Minecraft

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Minecraft
The Minecraft Logo
Logo Official dari Minecraft
Pengembang Mojang
4J Studios (Xbox 360)
Penerbit Mojang
Microsoft Studios (Xbox 360)
Perancang Markus Persson
Versi 1.7.2
Platform Java platform, Java applet, Android, iOS, Xbox 360
Tanggal rilis PC (Java)
November 18, 2011
Android
October 7, 2011
iOS
November 17, 2011
Xbox 360
May 9, 2012
Genre First-person, sandbox
Mode Single-player, multiplayer
Media digital/distribusi Download, in-browser

Minecraft adalah permainan sandbox. Permainan ini awalnya diciptakan oleh pencipta asal Swedia, Markus "Notch" Persson, dan sekarang dikembangkan oleh perusahaannya, Mojang. Pada tahun 2011, Jens Bergensten, juga dikenal dengan nama samaran Jeb, mengambil alih kontrol Minecraft.

Minecraft difokuskan pada kreativitas dan pembangunan, yang memungkinkan pemain untuk membangun konstruksi dari kubus bertekstur dalam dunia 3D. Gameplay dalam rilis komersial memiliki dua mode utama: Survival, yang mengharuskan pemain untuk mendapatkan sumber daya sendiri dan memiliki poin nyawa dan lapar. Dan creative, di mana pemain memiliki sumber daya yang tak terbatas, kemampuan untuk terbang, dan tidak ada poin nyawa maupun lapar. Sebuah modus gameplay ketiga, bernama Hardcore, sama seperti survival, hanya saja tingkat kesulitan terkunci pada pengaturan paling sulit dan tidak dapat hidup kembali, memaksa pemain untuk menghapus dunianya setelah mati. Versi klasik juga tersedia secara gratis, meskipun sudah tidak dikembangkan lagi. Mode creative menyerupai klasik, tetapi dengan lebih banyak fitur.

Minecraft dirilis dari alpha pada 17 Mei 2009, dengan versi beta pada tanggal 20 Desember 2010. Resmi versi untuk iOS dan Android telah dirilis dan versi lengkap dari PC permainan ini dirilis pada 18 November 2011 di MineCon 2011. Dan juga tersedia di android Market. Pada tanggal 9 Mei 2012, Minecraft dirilis pada Xbox 360 sebagai permainan Xbox Live Arcade,dikembangkan oleh 4J Studios. saat tanggal 25 Mei 2012, permainan ini telah terjual lebih dari tujuh juta penjualan pada PC dan lebih dari sembilan juta kopi di semua platform.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Seorang pemain di Minecraft memiliki banyak kebebasan untuk memilih cara bermain game, dengan tujuan utama yang selamat serangan oleh monster, juga dikenal dalam permainan sebagai "hostile mobs" (seperti Zombies, Skeleton, Spider, dan Creepers) dan membuat tempat tinggal/bangunan. Inti dari gameplay tersebut adalah bertahan hidup. Permainan tersebut pada dasarnya terbuat dari kubus, diatur dalam pola grid tetap yang mewakili block yang berbeda, seperti tanah, batu, berbagai mineral, air, dan pepohonan. Sementara itu pemain dapat bergerak bebas di seluruh area, benda dan barang-barang hanya dapat ditempatkan di lokasi tetap relatif terhadap grid. Pemain dapat mengumpulkan blok-blok material dan menempatkan mereka di tempat lain, sehingga berpotensi menciptakan berbagai konstruksi.

Minecraft memiliki tiga mode permainan: Survival, creative, dan hardcore. Sedangkan classic merupakan versi gratis yang awalnya hanya menampilkan modus permainan creative dengan bangunan-satunya (blok penempatan dan penghapusan) aspek dari permainan dan pasokan terbatas blok. Permainan ini kemudian dipecah menjadi single-player mode dengan nama "survival" (disebut sebagai Uji Survival Mode), yang berisi monster dan berbagai jauh lebih besar dari blok dan item, serta membutuhkan pemain untuk menambang blok mereka sendiri.

Permainan dimulai dengan menempatkan pemain pada permukaan suatu permainan dunia hampir tak terbatas prosedural dihasilkan. Pemain dapat berjalan di medan yang terdiri dari dataran, pegunungan, gua, dan berbagai badan air. Dunia ini terdapat musim-musim di daerah tertentu, mulai dari gurun ke padang salju. Sistem waktu dalam permainan mengikuti siklus siang dan malam. Sepanjang permainan pemain bertemu berbagai makhluk non-manusia, disebut sebagai monster. Selama keluar, siang hari terdapat binatang-binatang, yang bisa diburu untuk makanan dan bahan kerajinan. saat malam atau gua gelap, para monster keluar, seperti laba-laba besar, skeleton, zombie dan Creeper. Saat ini, pemain juga mempunyai tujuan untuk mengalahkan "Enderdragon". Terdapat 3 jenis dunia yang ada di minecraft. Pertama, overworld, dimana player mulai bepertualang dan bertahan hidup. Kedua, Nether, Nether adalah neraka versi minecraft. Sedangkan yang ketiga adalah The End, tempat dimana Enderdragon berada.

Sistem yang kompleks dapat dibangun menggunakan dalam game mesin fisika dengan penggunaan perangkat mekanik primitif, sirkuit listrik dan gerbang logika yang dibangun dengan bahan dalam game dikenal sebagai Redstone. Misalnya, pintu dapat dibuka atau ditutup dengan menekan tombol yang terhubung atau menginjak pressure plate. Demikian pula, sistem yang lebih besar dan lebih kompleks dapat diproduksi, seperti unit aritmatika logika kerja.

Di dunia permainan prosedural dihasilkan sebagai pemain mengeksplorasi itu. Meskipun batas ada di gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, Minecraft memungkinkan untuk dunia permainan besar tak berhingga yang akan dihasilkan pada bidang horizontal, hanya berlari ke dalam masalah teknis ketika lokasi yang sangat jauh tercapai.Permainan ini mencapai dengan memisahkan data menjadi beberapa bagian dunia permainan yang lebih kecil, yang disebut "chunk", chuck hanya dibuat atau dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki volume 16x16x256

Meskipun Minecraft sebagian besar permainan sandbox, game ini juga mengandung beberapa unsur petualangan.

Minecon 2011[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Mei 2011, Persson mengumumkan melalui blog-nya suatu Acara Minecraft resmi di Las Vegas pada tanggal November 18–19 2011(Tanggal release full game)

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pengembang Minecraft, Markus "Notch" Persson, memulai pengembangan permainan ini sebagai proyek independen ketika bekerja untuk King.com dan kemudian jAlbum.[1][2] Dia terinspirasi untuk membuat Minecraft oleh beberapa permainan lain seperiti Dwarf Fortress, Dungeon Keeper, dan Infiniminer. Pada saat itu, dia membayangkan permainan membangun 3D yang akan menjadi persilangan antara inspirasinya dan telah membuat beberapa prototipe awal.[1] Infiniminer sangat memengaruhi gaya permainan, termasuk aspek orang pertama, gaya visual balok dan berpokok membuat balok.[2] Tapi, tidak seperti Infiniminer, Persson ingin Minecraft memiliki elemen RPG.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Handy, Alex (March 23, 2010). "Interview: Markus 'Notch' Persson Talks Making Minecraft". Gamasutra. Diakses June 26, 2010. 
  2. ^ a b Persson, Markus. "About the game". Mojang. Diakses June 26, 2010. 
  3. ^ Davies, Marsh (November 10, 2012). "Blockbuster – The Making of Minecraft". PC Gamer. Future plc. Diakses December 20, 2012.