Minecraft

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Minecraft
Minecraft cover.png
Sampul game
PengembangMojang[a]
Penerbit
Perancang
Seniman
  • Markus Toivonen
  • Jasper Boerstra
KomponisC418
Platform
Tanggal rilis
GenreCreative, survival
ModePemain tunggal, multipemain

Minecraft adalah permainan video sandbox yang dibuat oleh pengembang Swedia Markus Persson, dirilis oleh Mojang pada tahun 2011 dan dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014. Ini adalah video game terlaris sepanjang masa, yang terjual lebih dari 180 juta di semua platform pada akhir 2019, dengan lebih dari 112 juta pemain aktif bulanan.

Di Minecraft, pemain menjelajahi dunia 3D yang kotak-kotak, pixel, yang dihasilkan secara prosedural, dan dapat menemukan dan membuat dari bahan baku, alat kerajinan, membangun struktur atau pekerjaan tanah, dan, tergantung pada mode permainan, dapat melawan musuh yang dikendalikan oleh kode komputer, serta baik bekerja sama dengan atau bersaing dengan pemain lain di dunia yang sama. Mode ini termasuk mode bertahan hidup, di mana pemain harus mendapatkan sumber daya untuk membangun dunia dan menjaga kesehatan, dan mode kreatif, di mana pemain memiliki sumber daya tanpa batas. Dalam Java Edition, pemain dapat memodifikasi game dengan mod untuk membuat mekanisme, item, tekstur, dan aset gameplay baru.

Minecraft diakui secara terkenal, memenangkan banyak penghargaan, dan telah digambarkan sebagai salah satu video game paling berpengaruh dan terhebat sepanjang masa. Media sosial, parodi, adaptasi, merchandise, dan konvensi MineCon tahunan memainkan peran besar dalam mempopulerkan permainan. Ini juga telah digunakan di lingkungan pendidikan, terutama di bidang sistem komputasi, karena komputer virtual dan perangkat keras telah dibangun di dalamnya. Sejumlah game spin-off juga telah dikembangkan, seperti Minecraft: Story Mode, Minecraft Earth, dan Minecraft Dungeons.

Alur Permainan[sunting | sunting sumber]

Minecraft adalah permainan sandbox 3D yang tidak memiliki tujuan khusus yang harus dicapai, memungkinkan pemain memiliki kebebasan untuk memilih cara bermain. Namun, permainan ini memiliki sistem Achievement. Permainan ini menggunakan perspektif orang pertama secara default, tetapi pemain dapat mengganti perspektif menjadi perspektif orang ketiga. Dunia permainan ini terdiri dari objek kasar 3 Dimensional (Kubus dan cairan) yang melambangkan berbagai material seperti batu, kayu, tanah, dan air.

Dunia permainan ini dihasilkan secara prosedural dengan map seed yang didapat secara otomatis dari waktu pada sistem (komputer) atau secara manual dimasukkan oleh pemain.

Walau batas ada di gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, Minecraft memungkinkan untuk dunia permainan besar tak berhingga yang dihasilkan pada bidang horizontal, hanya terjadi permasalahan teknis terjadi ketika lokasi yang sangat jauh tercapai. Permainan ini mencapai dengan memisahkan data menjadi beberapa bagian dunia permainan yang lebih kecil, disebut "chunk" yang hanya dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki ukuran 1 x 1 x 1 blok.

Pemain baru akan bertemu berbagai Karakter tanpa pemain (NPC) yang dikenal dengan sebutan mobs, seperti hewan, penduduk desa (villagers), dan makhluk tidak bersahabat. Passive mobs (seperti domba, sapi, ayam, dan babi) dapat diburu untuk mendapatkan makanan atau bahan crafting. Mereka muncul pada siang hari, sementara hostile mobs atau mobs berbahaya (seperti Zombie, Skeleton, Spider, Creepers, Wither, dan Slime) muncul pada malam hari. Beberapa hostile mobs seperti Zombie, dan Skeleton akan terbakar di bawah cahaya matahari. Beberapa mob juga memiliki kemampuan unik seperti Creeper (mob yang dapat meledak) dan Ender Man (mob yang dapat teleportasi dan membawa block).

