Konten unduhan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Konten unduhan (Downloadable content, DLC) adalah konten tambahan yang dibuat untuk sebuah permainan video yang dirilis. Ini didistribusikan lewat Internet oleh penerbit resmi permainan tersebut. Konten unduhan dapat memiliki beberapa jenis, dari perubahan aestetik menjadi baru, jalan cerita tambahan, mirip dengan kemasan ekspansi. Sehingga, DLC dapat menambahkan mode-mode permainan, obyek-obyek, level-level, tantangan-tantangan atau fitur-fitur baru lainnya untuk sebuah permainan perilisan lengkap. Ini adalah bentuk dari monetisasi permainan video, yang membolehkan penerbit untuk meraih pendapatan tambahan dari sebuah produk setelah ini dijual dengan menawarkan DLC dengan harga rendah, kemudian memakai jenis sistem mikrotransaksi untuk pembayaran.

Harga[sunting | sunting sumber]

Harga untuk konten unduhan umumnya beragam dari gratis sampai $20.[1] Sejak permainan-permainan Facebook mempopulerisasikan model bisnis mikrotransaksi,[2] beberapa orang mengkritik konten unduhan karena mahal dan mendorong para pengembang untuk meninggalkan item-item keluar dari perilisan awal.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Martin Robinson (2012-07-06). "Molyneux: $50,000 Curiosity DLC "nothing to be ashamed of"". Eurogamer. Diakses tanggal 2013-07-10. 
  2. ^ Chris Morrison (2008-10-29). "A popular Facebook game enrages players by adding micro-transactions". VentureBeat. Diakses tanggal 2013-07-10. 
  3. ^ Ransom-Wiley, James (2006-04-03). "Download Oblivion's horse armor, for a price". Joystiq. Diakses tanggal 2013-12-17.