Minecraft

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Minecraft
Minecraft cover (new).jpg
Gambar karya seni Minecraft. Gambar ini dirilis sekitar tahun 2017-2019
PengembangMojang Studios[a]
Penerbit
Perancang
Seniman
  • Markus Toivonen
  • Jasper Boerstra
KomponisDaniel Rosenfeld (biasa disebut C418)[g]
Engine
  • Lightweight Java Game Library Sunting ini di Wikidata
Platform
Tanggal rilis
17 Mei 2009.
  • Windows, macOS, Linux.
    Android
    • WW: 7 Oktober 2011[5]
    iOS
    • WW: 17 November 2011[6]
    Xbox 360
    • WW: 9 Mei 2012[7]
    Raspberry Pi
    • WW: 11 Febuari 2013[8]
    PlayStation 3
    • NA: 17 Desember 2013
    • EU: 18 Desember 2013
    Fire OS
    • WW: 2 April 2014[9]
    PlayStation 4
    • WW: 4 September 2014[10]
    Xbox One
    • WW: 5 September 2014[11]
    PlayStation Vita
    • NA: 14 Oktober 2014[12]
    • EU: 15 Oktober 2014
    Windows Phone
    • WW: 10 Desember 2014[13]
    Windows 10
    • WW: 29 Juli 2015[14]
    Wii U
    • WW: 17 Desember 2015[15]
    AppleTV
    • WW: 19 Desember 2016[16]
    Nintendo Switch
    • NA: 11 Mei 2017
    • PAL: 12 Mei 2017
    New Nintendo 3DS
    • WW: 13 September 2017[18]
    • EU: 20 September 2018[17]
GenreKreatif, Sintas, Petualangan, Metantang Penonton
ModePemain tunggal, Multipemain

Minecraft adalah sebuah permainan sandbox yang dikembangkan oleh pengembang permainan asal Swedia Mojang Studios. Permainan ini dibuat oleh Markus "Notch" Persson dalam bahasa pemrograman Java. Setelah beberapa versi pengujian pribadi awal, permainan ini pertama kali diterbitkan pada Mei 2009 sebelum sepenuhnya dirilis pada November 2011, kemudian Jens "Jeb" Bergensten mengambil alih pengembangan. Permainan ini adalah salah satu yang terlaris sepanjang masa, terjual lebih dari 238 juta kali dan dengan lebih dari 140 juta pemain aktif bulanan.

Di Minecraft, pemain menjelajahi dunia 3D kotak-kotak dengan bioma Minecraft beragam yang dihasilkan secara prosedural, dan dapat menemukan dan membuat dari bahan baku, alat kerajinan, membangun struktur atau pekerjaan tanah, tergantung pada mode permainan, dapat melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer, dan juga bekerja sama atau bersaing dengan pemain lain di dunia yang sama. Mode permainan dalam Minecraft termasuk mode bertahan hidup, di mana pemain harus mendapatkan sumber daya untuk membangun dunia dan menjaga kesehatan, dan mode kreatif, di mana pemain memiliki sumber daya tanpa batas. Pemain dapat memodifikasi game dengan mod untuk membuat mekanisme, item, tekstur, add-ons, dan aset alur permainan baru.

Versi-versi awal permainan ini mendapat tanggapan secara positif, memenangkan beberapa penghargaan dan disebut sebagai salah satu permainan video terbaik yang pernah ada. Sosial media, parodi, adaptasi, barang dagangan, dan Minecon yang diselenggarakan tiap tahun memiliki peran besar dalam kepopuleran permainan ini. Minecraft juga digunakan dalam lingkungan edukasi untuk mengajarkan kimia, CAD, dan ilmu komputer. Pada 2014, Mojang dan properti intelektual Minecraft dibeli Microsoft seharga US$2,5 miliar. Sejumlah game spin-off juga telah dikembangkan, seperti Minecraft: Story Mode, Minecraft Earth, dan Minecraft Dungeons.

Alur permainan

Minecraft adalah permainan sandbox 3D yang tidak memiliki tujuan khusus dan jelas untuk dicapai, memungkinkan pemain memiliki kebebasan untuk memilih cara bermain.[19] Namun, permainan ini memiliki sistem achievement (pencapaian),[20] bernama "advancements" (kemajuan) di Java Edition, dan "trophies" (piala) di edisi PlayStation.[21] Permainan ini menggunakan perspektif orang pertama secara default, tetapi pemain dapat mengganti perspektif menjadi perspektif orang ketiga.[22] Dunia permainan ini terdiri objek-objek 3 dimensional—terutama kubus dan cairan, diketahui dengan nama 'block"—yang melambangkan berbagai material seperti batu, kayu, tanah, dan air. Dalam permainan ini, terdapat juga sebuah material bernama redstone, yang dapat digunakan untuk menggunakan perangkat mekanis primitif, sirkuit listrik, dan gerbang logika yang memungkinkan dibuatnya sistem yang kompleks.[23]

Berkas:Minecraft explore landscape.png
Contoh medan Minecraft yang dihasilkan secara prosedural, termasuk desa dan skin default Steve

Dunia permainan ini dihasilkan secara prosedural dengan map seed[20] yang didapat secara otomatis dari waktu pada sistem (komputer) atau secara manual dimasukkan oleh pemain.

Walau batas ada di gerakan vertikal baik atas dan ke bawah, Minecraft memungkinkan untuk dunia permainan besar tak berhingga yang dihasilkan pada bidang horizontal, hanya terjadi permasalahan teknis terjadi ketika lokasi yang sangat jauh tercapai. Permainan ini mencapai dengan memisahkan data menjadi beberapa bagian dunia permainan yang lebih kecil, disebut chunk[24] yang hanya dimuat ke memori ketika pemain berada di dekatnya. Setiap chunk memiliki ukuran 16 x 256 x 16 (1.17<) atau 16 x 320 x 16 (>1.18) blok.

Pemain baru memiliki kulit bawaaan yang dipilih secara acak antara Steve atau Alex, kulit akan dipilh menyesuaikan nama pemain, jika pemain bernama laki-laki akan dipilih Steve, jika pemain bernama perempuan akan dipilih Alex, tetapi jika pemain memiliki angka atau simbol di namanya seperti Player69 atau Player_, permainan akan memlilihnya secara acak, namun pilihan untuk membuat skin yang dibuat sendiri ditambahkan pada 2010. akan bertemu berbagai karakter non-pemain (NPC) yang dikenal dengan sebutan mobs, seperti hewan, penduduk desa (villagers), dan hostile mobs.[25] Passive mobs [26] (seperti domba, sapi, ayam, babi, dan kelinci) dapat diburu untuk mendapatkan makanan atau bahan kerajinan.[27] Mereka muncul pada siang hari, sementara hostile mobs atau mobs berbahaya (seperti Zombie, Skeleton, Spider, Creeper, Enderman, dan Slime) muncul pada malam hari. Beberapa undead mobs seperti Zombie, dan Skeleton akan terbakar di bawah cahaya matahari. Beberapa mob juga memiliki kemampuan unik seperti Creeper (mob yang dapat meledak) dan Enderman (mob yang dapat teleportasi dan membawa blok).

Terdapat 3 jenis dunia yang ada di Minecraft. Pertama adalah Overworld,[28] di mana pemain mulai berpetualang dan bertahan hidup pada awalnya. Kedua adalah Nether,[29] neraka versi Minecraft, sedangkan yang ketiga adalah The End,[30] tempat di mana Naga Ender "Ender Dragon (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021.  berada. Setelah mengalahkan Ender Dragon pemain bisa kembali ke alam semesta atau pergi ke End City[31] yaitu tempat tumbuhnya tanaman chorus dan End Ship[32] tempat di mana player mendapatkan Elytra[33] atau semacam sayap yang bisa digunakan player untuk terbang.

Minecraft memiliki lima mode permainan dalam edisi Java: Survival, Creative, Adventure, Hardcore, dan Mode Penonton atau Spectator. Dan tiga mode permainan dalam edisi Bedrock: Survival, Creative, dan Adventure. Minecraft juga memiliki 4 tingkat kesulitan yang dapat diubah sesuai keinginan yaitu Peaceful, Easy, Normal, dan Hard.

Mode Permainan

Mode Bertahan Hidup

Pada mode bertahan hidup (bahasa inggris; survival), pemain diharuskan untuk mendapatkan sumber daya alam seperti kayu dan batu untuk membuat blok atau barang tertentu untuk bertahan hidup. Berdasarkan dari tingkat kesulitan yang dipilih, monster (makhluk tak ramah) akan muncul di tempat tempat gelap pada jarak tertentu dari pemain, mengharuskan pemain untuk membuat tempat perlindungan demi dapat bertahan hidup pada malam hari. Pada mode ini juga terdapat Bilah Kesehatan yang dapat berkurang jika terserang oleh monster, jatuh, tenggelam, jatuh ke lava, tercekik, kelaparan, dan beberapa hal lainnya. Pemain juga memiliki Bilah Kelaparan, mengharuskan pemain untuk makan makanan dalam permainan setiap beberapa saat, kecuali pada mode Damai/Tenang. Jika Bilah Kelaparan berkurang penyembuhan akan berhenti dan jika sampai habis Health Bar atau kesehatan pemain akan berkurang secara perlahan. Kesehatan/Darah pemain akan bertambah jika Bilah Kelaparan penuh atau hampir penuh.