Terdapat 3 jenis dunia yang ada di Minecraft. Pertama adalah Overworld, di mana pemain mulai bepertualang dan bertahan hidup pada awalnya. Kedua adalah Nether, neraka versi Minecraft tempat Zombie Pigman, Ghast, Blaze, dan Wither Skeleton berada. Sedangkan yang ketiga adalah The End, tempat dimana Enderdragon dan para Enderman berada. Setelah mengalahkan Enderdragon pemain bisa kembali ke alam semesta atau pergi ke Endcity dan Endship tempat dimana player mendapatkan Elytra atau semacam tambang.

Minecraft memiliki lima mode permainan: Survival, Creative, Adventure, Hardcore, dan Mode Penonton. Minecraft juga memiliki 4 tingkat kesulitan yang dapat diubah sesuai keinginan yaitu Peaceful, Easy, Normal, dan Hard.

Mode Survival[sunting | sunting sumber]

Pada mode survival, pemain diharuskan untuk mendapatkan sumber daya alam seperti kayu dan batu untuk membuat block atau barang tertentu untuk bertahan hidup. Berdasarkan dari tingkat kesulitan yang dipilih, monster (hostile mobs) akan muncul di tempat tempat gelap pada jarak tertentu dari pemain, mengharuskan pemain untuk membuat tempat perlindungan demi dapat bertahan hidup pada malam hari. Pada mode ini juga terdapat Health Bar yang dapat berkurang jika terserang oleh monster, jatuh, tenggelam, jatuh ke lava, terjepit, kelaparan, dan beberapa hal lainnnya. Pemain juga memiliki Hunger Bar, mengharuskan pemain untuk makan makanan dalam game setiap beberapa saat, kecuali pada mode Peaceful. Jika Hunger Bar berkurang penyembuhan akan berhenti dan jika sampai habis Health Bar atau kesahatan pemain akan berkurang secara perlahan. Kesahatan/Darah pemain akan bertambah jika Hunger Bar penuh atau hampir penuh.

Pemain dapat membuat berbagai barang di Minecraft. Pemain dapat membuat baju pelindung yang dapat megurangi efek dari serangan, lalu senjata juga dapat dibuat untuk membunuh musuh dan hewan lebih mudah. Pemain juga dapat membuat peralatan seperti kapak, beliung, cangkul, dan sekop yang digunakan untuk menebang pohon, menambang, menggali tanah/panah dan lain lain. Pemain juga dapat membuat tungku pembakaran untuk membakar makanan, hasil tambang dan beberapa material lainnya. Pemain bisa melakukan barter dengan villager dengan menukarkan emerald dengan barang lain seperti makanan, block, ataupun perlatan.

Permainan ini memiliki sistem inventory, dimana pemain dapat membawa barang dalam jumlah terbatas. Ketika pemain mati, barang yang ada pada inventory akan secara otomatis terjatuh, dan pemain akan hidup kembali di spawn point yang secara otomatis disetel dimana pemain berada di awal permainan (ketika memulai world pertama kali) dan akan direset ketika pemain tidur di ranjang (bed). Barang yang jatuh dapat diambil kembali jika pemain dapat meraih barang barang tersebut sebelum barangnya menghilang. Pemain bisa mengumpulkan Experience Points yang bisa didapatkan dengan membunuh monster/pemain lain, menambang, membakar hasil tambang, membudidayakan ternak, dan memasak makanan. Experience dapat digunakan untuk meningkatkan peralatan, baju pelindung, dan senjata. Barang yang telah ditingkatkan biasanya lebih kuat, tahan lama, atau memiliki efek spesial lainnya.

