Produksi Fitur Animasi Alan Tudyk Menang
Penulisan dalam sebuah Produksi Fitur Animasi Phil Johnston, Jennifer Lee Menang
Penyuntingan dalam sebuah Produksi Fitur Animasi Tim Mertens Nominasi
Chicago Film Critics Association Film Fitur Animasi Terbaik Nominasi
Critics' Choice Movie Awards[82] Film Fitur Animasi Terbaik Menang
Golden Globe Awards[83] Film Fitur Animasi Terbaik Nominasi
Golden Reel Awards[84] Penyuntingan Suara Terbaik, Efek Suara, Foley, Dialog dan ADR dalam sebuah Film Fitur Animasi Menang
Golden Trailer Awards[85] Animasi/Keluarga Terbaik "Dreams" Menang
IGN's Best of 2012 Awards Film Terbaik Nominasi
Film Animasi Terbaik Menang
IGN People's Choice Award untuk Film Animasi Terbaik Menang
Film 3D Terbaik Nominasi
Poster Film Terbaik Nominasi
National Board of Review Awards[86] Film Fitur Animasi Terbaik Menang
Nickelodeon Kids' Choice Awards Film Animasi Terfavorit Menang
Online Film Critics Society Award Film Fitur Animasi Terbaik Nominasi
Producers Guild of America Award Film Animasi Terbaik Clark Spencer Menang
Satellite Awards[87] Film Fitur Animasi atau Media Campuran Terbaik Rich Moore Nominasi
Saturn Awards[88] Film Animasi Terbaik Rich Moore Nominasi
Visual Effects Society[89][90] Animasi Menakjubkan dalam sebuah Film Fitur Animasi Sean Jenkins, Scott Kersavage, Rich Moore, Clark Spencer Nominasi
Karakter Animasi Menakjubkan dalam sebuah Film Fitur Animasi John Kahwaty, Suzan Kim, Michelle Robinson, Tony Smeed (untuk Vanellope) Nominasi

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Musik film ini digubah oleh Henry Jackman. Film ini juga menampilkan lagu-lagu orisinal dari Owl City, AKB48, Skrillex, dan Buckner & Garcia.[91][92] Pada proses pengembangan awal, Robert Lopez dan Kristen Anderson-Lopez menulis sebuah lagu asli untuk film tersebut; namun kemudian dipotong.[93]

Wreck-It Ralph
Wreck-It Ralph score CD cover.jpg
Musik film karya Henry Jackman
Dirilis 30 Oktober 2012
Direkam 2012
Sony Scoring Stage (Culver City)
Genre Musik film
Durasi 70:36
Label Walt Disney
Kronologi Walt Disney Animation Studios
Winnie the Pooh
(2011)
Wreck-It Ralph
(2012)
Frozen
(2013)
Kronologi Henry Jackman
Abraham Lincoln: Vampire Hunter
(2012)
Wreck-It Ralph
(2012)
G.I. Joe: Retaliation
(2013)

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Seluruh musik diciptakan oleh Henry Jackman (kecuali 1–6)[94].

No. JudulArtist Durasi
1. "When Can I See You Again?"  Owl City 3:38
2. "Wreck-It, Wreck-It Ralph"  Buckner & Garcia 2:59
3. "Celebration"  Kool & the Gang 3:40
4. "Sugar Rush"  AKB48 3:14
5. "Bug Hunt (Noisia Remix)"  Skrillex 7:04
6. "Shut Up and Drive"  Rihanna 3:32
7. "Wreck-It Ralph"    1:33
8. "Life in the Arcade"    0:43
9. "Jumping Ship"    1:06
10. "Rocket Fiasco"    5:48
11. "Vanellope von Schweetz"    2:57
12. "Royal Raceway"    3:23
13. "Cupcake Breakout"    1:12
14. "Candy Vandals"    1:39
15. "Turbo Flashback"    1:42
16. "Laffy Taffies"    1:35
17. "One Minute to Win It"    1:17
18. "Vanellope's Hideout"    2:33
19. "Messing with the Program"    1:20
20. "King Candy"    2:11
21. "Broken-Karted"    2:49
22. "Out of the Penthouse, Off to the Race"    2:51
23. "Sugar Rush Showdown"    4:15
24. "You're My Hero"    4:16
25. "Arcade Finale"    3:19
Durasi total:
70:36