Pemain dapat membuat berbagai barang di Minecraft. Pemain dapat membuat baju pelindung yang dapat mengurangi efek dari serangan, lalu senjata juga dapat dibuat untuk membunuh musuh dan hewan lebih mudah. Pemain juga dapat membuat peralatan seperti kapak, beliung, cangkul, dan sekop yang digunakan untuk menebang pohon, menambang, menggali tanah dan lain lain. Pemain juga dapat membuat tungku pembakaran untuk membakar makanan, hasil tambang dan beberapa material lainnya. Pemain bisa melakukan berdagang dengan penduduk dengan menukarkan zamrud dengan barang lain seperti makanan, blok, benda, ataupun peralatan.

Permainan ini memiliki sistem persediaan, di mana pemain dapat membawa barang dalam jumlah terbatas. Ketika pemain mati, barang yang ada pada persediaan akan secara otomatis terjatuh, dan pemain akan hidup kembali di titik bangkit yang secara otomatis disetel di mana pemain berada di awal permainan (ketika memulai dunia pertama kali) dan akan di-reset ketika pemain tidur di tempat tidur (bed). Barang yang jatuh dapat diambil kembali jika pemain dapat meraih barang barang tersebut sebelum barangnya menghilang. Pemain bisa mengumpulkan Poin Pengalaman yang bisa didapatkan dengan membunuh monster/pemain lain, menambang, membakar hasil tambang, membudidayakan ternak, dan memasak makanan. Pengalaman dapat digunakan untuk meningkatkan peralatan, baju pelindung, dan senjata. Barang yang telah ditingkatkan biasanya lebih kuat, tahan lama, atau memiliki efek spesial lainnya.

Singkatnya, mode bertahan hidup adalah mode di mana pemain diharuskan untuk bertahan hidup dari kelaparan dan monster yang akan muncul pada malam hari.

Mode Kreatif

Mode kreatif pertama kali diperkenalkan pada pembaruan Beta 1.8. Pada mode kreatif, pemain memiliki sumber daya, nyawa, dan poin pengalaman tak terhingga. Pemain juga memiliki kemampuan untuk terbang. Makhluk Bermusuhan juga tidak akan menyerang pemain, dan mulai dari pembaruan rilis 1.6 mereka tidak akan menyerang balik jika diserang. Semua balok dapat diletakkan atau dihancurkan dengan sekali pukul.

Berbeda dengan mode survival, persediaan memiliki menu yang penuh dengan barang dan balok, memungkinkan pemain untuk menyeret barang/blok ke persedian-nya.

Di sini pemain dibebaskan untuk melakukan apapun seperti membuat kreasi, eksperimen, atau hal yang tidak masuk akal untuk menghilangkan kebosanan. Biasa kebanyakan pemain menggunakan mode ini untuk membuat sebuah kreasi seperti membuat kota, kastil, dan sebagainya.

Mode ini menyerupai versi klasik Minecraft, di mana pemain diberikan blok tak terhingga yang membedakannya adalah block dan barang pada versi klasik lebih sedikit dibandingkan dengan versi sekarang.

Mode Petualangan

Mode petualangan pertama kali diperkenalkan pada rilis versi 1.3.1. Pada mode petualangan, pemain hanya dapat menghancurkan block dengan peralatan yang benar, misalnya beliung tidak dapat menghancurkan kayu, kapak tidak dapat menghancurkan tanah, dan sekop tidak menghancurkan batu. Kecuali pada rilis 1.8 pemain tidak dapat menghancurkan block dengan peralatan atau item apapun, pemain bahkan tidak dapat meletakkan block apapun kecuali memiliki NBT tag (seperti "Can be placed on ....", atau "Can break ...."). Hal ini membuat custom map lebih menantang karena pemain tidak dapat bermain curang. Walaupun begitu pemain masih dapat membunuh mobs dengan peralatan/barang apapun. Mode ini biasa digunakan untuk map custom (yaitu map yang diciptakan untuk kegunaan tertentu seperti minigame, story-telling, atau lobi peladen), dengan tujuan agar pemain tidak menghancurkan block sembarangan.

Mode Hardcore

Mode Hardcore adalah mode survival dengan tingkat kesulitan tertinggi, dan pemain hanya memiliki satu nyawa. Ketika pemain mati akan muncul tombol "Delete World" daripada tombol "Respawn" dan "Main Menu" yang muncul. Namun, pada pembaruan 1.9 selain tombol "Delete World" ada juga tombol yang memungkinkan pemain untuk masuk ke mode Penonton untuk melihat lihat dunianya sekali lagi. Dunianya tidak akan otomatis dihapus, secara teknis file dunia tersebut masih tersimpan hingga pemain menekan tombol "Delete World".

Pemain juga dapat membuat mode ini lebih menantang dengan membuatnya menjadi "Ultra-Hardcore Survival" yaitu minigame di mana health bar pemain tidak akan pulih secara alami.

Mode permainan ini hanya dapat diakses dalam edisi Java atau PC.

Mode Spectator

Mode Spectator memungkinkan pemain untuk terbang melalui blok dan menonton permainan tanpa berinteraksi langsung. Pemain tidak memiliki inventaris, tetapi dapat berteleportasi ke pemain lain dan melihat dari perspektif pemain atau makhluk lain.[34] Mode permainan ini hanya dapat diakses dalam edisi Java atau PC.

Multipemain

Multipemain di Minecraft tersedia melalui multipemain game-to-game langsung, bermain LAN, layar split lokal, dan server (host pemain dan host-bisnis). Ini memungkinkan banyak pemain untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain di satu world.[35] Pemain dapat menjalankan server mereka sendiri, menggunakan penyedia hosting, atau terhubung langsung ke game pemain lain melalui Xbox Live. Dunia pemain tunggal memiliki dukungan jaringan area lokal, memungkinkan pemain untuk bergabung dengan dunia pada komputer yang saling terhubung secara lokal tanpa pengaturan peladen.[36] Peladen multipemain Minecraft dipandu oleh operator peladen, yang memiliki akses ke perintah peladen seperti mengatur waktu hari dan memindahkan pemain. Operator juga dapat menetapkan batasan tentang nama pengguna atau alamat IP mana yang diizinkan atau tidak diizinkan masuk ke server.[35]

Peladen multipemain sangat beragam, banyak yang memiliki peraturan dan kebiasaaannya sendiri. Server yang paling besar dan populer di dunia adalah Hypixel, yang sudah dikunjungi 14 juta pemain atau yang terpopuler di Indonesia adalah Crazy Network dan Block Craft.[37][38] Ada juga pertarungan player versus player (PvP) yang memungkinkan pertarungan antar pemain.[39]

Minecraft Realms

Pada 2013, Mojang mengumumkan Minecraft Realms, sebuah layanan hosting peladen yang dimaksudkan untuk memungkinkan pemain menjalankan game multipemain server dengan mudah dan aman tanpa harus membuat sendiri.[40] Hanya pemain yang diundang yang dapat bergabung dengan server Realms, dan server ini tidak menggunakan alamat IP. Pemilik server Minecraft: Java Edition Realms dapat mengundang hingga dua puluh orang untuk bermain di server mereka, dengan hingga sepuluh pemain online bersamaan. Pemilik server Minecraft Realms dapat mengundang hingga 3000 orang untuk bermain di server mereka, dengan hingga sepuluh pemain online pada satu waktu.[41] Server Realms Minecraft: Java Edition tidak mendukung plugin buatan pengguna, tetapi pemain dapat memainkan map Minecraft khusus. Server Minecraft Realms mendukung add-ons buatan pengguna, paket sumber daya, paket perilaku, dan peta Minecraft khusus. Di Electronic Entertainment Expo 2016, diumumkan bahwa Realms akan memungkinkan dapat dimainkan permainan antar-platform antara Windows 10, iOS, dan platform Android mulai Juni 2016,[42] dengan dukungan Xbox One dan Nintendo Switch yang akan datang kemudian pada 2017, dan dukungan untuk perangkat realitas virtual. Pada tanggal 31 Juli 2017, Mojang merilis versi beta dari pembaruan yang memungkinkan permainan lintas platform. Dukungan Nintendo Switch untuk Realm dirilis pada Juli 2018.[43]

Kostumisasi

Komunitas modding terdiri dari para penggemar, pengguna dan programmer pihak ketiga. Menggunakan berbagai macam antarmuka pemrograman aplikasi yang terbentuk seiring waktu, mereka membuat berbagai macam konten unduhan untuk Minecraft, seperti modifikasi, texture pack dan map kustom. Modifikasi kode Minecraft, yang bernama mod, menambah perubahan-perubahan alur permainan misalnya menambah blok baru, item baru, mob baru atau mekanisme crafting.[44][45] Komunitas modding telah membuat berbagai jenis mod yang meningkatkan alur permainan mulai dari minimap, titik jalan, dan penghitung durabilitas, sampai kepada yang menambah konten dari elemen permainan dan media lain.

