Minecraft

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Minecraft
Minecraft Logo
Logo Resmi dari Minecraft
Pengembang Mojang
4J Studios (Xbox 360)
Penerbit Mojang
Microsoft Studios (Xbox 360 & Xbox One)
Sony Computer Entertainment (PS3, PS4, PS Vita)
Other Ocean Interactive (New Nintendo 3DS)
Perancang Markus 'Notch' Persson
(2009-2011)
Jens 'Jeb' Bergensten
(2011-sekarang)
Platform

Microsoft Windows, macOS, Linux, Android, iOS, Windows Phone, Xbox 360, Xbox One, PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita, Raspberry Pi, Universal Windows Platform, Wii U, Nintendo Switch, New Nintendo 3DS, Apple TV,

Amazon Fire TV
Tanggal rilis Windows, Mac, dan Linux
18 November 2011
Android
7 Oktober 2011
iOS
17 November 2011
Xbox 360
9 Mei 2012
Raspberry Pi
11 February 2013
PlayStation 3
17-18 Desember 2013
PlayStation 4
4 September 2014
Xbox One
5 September 2014
Playstation Vita
14-15 Oktober 2014
Windows Phone
10 Desember 2014
Windows 10 Edition
29 Juli 2015
Nintendo Switch
11-12 Mei 2017
New Nintendo 3DS
13 September 2017
Genre Tembak-menembak orang pertama, Tembak-menembak Orang Ketiga, Sandbox
Mode Single player (pemain tunggal), Multiplayer (multi pemain)

Minecraft adalah permainan sandbox yang diciptakan oleh Mojang yang dipimpin oleh Markus 'Notch' Persson dari Swedia. Setelah Persson pergi, pada tahun 2011, Jens 'Jeb' Bergensten mengambil alih kendali Minecraft sebagai Developer Game Mojang.

Minecraft difokuskan pada Kreativitas dan Pembangunan, yang memungkinkan pemain untuk membangun apapun dari kubus bertekstur dalam dunia 3D. Alur permainan dalam rilis komersial memiliki 4 mode:

  • Survival, yang mengharuskan pemain untuk mendapatkan sumber daya dan memiliki poin nyawa dan kelaparan, masing-masing 20.
  • Hardcore, sama seperti mode Survival, hanya saja tingkat kesulitan terbuka pada pengaturan paling sulit dan tidak dapat hidup kembali, memaksa pemain untuk menghapus dunianya setelah mati.
  • Creative, di mana pemain memiliki sumber daya yang tidak terbatas, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada poin nyawa maupun kelaparan.
  • Mode Penonton (Spectator), di mana pemain berbenturan dengan langit, dan tidak mampu melihat, namun berinteraksi dengan blok.

Versi klasik juga tersedia secara bayar, meski sudah tidak dikembangkan lagi. Mode Creative menyerupai klasik, tetapi dengan lebih banyak fitur.

Pada mulanya, Minecraft dirilis dalam versi alpha pada tanggal 17 Mei 2011, dan versi beta pada tanggal 20 Desember 2011. Sebuah versi untuk Android dirilis pada tanggal 7 Oktober 2011, dan versi Mac iOS dirilis pada tanggal 17 November 2011. Pada tanggal 9 Mei 2012, Minecraft dirilis untuk Xbox 360 sebagai permainan Xbox Live Arcade, serta untuk PlayStation 3 pada tanggal 17 Desember 2013. Kedua edisi konsol sedang dikembangkan oleh 4J Studios, dan versi lengkap dari PC permainan ini dirilis pada 18 November 2012 di MineCon 2012. Pada tanggal 25 Juni 2014, permainan ini telah terjual lebih dari 12 milyar salinan untuk Xbox, 15 milliar salinan untuk PC dan hampir 54 milliar salinan untuk semua platform.

Pada September 2014, Microsoft mengumumkan kesepakatan untuk membeli Mojang dan Minecraft dengan harga US$2.5 Milyar (atau sekitar Rp. 35 Triliun)

Minecraft tersedia untuk beberapa platform seperti, Minecraft: Java Edition (Windows, Mac, dan Linux), Minecraft (Bedrock Edition, Android, iOS, Windows 10, Xbox, dan Switch), dan Minecraft: Console Edition (Xbox, dan PlayStation).

Setelah versi 1.2 (Better Together Update), Minecraft: Pocket Edition, Windows 10 Edition, dan Console Edition (Kecuali PlayStation) akan disatukan dalam satu judul yaitu "Minecraft" disusul oleh Switch Edition (Nintendo Switch) pada tanggal 21 Juni 2018 (pada versi 1.4.1 Aquatic Update), sedangkan versi PC (Java) akan berganti nama menjadi "Minecraft: Java Edition".

Alur Permainan[sunting | sunting sumber]

Minecraft adalah permain sandbox 3D yang tidak memiliki tujuan khusus yang harus dicapai, memungkinkan pemain memiliki kebebasan untuk memilih cara bermain. Namun, permainan ini memiliki sistem Achievement. Permainan ini menggunakan perspektif orang pertama secara default, namun pemain dapat mengganti perspektif menjadi perspektif orang ketiga. Dunia permainan ini terdiri dari objek kasar 3 Dimensional (Kubus dan cairan) yang melambangkan berbagai material seperti batu, kayu, tanah, dan air.

