Meta Knight

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Meta Knight
Tokoh Seri Kirby
Penampilan
perdana
Kirby's Adventure (1993)
Penampilan
terakhir
Kirby Fighters 2 (2020)
PenciptaMasahiro Sakurai
Pengisi suaraEric Stuart (anime)
Eric Newsome (Super Smash Bros. series)
Atsushi Kisaichi (Japanese)
Informasi
Jenis kelaminPria
PekerjaanKsatria

Meta Knight (Jepang: メタナイト, Hepburn: Meta Naito) adalah karakter fiksi dan antihero dalam seri permainan video Nintendo Kirby yang dibuat oleh Masahiro Sakurai dan dikembangkan oleh HAL Laboratory. Karakter fiksi ini pertama kali muncul di permainan video Kirby's Adventure tahun 1993 sebagai karakter tanpa nama yang tersisa disana sampai game Kirby's Avalanche. Ia juga muncul di beberapa buku komik Kirby, di serial anime 2001, dan di seri Super Smash Bros.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Meta Knight adalah seorang pendekar yang misterius namun terhormat yang mengikuti kode ksatria; dicontohkan saat dia memberi Kirby pedang untuk bertarung.[1] Meta Knight sendiri menggunakan pedang emas suci yang disebut Galaxia (ギャラクシア Gyarakushia).[2] Dia selalu terlihat mengenakan topeng perak, tapi jika dia membuka kedoknya, dia terlihat mirip dengan Kirby, meski dengan tubuh biru gelap dan mata putih, yang tampak kuning dengan topengnya (dan dengan topengnya di Kirby: Planet Robobot). Dia juga mengenakan mantel biru tua yang disebut Dimensional Cape (ディメンションマント Dimenshon Manto), yang bisa berubah menjadi sepasang sayap dan memungkinkan dia untuk teleport. Namun, sayap ini tampil langsung melekat pada tubuhnya di Kirby's Return to Dream Land dan Kirby: Planet Robobot.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

IGN menggambarkan Meta Knight sebagai "salah satu karakter paling misterius" dalam serial ini, menamainya salah satu dari sepuluh karakter favorit mereka yang memegang pedang di video game dan menambahkan bahwa meskipun dia pernah "seorang penjahat belaka" dalam serial ini, "nya Penampilannya yang sangat buruk membedakannya dari yang lain." GameRadar menempatkan Meta Knight keduabelas dalam daftar "Most Misunderstood Videogame Villains", mengatakan bahwa dia adalah "mapol pria baik standar [...], kecuali bahwa Meta Knight adalah orang jahat"; Dikatakan tentang pertempuran Meta Knight-versus-Kirby bahwa "Ini seperti jika Batman memilih perkelahian dengan obesitas yang tidak sehat, dan Anda seharusnya mengakar untuk menutupnya." Ini mencantumkannya pada daftar "The Top 7 Unlikeliest Badasses in Gaming", dengan mengatakan "terima kasih atas sikapnya yang serius dan penuh perhatian dalam mengenakan jubah, Meta Knight telah menciptakan ilusi indah tentang sesuatu yang sangat mengancam, meski merupakan kumpulan bulat dari menyenangkan." Dia adalah karakter Nintendo terbaik ke-18 sepanjang masa, menurut GameDaily; yang juga menempatkannya di urutan ketiga dalam daftar karakter Nintendo mereka yang layak mendapatkan permainan mereka sendiri. Kompleks menyatakan bahwa ia berkembang dari "penjahat tanpa nama" di Kirby's Adventure menjadi "saingan Kirby" dan menyatakan bahwa popularitasnya telah melampaui dugaan King Dedede, memberi peringkat pada Meta Knight kedelapan dalam daftar "Karakter Video Game 25 Yang Layak Spinoff". Demikian pula, ia ditempatkan di urutan keenam dalam daftar WhatCulture tentang "10 Karakter Video Game yang Memastikan Game Spin-Off Sendiri". Penyertaannya di Super Smash Bros. Brawl dipuji; Dia tercatat di antara lima karakter teratas Bozon (peringkat kedua), Peer (peringkat keempat), dan Richard George (peringkat pertama) dari IGN, dengan ketiganya menyoroti kecepatan serangannya dan Bozon mengatakan bahwa dia adalah "pemain tunggal terbaik Penengkar." Jesse Schedeen dari situs yang sama mengatakan bahwa "Meta Knight adalah pembangkit tenaga sesungguhnya dari pemeran SSBB", dan Jaringan UGO menyebut Meta Knight "balutan pedang yang memegang pedang paling berbahaya, helm, yang mungkin akan Anda hadapi." Selain itu, WhatCulture menempatkannya sebagai karakter terbesar keenam dalam mengalahkan game mereka, dengan mengatakan bahwa "dia adalah karakter cemerlang - bijaksana, bahkan jika dia benar-benar tidak adil dalam skema besar semuanya."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "25 Video Game Characters That Deserve a Spinoff". Complex (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-05. 
  2. ^ published, Lucas Sullivan (2012-10-26). "Gaming's masked maniacs revealed - What are they trying to hide?". gamesradar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-05.