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Selain versi Flash dari permainan Fix-It Felix Jr., Disney merilis permainan platform Wreck-It Ralph untuk Wii, Nintendo 3DS, dan Nintendo DS, yang banyak meraih ulasan negatif.[95][96] Permainan bergaya arkade tersebut diproduksi dalam kolaborasi antara Disney Interactive dan Activision dan dijadikan sebagai "perluasan cerita" dari film tersebut. Mengambil latar setelah peristiwa-peristiwa dari film tersebut, pemain dapat bermain sebagai Wreck-It Ralph atau Fix-It Felix, yang masing-masing merusak atau memperbaiki kerusakan, setelah insiden Cy-Bug lainnya. Level-level permainan berdasarkan pada lokasi-lokasi dalam film tersebut seperti permainan Fix-It Felix Jr., Hero's Duty, dan Sugar Rush serta Game Central Station. Permainan tersebut dirilis bertepatan dengan perilisan film tersebut, pada November 2012.[97]

Pada Oktober 2012, Disney merilis versi berbasis penjelajah web dari permainan Hero's Duty dan Sugar Rush pada situs film resmi baru.[98] Sebuah permainan peranti bergerak berjudul Wreck-it Ralph dirilis pada November 2012 untuk sistem iOS dan Android,[99] dengan versi Windows Phone 8 menyusul pada hampir setahun kemudian.[100] Pada awalnya, permainan tersebut terdiri dari tiga permainan kecil, Fix-it Felix Jr., Hero's Duty dan Sweet Climber, yang kemudian digabung oleh Turbo Time dan Hero's Duty: Flight Command.[101][102] Permainan tersebut dipensiunkan pada 29 Agustus 2014.[103]

Ralph juga tampil dalam Sonic & All-Stars Racing Transformed dari Sega sebagai karakter permainan tamu.[104]

Ralph dan Vanellope juga muncul sebagai karakter permainan dalam Disney Infinity (masing-masing diisi suaranya oleh Brian T. Delaney dan Sarah Silverman); Disney Store merilis figur-figur individual mereka pada 7 Januari 2014.[105][106][107] Sebuah "kemasan kotak mainan" kombo dari dua figur tersebut dengan cakram-cakram kustomisasi Sugar Rush dirilis pada 1 April 2014, dari Disney Store.[108]

Wreck-It Ralph adalah sebuah dunia permainan pada permainan peranti bergerak Disney Crossy Road.[109] Ralph membuat penampilan debutnya dalam serial permainan video Kingdom Hearts dalam Kingdom Hearts III, berperan sebagai lawan.[110]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara pada 25 Oktober 2012, sutradara Rich Moore dan Disney membeberkan rencananya pembuatan sebuah sekuel dengan menambah beberapa karakter baru untuk menjelajah dunia permainan online dan permainan konsol.[111] Moore menyatakan beberapa kru dan pengisi suara telah bersedia terlibat dalam sekuel ini, dengan percaya bahwa mereka "siap untuk menghadapi" dunia permainan video yang mereka lihat.[38] Ia juga menyampaikan tentang rencananya untuk menyertakan karakter Mario dan Tron dalam sekuel tersebut.[112][113] Pada wawancara tahun 2014, Henry Jackman mengatakan cerita untuk sekuel tersebut sedang dikerjakan.[114] Pada Juli 2015, John C. Reilly berkata bahwa ia akan mempersembahkan kembali perannya sebagai Ralph dalam sekuel yang sedang direncanakan tersebut.[115]

Pada 24 Maret 2016, Rich Moore menyatakan bahwa sebuah sekuel masih direncanakan. Moore sangat berharap dapat menyertakan penampilan Mario dalam filmnya, karena adanya keterkaitan dengan Nintendo".[116] Pada 30 Juni 2016, Walt Disney Animation Studios mengumumkan bahwa sekuelnya akan dirilis pada 9 Maret 2018, dengan melibatkan John C. Reilly, Rich Moore, dan penulis Phil Johnston. John C. Reilly dan Sarah Silverman akan mempersembahkan kembali peran mereka sebagai Wreck-It Ralph dan Vanellope Von Schweetz. Cerita dalam film ini hanya akan berfokus pada "Ralph yang meninggalkan permainan arkade dan mengacaukan Internet".[117][118] Pada April 2017, sekuelnya diundur sampai 21 November 2018.[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Frye, Jim (Spring 2012). "Ralph's Wrecking Crew". Disney twenty-three. Disney Enterprises. 4 (1): 43. 