Singkatnya, mode survival adalah mode dimana pemain diharuskan untuk bertahan hidup dari kelaparan dan monster yang akan muncul pada malam hari.

Mode Creative[sunting | sunting sumber]

Mode creative pertama kali diperkenalkan pada update Beta 1.8. Pada mode creative, pemain memiliki sumber daya, nyawa, dan experience point tak terhingga. Pemain juga memiliki kemampuan untuk terbang. Hostile mobs juga tidak akan menyerang pemain, dan mulai dari update rilis 1.6 mereka tidak akan menyerang balik jika diserang. Semua block dapat diletakkan atau dihancurkan dengan sekali pukul.

Berbeda dengan mode survival, inventory memiliki menu yang penuh dengan barang dan block, memungkinkan pemain untuk menyeret barang/block ke inventory-nya.

Disini pemain dibebaskan untuk melakukan apapun seperti membuat kreasi, eksperimen, atau hal yang tidak masuk akal untuk menghilangkan kebosanan. Biasa kebanyakan pemain menggunakan mode ini untuk membuat sebuah kreasi seperti membuat kota, kastil, dan sebagainya.

Mode ini menyerupai versi klasik Minecraft, dimana pemain diberikan block tak terhingga yang membedakannya adalah block dan barang pada versi klasik lebih sedikit dibandingkan dengan versi sekarang.

Mode Adventure[sunting | sunting sumber]

Mode adventure pertama kali diperkenalkan pada rilis versi 1.3.1. Pada mode adventure, pemain hanya dapat menghancurkan block dengan peralatan yang benar, misalnya beliung tidak dapat menghancurkan kayu, kapak tidak dapat menghancurkan tanah, dan sekop tidak menghancurkan batu. Kecuali pada rilis 1.8 pemain tidak dapat menghancurkan block dengan peralatan atau item apapun, pemain bahkan tidak dapat melatakan block apapun kecuali memiliki NBT tag (seperti "Can be placed on ....", atau "Can break ...."). Hal ini membuat custom map lebih menantang karena pemain tidak dapat bermain curang. Walaupun begitu pemain masih dapat membunuh mobs dengan peralatan/barang apapun.

Mode ini biasa digunakan untuk map custom (yaitu map yang diciptakan untuk kegunaan tertentu seperti minigame, story-telling, atau lobby server), dengan tujuan agar pemain tidak menghancurkan block sembarangan.

Mode Hardcore[sunting | sunting sumber]

Mode hardcore adalah mode survival dengan tingkat kesulitan tertinggi, dan pemain hanya memiliki satu nyawa. Ketika pemain mati akan muncul tombol "Delete World" daripada tombol "Respawn" dan "Main Menu" yang muncul. Namun, pada update 1.9 selain tombol "Delete World" ada juga tombol yang memungkinkan pemain untuk masuk ke mode Penonton untuk melihat lihat dunianya sekali lagi. Dunianya tidak akan otomatis dihapus, secara teknis file dunia tersebut masih tersimpan hingga pemain menekan tombol "Delete World".

Pemain juga dapat membuat mode ini lebih menantang dengan membuatnya menjadi "Ultra-Hardcore Survival" yaitu minigame dimana health bar pemain tidak akan pulih secara alami.

Mode Spectator[sunting | sunting sumber]

Mode Spectator memungkinkan pemain untuk terbang melalui blok dan menonton permainan tanpa berinteraksi langsung. Pemain tidak memiliki inventaris, tetapi dapat berteleportasi ke pemain lain dan melihat dari perspektif pemain atau makhluk lain.[17] Mode permainan ini hanya dapat diakses dalam edisi Java atau PC.