Dunia permainan ini dihasilkan secara prosedural dengan map seed yang didapat secara otomatis dari waktu pada sistem (komputer) atau secara manual dimasukkan oleh pemain.

Walau batas ada di gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, Minecraft memungkinkan untuk dunia permainan besar tak berhingga yang dihasilkan pada bidang horizontal, hanya terjadi permasalahan teknis terjadi ketika lokasi yang sangat jauh tercapai. Permainan ini mencapai dengan memisahkan data menjadi beberapa bagian dunia permainan yang lebih kecil, disebut "chunk" yang hanya dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki ukuran 1 x 1 x 1 blok.

Pemain akan bertemu berbagai Karakter tanpa pemain (NPC) yang dikenal dengan sebutan mobs, seperti hewan, penduduk desa (villagers), dan makhluk tidak bersahabat. Passive mobs (seperti domba, sapi, ayam, dan babi) dapat diburu untuk mendapatkan makanan atau bahan crafting. Mereka muncul pada siang hari, sementara hostile mobs atau mobs berbahaya (seperti Zombie, Skeleton, Spider, Creepers, Wither, dan Slime) muncul pada malam hari. Beberapa hostile mobs seperti Zombie, dan Skeleton akan terbakar di bawah cahaya matahari. Beberapa mobs juga memiliki kemampuan unik seperti Creeper (mob yang bisa meledak) dan Ender Man (mob yang bisa teleportasi dan mengangkat block).

Terdapat 3 jenis dunia yang ada di Minecraft. Pertama adalah Overworld, di mana pemain mulai bepertualang dan bertahan hidup pada awalnya. Kedua adalah Nether, neraka versi Minecraft tempat Zombie Pigman, Ghast, Blaze, dan Wither Skeleton berada. Sedangkan yang ketiga adalah The End, tempat dimana Enderdragon dan para Enderman berada. Setelah mengalahkan Enderdragon pemain bisa kembali ke alam semesta atau pergi ke Endcity dan Endship tempat dimana player mendapatkan Elytra atau semacam tambang.

Minecraft memiliki lima mode permainan: Survival, Creative, Adventure, Hardcore, dan Mode Penonton. Minecraft juga memiliki 4 tingkat kesulitan yang dapat diubah sesuai keinginan yaitu Peaceful, Easy, Normal, dan Hard.

Mode Survival[sunting | sunting sumber]

Pada mode survival, pemain diharuskan untuk mendapatkan sumber daya alam seperti kayu dan batu untuk membuat block atau barang tertentu untuk bertahan hidup. Berdasarkan dari tingkat kesulitan yang dipilih, monster (hostile mobs) akan muncul di tempat tempat gelap pada jarak tertentu dari pemain, mengharuskan pemain untuk membuat tempat perlindungan demi dapat bertahan hidup pada malam hari. Pada mode ini juga terdapat Health Bar yang dapat berkurang jika terserang oleh monster, jatuh, tenggelam, jatuh ke lava, terjepit, kelaparan, dan beberapa hal lainnnya. Pemain juga memiliki Hunger Bar, mengharuskan pemain untuk makan makanan dalam game setiap beberapa saat, kecuali pada mode Peaceful. Jika Hunger Bar berkurang penyembuhan akan berhenti dan jika sampai habis Health Bar atau kesahatan pemain akan berkurang secara perlahan. Kesahatan/Darah pemain akan bertambah jika Hunger Bar penuh atau hampir penuh.

Pemain dapat membuat berbagai barang di Minecraft. Pemain dapat membuat baju pelindung yang dapat megurangi efek dari serangan, lalu senjata juga dapat dibuat untuk membunuh musuh dan hewan lebih mudah. Pemain juga dapat membuat peralatan seperti kapak, beliung, cangkul, dan sekop yang digunakan untuk menebang pohon, menambang, menggali tanah/panah dan lain lain. Pemain juga dapat membuat tungku pembakaran untuk membakar makanan, hasil tambang dan beberapa material lainnya. Pemain bisa melakukan barter dengan villager dengan menukarkan emerald dengan barang lain seperti makanan, block, ataupun perlatan.

Permainan ini memiliki sistem inventory, dimana pemain dapat membawa barang dalam jumlah terbatas. Ketika pemain mati, barang yang ada pada inventory akan secara otomatis terjatuh, dan pemain akan hidup kembali di spawn point yang secara otomatis disetel dimana pemain berada di awal permainan (ketika memulai world pertama kali) dan akan direset ketika pemain tidur di ranjang (bed). Barang yang jatuh dapat diambil kembali jika pemain dapat meraih barang barang tersebut sebelum barangnya menghilang. Pemain bisa mengumpulkan Experience Points yang bisa didapatkan dengan membunuh monster/pemain lain, menambang, membakar hasil tambang, membudidayakan ternak, dan memasak makanan. Experience dapat digunakan untuk meningkatkan peralatan, baju pelindung, dan senjata. Barang yang telah ditingkatkan biasanya lebih kuat, tahan lama, atau memiliki efek spesial lainnya.