  2. ^ a b Debruge, Peter (Oct 26, 2012). "Wreck-it Ralph". 'Variety. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  3. ^ a b c "Wreck-It Ralph (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal April 19, 2013. 
  4. ^ Buchanan, Jason. "Wreck-It Ralph". Allmovie.com. Diakses tanggal Nov 19, 2012. 
  5. ^ a b c d e Walt Disney Animation Studios via ComingSoon.net (Jun 13, 2011). Disney Announces CG Comedy Adventure Wreck-It Ralph. Siaran pers. Diakses pada Jun 13, 2011.
  6. ^ "'Wreck-It Ralph' Inspires Technological Innovations at Walt Disney Animation Studios". The Walt Disney Company. November 1, 2012. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  7. ^ Wloszczyna, Susan (June 4, 2012). "'Wreck-It Ralph' powers up with John C. Reilly". USA Today. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  8. ^ Crook, Simon (June 13, 2011). "Wreck-It Ralph Review". Empire. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  9. ^ Derschowitz, Jessica (Oct 30, 2012). "'Wreck-It Ralph' Premiere Brings Out Stars". CBS News. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 29, 2012. Diakses tanggal Nov 12, 2012. 
  10. ^ a b King, Susan (Feb 2, 2013). "40th Annie Award nominees and winners list". Los Angeles Times. Diakses tanggal Feb 3, 2013. 
  11. ^ Globe, Golden (Dec 13, 2012). "Golden Globes 2013: full list of nominations". guardian.co.uk. London. Diakses tanggal Jan 3, 2013. 
  12. ^ a b "'2013 Oscar Nominees". Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Jan 10, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 10, 2013. Diakses tanggal Feb 3, 2013. 
  13. ^ http://www.rcti.tv/program/view/490/DISNEY-WRECK---IT-RALPH
  14. ^ http://globaltv.co.id/program/786/Sinopsis-Film-Wreck-It-Ralph
  15. ^ http://www.contentasia.tv/channels/disney-channel
  16. ^ "Ralph". Charguigou. Diakses tanggal 2016-10-18. 
  17. ^ Asia, HBO. "Wreck-It Ralph - HBO Asia". HBO Asia. Diakses tanggal 2016-10-18. 
  18. ^ a b Khatchatourian, Maane (April 25, 2017). "Disney Dates 'Lion King,' 'Frozen 2,' Pushes Fifth 'Indiana Jones' Film to 2020". Variety. Diakses tanggal April 25, 2017. 
  19. ^ a b Eisenberg, Eric (August 21, 2011). "'Wreck-It Ralph' Footage from D23 Features 8-Bit Action, Plenty of Cameos". CinemaBlend.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 29, 2012. Diakses tanggal August 30, 2011. 
  20. ^ Lussier, Germain (July 12, 2012). "Alan Tudyk Announced for 'Wreck-It Ralph' Cast; Skrillex Scoring Some Scenes (Comic-Con 2012)". /Film. Diakses tanggal July 13, 2012. 
  21. ^ a b c d e f g h i j k Walt Disney Animation Studios (July 19, 2012). Walt Disney Animation Studios Reveals Key Cast Members Joining 'Wreck-It-Ralph'. Siaran pers. Diakses pada July 19, 2012.
  22. ^ a b c Schedeen, Jesse (June 8, 2012). "The Familiar Faces of Wreck-It Ralph". IGN. Diakses tanggal June 12, 2012. 
  23. ^ Cruz, Tiffany (October 14, 2012). "Wreck-It Ralph Voice Recording Session and Press Day". Fabulous Finds by Tiffany. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 29, 2012. Diakses tanggal October 23, 2012. 
  24. ^ a b c "Wreck-It Ralph Trailer #2". Walt Disney Animation Studios via YouTube. 2012-09-12. Diakses tanggal 2012-09-12. 
  25. ^ Chitwood, Adam (September 28, 2012). "New Character Images and Descriptions from WRECK-IT-RALPH". =Collider. Diakses tanggal September 29, 2012. 
  26. ^ "'Wreck-It Ralph Movie Production Notes". Walt Disney Animation Studios via CineMovie. October 22, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 29, 2012. 
  27. ^ a b c d Breznican, Anthony (April 25, 2012). "CinemaCon 2012: Classic video game characters to cameo in Disney's 'Wreck-It Ralph'". Entertainment Weekly. Time Warner. Diakses tanggal April 25, 2012. 