Pada Juni 2017, Mojang merilis sebuah update yang bernama "Discovery Update" untuk versi Bedrock dari Minecraft. Dalam update ini sudah termasuk sebuah map baru, sebuah mode permainan baru, dan "Marketplace", sebuah kumpulan konten yang dibuat pengguna, dan lain-lain.[46][47]

Pengembangan

Garis waktu perilisan pembaruan besar Java Edition
Tahun pra-rilis berwarna merah
2009Pre-Classic
Classic
Survival Test
2010Indev
Infdev
Alpha
Beta
2011Beta: "Adventure Update: Part I"
1.0: "Adventure Update: Part II"
20121.1
1.2
1.3
1.4: "Pretty Scary Update"
20131.5: "Redstone Update"
1.6: "Horse Update"
1.7: "The Update that Changed the World"
20141.8: "Bountiful Update"
2015
20161.9: "Combat Update"
1.10: "Frostburn Update"
1.11: "Exploration Update"
20171.12: "World of Color Update"
20181.13: "Update Aquatic"
20191.14: "Village & Pillage"
1.15: "Buzzy Bees"
20201.16: "Nether Update"
20211.17: "Caves & Cliffs: Part I"
1.18: "Caves & Cliffs: Part II"
20221.19: "The Wild Update"

Sebelum membuat Minecraft, Markus "Notch" Persson adalah seorang pengembang gim dengan King sampai Maret 2009, yang pada waktu itu sebagian besar berfokus pada permainan penjelajah web, dan saat itulah Notch belajar beberapa bahasa pemrograman.[48] Ia akan membuat prototipe dari permainannya sendiri saat tidak bekerja di rumah, seringkali dari inspirasi yang ia dapatkan dari permainan lain; ia juga sering berpartisipasi dalam forum-forum TIGSource untuk para pengembang independen.[48] Salah satu proyek itu adalah "RubyDung", sebuah permainan base-building yang terinspirasi dari Dwarf Fortress, namun sebagai permainan tiga dimensional isometrik seperti RollerCoaster Tycoon.[49] Ia telah membuat sebuah pemeta tekstur 3D untuk sebuah prototipe permainan zombie lain yang telah ia mulai untuk meniru gaya dari Grand Theft Auto: Chinatown Wars.[50] Di antara fitur-fitur di "RubyDung" yang ia coba adalah sebuah sudut pandang orang pertama yang mirip dengan Dungeon Keeper, namun pada waktu itu Notch merasa bahwa grafiknya terlalu kotak-kotak dan menghilangkan mode ini.[50][51] Sekitar Maret 2009, Persson meninggalkan King dan bergabung dengan jAlbum, namun tetap mengerjakan berbagai prototipe permainannya.[51][52]

Infiniminer, sebuah permainan menambah yang berbasis blok pertama yang dirilis pada April 2009, menginspirasi Notch untuk bagaimana mengembangkan "RubyDung" lebih jauh.[50] Infiniminer sangat memengaruhi gaya permainan, termasuk aspek orang pertama dalam permainan, gaya visual "kotak-kotak" dan dasar-dasar pembuatan blok. Namun, tidak seperti Infiniminer, Persson ingin Minecraft memiliki elemen RPG.[53]

Mojang mengubah versi game dari versi beta dan merilis versi lengkap pada 18 November 2011.[54] Pada 1 Desember 2011, Jens "Jeb" Bergensten mengambil kendali kreatif penuh atas Minecraft, menggantikan Persson sebagai perancang utama. Pada 28 Februari 2012, Mojang mengumumkan bahwa mereka telah merekrut para pengembang platform server populer "Bukkit"[55] untuk meningkatkan dukungan Minecraft terhadap modifikasi server.

Pada 15 September 2014, Microsoft mengumumkan kesepakatan $ 2,5 miliar untuk membeli Mojang, bersama dengan kepemilikan kekayaan intelektual Minecraft.[56][57] Kesepakatan itu diusulkan oleh Persson ketika dia mem-posting tweet yang meminta sebuah perusahaan untuk membeli bagiannya dari permainan tersebut setelah menerima kritik karena menegakkan EULA, yang sudah ada selama 3 tahun terakhir.[58][59] Menurut Persson, CEO Mojan Carl Manneh menerima sebuah panggilan dari seorang eksekutif Microsoft tak lama setelah cuitan tersebut, menanyakan apakah Persson benar-benar serius. Mojang juga dihampiri perusahaan-perusahaan lain seperti Activision Blizzard dan Electronic Arts.[59] Kesepakatan tersebut dengan Microsoft diadili pada tanggal 6 November 2014, dan menyebabkan Persson menjadi salah satu dari "World's Billionares" versi Forbes.[59][60][61]

Sejak perilisan penuh Minecraft, yang dinamai "Adventure Update", permainan tersebut terus dipeerbarui dengan banyak pembaruan yang besar, gratis untuk pengguna yang sudah membeli permainan tersebut.[62] Pembaruan besar yang terbaru adalah "Caves & Cliffs Part II", yang mengubah sistem gua dan gunung, dan dirilis pada 30 November 2021.[63][64] Pembaruan lain yang direncanakan, "The Wild Update", akan dirilis pada 2022.[65]

Versi asli game ini diubah namanya menjadi Minecraft: Java Edition pada 18 September 2017 untuk memisahkannya dari Bedrock Edition, yang diubah namanya menjadi "Minecraft" saja saat Better Together Update.[66]

Bedrock Edition juga terus diperbarui, dengan tema yang sama dengan Java Edition. Versi laing permainan ini misalnya versi-versi konsol dan Pocket Edition digabungkan dengan Bedrock dan/atau dihentikan, dan tidak menerima pembaruan lagi.[66]

Pada 16 April 2020, sebuah versi beta Minecraft yang menggunakan physically based rendering, ray tracing dan DLSS dirilis oleh NVIDIA untuk GPU RTX.[67] Versi akhir dirilis pada 8 Desember 2020.[68]

Minecraft: Pocket Edition

Pada 16 Agustus 2011, Minecraft: Pocket Edition dirilis untuk Xperia Play di Android Market (sekarang Google Play Store) sebagai versi alpha awal. Versi ini kemudian dirilis untuk beberapa perangkat lain yang kompatibel pada 8 Oktober 2011.[69] Versi iOS Minecraft dirilis pada 17 November 2011. Sebuah port dibuat tersedia untuk Ponsel Windows tidak lama setelah Microsoft mengakuisisi Mojang. Versi tersebut berkonsentrasi pada bangunan kreatif dan aspek survival primitif dari game, dan tidak mengandung semua fitur rilis PC. Di akun Twitter-nya, Jens Bergensten mengatakan bahwa Minecraft Pocket Edition ditulis dalam C++ dan bukan Java, karena iOS tidak dapat mendukung Java.[70]

Pada 10 Desember 2014, mengikuti akuisisi Mojang oleh Microsoft, Pocket Edition dirilis untuk Windows Phone 8.1.[71] Pada 18 Januari 2017, Microsoft mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi merilis pembaruan Pocket Edition untuk versi Windows Phone.[72] Pada 19 Desember 2016, versi penuh Minecraft: Pocket Edition dirilis pada iOS, Android dan Windows Phone.

Pocket Edition digantikan oleh Minecraft: Bedrock Edition pada 2017, memungkinkan permainan lintas platform dengan edisi Xbox One dan Nintendo Switch.[73]

Edisi konsol

Minecraft Versi Xbox 360, dikembangkan oleh 4J Studios, dirilis pada 9 Mei 2012. Pada 22 Maret 2012, diumumkan bahwa Minecraft akan menjadi permainan flagship dalam sebuah promosi Xbox Live yang bernama Arcade NEXT.[74] Permainan ini memiliki beberapa perbedaan dengan versi komputer, termasuk sebuah sistem crafting yang baru, antarmuka kontrol, tutorial dalam-permainan, multipemain split-screen, dan dimungkinkannya bermain dengan pemain lain dengan Xbox Live. World di versi Xbox 360 juga tidak "tak terbatas", dan dihalangi oleh tembok-tembok tembus pandang. Isi versi Xbox 360 awalnya mirip dengan versi PC yang terdahulu, namun diperbarui terus-menerus agar semakin dekat dengan versi PC yang lebih baru sebelum akhirnya tidak dilanjutkan. Sebuah versi Xbox One yang memiliki world yang lebih besar, selain kemajuan lainnya, dirilis pada 5 September 2014.

Versi permainan untuk PlayStation 3 dan PlayStation 4 masing-masing dirilis pada 17 Desember 2013 dan 4 September 2014.[75] Versi PlayStation 4 diumumkan sebagai judul peluncuran, meskipun akhirnya ditunda.[76] Sebuah versi untuk PlayStation Vita juga dirilis pada Oktober 2014.[77] Seperti versi Xbox, versi PlayStation dikembangkan oleh 4J Studios.

