Bowser

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bowser
Tokoh Mario
Penampilan
perdana
Super Mario Bros. (1985)
PenciptaShigeru Miyamoto
Didesain
oleh
Shigeru Miyamoto
Yōichi Kotabe
PemeranChristopher Collins/Patrick Pinney (King Koopa's Kool Kartoons)
Christopher Hewett (Mario Ice Capades)
Dennis Hopper (Super Mario Bros.)
Pengisi suara
Informasi
AliasRaja Koopa
SpesiesKoopa
AnakBowser Jr.

Bowser (クッパ, Kuppa, "Koopa"),[6] atau Raja Koopa, adalah tokoh fiksi dan antagonis utama dari seri permainan video Mario milik Nintendo dan musuh utama Mario. Di Jepang, tokoh ini memiliki gelar Daimaō (大魔王, "Raja Setan Besar").[7] Bowser adalah pemimpin ras Koopa yang menyerupai kura-kura. Meskipun telah beberapa kali bekerja sama dengan Mario di beberapa permainan, tujuan utama Bowser tetaplah menculik Princess Peach, mengalahkan Mario dan Luigi untuk menguasai Kerajaan Jamur. Sifat Bowser yang paling dikenal adalah penampilannya yang memiliki unsur-unsur naga, raungannya tenggorokannya, kemampuannya menyemburkan api, kepribadiannya yang kejam, dan suara kadalnya.

Konsep dan pembuatan[sunting | sunting sumber]

Bowser dibuat oleh desainer dan produser Nintendo Shigeru Miyamoto. Miyamoto awalnya membayangkan Bowser sebagai seekor lembu, berdasarkan tokoh Ox-King dari film Toei Animation Alakazam the Great.[8] Namun, desainer Nintendo Takashi Tezuka menyebutkan bahwa tokoh tersebut lebih mirip seekor kura-kura daripada lembu. Miyamoto dan Tezuka kemudian mulai mbekerja sama menentukan penampilan Boswer. Karena Bowser adalah pemimpin para Koopa Troopa yang menyerupai kura-kura, Miyamoto dan Tezuka mulai membuat penampilan Bowser berdasarkan penampilan Koopa Troopa, hingga menghasilkan ilustrasi baru. Dalam desain akhirnya, Miyamoto berkomentar bahwa dia sekarang bisa membuat Bowser "terlihat keren".[9]

Miyamoto menamai Bowser 魔王 クッパ Daimaō Kuppa. Kuppa berasal dari nama bahasa Jepang untuk 국밥, gukbap, sebuah masakan Korea. Miyamoto juga mempertimbangkan nama ユッケ Yukke dan ビビンバ Bibinba, yang juga merupakan nama bahasa Jepang untuk masakan Korea (masing-masing 육회 yukhoe dan 비빔밥 bibimbap).[10] Nama bahasa Korea untuk tokoh Bowser/Kuppa bukanlah Gukbap, melainkan 쿠파 Kupa.[11] Nama tersebut dianglifikasid menjadi Kuppa bukannya Koopa di versi-versi Jepang sampai dirilisnya Super Mario World.[12][13]

Penokohan[sunting | sunting sumber]

Bowser ditampilkan sebagai "Raja Koopa", kura-kura antropoformis yang hidup di dunia Kerajaan Jamur. Bowser tampak jauh berbeda dari kebanyakan anggota klan Koopa, yang kebanyakan hanya merupakan kura-kura bipedal. Bowser memiliki tempurung kura-kura yang besar dan berduri, tanduk, moncong yang menyerupai naga, taring yang tajam, jari-jari tangan bercakar, tiga jari bercakar di masing-masing kaki, mata merah, dan rambut merah. Bowser berukuran besar dan sangat kuat, hampir tidak bisa dihancurkan, dan bisa meyemburkan api. Dia juga bisa melompat sangat inggi untuk ukurannya. Dia juga ahli dalam ilmu sihir, yang membolehkannya melakukan teleportasi atau mendatangkan barang, terbang, membangkitkan listrik, menggunakan telekinesis atau metamorfosis.[14]

Ukuran Bowser kerap kali berbeda di permainan yang berbeda. Di kebanyakan permainan, Bowser jauh lebih tinggi dari kebanyakan tokoh lainnya, tetapi ada beberapa pengecualian. Di Super Mario RPG, dia hanya sedikit lebih tinggi dari Mario. Dia juga bisa mengubah ukurannya sendiri atau karena sihir orang lain di permainan-permainan seperti Yoshi's Island, Super Mario Galaxy dan Super Mario Galaxy 2.[14]