Multipemain[sunting | sunting sumber]

Multiplayer di Minecraft tersedia melalui multiplayer game-to-game langsung, bermain LAN, layar split lokal, dan server (host pemain dan host-bisnis). Ini memungkinkan banyak pemain untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain di satu world.[18] Pemain dapat menjalankan server mereka sendiri, menggunakan penyedia hosting, atau terhubung langsung ke game pemain lain melalui Xbox Live. Dunia pemain tunggal memiliki dukungan jaringan area lokal, memungkinkan pemain untuk bergabung dengan dunia pada komputer yang saling terhubung secara lokal tanpa pengaturan server. Server multipemain Minecraft dipandu oleh operator server, yang memiliki akses ke perintah server seperti mengatur waktu hari dan memindahkan pemain. Operator juga dapat menetapkan batasan tentang nama pengguna atau alamat IP mana yang diizinkan atau tidak diizinkan masuk ke server.[18]

Minecraft Realms[sunting | sunting sumber]

Pada 2013, Mojang mengumumkan Minecraft Realms, layanan hosting server yang dimaksudkan untuk memungkinkan pemain menjalankan game multipemain server dengan mudah dan aman tanpa harus membuat sendiri.[19] Tidak seperti server standar, hanya pemain yang diundang yang dapat bergabung dengan server Realms, dan server ini tidak menggunakan alamat IP. Pemilik server Minecraft:Java Edition Realms dapat mengundang hingga dua puluh orang untuk bermain di server mereka, dengan hingga sepuluh pemain online dalam satu waktu. Pemilik server Minecraft Realms dapat mengundang hingga 3000 orang untuk bermain di server mereka, dengan hingga sepuluh pemain online pada satu waktu.[20] Server Minecraft: Java Edition Realms tidak mendukung plugin buatan pengguna, tetapi pemain dapat memainkan map Minecraft khusus. Server Minecraft Realms mendukung add-ons buatan pengguna, paket sumber daya, paket perilaku, dan peta Minecraft khusus. Di Electronic Entertainment Expo 2016, diumumkan bahwa Realms akan memungkinkan dapat dimainkan permainan antar-platform antara Windows 10, iOS, dan platform Android mulai Juni 2016, dengan dukungan Xbox One dan Nintendo Switch yang akan datang kemudian pada 2017, dan dukungan untuk perangkat Virtual Reality. Pada tanggal 31 Juli 2017, Mojang merilis versi beta dari pembaruan yang memungkinkan dapat bermain lintas platform. Dukungan Nintendo Switch untuk Realm dirilis pada Juli 2018.[21]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini dapat dimainkan di beberapa sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux.[22] Bagian dari Minecraft: Java Edition dan Minecraft for Windows 10, ada versi lain Minecraft untuk PC, termasuk Minecraft Classic, Minecraft 4K, dan Minecraft: Education Edition.

Minecraft Classic adalah versi lama dari Minecraft yang pertama kali tersedia online dan dapat dimainkan melalui peluncur gim. Tidak seperti versi Minecraft yang lebih baru, versi Classic gratis untuk dimainkan, meskipun tidak lagi diperbarui. Fungsinya hampir sama dengan mode kreatif, memungkinkan pemain untuk membangun dan menghancurkan setiap dan semua bagian dunia baik sendirian atau di server multipemain. Tidak ada makhluk komputer dalam mode ini, dan bahaya lingkungan seperti lava tidak merusak pemain. Beberapa fungsi blok berbeda karena perilaku mereka kemudian berubah selama pengembangan.[23]

Edisi Pocket/Bedrock[sunting | sunting sumber]