Pada 18 Desember 2018, Minecraft versi PlayStation 3, PlayStation Vita, Xbox 360, dan Wii U menerima pembaruan terakhir mereka dan kemudian dikenal sebagai Legacy Console Editions.[78]

Minecraft versi PlayStation 4 telah diperbarui pada Desember 2019 dan menjadi bagian dari edisi Bedrock, yang memungkinkan permainan lintas platform untuk pengguna dengan akun Xbox Live gratis.[79]

Minecraft: Education Edition

Minecraft: Education Edition adalah sebuah versi edukasi dari Minecraft. Edisi ini dirancang berdasarkan kode Bedrock, khusus untuk digunakan dalam institusi pendidikan seperti sekolah. Versi ini tersedia untuk Windows 10, MacOS, iPadOS dan Chrome OS.[80][81] Education Edition sudah termasuk Chemistry Resource Pack,[82] paket pelajaran gratis di situs web Minecraft: Education Edition, dan dua aplikasi pelengkap gratis: Code Connection dan Classroom Mode.

Uji beta awal dilakukan antara 9 Juni dan 1 November 2016.[83] Permainan penuh kemudian dirilis pada Windows 10 dan MacOS pada 1 November 2016.[84] Pada 20 Agustus 2018, Mojang Studios mengumumkan bahwa mereka akan membawa Edisi Pendidikan ke iPadOS pada Musim Gugur 2018. Ini dirilis ke App Store pada 6 September 2018.[85] Pada 27 Maret 2019, diumumkan bahwa Edisi Pendidikan akan dioperasikan oleh JD.com di Tiongkok.[86] Pada tanggal 26 Juni 2020, Beta Publik Edisi Pendidikan tersedia untuk Chromebook yang kompatibel dengan Google Play Store. Game lengkapnya dirilis ke Google Play Store untuk Chromebook pada 7 Agustus 2020.[81]

Minecraft China

Pada 20 Mei 2016, Minecraft China diumumkan sebagai edisi lokal untuk Tiongkok, dimana permainan tersebut dirilis dibawah perjanjian perizinan antara NetEase dan Mojang. Versi PC dirilis untuk pengujian publik pada 8 Agustus 2017. Versi iOS dirilis pada 15 September 2017, dan versi Android dirilis pada 12 Oktober 2017. Versi PC didasarkan atas Java Edition, sedangkan versi iOS dan Android didasarkan pada Bedrock Edition. Edisi ini gratis, dan memiliki 400 juta pemain per November 2020.[87]

Versi PC Lain

Minecraft for Windows 10

Minecraft for Windows 10 adalah versi Minecraft yang eksklusif untuk sistem operasi Windows 10. Rilis beta untuk versi ini diluncurkan di Microsoft Store pada 29 Juli 2015.[88] Pemain yang sudah memiliki versi PC dari Minecraft dapat mengklaim Minecraft for Windows 10 dengan gratis di situs web resmi Mojang.[89]

Setelah satu setengah tahun beta, Microsoft merilis versi 1.0 pada 19 Desember 2016. Bernama "Ender Update", rilis ini mengimplementasikan fitur-fitur baru dalam versi Minecraft ini.[90]

Dengan versi ini, pemain dapat bermain dengan Xbox Live, dan memainkan multipemain lokal dengan pemilik permainan Minecraft di platform Bedrock lain. Fitur-fitur lain termasuk kemampuan untuk menggunakan beberapa skema kontrol seperti gamepad, papan tombol, dan layar sentuh (untuk Microsoft Surface dan perangkat layar sentuh lain). Dukungan realitas virtual juga diterapkan, dan juga untuk merekan dan mengambil tangkapan layar dalam permainan dengan GameDVR bawaan Windows.[91][92]

Minecraft 4K

Minecraft 4K adalah sebuah versi Minecraft yang disederhanakan, mirip dengan versi Classic, yang dikembangkan untuk kontes pemrograman Java 4K "kurang dari 4 kilobita". Map dalam versi ini terbatas—terdiri hanya dari 64×64×64 block—dan world yang sama akan muncul setiap kali permainan dijalankan. Pemain hanya bisa menempatkan atau menghancurkan block, yang terdiri dari rumput, tanah, batu, kayu, daun, dan bata.[93]

Raspberry Pi

Sebuah versi Minecraft untuk Raspberry Pi secara resmi diumumkan pada Minecon 2012. Edisi Pi didasarkan pada Pocket Edition Alpha v0.6.1, dan dengan fitur tambahan yang memungkinkan penggunaan perintah teks untuk memanipulasi world permainan. Pemain dapat mengakses kode permainan dan menggunakan bahasa pemrograman Python untuk memanipulasi permainan.[94] Dalam versi ini juga sudah termasuk sebuah scripting API untuk memodifikasi permainan, dan perangkat lunak server untuk multipemain. Permainan ini dibocorkan pada 20 Desember 2012, namun langsung ditarik, sebelum secara resmi diluncurkan pada 11 Februari 2013.[95]

Musik

Musik dan efek suara Minecraft diproduksi oleh musisi Jerman Daniel Rosenfeld, lebih dikenal sebagai C418.[96][97] Musik latar di Minecraft adalah musik ambien instrumental.[98] Pada tanggal 4 Maret 2011, Rosenfeld merilis sebuah soundtrack berjudul Minecraft – Volume Alpha; soundtrack tersebut mencakup sebagian besar trek yang ditampilkan di Minecraft, serta musik lain yang tidak ditampilkan dalam permainan.[99] Kirk Hamilton dari Kotaku memilih musik di Minecraft sebagai salah satu soundtrack video game terbaik tahun 2011.[100] Pada tanggal 9 November 2013, Rosenfeld merilis soundtrack resmi kedua, berjudul Minecraft – Volume Beta, yang mencakup musik yang ditambahkan di versi permainan yang lebih baru.[101][102] Rilis fisik Volume Alpha, yang terdiri dari CD, vinil hitam, dan piringan hitam vinil hijau transparan edisi terbatas, dikeluarkan oleh label elektronik indie Ghostly International pada 21 Agustus 2015.[103][104] Selain karya Rosenfeld, komposer lain telah membuat lagu untuk Minecraft sejak perilisannya, termasuk Samuel Åberg, Gareth Coker, Lena Raine, dan Kumi Tanioka.[105][106][107]

Varian lain

Untuk ulang tahun ke-10 perilisan permainan ini, Mojang membuat ulang sebuah versi Minecraft Classic dan membuatnya bisa dimainkan dengan gratis dalam jaringan.[108]

Sekitar tahun 2011, sebelum Minecraft rilis secara penuh, telah terjadi kerjasama antara Mojang dan The Lego Group untuk membuat game Minecraft berbasis bata Lego yang diberi nama Brickcraft. Ini akan memodifikasi permainan Minecraft dasar untuk menggunakan batu bata Lego, yang berarti mengadaptasi blok 1x1 dasar untuk memperhitungkan potongan yang lebih besar yang biasanya digunakan dalam set Lego. Persson telah mengerjakan versi awal dari game ini, yang dia beri nama "Project Rex Kwon Do" yang didasarkan atas sebuah lelucon dari film komedi Napoleon Dynamite. Lego telah memberi lampu hijau proyek untuk maju, dan sementara Mojang telah menempatkan dua pengembang pada permainan selama enam bulan, mereka kemudian memilih untuk membatalkan proyek tersebut, karena Mojang merasa bahwa The Lego Group terlalu menuntut apa yang dapat mereka lakukan, menurut laporan Daniel Kaplan dari Mojang. The Lego Group telah mempertimbangkan untuk membeli Mojang untuk menyelesaikan permainan, tetapi pada titik ini Microsoft sudah membuat penawarannya untuk membeli perusahaan tersebut dengan harga lebih dari $2 miliar. Menurut Ronny Scherer dari The Lego Group, perusahaan tersebut belum yakin dengan potensi keberhasilan Minecraft pada saat ini dan mundur dari akuisisi setelah Microsoft membawa tawaran ini ke Mojang.[109][110]

Realitas virtual

Sejak awal, Persson berencana untuk mendukung Oculus Rift dengan port Minecraft. Namun, setelah Facebook mengakuisisi Oculus pada tahun 2013, ia tiba-tiba membatalkan rencana dengan mengatakan "Facebook membuat saya takut."[111] Sebuah modifikasi buatan komunitas yang dikenal sebagai Minecraft VR dikembangkan pada tahun 2016 untuk memberikan dukungan realitas virtual ke Minecraft: Java Edition yang berorientasi pada perangkat keras Oculus Rift. Sebuah fork dari modifikasi Minecraft VR yang dikenal sebagai Vivecraft mem-porting mod ke OpenVR, dan diorientasikan untuk mendukung perangkat keras HTC Vive.[112] Pada 15 Agustus 2016, Microsoft meluncurkan dukungan resmi Oculus Rift untuk Minecraft di Windows 10.[112] Setelah dirilis, mod Minecraft VR dihentikan oleh pengembangnya karena keluhan merek dagang yang dikeluarkan oleh Microsoft, dan Vivecraft didukung oleh pembuat komunitas modifikasi Minecraft VR karena dukungan Rift dan lebih unggul dari mod Minecraft VR.[112] Juga tersedia versi Gear VR, berjudul Minecraft: Gear VR Edition.[113] Dukungan Windows Mixed Reality ditambahkan pada tahun 2017. Pada 7 September 2020, Mojang Studios mengumumkan bahwa versi PlayStation 4 dari game tersebut akan mendapatkan dukungan PlayStation VR di bulan yang sama.[114] Satu-satunya versi VR Minecraft yang didukung secara resmi adalah versi PlayStation 4, Minecraft: Gear VR Edition, dan Minecraft untuk Windows 10 untuk headset Oculus Rift dan Windows Mixed Reality.[114]

Tanggapan

Penghargaan

Minecraft diakui secara terkenal, memenangkan banyak penghargaan, dan telah digambarkan sebagai salah satu permainan video paling berpengaruh dan terhebat sepanjang masa. Media sosial, parodi, adaptasi, merchandise, dan konvensi MineCon tahunan memainkan peran besar dalam mempopulerkan permainan. pendidikan, terutama di bidang sistem komputasi, karena komputer virtual dan perangkat keras telah dibangun di dalamnya.

