Sonic the Hedgehog (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sonic the Hedgehog
Karakter Sonic the Hedgehog
Sonic-generations-artwork-sonic-render-2-png.png
Profil Sonic saat ia muncul di Sonic Generations
Penampilan pertama Rad Mobile (kameo, 1990)
Permainan pertama Sonic the Hedgehog (1991)
Dibuat oleh Yuji Naka, Hirokazu Yasuhara dan Naoto Ohshima
Desain oleh Naoto Ohshima (1991-1997), dan Yuji Uekawa (sejak 1998)
Disuarakan oleh Roger Craig Smith (sejak 2010)

Sonic the Hedgehog (Bahasa Indonesia : Sonic si Landak) adalah karakter utama dari serial permainan video Sonic the Hedgehog milik Sega. Dia adalah maskot perusahaan permainan video Sega Corporation sejak 1991. Dia adalah landak antropomorfik biru dengan mata hijau, dan mengenakan sarung tangan putih, dan sepatu merah dan putih. Ia berjuang mendedikasikan hidupnya untuk membela planet Mobius terhadap musuhnya, Dr. Julian Ivo "Eggman" Robotnik. Sepanjang jalan, dia telah dibantu oleh banyak karakter, termasuk teman-temannya yakni Miles "Tails" Prower, Knuckles the Echidna, Amy Rose dan Shadow the Hedgehog. Kemampuan terbesar Sonic adalah kemampuannya untuk berjalan pada kecepatan supersonik. Namun, ia juga cenderung membuat keputusan ruam dan tidak suka berada di dekat air karena dia tidak bisa berenang.

Konsep[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990, jauh sebelum Sony dan Microsoft masuk ke industri, Nintendo berada di posisi depan, dengan dengan maskot mereka Mario. Untuk memperoleh bisnis, Sega berjuang membutuhkan sesuatu untuk mendapatkan mereka kembali dalam permainan, dan cepat. Mereka memutuskan bahwa apa yang mereka butuhkan adalah sebuah maskot yang tak perlu dari mereka sendiri, dengan permainannya sendiri. Bukan sembarang maskot, tapi satu yang bisa melampaui popularitas Mario, dan juga Miki Tikus untuk Disney. Karakter permainan video harus revolusioner, dan sesuatu yang segera menarik perhatian dari saingan mereka dan terhadap mereka dan konsol utama mereka, Sega Mega Drive. Sebuah cabang Sega bernama "AM8" menghabiskan tiga bulan yang panjang di dedikasi untuk desain bintang baru mereka, dan segala macam hewan dan individu aneh dianggap. Mereka ingin maskot mereka untuk menjadi cepat, halus, ramping dan sejuk. Seekor kelinci yang bisa mengambil dan membuang hal-hal dengan telinganya tidak cukup cepat, dan akhirnya, mereka kental ide turun ke bergulir sederhana dan melompat urusan, yang meninggalkan mereka dengan dua pilihan utama dari kerajaan hewan; Sebuah landak, atau armadillo. Keputusannya adalah faktor penentu akhir, dan hari itu, meskipun ia tidak segera bernama, landak baru lahir: Sonic the Hedgehog.

Dirancang oleh artis berbakat Naoto Ohshima, Sonic yang terlihat mungkin tidak norak, mungkin saja ia efisien, nakal, dan bahkan mungkin sedikit sombong dan agresif, tetapi yang paling penting, ia cepat. Permainan ini khusus dirancang untuk menjadi jauh lebih cepat daripada konsol permainan video lainnya yang sejenis sekitar pada saat itu, terutama Mario yang relatif lambat dan kikuk, dengan siapa Sonic cepat mengembangkan persaingan yang dibagi dalam permainan video terkemuka. Karakter ini pertama kali hadir pada tahun 1990 dalam konser musik pop Dreams Come True dengan artis Masato Nakamura. Permainan videonya dirilis pada tahun 1991, dan sebelum itu, Sonic diperkenalkan lebih dahulu di permainan video Rad Mobile.