Pada 16 Agustus 2011, Minecraft: Pocket Edition dirilis untuk Xperia Play di Android Market sebagai versi alpha awal. Itu kemudian dirilis untuk beberapa perangkat lain yang kompatibel pada 8 Oktober 2011.[24] Versi iOS Minecraft dirilis pada 17 November 2011. Sebuah port dibuat tersedia untuk Ponsel Windows tidak lama setelah Microsoft mengakuisisi Mojang. Port berkonsentrasi pada bangunan kreatif dan aspek survival primitif dari game, dan tidak mengandung semua fitur rilis PC. Di akun Twitter-nya, Jens Bergensten mengatakan bahwa Pocket Edition of Minecraft ditulis dalam C ++ dan bukan Java, karena iOS tidak dapat mendukung Java. Pembaruan bertahap dirilis secara berkala untuk membawa port lebih dekat ke versi PC.[25]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Markus "Notch" Persson mulai mengembangkan game sebagai proyek.[26] Dia terinspirasi untuk membuat Minecraft oleh beberapa game lain seperti Dwarf Fortress, Dungeon Keeper, dan kemudian, Infiniminer. Pada saat itu, ia telah memvisualisasikan sebuah game bangunan 3D isometrik yang akan menjadi persilangan antara inspirasinya dan telah membuat beberapa prototipe awal.[26] Infiniminer sangat memengaruhi gaya permainan, termasuk aspek orang pertama dalam permainan, gaya visual "kotak-kotak" dan dasar-dasar pembuatan blok. Namun, tidak seperti Infiniminer, Persson ingin Minecraft memiliki elemen RPG.[27]

Mojang merubah versi game dari versi beta dan merilis versi lengkap pada 18 November 2011. Pada 1 Desember 2011, Jens "Jeb" Bergensten mengambil kendali kreatif penuh atas Minecraft, menggantikan Persson sebagai perancang utama. Pada 28 Februari 2012, Mojang mengumumkan bahwa mereka telah merekrut para pengembang platform server populer "Bukkit"[28] untuk meningkatkan dukungan Minecraft terhadap modifikasi server. Pada 15 September 2014, Microsoft mengumumkan kesepakatan $ 2,5 miliar untuk membeli Mojang, bersama dengan kepemilikan kekayaan intelektual Minecraft.

Kesepakatan itu disarankan oleh Persson ketika dia memposting tweet yang meminta perusahaan untuk membeli bagiannya dari permainan setelah menerima kritik karena "berusaha melakukan hal yang benar". Itu diadili pada tanggal 6 November 2014, dan menyebabkan Persson menjadi salah satu dari "World billionare"[29] Forbes. Versi asli game ini diubah namanya menjadi Minecraft: Java Edition pada 18 September 2017 untuk memisahkannya dari Bedrock Edition, yang diubah namanya menjadi Minecraft hanya oleh Better Together Update.[30]

Dampak budaya[sunting | sunting sumber]

Situs media sosial seperti YouTube, Facebook, dan Reddit memainkan peran penting dalam mempopulerkan Minecraft.[31] Penelitian yang dilakukan oleh Annenberg School of Communication dari University of Pennsylvania menunjukkan bahwa sepertiga pemain Minecraft belajar tentang permainan melalui video internet.[32] Pada 2010, video terkait Minecraft mulai mendapat pengaruh di YouTube, sering kali dibuat oleh komentator. Video-video tersebut biasanya berisi cuplikan tangkapan layar dari game dan perekaman suara.[33] Cakupan umum dalam video termasuk kreasi yang dibuat oleh pemain, panduan dalam berbagai tugas, dan parodi karya dalam budaya populer. Hingga Mei 2012, lebih dari empat juta video YouTube terkait Minecraft telah diunggah.[34] Beberapa komentator populer telah menerima pekerjaan di Machinima, sebuah perusahaan video game yang memiliki saluran hiburan yang sangat ditonton di YouTube.[32] The Yogscast adalah perusahaan Inggris yang secara sering memproduksi video Minecraft; saluran YouTube mereka telah mencapai miliaran penonton, dan panel mereka di MineCon 2011 memiliki kehadiran tertinggi.[35] Personel YouTube terkenal lainnya termasuk Jordan Maron, yang telah menciptakan banyak parodi Minecraft, termasuk "Minecraft Style", parodi dari singel "Gangnam Style" yang sukses secara internasional oleh rapper Korea Selatan Psy.[36]

MINECON[sunting | sunting sumber]