Singkatnya, mode survival adalah mode dimana pemain diharuskan untuk bertahan hidup dari kelaparan dan monster yang akan muncul pada malam hari.

Mode Creative[sunting | sunting sumber]

Mode creative pertama kali diperkenalkan pada update Beta 1.8. Pada mode creative, pemain memiliki sumber daya, nyawa, dan experience point tak terhingga. Pemain juga memiliki kemampuan untuk terbang. Hostile mobs juga tidak akan menyerang pemain, dan mulai dari update rilis 1.6 mereka tidak akan menyerang balik jika diserang. Semua block dapat diletakkan atau dihancurkan dengan sekali pukul.

Berbeda dengan mode survival, inventory memiliki menu yang penuh dengan barang dan block, memungkinkan pemain untuk menyeret barang/block ke inventory-nya.

Disini pemain dibebaskan untuk melakukan apapun seperti membuat kreasi, eksperimen, atau hal yang tidak masuk akal untuk menghilangkan kebosanan. Biasa kebanyakan pemain menggunakan mode ini untuk membuat sebuah kreasi seperti membuat kota, kastil, dan sebagainya.

Mode ini menyerupai versi klasik Minecraft, dimana pemain diberikan block tak terhingga yang membedakannya adalah block dan barang pada versi klasik lebih sedikit dibandingkan dengan versi sekarang.

Mode Adventure[sunting | sunting sumber]

Mode adventure pertama kali diperkenalkan pada rilis versi 1.3.1. Pada mode adventure, pemain hanya dapat menghancurkan block dengan peralatan yang benar, misalnya beliung tidak dapat menghancurkan kayu, kapak tidak dapat menghancurkan tanah, dan sekop tidak menghancurkan batu. Kecuali pada rilis 1.8 pemain tidak dapat menghancurkan block dengan peralatan atau item apapun, pemain bahkan tidak dapat melatakan block apapun kecuali memiliki NBT tag (seperti "Can be placed on ....", atau "Can break ...."). Hal ini membuat custom map lebih menantang karena pemain tidak dapat bermain curang. Walaupun begitu pemain masih dapat membunuh mobs dengan peralatan/barang apapun.

Mode ini biasa digunakan untuk map custom (yaitu map yang diciptakan untuk kegunaan tertentu seperti minigame, story-telling, atau lobby server), dengan tujuan agar pemain tidak menghancurkan block sembarangan.

Mode Hardcore[sunting | sunting sumber]

Mode hardcore adalah mode survival dengan tingkat kesulitan tertinggi, dan pemain hanya memiliki satu nyawa. Ketika pemain mati akan muncul tombol "Delete World" daripada tombol "Respawn" dan "Main Menu" yang muncul. Namun, pada update 1.9 selain tombol "Delete World" ada juga tombol yang memungkinkan pemain untuk masuk ke mode Penonton untuk melihat lihat dunianya sekali lagi. Dunianya tidak akan otomatis dihapus, secara teknis file dunia tersebut masih tersimpan hingga pemain menekan tombol "Delete World".

Pemain juga dapat membuat mode ini lebih menantang dengan membuatnya menjadi "Ultra-Hardcore Survival" yaitu minigame dimana health bar pemain tidak akan pulih secara alami.

Mode Penonton[sunting | sunting sumber]

Mode penonton adalah mode yang memungkinkan pemain untuk terbang dan menjelajahi dunia tanpa berinteraksi secara langsung.

Minecon 2011[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Mei 2011 Persson mengumumkan melalui blog miliknya tentang suatu acara resmi Minecraft di Las Vegas pada tanggal 18-19 November 2011 (tanggal rilis permainan lengkap di seluruh dunia).

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pengembang Minecraft, Markus 'Notch' Persson memulai pengembangan permainan ini sebagai proyek mandiri ketika bekerja untuk King.com dan kemudian jAlbum.[1][2] Dia terinspirasi untuk membuat Minecraft oleh beberapa permainan lain seperti Dwarf Fortress, Dungeon Keeper, dan Infiniminer.

Pada saat itu, dia membayangkan permainan membangun 3D yang akan menjadi persilangan antara inspirasinya dan telah membuat beberapa purnarupa awal.[1] Infiniminer sangat memengaruhi gaya permainan, termasuk aspek orang pertama, gaya visual balok dan berpokok membuat balok.[2] Tapi, tidak seperti Infiniminer, Persson ingin Minecraft memiliki elemen RPG.[3] Hingga sekarang, Minecraft sekaligus Mojang telah dibeli oleh perusahaan Microsoft sebesar $2.5 milliar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Handy, Alex (March 23, 2010). "Interview: Markus 'Notch' Persson Talks Making Minecraft". Gamasutra. Diakses tanggal June 26, 2010. 
  2. ^ a b Persson, Markus. "About the game". Mojang. Diakses tanggal June 26, 2010. 
  3. ^ Davies, Marsh (November 10, 2012). "Blockbuster – The Making of Minecraft". PC Gamer. Future plc. Diakses tanggal December 20, 2012.