Dampak budaya

Pada September 2019, The Guardian mengklasifikasikan Minecraft sebagai permainan video terbaik (dari dua dekade pertama) abad ke-21,[115] dan pada November 2019 Polygon menyebut Minecraft sebagai "permainan terpenting dekade ini".[116] Pada Desember 2019, Forbes memberi Minecraft sebutan khusus dalam sebuah daftar video game terbaik tahun 2010-an, yang menyatakan bahwa permainan tersebut "tanpa diragukan lagi adalah salah satu yang paling penting dalam sepuluh tahun terakhir."[117] Pada Juni 2020, Minecraft dilantik ke dalam World Video Game Hall of Fame.[118]

Minecraft diakui sebagai salah satu permainan yang sukses menggunakan model akses awal untuk menjual permainan sebelum rilis penuhnya untuk mendanai pengembangan.[119][120] Karena Minecraft membantu menaikkan pengembangan permainan indie pada 2010an, permainan ini juga mempopulerkan penggunaan model akses awal dalam pengembangan permainan indie.[121]

Maron dikenal karena lagu parodi Minecraftnya dari lagu-lagu populer

Situs media sosial seperti YouTube, Facebook, dan Reddit memainkan peran penting dalam mempopulerkan Minecraft.[122] Penelitian yang dilakukan oleh Annenberg School of Communication dari University of Pennsylvania menunjukkan bahwa sepertiga pemain Minecraft mengetahui permainan tersebut melalui video internet.[123] Pada 2010, video terkait Minecraft mulai mendapat pengaruh di YouTube, sering kali dibuat oleh komentator. Video-video tersebut biasanya berisi cuplikan tangkapan layar dari game dan perekaman suara.[124] Cakupan umum dalam video termasuk kreasi yang dibuat oleh pemain, panduan dalam berbagai tugas, dan berbagai parodi dari karya-karya budaya populer. Hingga Mei 2012, lebih dari empat juta video YouTube terkait Minecraft telah diunggah.[125] Beberapa komentator populer telah menerima pekerjaan di Machinima, sebuah perusahaan permainan video yang memiliki saluran hiburan yang sangat ditonton di YouTube.[123] The Yogscast adalah perusahaan Inggris yang secara sering memproduksi video Minecraft; saluran YouTube mereka telah mencapai miliaran penonton, dan panel mereka di MineCon 2011 memiliki kehadiran tertinggi.[126] Personel YouTube terkenal lainnya termasuk Jordan Maron, yang telah menciptakan banyak parodi Minecraft, termasuk "Minecraft Style", parodi dari singel "Gangnam Style" yang sukses secara internasional oleh rapper Korea Selatan Psy.[127] Youtube mengymumkan bahwa pada 14 Desember, 2021, jumlah tayangan total dari semua video yang berkaitan dengan Minecraft melebihi satu triliun sejak lahirnya permainan ini pada 2009.[128]

Penerapan

Pada 2013, Stuart Duncan, dikenal secara daring dengan nama AutismFather, memulai sebuah peladen untuk anak-anak autistik dan keluarga mereka yang bernama Autcraft.[129] Peladen tersebut dibuat karena terdapat banyak perundung dna penggangu di peladen-peladen umum yang membuat anak-anak autistik merasa marah dan tersakiti. Peladen ini selalu diawasi untuk membantu para pemain dan mencegah perundungan.[129] Peladen tersebut memiliki sebuah daftar putih yang hanya memperbolehkan pemain tertentu untuk bermain. Per 2017, ada 8,000 pemain.[130] Peladen tersebut telah disebut sebagai "salah satu tempat terbaik di Internet".[131]

Pada April 2014, Agensi Geodata Denmark membuat keseluruhan Denmark dengan 1:1 dalam Minecraft dengan geodata mereka sendiri.[132][133]

Mengambil keuntungan dari aksesibilitas permainan ini, Reporters Without Borders telah menggunakan sebuah peladen Minecraft untuk membuat the Uncensored Library, sebuah repositori jurnalisme dari berbagai penulis dari berbagai negara (termasuk Mesir, Meksiko, Rusia, Arab Saudi dan Vietnam) yang telah disensor dan ditangkap.[134] Bangunan bergaya neoklasikal perpustakaan tersebut dibuat selama 250 jam oleh 24 orang.[135]

meskipun sifatnya yang tidak dapat diprediksi, Minecraft telah menjadi permainan yang populer untuk speedruning, dimana para pemain berusaha untuk menyelesaikan permainan secepat mungkin. Mereka memasuki dunia baru yang dibuat dengan seed acak lalu berusaha mencapai "The End" dan mengalahkan "Ender Dragon". Ada pemain yang menggunakan berbagai mod atau program eksternal untuk mencapai rekor dunia, ada juga yang tidak.[136]

Edukasi

Minecraft telah digunakan dalam lingkungan edukasi.[137] Pada 2011, sebuah organisasi pendidikan bernama MinecraftEdu dibentuk dengan tujuan memperkenalkan Minecraft ke sekolah-sekolah. Organisasi tersebut bekerja dengan Mojang untuk membuat Minecraft terjangkau dan dapat diakses berbagai sekolah.[138] Pada September 2012, MinecraftEdu mengatakan sudah ada 250,000 murid yang memiliki akses ke Minecraft lewat perusahaan itu.[139] Banyak sekali variasi aktivitas pendidikan yang sudah dikembangkan lewat permainan ini untuk mengajari berbagai mata pelajaran pada murid, termasuk sejarah, sastra bahasa dan sains.[139] Great Ormond Street Hospital telah dibuat di Minecraft, dan telah diusulkan bahwa para pasien dapat menggunakannya untuk mengeksplorasi rumah sakit tersebut sebelum berkunjung.[140] Minecraft juga dapat menjadi alat CAD.[141] Minecraft menawarkan sebuah tempat berkolaborasi untuk merancang dan dapat memiliki dampak dalam industri CAD.[142]

Dengan diperkenalkannya blok redstone untuk mewaliki rangkaian listrik, para pengguna telah membuat komputer virtual fungsional dalam Minecraft.[143] Selain itu, ada juga yang berhasil membuat cakram keras,[144] sebuah komputer 8-bit virtual,[145] dan emulator untuk Atari 2600 (salah satunya dibaut oleh YouTuber SethBling)[146][147] dan Game Boy Advance.[148] Dalam satu kesempatan, sebuah mod telah dibuat untuk menggunakan fitur ini untuk mengajari para pemain untuk memprogram dalam sebuah dunia Minecraft.[149]

Pada September 2014, British Museum di London mengumumkan rencana untuk membuat ulang bangunan museum bersama dengan semua pamerannya di Minecraft.[150] Microsoft dan organisasi nirlaba Code.org bekerjasama untuk menawarkan permainan, teka-teki dan tutorial berbasis Minecraft yang bertujuan untuk membantu mengajarkan pemrograman kepada anak-anak; sampai Maret 2018 Microsoft dan Code.org melaporkan bahwa lebih dari 85 juta anak-anak telah menggunakan tutorial mereka.[151]

Legenda dan rumor

Herobrine

Herobrine adalah sebuah legenda urban yang sering diasosiasikan dengan Minecraft. Herobrine pertama kali muncul sebagai sebuah gambar pada unggahan di situs 4chan. Berdasarkan rumor, Herobrine muncul di dunia para pemain dan membuat bangunan-bangunan aneh, mengganggu pemain, dan melakukan hal tidak normal lainnya.[152][153] Mojang telah mengkonfirmasi bahwa Herobrine tidak pernah ada di Minecraft, dan tidak ada rencana untuk menambahkan Herobrine, meskipun Mojang menyebut Herobrine sebagai sebuah lelucon di catatan rilis permainan.[154]

Herobrine menjadi sebuah Creepypasta paling terkenal sekaligus paling tua di minecraft.[154] mengawali creepypasta Minecraft lainnya.

