Sonic the Hedgehog (permainan video 8-bit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sonic the Hedgehog
Kover permainan video versi AS
Publikasi
  • Game Gear
  • December 28, 1991
  • Master System
  • 1991
GenrePlatform
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformSega Master System dan Sega Game Gear
ModePermainan video pemain tunggal
Informasi pengembang
PengembangAncient
PenyuntingSega
PengarahAyano Koshiro
KomponisYuzo Koshiro
PenerbitSega
ProgrammerShinobu Hayashi
Seniman
  • Ayano Koshiro
  • Takefuni Yunoue
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864328
PEGI
enllaç=d:Q14915512
USK
enllaç=d:Q14920387
CERO
enllaç=d:Q11389850
Informasi tambahan
MobyGamessonic-the-hedgehog__
IMDB: tt5477730 Youtube: UC0CAJctZfTImhPb8XjlZGsQ Musicbrainz: 82d0643e-3c82-49d9-8cb3-77227a015af3
Bagian dari Sonic the Hedgehog
Sebelum
Tidak ada
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Sonic the Hedgehog[a] adalah permainan video yang dirilis tahun 1991 dan versi 8-bit dari Sonic the Hedgehog. Permainan ini dirilis untuk konsol Game Gear dan Master System dan dibuat oleh Ancient, sebuah studio yang dipimpin oleh komposer Yuzo Koshiro untuk proyek pengembangan permainan video dan Sega merilis itu untuk mempromosikan Game Gear. Sonic versi 8-bit sama dengan versi Sega Genesisnya, namun dengan performa yang kurang. Permainan ini dirilis pada 28 Desember 1991 untuk Game Gear dan selanjutnya juga dirilis untuk Master System.

Premis dan cerita Sonic 8-bit identik dengan yang ada di konsol Genesis: Sonic sebagai landak antropomorfik yang memiliki kecepatan tinggi, pemain harus berlomba melalui tingkatan untuk menyelamatkan hewan yang dipenjara, plot yang dibuat Dr. Robotnikuntuk berubah menjadi robot. Permainannya juga mirip: Sonic mengumpulkan cincin sambil menghindari rintangan, tetapi berjalan sedikit lebih lambat karena versi 8-bit lebih berfokus pada eksplorasi. Sementara beberapa tema level, seperti Green Hill Zone, diambil dari permainan Genesis, yang lainya baru. Ini juga menampilkan soundtrack yang berbeda dari Koshiro, yang terdiri dari versi yang diatur ulang trek oleh Masato Nakamura untuk permainan Genesis dan materi baru.

Para pengulas memuji Sonic 8-bit untuk variasi level, visual, permainan, dan audio. Banyak yang percaya itu sama baiknya dengan yang asli, meskipun beberapa kritik diarahkan pada kesulitan dan panjang pendeknya. Wartawan game secara retrospektif menganggapnya sebagai salah satu permainan Game Gear dan Master System yang terbaik. Permainan ini membuat beberapa sekuel, dimulai dengan Sonic the Hedgehog 2 pada tahun 1992. Itu juga merupakan permainan pertama Ancient dan satu-satunya permainan Sonic yang akan mereka kembangkan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: ソニック・ザ・ヘッジホッグ Hepburn: Sonikku za Hejjihoggu?

Pranala luar[sunting | sunting sumber]