Karakter ini mendapat desain barunya pada tahun 1998 oleh artis Yuji Uekawa, beberapa bulan sebelum dirilisnya permainan video Sonic Adventure. Desain ini menunjukkan bahwa Sonic memiliki warna mata hijau, lengan dan kaki yang panjang, tubuh yang kurang bulat dan duri yang memanjang ke bawah.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Menurut promosi komik Sonic the Hedgehog, Sonic dikejar oleh Dr. Eggman dan ketika lolos dari pengejaran, dia hampir terjatuh, dan ditolong oleh seekor kelinci bernama Johnny Lightfoot. Sonic kemudian menjelaskan ke teman binatangnya bagaimana Eggman, yang muncul entah dari mana untuk meneror penduduk pulau, sebenarnya adalah seorang pria bijak bernama Dr. Ovi Kintobor. Ketika berteman dengannya pada masa lalu, Kintobor memutuskan untuk mempelajari kecepatan Sonic, menempatkan dia pada sebuah treadmill eksperimental dimaksudkan untuk mengukur seberapa cepat ia bisa berlari. Dalam waktu singkat, Sonic mencapai kecepatan suara, menyebabkan treadmill meledak dan mengubah warna nya dari coklat kotor ke biru cerah. Kintobor mengatakan itu pasti disebabkan karena "efek kobalt," dan membuatnya sepasang sepatu gesekan untuk memungkinkan Sonic terus menggunakan kecepatan ini tanpa dampak lebih lanjut. Sesudah itu, saat makan siang, Sonic membawa Kintobor telur dan soda. Kintobor tanpa sengaja menumpahkan soda nya pada sebuah mesin pengompres energi negatif di saat ia memegang telur. Hal ini menyebabkan mesin tersebut meledak, mengekspos Kintobor dengan energi negatif dalam permata-permata Chaos Emerald, dan menghamburkan cincin emas di seluruh planet. Pada saat yang sama, tubuh Kintobor ini telah bermetamorfosis menyerupai bentuk telur dan sifat negatif, membuat sifatnya gila dan menjadi Dr. Eggman.

Situs Sonic di Amerika Serikat pada tahun 1996 menunjukkan bahwa banyak atribut yang terdiri Sonic pada kenyataannya belajar dari hewan yang diselamatkan oleh pemain dalam permainan video. Johnny Lightfoot mengajarkan Sonic bagaimana cara lari, Sally Acorn mengajarkan kepadanya bagaimana untuk melompat jarak yang jauh, Joe Sushi menunjukkan kepadanya bagaimana berenang, Tux memberinya rahasia untuk bernapas di bawah air, Flicky menginspirasi pendekatan riang untuk hidup, dan Chirps menunjukkan dia untuk melakukan serangan berputar.

Selain itu, menurut perusahaan penerbitan Archie Comics, yang mempublikasikan buku komik dengan nama yang sama, nama belakang Sonic adalah Olgilvie Maurice Hedgehog. Orang tuanya, yakni Jules dan Aleena menamakan dia demikian untuk menghormati kakeknya, James Maurice, tetapi karena kecepatan yang luar biasa Maurice menemukan dirinya julukan Sonic (yang berarti "suara"), dan sejak saat itu selalu menggunakannya.

Kehadiran[sunting | sunting sumber]

Tamplian klasik Sonic, digunakan dari tahun 1991 hingga 1998.

Sonic hadir di hampir setiap seri permainan video Sonic the Hedgehog sebagai karakter utama, kecuali pada Dr. Robotnik's Mean Bean Machine (dirilis tahun 1993), Tails' Skypatrol (1995), dan Tails Adventures (1995) dimana ia tidak hadir sama sekali, dan pada permainan video Rad Mobile (1990), Knuckles' Chaotix (1995), Tails and the Music Maker (1994), dan Shadow the Hedgehog (2005), dimana ia hadir sebagai pemeran pembantu. Sonic juga hadir dalam komik dengan nama yang sama, dan juga beberapa edisi dari Sonic Universe (diterbitkan sejak tahun 2009). Ia juga hadir di acara televisi Adventures of Sonic the Hedgehog, serial TV Sonic the Hedgehog (SatAM), Sonic Underground, Sonic X dan Sonic Boom. Di samping itu, ia juga hadir dalam film Disney Wreck-It Ralph.

Dalam kehadirannya di permainan video Sonic and the Black Knight (dirilis pada tahun 2009), sebelum pemain dapat memulai misi, Sonic dapat dilihat berpose di bingkai foto, dan pose Sonic di permainan itu adalah pose yang sama dengan yang digunakan dalam permainan video Super Smash Bros. Brawl, dimana ia bertemu dengan Mario (kehadiran pertama mereka secara bersama adalah dalam permainan video Mario & Sonic at the Olympic Games). Pose tersebut juga pernah dipakai untuk pose rank B pada Sonic usia muda di permainan video Sonic Generations. Juga, hasil unduhan untuk versi Wii U dari permainan video Sonic Lost World menunjukkan bahwa Sonic muncul di Pulau Yoshi. Sonic juga pernah bertemu karakter-karakter permainan video lain seperti Mega Man, Ryu, dan Link.

