Mario

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mario pada permainan Super Mario Galaxy.

Mario (マリオ?) adalah karakter fiksi pada permainan video, diciptakan oleh desainer permainan video, Shigeru Miyamoto. Menjadi maskot Nintendo, Mario telah mucul pada lebih dari 200 permainan video sejak pembuatannya. Mario kini banyak muncul dalam berbagai jenis permainan video, seperti balapan, puzzle, permainan peran, fighting, olahraga, dan lainnya.

Mario digambarkan sebagai tukang ledeng Italia yang pendek dan gemuk di Kerajaan Jamur. Pada serial Mario, ia berkali-kali menghentikan rencana Bowser menculik Princess Peach dan menaklukan Kerajaan Jamur. Ia juga memiliki teman dan musuh lain.

Sebagai maskot Nintendo, Mario adalah salah satu karakter paling terkenal dalam sejarah permainan video,[1] dan Mario menjadi sinonim dengan permainan video. Permainan Mario telah terjual lebih dari 201 juta unit, menjadikan serial Mario sebagai serial permainan video paling banyak terjual.[2]

Konsep[sunting | sunting sumber]

Mario diciptakan oleh Shigeru Miyamoto dalam usahanya untuk membuat permainan video yang laris untuk Nintendo, setelah permainan-permainan sebelumnya, seperti Sheriff, tidak berhasil meraih sekses. Awalnya, Miyamoto ingin membuat permainan video dengan menggunakan karakter Popeye, Bluto, dan Olive Oyl. Akan tetapi, dia tidak diijinkan menggunakan karakter-karakter tersebut, sehingga akhirnya dia membuat Jumpman (kemudian dikenal sebagai Mario), Donkey Kong, dan Pauline. Misi mario adalah menaklukkan Bowser yang menculik Princess Peach. Bowser juga ingin mengalahkan Mushroom Kingdom. Beberapa karakter di Mario adalah: Protagonis: - Mario - Luigi - Princess Peach - Wario - Waluigi - Daisy - Toad - Yoshi - Rosalina - Toaddette - Koopa Krag - Wiggler - Donkey Kong - Diddy Kong - Dixie Kong - Ninja - White Mage - Black Mage Antagonis - Bowser - Bowser Jr. - Kamek - Dry Bones - Shy Guy & Fly Guy - Piranha Plant - Pocket Chomps - Goomba - Green Shell & Red Shell - Hammer Bro - Isabell - Scuttlebug - Cheep-Cheep - Monty Mole - Whomp - Boo - The Pumpkin Head - Dragon Plant - Spear Guy - Pirate Guy - Bomb Guy - Bloocheep - Alien - Bob-omb Itulah karakter - karakter di cerita Mario. Mereka juga menggunakan senjata dalam petualangan, contohnya : Green Shell & Red Shell, Fire Flower, Ice Flower, Cannon Ball, Yoshi Eggs, Bomb Shell, Bomb, dll. Mario dkk biasanya memakan jamur dalam petualangan untuk menambah nyawa.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The History of Mario". Diakses 2008-08-23. 
  2. ^ "The Sims game sales top 100 million". CBC.ca. 2008-04-17. Diakses 2008-12-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]