Cerita lain

Setelah cerita kemunculan Herobrine, beberapa cerita lainnya, seperti Null,[155] Entity 303,[156] atau Red Steve bermunculan. Kebanyakan dari mereka dibuat berdasarkan karakter herobrine atau berkaitan dengannya. Misalnya Null, dalam cerita Null, Herobrine digambarkan sebagai sosok yang baik sementara Null adalah penjahat sebenarnya.[155] Ada pula cerita yang dikarang sedemikian rupa hingga terlihat seperti nyata, seperti Entity 303; pernah dikabarkan bahwa 303 adalah seorang karyawan Mojang yang dipecat dan membalas dendam dengan merusak Minecraft. Meskipun begitu, pembuat cerita ini mengakui bahwa itu tidak benar.[157] Notch, pendiri Mojang mengonfirmasi bahwa tidak ada karyawan yang dipecat saat itu.[158]

Tren mencari creepypasta mulai populer sejak awal 2016, membuat Minecraft menjadi sebuah permainan yang populer pada masa itu.[159]

Tiruan

Setelah Minecraft dirilis, permainan-permainan lain dirilis dengan berbagai kesamaan dengan Minecraft, dan beberapa dideskripsikan sebagai "klon". Contohnya termasuk Ace of Spades, CastleMiner, CraftWorld, FortressCraft, Terraria, dan Total Miner.[160] David Frampton, perancang The Blockheads, melaporkan bahwa salah satu kegagalan game 2D-nya adalah "seni piksel resolusi rendah" yang terlalu mirip dengan seni Minecraft, yang berujung dengan "beberapa perlawanan" dari penggemar.[161] Sebuah adaptasi homebrew dari versi alpha Minecraft untuk Nintendo DS, berjudul DScraft, telah dirilis; telah terkenal karena kemiripannya dengan permainan aslinya mengingat keterbatasan teknis sistem.[162]

Markus Persson membuat permainan lain yang mirip, Minicraft, untuk sebuah kompetisi Ludum Dare pada 2011.[163]

Minecon

Minecon adalah konvensi penggemar resmi yang didedikasikan untuk Minecraft tiap tahunnya. Yang pertama diadakan pada November 2011 di Mandalay Bay Hotel and Casino di Las Vegas.[164] Acara ini termasuk peluncuran resmi Minecraft; pidato utama, termasuk satu oleh Persson; kontes membangun dan kostum; Kelas bertema Minecraft; pameran oleh perusahaan terkemuka terkait gaming dan Minecraft; barang merchandise; dan tanda tangan dan berfoto dengan karyawan Mojang dan kontributor terkenal dari komunitas Minecraft.[165] Setelah MineCon, ada pesta after-party Into The Nether dengan deadmau5.[166] Kode gratis diberikan kepada setiap peserta MineCon yang membuka versi alpha dari Mojang's Scrolls, serta game non-Mojang tambahan, Cobalt, yang dikembangkan oleh Oxeye Game Studios.[167]

Acara serupa dilakukan di MineCon 2012, yang berlangsung di Disneyland Paris pada November.[168] Tiket untuk acara 2012 terjual habis dalam waktu kurang dari dua jam. MineCon 2013 juga diadakan di Orlando pada bulan November.[169] MineCon 2015 diadakan di London pada bulan Juli. MineCon 2016 diadakan di Anaheim pada bulan September. MineCon 2017 diadakan sebagai streaming langsung alih-alih diadakan di lantai pertunjukan. Berjudul "MINECON Earth", itu disiarkan langsung pada bulan November.[170] MineCon Earth 2018 mengikuti format yang sama dengan acara 2017, tetapi diganti namanya pada 2019 menjadi "MINECON Live" untuk menghindari kebingungan dengan game augmented-reality Mojang, Minecraft Earth.

Catatan

  1. ^ Porting ke konsol dikembangkan oleh 4J Studios;[1] Port Nintendo 3DS yang baru dikembangkan oleh Other Ocean Interactive[2]
  2. ^ PC/Java, Android, iOS, Wii U, Nintendo 3DS, Nintendo Switch
  3. ^ Xbox 360, Xbox One, Windows Phone, Windows 10 Edition
  4. ^ PlayStation 3, PlayStation 4, PlayStation Vita
  5. ^ 2009–2011
  6. ^ 2011–sekarang
  7. ^ Gareth Coker[3] dan Lena Raine[4] juga turut berkontribusi.