Bowser ingin mengambil alih Kerajaan Jamur dan menggabungkannya dengan wilayahnya. Bowser suka kepada Princess Peach,[15][16][17] dan sering menculiknya sebagai bagian dari rencan penguasaannya.[18] Terkadang, dia menculik Peach hanya untuk memancing Mario ke dalam jebakan, tetapi terkadang dia ingin menikahi Peach. Peran tokoh Bowser dalam seri ini beragam.[18] Dia biasanya adalah antagonis utama di seri utama, tetapi dalam seri permainan peran, dia terkadang bekerja sama dengan para pahlawan untuk mengalahkan penjahat yang lebih besar. Pemrainan-permainan peran juga menampilkan Bowser dengan lebih lucu sebagai penggertak yang punya sisi lembut tersembunyi. Dia juga peduli kepada anak buahnya.[14]

Bowser punya seorang putra, Bowser Jr., yang membantu ayahnya menculik Princess Peach. Ibu Bowser Jr. tidak diketahui, karena Bowser tidak pernah disebutkan secara resmi pernah menikah. Awalnya di Super Mario Bros. 3, Bowser disebut sebagai ayah para Koopalings[19] dan sumber-sumber resmi berikutnya menambahkan bahwa Boswer adalah ayah kandung mereka,[20][21] tetapi sejak mereka kembali di New Super Mario Bros. Wii mereka disebut sebagai anak buah Bowser. Pada wawancara tahun 2012, Shigeru Miyamoto berkata, "Cerita kami sekarang adalah ketujuh Koopalings bukanlah anak-anak Bowser. Satu-satunya anak Bowser adalah Bowser Jr., dan kami tidak tahu siapa ibunya."[22]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mario Is Missing!". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-21. 
  2. ^ "Hotel Mario". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-21. 
  3. ^ "Mario's Time Machine Deluxe". Behind The Voice Actors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-21. 
  4. ^ "The secret origin of Bowser's voice". YouTube. Thomas Game Docs. May 19, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 15, 2020. 
  5. ^ "マリオとヨッシーの冒険ランド". YouTube. Diakses tanggal 25 Mei 2021. 
  6. ^ Masahiro Sakurai (3 Juli 2007). クッパ [Koopa] (dalam bahasa Jepang). Nintendo. Diakses tanggal 18 Oktober 2009. 
  7. ^ キャラクター紹介 [Perkenalan tokoh] (dalam bahasa Jepang). Nintendo. Diakses tanggal 18 Oktober 2009. 
  8. ^ David Oxford. "Iwata Asks:The Birth of Bowser". Ds.Kombo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 September 2010. Diakses tanggal 23 Agustus 2010. 
  9. ^ "Iwata Asks Volume 8- Flipnote Studios-An Animation Class 4.My First Project: Draw a Rug". Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Mei 2012. 
  10. ^ Yasuhiro, Nagata (2000). "独占スクープ!宮本茂最新雑談 [Exclusive Scoop! Miyamoto Shigeru Latest Chat]". Famitsu. Diakses tanggal 4 November 2016. 
  11. ^ "Characters in Mario Kart DS at Nintendo of Korea's website". Nintendo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-22. Diakses tanggal 10 Agustus 2010. 
  12. ^ Nintendo Entertainment Analysis and Development (23 Oktober 1988). Super Mario Bros. 3 (Famicom) (dalam bahasa Jepang). Nintendo. Scene: adegan akhir. 
  13. ^ Nintendo Entertainment Analysis and Development (21 November 1990). Super Mario World (dalam bahasa Jepang). Nintendo. Scene: adegan akhir. 
  14. ^ a b c "Super Mario: 25 Weird Things About Bowser's Anatomy Fans Forget". TheGamer. 10 November 2018. 
  15. ^ Super Mario RPG: Legend of the Seven Stars Strategy Guide. 
  16. ^ Intelligent Systems. Paper Mario. 
  17. ^ Intelligent Systems. Super Paper Mario. 
  18. ^ a b "A New Mushroom Kingdom: 25 years of Super Mario 64". Shacknews. 
  19. ^ "Original Japanese manual of Super Mario Bros. 3" (PDF). Nintendo Co., Ltd. Diakses tanggal 23 Desember 2016. 
  20. ^ "Super Mario Bros. 3 page on Nintendo UK's site". Nintendo UK. Diakses tanggal 23 Desember 2016. 
  21. ^ "Bowser, King of the Koopas, and his evil offspring have invaded yet another kingdom. The Koopalings have seized the Kingdom's precious crystals. It's up to you, armed with your trusty Nintendo Scope, to ride Yoshi to the rescue!", di bagian belakang kotak versi Amerika Utara dan PAL Yoshi's Safari.
  22. ^ "Mario's Creators Answer Burning Questions About The Series". Game Informer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Januari 2013. Diakses tanggal 24 Desember 2016. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]