  28. ^ "Nick Grimshaw lands Wreck-It Ralph film role". The Sun. UK. Diakses tanggal December 9, 2012. 
  29. ^ "Characters – Wreck-It Ralph". Disney.com. Diakses tanggal October 15, 2012. 
  30. ^ a b Vespe, Eric "Quint" (July 13, 2012). "Wreck-It Ralph shows 10 minutes at Comic-Con and wins the audience by being the Who Framed Roger Rabbit for video game geeks!". Ain't It Cool News. Diakses tanggal July 13, 2012. 
  31. ^ "Wreck-It Ralph "Game Changer" TV Spot". Walt Disney Animation Studios via YouTube. September 24, 2012. Diakses tanggal 2012-10-15. 
  32. ^ Ashurst, Sam (Sep 17, 2012). "Wreck-It Ralph's Skrillex Cameo Revealed". Total Film. Diakses tanggal Oct 23, 2012. 
  33. ^ a b Schedeen, Jesse (Jun 8, 2012). "The Familiar Faces of Wreck-It Ralph". IGN. Diakses tanggal Jun 12, 2012. 
  34. ^ Kohler, Chris (Jun 11, 2012). "Disney Builds Amazing Fake Wreck-It Ralph Arcade Machine". Wired. Diakses tanggal Jul 8, 2015. ...a non-working arcade cabinet clearly modeled on Nintendo's design for Donkey Kong,.. 
  35. ^ a b c d Breznican, Anthony (Aug 20, 2011). "Disney's D23: Secret lives of video game characters revealed in 'Wreck-It Ralph'". Entertainment Weekly. Time Warner. Diakses tanggal Feb 7, 2012. 
  36. ^ Connelly, Brendon (Feb 16, 2012). "Chun-Li, Q-Bert and Plenty of Video Game Gags in Superb New Image from 'Wreck-It Ralph'". Bleeding Cool. Diakses tanggal Jun 5, 2012. 
  37. ^ a b Cooper, Hollander; Gilbert, Henry (Oct 19, 2012). "Wreck-it Ralph – 9 amazing things you couldn't possibly know about the movie". Games Radar. Diakses tanggal Oct 23, 2012. 
  38. ^ a b c d e Hillard, Kyle (Feb 11, 2013). "Wreck-It Ralph's Director Answers Our Questions". Game Informer. Diakses tanggal Feb 11, 2013. 
  39. ^ a b Patches, Matt. "How 'Wreck-It Ralph' Unlocked Its Unbelievable Cast of Video Game Legends". Hollywood.com. Diakses tanggal Nov 24, 2012. 
  40. ^ "Wreck-It Ralph Interview (SDCC 2012)". YouTube. Jul 12, 2012. Diakses tanggal Jul 24, 2012. 
  41. ^ a b Pearson, Ben (Oct 30, 2012). "Video Interview: 'Wreck-It Ralph' Director Rich Moore on Mario & More". FirstShowing.net. 
  42. ^ a b c d Orland, Kyle (Nov 5, 2012). "From Zangief to Hero's Duty: A gamer's guide to Wreck-It Ralph". Ars Technica. Diakses tanggal Dec 16, 2012. 
  43. ^ Robinson, Tasha (Nov 1, 2012). "Wreck-It Ralph". A.V. Club. Diakses tanggal Nov 19, 2012. 
  44. ^ Kohler, Chris (Oct 26, 2012). "Gaming In-Jokes Don't Overpower Heartwarming Wreck-It Ralph". Wired. Diakses tanggal Nov 19, 2012. 
  45. ^ a b McKinney, Luke (Nov 12, 2012). "Leeroy Jenkins Lives! The 6 Best Video Game References In 'Wreck-It Ralph'". MovieLine. Diakses tanggal Jan 10, 2013. 
  46. ^ Lussier, Germain (Aug 2, 2012). "50 Things You Didn't Know About Disney Animation's 'Wreck-It Ralph;' Plus New Images". Slash FIlm. Diakses tanggal Jun 19, 2013. 
  47. ^ Rose, Nathan (Oct 28, 2012). "Disney's Wreck-It Ralph, Sunday, October 28, 2012". Magical Definition. Diarsipkan dari versi asli tanggal Oct 31, 2012. Diakses tanggal Nov 2, 2012. 
  48. ^ Hill, Jim (Feb 19, 2013). "Rich Moore Looks Back at the Roads Not Taken With Disney's Wreck-It Ralph". The Huffington Post. Diakses tanggal Feb 24, 2013. 
