4chan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
4chan
URL https://www.4chan.org/
Komersial? Ya
Jenis situs Imageboard
Pendaftaran Tidak tersedia (Anonim)
Bahasa Inggris
Pemilik Christopher Poole
Diluncurkan 1 Oktober 2003
Peringkat Alexa 739 (Mei 2015)
Status saat ini Aktif

4chan adalah situs berbagi gambar berbahasa Inggris. Pengguna umumnya memposting secara anonim. 4chan dibagi menjadi berbagai papan dengan konten yang spesifik mereka sendiri dan pedoman. Pendaftaran tidak diperlukan, juga tidak mungkin (kecuali untuk staf). 4chan adalah salah satu situs yang digunakan untuk berbagi gambar yang cukup populer. 4chan sudah banyak terlibat dalam berbagai serangan Internet terkait ‘anonymous’ yang merupakan satu-satunya username yang bisa dipakai penggunanya, kecuali penggunanya membayarkan sekian uang sebagai donasi untuk membantu membayar ongkos yang diperlukan untuk tetap mempertahankan 4chan.

Diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2003, papan yang awalnya digunakan untuk berbagi gambar dan membahas manga dan anime, sebagai situs itu mencontoh situs berbagi gambar dari jepang Jepang, contohnya 2chan. Situs ini dengan cepat menjadi populer dan diperluas, meskipun banyak konten 4chan masih memiliki otaku, anime, dan pengaruh budaya Jepang lainnya.

Situs ini telah dikaitkan dengan subkultur internet dan aktivisme, terutama Proyek Chanology. Pengguna 4chan telah bertanggung jawab untuk pembentukan atau mempopulerkan meme internet seperti lolcats, Rickrolling, "Chocolate Rain", Pedobear dan banyak lainnya. Bagian "Random" dari situs ini, juga dikenal sebagai "/b/", adalah forum pertama situs ini, dan merupakan salah satu yang menerima lalu lintas yang paling banyak[1][2]. Seperti namanya, papan "Random" memiliki aturan minimal pada konten yang dipos. Gawker sekali bercanda menyatakan bahwa "membaca /b/ dapat melelehkan otak Anda".[3]

4chan telah berperan dalam pembajakan tujuan Internet untuk kejahilan, sehingga, misalnya, gambar Rick Astley muncul bukan halaman yang dicari; koordinasi serangan terhadap situs-situs lain dan pengguna Internet; dan reaksi terhadap ancaman kekerasan yang telah diposting di situs. The Guardian sekali meringkas bahwa komunitas 4chan adalah "gila, juvenil, brilian, konyol dan mengkhawatirkan"."[4]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

4chan dimulai pada 2003 di kamar tidur seorang pelajar 15 tahun dari New York City yang bernama Christopher Poole

Pada 1 Januari 2015, moot (nama panggilan Poole di 4chan) mengundurkan diri dari jabatannya sebagai admin situs 4chan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bernstein, M. S., Monroy-Hernandez, A., Harry, D., Andre, P., Panovich, K., & Vargas, G. (2011). "4chan and /b/: An Analysis of Anonymity and Ephemerality in a Large Online Community". MIT Computer Science and Artificial Intelligence Lboratory. Association for the Advancement of Artificial Intelligence. Diakses February 27, 2014. 
  2. ^ Bartlett, Jamie (October 1, 2013). "4chan: The Role of Anonymity in the Meme-Generating Cesspool of the Web". Wired.co.uk. Wired. Diakses February 27, 2014. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Gawker
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama TakingRick

Pranala luar[sunting | sunting sumber]