The Super Mario Bros. Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Super Mario Bros. Movie
Sutradara
Produser
SkenarioMatthew Fogel
Berdasarkan
Super Mario Bros
oleh Nintendo
Pemeran
Penata musik
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 29 Maret 2023 (2023-03-29) (Prancis[2])
  • 7 April 2023 (2023-04-07) (Amerika Serikat)
  • 28 April 2023 (2023-04-28) (Jepang)
Negara
  • Amerika Serikat
  • Jepang
BahasaEnglish

The Super Mario Bros. Movie adalah film komedi petualangan animasi komputer yang diproduksi oleh Illumination bekerja sama dengan Nintendo, dan akan didistribusikan oleh Universal Pictures. Ini adalah film adaptasi ketiga dari waralaba permainan video Mario Nintendo, setelah film anime Super Mario Bros.: The Great Mission to Rescue Princess Peach! (1986) dan film aksi langsung Hollywood Super Mario Bros (1993). Film ini disutradarai oleh Aaron Horvath dan Michael Jelenic dari skenario oleh Matthew Fogel dan menampilkan pengisi suara ansambel termasuk Chris Pratt, Anya Taylor-Joy, Charlie Day, Jack Black, Keegan-Michael Key, Seth Rogen, Fred Armisen, Sebastian Maniscalco, Charles Martinet, dan Kevin Michael Richardson.

Setelah kegagalan kritis dan komersial film 1993, Nintendo enggan melisensikan properti intelektualnya untuk adaptasi film. Pencipta Mario, Shigeru Miyamoto, menjadi tertarik untuk mengembangkan film lain ketika Nintendo membawa game lamanya ke layanan Konsol Virtual, dan melalui kerja sama Nintendo dengan Universal Parks & Resorts untuk membuat Super Nintendo World, ia bertemu dengan pendiri Illumination, Chris Meledandri. Pada 2016, keduanya mendiskusikan film Mario dan pada Januari 2018, Nintendo mengumumkan bahwa mereka akan berkolaborasi dengan Illumination dan Universal untuk memproduksinya. Produksi sedang berlangsung pada tahun 2020. Pada 6 Oktober 2022, cuplikan teaser untuk film tersebut ditayangkan melalui Nintendo Direct.

The Super Mario Bros. Movie dirilis di Amerika Serikat pada 7 April 2023 oleh Universal Pictures. Film ini meraih penghasilan kotor sebesar 1,3 miliar dolar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Life, Nintendo (October 6, 2022). "The Super Mario Bros. Movie Teaser Trailer Is Finally Here". Nintendo Life. Diakses tanggal October 6, 2022. 
  2. ^ https://www.youtube.com/watch?v=iwst-UZn3wM