Referensi

  1. ^ "Microsoft officially owns Minecraft and developer Mojang now". 6 November 2014. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "Minecraft: New Nintendo 3DS Edition". www.nintendo.com. Diakses tanggal 3 February 2019. 
  3. ^ Makuch, Eddie (19 Desember 2016). "New Minecraft Soundtracks Coming This Week, Listen to Some Songs Here". GameSpot. Diakses tanggal 3 Desember 2020. 
  4. ^ "Minecraft Snapshot 20W15A". Minecraft. 4 Agustus 2020. Diakses tanggal 3 Desember 2020. 
  5. ^ "Minecraft – Pocket Edition – Android". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 November 2012. Diakses tanggal 21 October 2012. 
  6. ^ "Minecraft: Pocket Edition". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2012. Diakses tanggal 21 October 2012. 
  7. ^ Brown, Mark (22 March 2012). "Minecraft for Xbox 360 release date announced, amongst others". Wired UK. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 December 2012. Diakses tanggal 22 October 2012. 
  8. ^ "Minecraft Raspberry Pi". Mojang. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 March 2013. Diakses tanggal 27 March 2013. 
  9. ^ "Amazon's first Fire TV games include in-house titles and Minecraft (update: video)". Engadget. Diakses tanggal 25 September 2018. 
  10. ^ Pitcher, Jenna (3 September 2014). "Minecraft PS4 Edition Release Date Confirmed". IGN. IGN Entertainment, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 October 2014. Diakses tanggal 3 October 2014. 
  11. ^ "Minecraft for Xbox One to launch on Friday". CNET. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 October 2014. Diakses tanggal 13 October 2014. 
  12. ^ "Minecraft: PS Vita Edition Release Date Revealed for North America". IGN. 10 October 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2014. Diakses tanggal 13 October 2014. 
  13. ^ "Minecraft Comes to Windows Phones". Mojang. 17 July 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 December 2014. 
  14. ^ "Announcing Minecraft Windows 10 Edition Beta". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 July 2015. 
  15. ^ Makuch, Eddie (7 December 2015). "Minecraft Wii U Confirmed, Coming Very Soon". GameSpot. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 December 2015. Diakses tanggal 8 Desember 2015. 
  16. ^ "minecraft.net – Apple TV Edition released!". 19 December 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 December 2016. Diakses tanggal 30 December 2016. 
  17. ^ "On 19/10, look out for the #Minecraft New Nintendo #2DS XL – Creeper Edition, distinctively decked out with a Creeper design and pre-loaded with Minecraft: New Nintendo #3DS Edition! Minecraft: New Nintendo 3DS Edition is available on #eShop now!". Twitter. Diakses tanggal 23 September 2018. 
  18. ^ Pereira, Chris (13 September 2017). "New 3DS Version Of Minecraft Announced, Release Date Set For Today". GameSpot. Diakses tanggal 13 September 2017. 
  19. ^ Gallegos, Anthony (2011-11-24). "Minecraft Review". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-24. 
  20. ^ a b Meer, Alec (30 Maret 2011). "Minecraft:Wolves, Achievements, Mods, Merch". rockpapershotg (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 April 2015. Diakses tanggal 24 Februari 2022. 
  21. ^ "Advancements in Minecraft". www.digminecraft.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-24. 
  22. ^ Purchese, Robert (2011-11-23). "Minecraft 1.0 launch patch notes". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Februari 2013. Diakses tanggal 2022-02-24. 
  23. ^ Tito, Greg (2010-10-05). "Player Creates Working Computer in Minecraft". The Escapist (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Oktober 2010. Diakses tanggal 2022-02-24. 
  24. ^ "Chunk (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  25. ^ published, Tom Senior (2012-05-24). "Minecraft update snapshot includes trading, currency, new item and sandstone stairs". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-24. 
  26. ^ "Passive mob (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. [pranala nonaktif permanen]
  27. ^ "Crafting (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  28. ^ "Overworld (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  29. ^ "Nether (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  30. ^ "The End (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  31. ^ "End City (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  32. ^ "End Ship (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  33. ^ "Elytra (dalam bahasa Inggris)". Diakses tanggal 6 September 2021. 
  34. ^ Cordeiro, Jacob (2013-01-25). Minecraft For Dummies (dalam bahasa Inggris). John Wiley & Sons. ISBN 978-1-118-53716-9. 
  35. ^ a b Hutchinson, Lee (2012-09-11). "Blocks with friends: How to run your own Minecraft server". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-25. 
  36. ^ Meer, Alec (2012-06-18). "Modern! Minecraft Adds 'Local Area Network' Support". Rock, Paper, Shotgun (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 September 2012. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  37. ^ Fogel, Stefanie (2018-12-13). "Creators of Popular 'Minecraft' Server Announce New Game 'Hytale'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  38. ^ Jarvey, Natalie (2018-12-13). "Riot Games Leads Investment in Hypixel Game Studio". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  39. ^ Davies, Marsh (2012-11-11). "The Future of Minecraft: what lies ahead for the all-conquering sandbox game?". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 November 2012. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  40. ^ Crecente, Brian (2013-03-18). "Minecraft Realms hopes to make an increasingly complex game more family-friendly". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-25. 
  41. ^ Minecraft.net (31 Juli 2017). "Minecraft Realms". Diakses tanggal 25 Febuari 2020. 
  42. ^ Frank, Allegra (2016-06-13). "Minecraft gets cross-platform play later this year (correction)". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-14. 
  43. ^ Life, Nintendo (2018-07-10). "Minecraft's Aquatic Update Phase Two Gets Wet And Wild Today On Switch". Nintendo Life (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-25. 
  44. ^ Peckham, Matt (2012-05-07). "The 10 Best Minecraft Mods: TNT Mod". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Oktober 2012. Diakses tanggal 2022-03-13. 
  45. ^ Senior, Tom (2012-02-29). "Minecraft mod API to be developed by new team at Mojang". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-13. 
  46. ^ Campbell, Colin (2017-04-10). "Minecraft Marketplace offers a new place to buy maps and more". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-13. 
  47. ^ "It's time to discover... Marketplace!". Minecraft.net (dalam bahasa Inggris). 2017-04-10. Diakses tanggal 2022-03-13. 
  48. ^ a b Cheshire, Tom (15 September 2014). "Changing the game: how Notch made Minecraft a cult hit". Wired UK (dalam bahasa Inggris). ISSN 1357-0978. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  49. ^ Cox, Alex (2020-09-04). "The history of Minecraft – the best selling PC game ever". TechRadar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-17. 
  50. ^ a b c "Seecret Saturday 1! But I failed Biomes AGAIN!" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Desember 2018. Diakses tanggal 17 Mei 2022. 
  51. ^ a b Handy, Alex. "Interview: Markus 'Notch' Persson Talks Making Minecraft". www.gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  52. ^ "MINECRAFT MASTERMIND MARKUS PERSSON TO RECEIVE BAFTA SPECIAL AWARD". gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). 3 Mei 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 November 2019. Diakses tanggal 17 Mei 2022. 
  53. ^ Davies, Marsh (2012-11-10). "Blockbuster - The Making of Minecraft". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  54. ^ Fernandez, Carlo Fernando (17 November 2011). "Minecraft Full Version Available; Minecon Live Streamin" (dalam bahasa Inggris). International Business Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 November 2011. Diakses tanggal 4 Maret 2022. 
  55. ^ Davies, Marsh (2012-11-11). "The Future of Minecraft: what lies ahead for the all-conquering sandbox game?". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  56. ^ Stuart, Keith; Hern, Alex (2014-09-15). "Minecraft sold: Microsoft buys Mojang for $2.5bn". the Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  57. ^ Chen, Jennifer (2014-09-15). "Minecraft to join Microsoft". The Official Microsoft Blog (dalam bahasa Inggris). Microsoft. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  58. ^ Keith, Stuart (2014-06-24). "Minecraft: how a change to the rules is tearing the community apart". the Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  59. ^ a b c Mac, Ryan. "Inside The Post-Minecraft Life Of Billionaire Gamer God Markus Persson". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  60. ^ Peckham, Matt. "Minecraft Is Now Part of Microsoft, and It Only Cost $2.5 Billion". Time (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  61. ^ Bass, Dina (16 September 2014). "Microsoft to Buy Minecraft Maker Mojang for $2.5 Billion". www.bloomberg.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. ((Perlu berlangganan (help)). 
  62. ^ Persson, Markus (18 Januari 2021). "The web server is struggling, we're migrating" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Januari 2011. Diakses tanggal 28 Februari 2022. 
  63. ^ Sawyer, Will; Wilson, Iain (2021-11-30). "Everything new in Minecraft Caves and Cliffs Part 2 1.18 update". gamesradar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  64. ^ O'Connor, James (6 Oktober 2020). "Minecraft's Caves And Cliffs Update Will Overhaul The Underground In 2021". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  65. ^ Makkuch, Eddie (16 Oktober 2021). "Minecraft The Wild Update Coming In 2022 With The Warden, Mangroves, Frogs, And Tadpoles". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  66. ^ a b Windows Central (2 Agustus 2017). ""Minecraft "Better Together" FAQ: Xbox and Windows questions answered"". Diakses tanggal 29 Febuari 2020. 
  67. ^ Machkovech, Sam (2020-04-16). "Minecraft ray tracing is now live on PC—and it's a must-play, if you can". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-01. 
  68. ^ Lilly, Paul (2020-12-08). "Minecraft with RTX launches out of beta with a built-in benchmark scene". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-01. 
  69. ^ Rose, Mike. "Official Minecraft iOS, Android Release Coming Later This Year". www.gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-10. 
  70. ^ "'Minecraft: Pocket Edition' 0.5.0 Adds Zombie Pigmen, Nether Reactor, + More | Mobile Gaming: iPhone, Android, iPad, Windows Phone, App Reviews, Previews and More - Indie Game Reviews, Previews, News & Downloads". web.archive.org. 2013-05-11. Archived from the original on 2013-05-11. Diakses tanggal 2020-03-10. 
  71. ^ "Finally, you can now play 'Minecraft' on Windows Phone too". Engadget (dalam bahasa Inggris). 11 Desember 2014. Diakses tanggal 2022-02-26. 
  72. ^ Bright, Peter (2017-01-18). "Microsoft-owned Minecraft no longer supported on Microsoft-owned Windows Phone/Mobile". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-26. 
  73. ^ Thielenhaus, Kevin (2017-06-13). "The Better Together Update Is Coming To Minecraft -- Here's Everything It Does". The Escapist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-26. 
  74. ^ "Announcing Arcade Next". majornelson.com (dalam bahasa Inggris). 22 Maret 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Januari 2013. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  75. ^ Pitcher, Jenna (2014-09-04). "Minecraft PS4 Edition Release Date Confirmed". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-13. 
  76. ^ Dyer, Mitch (2013-08-20). "Gamescom: Minecraft Coming to PS4, PS3, Vita". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-13. 
  77. ^ Campbell, Evan (2014-10-10). "Minecraft: PS Vita Edition Release Date Revealed for North America". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-13. 
  78. ^ Santana, Steven (2018-12-20). "Minecraft No Longer Receiving Updates on Legacy Hardware". DualShockers (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Mei 2020. Diakses tanggal 2022-03-13. 
  79. ^ Phillips, Tom (2019-12-09). "Finally, PlayStation gets cross-platform Minecraft tomorrow". Eurogamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-13. 
  80. ^ Perez, Sarah (1 November 2016). "Minecraft: Education Edition officially launches". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 November 2016. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  81. ^ a b Winslow, Jeremy (15 Agustus 2020). "Minecraft: Education Edition Is Now Available On Chromebooks". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  82. ^ Nagel, David (21 Februari 2018). "Minecraft Chemistry Update Goes Live -". THE Journal (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  83. ^ "Beta Version of Minecraft: Education Edition Available for Download for Schools and Educators! Education World". www.educationworld.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-02. 
  84. ^ Allan, Darren (2016-09-22). "Minecraft: Education Edition starts schooling students on November 1". TechRadar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-02. 
  85. ^ Locklear, Mallory (20 Agustus 2018). "'Minecraft: Education Edition' arrives on iPad in September". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-02. 
  86. ^ Valentine, Rebekah (11 April 2019). "JD.com purchases rights to Minecraft: Education Edition in China". GamesIndustry.biz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-02. 