Selain itu, saat karakter Mario akan dimasukkan ke permainan video Sonic & Sega All-Stars Racing khusus konsol permainan Wii, Sega tidak menyetujui karena mereka percaya bahwa hal itu bisa bertentangan dengan judul seri Mario & Sonic. Bahkan para pengembang Mario Takes America membuat beberapa suntingan cadangan sehingga harus mereka kehilangan lisensi Mario, dan dimana Sonic menggantikan Mario.

Kemampuan khusus[sunting | sunting sumber]

Sebagaimana seekor landak, Sonic memiliki kemampuan menyerang musuh dengan menggulung-kan tubuhnya seperti bola dan saat melompat tinggi. Tetapi Sonic juga memiliki kemampuan khusus, dimana dia dapat melakukan lari cepat dengan kecepatan supersonik, melakukan langkah cepat, menyerang dari jarak tertentu, melompat ganda, serangan berfokus, melakukan lompatan pegas, tendangan berputar, tendangan bor, mendorong cepat, dan bahkan perubahan wujud super. Namun, dalam wujud super, ada juga resikonya. Di saat ia tidak bisa kehilangan cincin oleh karena tertabrak sesuatu, satu cincin secara otomatis dikurangi dari jumlahnya setiap detik. Dalam permainan video Sonic and the Secret Rings (dirilis pada tahun 2007), dengan menggunakan tiga buah cincin misterius yang disebut sebagai World Rings, ia dapat memiliki wujud berwarna ungu kemerahan, dan mungkin saja dirasuki oleh teman setianya Shahra, dan pada kaki dan tangannya terdapat empat buah cincin emas. Dalam permainan video Sonic Unleashed (dirilis pada tahun 2008), ia juga bisa berubah wujud menjadi "landak-serigala" (bahasa Inggris: Werehog) pada malam hari dan, daripada berfokus pada kecepatan, ia berfokus pada kekuatan, seperti layaknya karakter kuat termasuk Knuckles the Echidna. Lengannya yang kuat juga dapat meregangkan secara luar biasa, yang memungkinkan Sonic menjangkau ketinggian yang besar dan panjang. Dalam permainan video Sonic and the Black Knight, ia dapat memliki wujud khusus dimana ia mengenakan helm dan pelindung berwarna emas, dan kain merah pada pinggangnya.

Dalam serial televisi Sonic Underground, dia juga memiliki sebuah medali yang tidak hanya berubah menjadi alat musik tetapi juga menjadi senjata ketika dia dan sanak saudaranya (yang juga memiliki medali yang sama untuk masing-masing anak), memiliki hubungan harmonis. Medali milik Sonic adalah sebuah gitar listrik yang dapat berfungsi sebagai senjata, yang juga berfungsi untuk memiliki grup musik band "Sonic Underground".

Hubungan keluarga[sunting | sunting sumber]

Secara fiktif, Sonic juga memiliki hubungan dengan keluarganya yakni:

  • Jules the Hedgehog, ayah Sonic.
  • Queen Aleena Hedgehog, ibu Sonic.
  • Manic the Hedgehog, saudara laki-laki Sonic.
  • Sonia the Hedgehog, kakak perempuan Sonic.
  • Sir Charles Hedgehog, paman Sonic.
  • James Maurice, kakek Sonic.
  • Donna Olgilvie, nenek Sonic, dan
  • Amy Rose, pacar Sonic.

Nama dalam berbagai bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Nama Transliterasi
Jepang ソニック・ザ・ヘッジホッグ Sonikku za Hejjihoggu
Korea 소닉 더 헤지혹 Sonik deo Hejihog
Mandarin (Hanzi sederhana) 刺猬索尼克 Cìwèi suǒní kè
Mandarin (Hanzi tradisional) 刺猬索尼克 Cìwèi suǒní kè
Arab سونيك القنفذ sunik alqunfudh
Hongaria Sonic a sündisznó
Latvi Sonic Hedgehog
Lituavi Sonic the Hedgehog
Serbia човеколики јеж Соник čovekoliki jež Sonik
Kroasia Sonic je jež
Tagalog Sonik ang parkupino
Suomi Sonic the Hedgehog
Norwegia Sonic the Hedgehog
Swedia Sonic the Hedgehog
Denmark Pindsvinet Sonic
Ceska Sonic the Hedgehog
Slowakia Ježko Sonic
Rusia Ёж Соник Yozh Sonik
Yunani Σόνικ ο σκαντζόχοιρος Sónik o skantzóchoiros
Belanda Sonic de egel
Polski Jeż Sonic
Portugis Sonic o Ouriço
Katala Sonic l'eriçó
Spanyol Sonic el Erizo
Jerman Sonic der Igel
Italia Sonic il riccio
Perancis Sonic le hérisson

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]