MINECON (atau huruf kapital "MineCon") adalah konvensi resmi yang didedikasikan untuk Minecraft. Yang pertama diadakan pada November 2011 di Mandalay Bay Hotel and Casino di Las Vegas. Semua 4.500 tiket untuk MineCon 2011 terjual habis pada tanggal 31 Oktober.[37] Acara ini termasuk peluncuran resmi Minecraft; pidato utama, termasuk satu oleh Persson; kontes membangun dan kostum; Kelas bertema Minecraft; pameran oleh perusahaan terkemuka terkait gaming dan Minecraft; barang merchandise; dan tanda tangan dan berfoto dengan karyawan Mojang dan kontributor terkenal dari komunitas Minecraft.[38] Setelah MineCon, ada pesta after-party Into The Nether dengan deadmau5.[39] Kode gratis diberikan kepada setiap peserta MineCon yang membuka versi alpha dari Mojang's Scrolls, serta game non-Mojang tambahan, Cobalt, yang dikembangkan oleh Oxeye Game Studios.[40]

Acara serupa dilakukan di MineCon 2012, yang berlangsung di Disneyland Paris pada November.[41] Tiket untuk acara 2012 terjual habis dalam waktu kurang dari dua jam. MineCon 2013 juga diadakan di Orlando pada bulan November.[42] MineCon 2015 diadakan di London pada bulan Juli. MineCon 2016 diadakan di Anaheim pada bulan September. MineCon 2017 diadakan sebagai streaming langsung alih-alih diadakan di lantai pertunjukan. Berjudul "MINECON Earth", itu disiarkan langsung pada bulan November.[43] MineCon Earth 2018 mengikuti format yang sama dengan acara 2017, tetapi diganti namanya pada 2019 menjadi "MINECON Live" untuk menghindari kebingungan dengan game augmented-reality Mojang, Minecraft Earth.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Microsoft officially owns Minecraft and developer Mojang now". 6 November 2014. 
  2. ^ "Minecraft: New Nintendo 3DS Edition". www.nintendo.com. Diakses tanggal 3 February 2019. 
  3. ^ "Minecraft – Pocket Edition – Android". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 November 2012. Diakses tanggal 21 October 2012. 
  4. ^ "Minecraft: Pocket Edition". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2012. Diakses tanggal 21 October 2012. 
  5. ^ Brown, Mark (22 March 2012). "Minecraft for Xbox 360 release date announced, amongst others". Wired UK. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 December 2012. Diakses tanggal 22 October 2012. 
  6. ^ "Minecraft Raspberry Pi". Mojang. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 March 2013. Diakses tanggal 27 March 2013. 
  7. ^ "Amazon's first Fire TV games include in-house titles and Minecraft (update: video)". Engadget. Diakses tanggal 25 September 2018. 
  8. ^ Pitcher, Jenna (3 September 2014). "Minecraft PS4 Edition Release Date Confirmed". IGN. IGN Entertainment, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 October 2014. Diakses tanggal 3 October 2014. 
  9. ^ "Minecraft for Xbox One to launch on Friday". CNET. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 October 2014. Diakses tanggal 13 October 2014. 
  10. ^ "Minecraft: PS Vita Edition Release Date Revealed for North America". IGN. 10 October 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2014. Diakses tanggal 13 October 2014. 
  11. ^ "Minecraft Comes to Windows Phones". Mojang. 17 July 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 December 2014. 
  12. ^ "Announcing Minecraft Windows 10 Edition Beta". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 July 2015. 
  13. ^ Makuch, Eddie (7 December 2015). "Minecraft Wii U Confirmed, Coming Very Soon". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 December 2015. Diakses tanggal 8 Desember 2015. 
  14. ^ "minecraft.net – Apple TV Edition released!". 19 December 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2016. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  15. ^ "On 19/10, look out for the #Minecraft New Nintendo #2DS XL – Creeper Edition, distinctively decked out with a Creeper design and pre-loaded with Minecraft: New Nintendo #3DS Edition! Minecraft: New Nintendo 3DS Edition is available on #eShop now!". Twitter. Diakses tanggal 23 September 2018. 