  49. ^ a b c d Nicholson, Max (Aug 6, 2012). "Wreck-It Ralph Creators on Using Actual Video Game Characters". IGN. Diakses tanggal Aug 7, 2012. 
  50. ^ a b c Langsworthy, Billy (Feb 8, 2013). "INTERVIEW: Wreck-It Ralph director talks bringing games to film". MCV. Diakses tanggal Feb 10, 2013. 
  51. ^ Ashurst, Sam (Sep 17, 2012). "Wreck-It Ralph's Skrillex cameo revealed". Total Film. 
  52. ^ Rockman Corner: Dr. Wily Hitting the Big Screen in November
  53. ^ a b c Sullivan, Kevin (February 12, 2013). "Exclusive: 'Wreck-It Ralph' Deleted Scene Travels To Entirely New Game World". MTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 14, 2013. Diakses tanggal February 13, 2013. 
  54. ^ "All The World's a Virtual Stage in Disney's New Camera Capture System". Animation World Network. Diakses tanggal Jan 26, 2015. 
  55. ^ "'Wreck-It Ralph' Shines Bright with New Lighting and Effects Technology | Animation World Network". Awn.com. Nov 2, 2012. Diakses tanggal Feb 21, 2014. 
  56. ^ Gallagher, Brian (Apr 4, 2011). "Monsters University Pushed to 2013". Movieweb.com. Diakses tanggal Aug 28, 2011. 
  57. ^ Collura, Scott (Sep 2, 2011). "Wreck-It Ralph Screenshots". IGN. Diakses tanggal Nov 29, 2011. 
  58. ^ Gettell, Oliver (Feb 24, 2013). "Oscars 2013: 'Paperman' wins animated short prize". Los Angeles Times. Diakses tanggal Mar 26, 2013. 
  59. ^ Amidi, Amid (Apr 25, 2012). "The Poster for Disney's 'Paperman'". Cartoon Brew. Diakses tanggal Apr 26, 2012. 
  60. ^ "Spread the word: The first trailer..." Disney Animation via official Twitter page. May 25, 2012. Diakses tanggal May 25, 2012. Spread the word: The first trailer for Wreck-It Ralph will debut June 6. 
  61. ^ Kohler, Chris (Jun 11, 2012). "Disney's Amazing Fake Wreck-It Ralph Arcade Machine". Wired. Diakses tanggal Jun 11, 2012. 
  62. ^ Nath, Debabrata (Jun 12, 2012). "Wreck-It Ralph gets official game". VG247. Diakses tanggal Jun 12, 2012. 
  63. ^ "Wreck-It Ralph spoofs King of Kong with "Garlan Hulse: Where Potential Lives"". Warp Zoned. Diakses tanggal Mar 13, 2013. 
  64. ^ West, Kelly. "Wreck-It Ralph Gets An Early Digital Release, DVD/Blu-ray Set For March". Cinema Blend. Diakses tanggal Jan 3, 2013. 
  65. ^ "Disney announces Wreck-It Ralph will arrive for download before DVD, Blu-ray". Engadget. Diakses tanggal Jan 11, 2013. 
  66. ^ "'Wreck-It Ralph' wrecks 'Breaking Dawn Part 2's' DVD reign". The Hollywood Reporter. Mar 28, 2012. Diakses tanggal Mar 18, 2013. 
  67. ^ "2012 Yearly Box Office Results — Box Office Mojo". boxofficemojo.com. Diakses tanggal Jan 26, 2015. 
  68. ^ Subers, Ray (Nov 3, 2012). "Friday Report: 'Ralph' Rules, 'Flight' Blasts Off". Box Office Mojo. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  69. ^ Subers, Ray (Nov 4, 2012). "Weekend Report: 'Ralph' Wrecks It, 'Flight' Cruises". Box Office Mojo. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  70. ^ Subers, Ray (Dec 1, 2013). "Weekend Report: 'Catching Fire,' 'Frozen' Set Thanksgiving Records". Box Office Mojo. Diakses tanggal Dec 10, 2013. 
  71. ^ Subers, Ray (Nov 4, 2012). "Around-the-World Roundup: 'Skyfall' Adds Incredible $156 Million Overseas". Box Office Mojo. Diakses tanggal Jan 8, 2013. 