  87. ^ Mahmoud, Mustafa (25 November 2020). "Minecraft surpasses 400 million players in China alone | KitGuru" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  88. ^ Good, Owen S. (2015-07-04). "Minecraft: Windows 10 Edition announced; beta begins July 29". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-01. 
  89. ^ Pereira, Chris (28 Juli 2015). "How to Get Your Free Minecraft: Windows 10 Edition Beta Copy". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  90. ^ McDonald, Kit (2016-12-20). "Minecraft 1.0 release for Windows 10 and Pocket Editions brings Add-On Packages and World Templates - OnMSFT.com" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-01. 
  91. ^ "Announcing: MInecraft: Windows 10 Edition Beta". mojang.com (dalam bahasa Inggris). 4 Juli 2015. Archived from the original on 2020-08-04. Diakses tanggal 12 Maret 2022. 
  92. ^ Makuch, Eddie (6 Juli 2015). ""Whole New Version" of Minecraft for Windows 10 Announced". gamespot.com. Diakses tanggal 12 Maret 2022. 
  93. ^ Donlan, Chris (25 November 2011). "The Friday Game: Minecraft 4K". EDGE (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 April 2013. Diakses tanggal 1 Maret 2022. 
  94. ^ Protalinski, Emil (2012-11-24). "Minecraft + Raspberry Pi = Minecraft: Pi Edition". TNW | Insider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-13. 
  95. ^ "Minecraft: Pi Edition is available for download!". mojang.com (dalam bahasa Inggris). 11 Februari 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Februari 2013. Diakses tanggal 13 Maret 2022. 
  96. ^ "Minecraft Credits". Minecraft.net (dalam bahasa Inggris). 2022-01-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Desember 2012. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  97. ^ Ramley, Ziad (1 Oktober 2014). "We Spoke to the Minecraft Composer Who Makes A Living Off the Gaming Community". VICE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  98. ^ "Minecraft's Composer Explains Why the Music Is 'So Weird'". www.vice.com (dalam bahasa Inggris). 30 Juni 2015. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  99. ^ "Minecraft - Volume Alpha, by C418". C418 (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 September 2012. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  100. ^ Hamilton, Kirk (2 Januari 2012). "All of the Best Video Game Music of 2011". kotaku.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 November 2012. Diakses tanggal 28 Februari 2022. 
  101. ^ "Minecraft - Volume Beta" (dalam bahasa Inggris). 9 November 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2013. Diakses tanggal 28 Februari 2022. 
  102. ^ Stuart, Keith (2014-11-07). "How Daniel Rosenfeld wrote Minecraft's music". the Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  103. ^ "Minecraft soundtrack to receive vinyl release this summer". Fact Magazine (dalam bahasa Inggris). 2015-06-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Juli 2015. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  104. ^ "Ghostly". ghostly.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Juni 2015. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  105. ^ Wiborgh, Thomas (2020-04-09). "The Sound of Scary". Minecraft.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  106. ^ Wakeling, Richard (9 April 2020). "Minecraft's Nether Update Features Music From Celeste Composer". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-28. 
  107. ^ "Minecraft Snapshot 21w42a". Minecraft.net (dalam bahasa Inggris). 2021-10-20. Diakses tanggal 2022-02-28. 
  108. ^ Abent, Eric (2019-05-09). "Minecraft Classic Can Now Be Played In Your Web Browser". SlashGear.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  109. ^ Stanton, Rich (2020-12-09). "A Lego Minecraft game called 'Brickcraft' was prototyped and greenlit – here's why it never happened". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  110. ^ Pad, From Minecraft to LEGO Worlds-; says, Pixel (2020-12-09). "The LEGO Minecraft That Almost Was". Pad and Pixel (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  111. ^ Webster, Andrew (2014-03-25). "'Minecraft' creator cancels Oculus Rift version following Facebook acquisition". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  112. ^ a b c Orland, Kyle (2016-08-15). "Minecraft VR mod shuts down as Microsoft adds official Rift support". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  113. ^ Alvarez, Edgar (27 April 2016). "'Minecraft' arrives on Samsung's Gear VR headset". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  114. ^ a b Carpenter, Roger (2020-09-07). "Minecraft adds PS VR support this month". PlayStation.Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  115. ^ Stuart, Keith; MacDonald, Keza (2019-09-19). "The 50 best video games of the 21st century". The Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  116. ^ Hall, Charlie (7 November 2019). "Why Minecraft is the most important game of the decade". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  117. ^ Kain, Erik (31 Desember 2019). "The Best — And Most Important — Video Games Of The Decade". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Januari 2020. Diakses tanggal 2022-03-12. 
  118. ^ Hetfeld, Malindy (2020-06-19). "Minecraft inducted into the World Video Game Hall of Fame". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  119. ^ Orland, Kyle (6 April 2011). "Minecraft Draws Over $33 Million In Revenue From 1.8M Paying Customers". www.gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  120. ^ Wiley, James Ransom (29 Oktober 2010). "Minecraft surpasses 500K sales, Persson explains how he did it". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  121. ^ Johnson, Soren (6 Februari 2012). "Design success means knowing what to do with feedback". www.gamasutra.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  122. ^ Silverman, Matt. "Minecraft: How Social Media Spawned a Gaming Sensation". Mashable (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  123. ^ a b Tong, Sofia (28 Agustus 2011). "Mining data from Minecraft". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Desember 2013. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  124. ^ "Inside the geeky, revolutionary world of "Minecraft" - Salon.com". web.archive.org. 2013-01-17. Archived from the original on 2013-01-17. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  125. ^ "Minecraft hits $80M in sales with over 5M paid downloads". VG247. 2012-03-24. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  126. ^ Cellan-Jones, Rory (2012-07-10). "The TV tycoons you may have missed". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  127. ^ "Dig this 'Minecraft'-style 'Gangnam Style' parody - Technology - NBC …". archive.is. 2014-06-10. Archived from the original on 2014-06-10. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  128. ^ Sherr, Ian (14 Desember 2021). "Minecraft crosses 1 trillion views on YouTube, most popular game ever on platform". CNET (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-02-24. 
  129. ^ a b Duncan, Stuart (2018-02-02), How I use Minecraft to help kids with autism, diakses tanggal 2022-09-29 
  130. ^ Thorbecke, Katherine (20 Mei 2017). "Single father creates a safe haven for children with autism to play together online". ABC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  131. ^ Warzel, Charlie (19 Desember 2014). "This "Minecraft" Community Is Saving The Lives Of Children With Autism". BuzzFeed News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  132. ^ "Geodatastyrelsen giver de unge hele Danmark i 3D". gst.dk (dalam bahasa Dansk). Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 April 2014. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  133. ^ Høeg Nissen, Anders (2014-04-24). "Kort, klodser og masser af data - nu er hele Danmark i Minecraft". DR (dalam bahasa Dansk). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  134. ^ Batchelor, James (2020-03-13). "Reporters Without Borders builds censorship-free zone in Minecraft". GamesIndustry.biz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  135. ^ Gerken, Tom (2020-03-13). "Minecraft 'loophole' library of banned journalism". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  136. ^ Yarwood, Jack (12 September 2020). "A glimpse into the unpredictable world of Minecraft speedrunning". PCGamesN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  137. ^ Walton, Mark (22 Februari 2015). "Minecraft In Education: How Video Games Are Teaching Kids". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  138. ^ Macgregor, Jody (2019-08-22). "How teachers are using Minecraft in the classroom". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Juli 2022. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  139. ^ a b Waxman, Olivia B. (2012-09-21). "MinecraftEdu Teaches Students Through Virtual World-Building". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  140. ^ "GOSH looks to DRIVE healthcare technology forward". Digital Health (dalam bahasa Inggris). 2018-10-10. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  141. ^ O'Connell, Kim (2 Februari 2016). "Minecraft Architecture: What Architects Can Learn From a Video Game". redshift.autodesk.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  142. ^ "Collaborative Design Principles From Minecraft With Applications to Multi-User CAD". asmedigitalcollection.asme.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Desember 2016. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  143. ^ Fahey, Mike (2010-09-28). "Man Builds Computer Inside Computer Game". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Desember 2016. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  144. ^ Finley, Klint (21 Agustus 2014). "Man Builds Working Hard Drive Inside Minecraft". Wired (dalam bahasa Inggris). ISSN 1059-1028. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  145. ^ Doctorow, Cory (2010-11-11). "Working 8-bit CPU in Minecraft". Boing Boing (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  146. ^ Alexandra, Heather (2016-12-06). "YouTuber Builds Working Atari Emulator In Minecraft". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Desember 2016. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  147. ^ Good, Owen S. (2019-01-27). "Atari 2600 emulator in Minecraft helps tie a world record — at 1 frame per second". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  148. ^ Alexander, Julia (2016-07-04). "Player recreates working Pokémon on virtual Game Boy Advance in Minecraft". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Desember 2016. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  149. ^ Finley, Klint (18 Agustus 2014). "New Minecraft Mod Teaches You Code as You Play". Wired (dalam bahasa Inggris). ISSN 1059-1028. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Oktober 2016. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  150. ^ Miller, Joe (2014-09-23). "British Museum to be digitally recreated in Minecraft". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 September 2014. Diakses tanggal 2022-09-29. 
  151. ^ Hood, Vic (5 Maret 2018). "Minecraft has taught 85 million young people to code". PCGamesN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-29. 
  152. ^ Dean, Paul (2011-10-31). "Hauntings and Hoaxes: Gaming's Weirdest Ghost Stories". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-28. 
  153. ^ Creswell, Jacob (2022-04-16). "Minecraft: What Is the Herobrine Creepypasta?". CBR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-26. 
  154. ^ a b published, Lauren Morton (2021-02-01). "The story of Herobrine, Minecraft's decade-old creepypasta mystery". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-26. 
  155. ^ a b Null, Minecraft. "Myth the Null" (dalam bahasa Inggris). 
  156. ^ "Misteri Entity 303 dalam game Minecraft". efekrevisi.com (dalam bahasa Inggris). 
  157. ^ "Why Entity 303 was fired?". interviewarea.com (dalam bahasa Inggris). 
  158. ^ Markus, Persson. "Please Reading a Science". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-26. 
  159. ^ "Minecraft Creepypastas Exist". interviewarea.com (dalam bahasa Inggris). 
  160. ^ Webster, Andrew (2011-07-27). "Living under a blocky shadow: the world of Minecraft clones". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  161. ^ Frampton, David (2013-10-12). "Postmortem: The Blockheads". Game Developer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  162. ^ Brown, Mark (24 Agustus 2011). "Hands-on with Minecraft for DS, with homebrew version DScraft". www.pocketgamer.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  163. ^ Senior, Tom (2011-12-19). "Notch makes Minicraft in 48 hours for Ludum Dare". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-12. 
  164. ^ "Well Whaddaya Know: MineCon Is Sold Out". Kotaku Australia (dalam bahasa Inggris). 2011-10-31. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  165. ^ "WebCite query result". www.webcitation.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-03. Diakses tanggal 2020-02-29. 
  166. ^ Deadmau5 Blows the Roof Off of Minecon - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-02-29 
  167. ^ "Gaming articles on Engadget". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  168. ^ Ward, Mark (2012-11-26). "Minecraft fans gather in Paris". BBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 
  169. ^ Where in the World is MINECON 2013?, diakses tanggal 2020-02-29 
  170. ^ Good, Owen S. (2017-08-08). "Minecon goes online as 'Minecon Earth'". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-29. 

Pranala luar