Daniel Rosenfeld

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Daniel Rosenfeld
Rosenfeld di Tahun 2011
Rosenfeld di Tahun 2011
Informasi latar belakang
JulukanC418
Lahir9 Mei 1989 (umur 31)
Jerman Timur
Genre
PekerjaanMusisi, komposer, teknisi suara
Tahun aktif2004–sekarang
LabelGhostly International
Artis terkait
Situs webc418.org c418.bandcamp.com

Daniel Rosenfeld (lahir 9 Mei 1989) atau sering disebut C418, adalah musisi, produser dan komposer musik/efek suara dari Jerman Timur, tepatnya di Kota Berlin. Dia dikenal sebagai komposer dan perancang musik untuk video game Minecraft. Dia juga memproduksi berbagai efek suara untuk permainan tersebut, seperti derap langkah kaki, suara para mobs dan sebagainya. Album musik yang dirilisnya cukup banyak, mulai dari 148, One, Little Things, 2 Years Of Failure, Minecraft - Volume Alpha/Beta yang mencakup semua musik soundtrack Minecraft, dan sebagainya.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Rosenfeld, anak seorang pandai emas Soviet dan seorang ibu berkebangsaan Jerman, lahir dan dibesarkan di Jerman Timur sebelum Tembok Berlin diruntuhkan. Dia mengatakan bahwa ia belajar membuat musik di awal tahun 2000an dengan versi-versi awal Schism Tracker dan Ableton Live yang merupakan dasar pembelajaran pada saat itu. Dia juga mengatakan bahwa saudaranya yang mengenalkan cara mengkomposisi musik padanya. Saudaranya bercerita tentang Ableton Live, berkomentar bahwa "bahkan seorang idiot" dapat berhasil menciptakan musik dengan itu.

Musik Untuk Minecraft[sunting | sunting sumber]

Belajar di bawah batasan yang ia alami di awal kehidupannya ternyata membantu Rosenfeld saat ia mulai berkolaborasi dengan pencipta Minecraft Markus "Notch" Persson . Soundtrack di game Minecraft masih tidak terlalu kuat, jadi Rosenfeld harus kreatif dalam pendekatannya untuk menciptakan efek suara dan musik.

Sebagai seorang seniman lepas, Rosenfeld tidak bekerja di Mojang, perusahaan perancang Minecraft. Rosenfeld masih memiliki hak atas semua musik dalam game tersebut. Dan untuk memenuhi keinginan Persson, dia telah merilis dua album yang memuat lagu-lagu dari soundtrack Minecraft. Soundtrack pertama, Minecraft - Volume Alpha, dirilis pada tanggal 4 Maret 2011. Situs web (blog) video game Kotaku memilih musik Minecraft sebagai salah satu soundtrack video game terbaik tahun 2011. Pada tanggal 9 November 2013, Rosenfeld merilis soundtrack resmi kedua untuk Minecraft, berjudul Minecraft - Volume Beta. Album ini memuat lebih banyak musik ke versi game Minecaft yang lebih baru. Minecraft - Volume Alpha pertama kali dirilis dalam format fisik Ghostly International pada tahun 2015.

Persson dan Rosenfeld bekerja sama lagi untuk membuat soundtrack salah satu video game hasil karya Mojang yang berjudul 0x10c, tapi permainan ini tidak pernah dirilis, dan Persson akhirnya menghentikan produksi game ini pada bulan Agustus 2013.

Referensi[sunting | sunting sumber]