  72. ^ a b "Wreck-It Ralph (2012) - International Box Office Results — Box Office Mojo". boxofficemojo.com. Diakses tanggal Jan 26, 2015. 
  73. ^ "Wreck-it Ralph (2012)". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal Dec 15, 2012. 
  74. ^ "Wreck-It Ralph". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal Nov 20, 2012. 
  75. ^ "'Wreck-It Ralph' Review: Arcade-Generation 'Roger Rabbit' Is Worth Every Quarter". TheWrap. Diakses tanggal Jan 26, 2015. 
  76. ^ Ebert, Roger (Oct 31, 2012). "Wreck-it Ralph". Chicago Sun-Times. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  77. ^ Scott, A.O. (Nov 1, 2012). "Wreck-it Ralph". The New York Times. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  78. ^ Sharkey, Betsy (Nov 2, 2012). "Wreck-it Ralph". Los Angeles Times. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  79. ^ Lowe, Justin (Oct 26, 2012). "Wreck-it Ralph". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  80. ^ Orr, Christopher. "'Wreck-It Ralph' Aims for Pixar ... and Misses". The Atlantic. Diakses tanggal Nov 4, 2012. 
  81. ^ "40th Annual Annie Awards > Nominees: Outstanding Achievement, Music in an Animated Feature Production". International Animated Film Society. Diakses tanggal Dec 16, 2012. 
  82. ^ Hammond, Pete (Dec 11, 2012). "'Lincoln', 'Les Miserables', 'Silver Linings' Top List Of Nominees For 18th Annual Critics Choice Movie Awards". Deadline.com. Diakses tanggal Dec 11, 2012. 
  83. ^ "70th Golden Globe Awards Nominations". Deadline.com. Dec 13, 2012. Diakses tanggal Dec 13, 2012. 
  84. ^ "2013 Golden Reel Award Winners & Nominees: Feature Films". Motion Picture Sound Editors. Diarsipkan dari versi asli tanggal Feb 25, 2013. Diakses tanggal Feb 27, 2013. 
  85. ^ "Disney, 'Iron Man 3' Dominate 2013 Golden Trailer Awards". Deadline.com. May 5, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 10, 2013. Diakses tanggal May 10, 2013. 
  86. ^ Breznican, Anthony (Dec 5, 2012). "National Board of Review highlights 'Compliance' actress Ann Dowd and 'Zero Dark Thirty'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal Dec 7, 2012. 
  87. ^ Kilday, Gregg (Dec 3, 2012). "Satellite Awards Nominates 10 Films for Best Motion Picture". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal Dec 4, 2012. 
  88. ^ Truitt, Brian (Feb 20, 2013). "'The Hobbit' leads Saturn Awards with nine nomination". USA Today. 
  89. ^ "Nominations for the 11th Annual VES Awards". ComingSoon.net. Jan 7, 2013. Diakses tanggal Jan 7, 2013. 
  90. ^ "VES Awards: 'Life Of Pi' Wins 4 Including Feature, 'Brave', 'Game Of Thrones' Other Big Winners". Deadline. Feb 5, 2013. Diakses tanggal Feb 7, 2013. 
  91. ^ Walt Disney Record via PR Newswire (September 13, 2012). Walt Disney Animation Studios' "Wreck-It Ralph" Scores Big with Composer Henry Jackman, Plus Original Music from Skrillex, AKB48, Owl City and Buckner & Garcia. Siaran pers. Diakses pada September 29, 2012.
  92. ^ Green, Scott (October 30, 2012). "Video: AKB48 'Wreck-It-Ralph' Theme Preview". CrunchyRoll.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 21, 2012. Diakses tanggal November 21, 2012. 
  93. ^ Lang, Derrik J. (Feb 22, 2013). "Best Animated Feature: 'Brave,' 'Wreck-It Ralph' Battle For Oscar". Huffington Post.
  94. ^ "Wreck-It Ralph (Soundtrack)". Amazon. Diakses tanggal September 29, 2012. 
  95. ^ "Welcome to Failure Town". NintendoWorldReport. November 15, 2012. Diakses tanggal April 20, 2013. 
  96. ^ "Wreck-It Ralph game review – cinematic disaster". Metro. February 8, 2013. Diakses tanggal April 10, 2013. 
  97. ^ (June 25, 2012). Activision Publishing And Disney Interactive Announce Collaboration To Create Wreck-it Ralph™ Video Game. Siaran pers. Diakses pada June 25, 2012.
