Minecraft Earth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Minecraft Earth
Minecraft Earth.png
PengembangMojang
PenerbitXbox Game Studios
SeriMinecraft
PlatformAndroid, iOS, iPadOS
Tanggal rilis
  • 17 Oktober 2019
  • (akses awal)
GenreAugmented reality, sandbox
ModePemain tunggal, multipemain

Minecraft Earth adalah game sandbox augmented reality mendatang yang dikembangkan oleh Mojang dan diterbitkan oleh Xbox Game Studios. Spin-off dari permainan video Minecraft, pertama kali diumumkan pada Mei 2019, dan akan tersedia di Android, iOS, dan iPadOS. Permainan ini gratis untuk dimainkan, dan pertama kali dirilis pada akses awal pada Oktober 2019.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Mirip dengan Minecraft, Minecraft Earth bertema di sekitar struktur bangunan, mengumpulkan sumber daya, kerajinan, dan eksplorasi. Game ini menggunakan mesin game Bedrock yang sama dengan versi Minecraft lainnya. Dalam "mode build", pemain dapat membangun struktur augmented reality di "Build plates", bekerja sama dengan pemain lain, lalu menjelajahinya dalam ukuran penuh dengan "mode permainan". Baik dalam mode Bangun maupun mode permainan, build plates tersebut dapat muncul ke dunia nyata menggunakan augmented reality (AR) dan kamera ponsel bawaan. Pemain dapat mengumpulkan sumber daya dengan mengumpulkan "sumber daya" di peta dalam game dan dengan menyelesaikan "petualangan" yang mungkin berupa teka-teki, tugas tertentu, atau lokasi virtual dengan entitas bermusuhan untuk dikalahkan. Minecraft Earth memperhitungkan benda fisik seperti pohon dan danau sehingga ada lebih sedikit insiden dan gangguan dengan simulasi AR.[1]

Minecraft Earth mencakup berbagai jenis entitas dalam game yang disebut "mob" yang merupakan variasi eksklusif hewan di Minecraft. Permainan ini memiliki dua mata uang didalamnya: "rubi" dan "minecoin". Rubi dapat diperoleh melalui gameplay atau dibeli dengan uang sungguhan, dan dapat digunakan untuk membeli item yang memengaruhi gameplay seperti "build plate".[2] Minecoin, yang hadir Bedrock di semua edisi Minecraft , hanya dapat dibeli dengan uang sungguhan dan digunakan untuk membeli barang-barang kosmetik, seperti paket tekstur dan skin karakter.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Minecraft Earth menggunakan informasi dari OpenStreetMap untuk informasi peta dan dibangun di atas Microsoft Azure untuk fitur augmented reality.[3] Game ini gratis untuk dimainkan, dan mendukung smartphone Android dan iOS.

Selama Microsoft Build 2015, tim Microsoft HoloLens meluncurkan versi augmented reality dari Minecraft. Pada 8 Mei 2019, sebuah trailer teaser dirilis yang menunjukkan seekor Babi Berlumpur.[4] Minecraft Earth diumumkan pada peringatan 10 tahun Minecraft pada Mei 2019. Microsoft membuat situs web bagi pemain untuk mendaftar untuk beta tertutup yang dirilis selama pertengahan 2019, dan Microsoft bermaksud untuk merilis game dalam peluncuran bertahap. Gameplay multipemain dipamerkan di Apple Worldwide Developers Conference pada Juni 2019.[5]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Versi beta ditutup pertama kali dirilis untuk iOS pada 16 Juli 2019 di Seattle dan London,[6] kemudian di Stockholm, Tokyo, dan Mexico City selama dua hari berikutnya.[7] Pengguna Android di kota-kota ini memperoleh akses ke versi beta tertutup pada 30 Agustus 2019.[8]

Minecraft Earth pertama kali dirilis pada akses awal di Islandia dan Selandia Baru pada 17 Oktober 2019,[9] dan perlahan-lahan diluncurkan di negara lain pada minggu-minggu berikutnya, seperti Amerika Serikat pada November.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Newshub menggambarkan permainan itu sebagai "sangat ambisius".[10]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini dinominasikan untuk "Game VR / AR Terbaik" di Game Critics Awards, dan memenangkan Coney Island Dreamland Award untuk Game AR / VR Terbaik di New York Game Awards.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Minecraft Earth busts out of the box as a Pokemon Go-inspired mobile AR game". PCWorld (dalam bahasa Inggris). 2019-05-17. Diakses tanggal 2020-03-02. 
  2. ^ "Minecraft Earth FAQs". Home (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  3. ^ devindra. "'Minecraft Earth' makes the world your augmented reality playground". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  4. ^ "Minecraft is getting a new AR version - CBBC Newsround" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  5. ^ Warren, Tom (2019-06-03). "Microsoft demos Minecraft Earth at Apple's WWDC event". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  6. ^ "Minecraft Earth starts rolling out in beta in Seattle and London". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  7. ^ Porter, Jon (2019-08-30). "Minecraft Earth Android beta launches in five cities". The Verge (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  8. ^ "'Minecraft Earth' beta is available on Android -- in five cities". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  9. ^ "Minecraft Earth Early Access Begins Today With Iceland & New Zealand". Android Headlines (dalam bahasa Inggris). 2019-10-17. Diakses tanggal 2020-03-02. 
  10. ^ "Minecraft Earth: Believe the hype, this is the next big thing". Newshub (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-02. 
  11. ^ "The New York Video Game Awards 2020; The Outer Worlds Takes GOTY". DualShockers (dalam bahasa Inggris). 2020-01-22. Diakses tanggal 2020-03-02. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]