  16. ^ Pereira, Chris (13 September 2017). "New 3DS Version Of Minecraft Announced, Release Date Set For Today". GameSpot. Diakses tanggal 13 September 2017. 
  17. ^ Cordeiro, Jacob (2013-01-25). Minecraft For Dummies (dalam bahasa Inggris). John Wiley & Sons. ISBN 978-1-118-53716-9. 
  18. ^ a b Hutchinson, Lee (2012-09-11). "Blocks with friends: How to run your own Minecraft server". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-25. 
  19. ^ Crecente, Brian (2013-03-18). "Minecraft Realms hopes to make an increasingly complex game more family-friendly". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-25. 
  20. ^ Minecraft.net (31 Juli 2017). "Minecraft Realms". Diakses tanggal 25 Febuari 2020. 
  21. ^ Life, Nintendo (2018-07-10). "Minecraft's Aquatic Update Phase Two Gets Wet And Wild Today On Switch". Nintendo Life (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-25. 
  22. ^ Hutchinson, Lee (2012-09-11). "Blocks with friends: How to run your own Minecraft server". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-08. 
  23. ^ ""Play Minecraft Classic"". web.archive.org. 2015-09-10. Diakses tanggal 2020-03-08. 
  24. ^ Rose, Mike. "Official Minecraft iOS, Android Release Coming Later This Year". www.gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-10. 
  25. ^ "'Minecraft: Pocket Edition' 0.5.0 Adds Zombie Pigmen, Nether Reactor, + More | Mobile Gaming: iPhone, Android, iPad, Windows Phone, App Reviews, Previews and More - Indie Game Reviews, Previews, News & Downloads". web.archive.org. 2013-05-11. Diakses tanggal 2020-03-10. 
  26. ^ a b Handy, Alex. "Interview: Markus 'Notch' Persson Talks Making Minecraft". www.gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  27. ^ Davies, Marsh (2012-11-10). "Blockbuster - The Making of Minecraft". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  28. ^ Davies, Marsh (2012-11-11). "The Future of Minecraft: what lies ahead for the all-conquering sandbox game?". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  29. ^ "Minecraft Is Now Part of Microsoft, and It Only Cost $2.5 Billion". Time (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  30. ^ Windows Central (2 Agustus 2017). ""Minecraft "Better Together" FAQ: Xbox and Windows questions answered"". Diakses tanggal 29 Febuari 2020. 
  31. ^ Silverman, Matt. "Minecraft: How Social Media Spawned a Gaming Sensation". Mashable (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  32. ^ a b "Mining data from Minecraft". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  33. ^ "Inside the geeky, revolutionary world of "Minecraft" - Salon.com". web.archive.org. 2013-01-17. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  34. ^ "Minecraft hits $80M in sales with over 5M paid downloads". VG247. 2012-03-24. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  35. ^ Cellan-Jones, Rory (2012-07-10). "The TV tycoons you may have missed". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  36. ^ "Dig this 'Minecraft'-style 'Gangnam Style' parody - Technology - NBC …". archive.is. 2014-06-10. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  37. ^ "Well Whaddaya Know: MineCon Is Sold Out". Kotaku Australia (dalam bahasa Inggris). 2011-10-31. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  38. ^ "WebCite query result". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  39. ^ Deadmau5 Blows the Roof Off of Minecon - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-02-29 
  40. ^ "Gaming articles on Engadget". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  41. ^ Ward, Mark (2012-11-26). "Minecraft fans gather in Paris". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  42. ^ Where in the World is MINECON 2013?, diakses tanggal 2020-02-29 
  43. ^ Good, Owen S. (2017-08-08). "Minecon goes online as 'Minecon Earth'". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan, atau </ref> penutup tidak ada