  98. ^ "Play Disney's Wreck-It Ralph's Fix-It Felix Jr and other Games from the New Animated Film!". Beyond the Marquee. October 29, 2012. Diakses tanggal November 17, 2013. 
  99. ^ Prasad (November 18, 2012). "Wreck-It Ralph' for iOS and Android game review". GSM Arena. Diakses tanggal November 17, 2013. 
  100. ^ Sabri, Sam (September 3, 2013). "Disney's Wreck-it Ralph game now available for Windows Phone, nearly a year after the movie". Windows Phone Central. Diakses tanggal November 17, 2013. 
  101. ^ Calimlim, Aldrin (December 14, 2012). "It's Time To Drive Fast And Go Turbo In Wreck-It Ralp". AppAdvice. Diakses tanggal November 17, 2013. 
  102. ^ Calimlim, Aldrin (March 7, 2013). "Take Flight And Take Command In The New Mini-Game In Wreck-It Ralph". AppAdvice. Diakses tanggal November 17, 2013. 
  103. ^ "Retired Disney Interactive Games". Disney Interactive. August 29, 2014. Diakses tanggal November 1, 2014. 
  104. ^ Keegan, Rebecca (July 13, 2012). "Comic-Con: How 'Wreck-It Ralph' infiltrated the game industry". Los Angeles Times. Diakses tanggal July 14, 2012. 
  105. ^ McIsaac, Colin (January 15, 2013). "Disney Infinity Revealed—Features Wreck-It Ralph, Jack Skellington, Davy Jones, and More!". Zelda Informer. Diakses tanggal January 21, 2013. 
  106. ^ "Vanellope Figure — Disney Infinity". Disney Store. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 16, 2014. Diakses tanggal January 13, 2014. 
  107. ^ "Wreck-It Ralph Figure — Disney Infinity". Disney Store. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 16, 2014. Diakses tanggal January 13, 2014. 
  108. ^ "Disney Infinity Wreck-It Ralph Toy Box Pack — Wreck-It Ralph and Vanellope -- Pre-Order". Disney Store. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 16, 2014. Diakses tanggal January 13, 2014. We expect this item to be available by 04/01/2014. 
  109. ^ https://www.player.one/disney-crossy-road-secret-characters-unlock-all-mystery-characters-you-cant-buy-cheat-525995
  110. ^ McWhertor, Michael (May 18, 2018). "Kingdom Hearts 3 is a whimsical spectacle full of Disney cheer". Polygon. Diakses tanggal May 18, 2018. 
  111. ^ Disney Wreck-It Ralph Director Rich Moore Is a Huge Gamer. GamerHub Videos. Oct 25, 2012. Berlangsung pada 4:22. Diakses tanggal Oct 25, 2012. 
  112. ^ Dekel-Daks, Tal (Feb 8, 2013). "'Wreck-It Ralph' director Rich Moore wants Nintendo's Mario for sequel". Digital Spy. Diakses tanggal Sep 24, 2013. 
  113. ^ Vejvoda, Jim (Feb 4, 2013). "Wreck-It Ralph Director Wants Tron in the Sequel". IGN. Diakses tanggal Sep 24, 2013. 
  114. ^ Roberts, Sheila (Apr 1, 2014). "Composer Henry Jackman Talks Captain America: The Winter Soldier, His Influences, Wreck-It Ralph 2, The Interview, and More". Collider.com. Diakses tanggal Apr 3, 2014. I can't tell you more, not because I'm being coy, but I believe that it is officially on the cards. I don't know any more other than a story is indeed being written. 
  115. ^ Otterson, Joe. "John C. Reilly Says He Will Star in 'Wreck-It Ralph' Sequel". TheWrap. Diakses tanggal Jul 13, 2015. 
  116. ^ Tilly, Chris (March 24, 2016). "Wreck-It Ralph 2 Still Happening, Might Feature Mario". IGN. Diakses tanggal March 24, 2016. 
  117. ^ Moore, Rich; Johnston, Phil; Reilly, John C. (June 30, 2016). "Breaking news live from Walt Disney Animation Studios!". Disney verified Facebook page. Diakses tanggal June 30, 2016. 
  118. ^ Snetiker, Marc (June 30, 2016). "Wreck-It Ralph 2 officially announced at Disney". Entertainment Weekly. Diakses tanggal June 30, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Winnie the Pooh
Film cerita Walt Disney Animation Studios
2012
Diteruskan oleh:
Frozen