Sonic the Hedgehog (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sonic the Hedgehog
SonicMovieTeaser.jpeg
Poster perilisan teater
SutradaraJeff Fowler
Produser
Skenario
Cerita
  • Van Robichaux
  • Evan Susser
Berdasarkan
Pemeran
MusikJunkie XL
SinematografiStephen F. Windon
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 14 Februari 2020 (2020-2-14) (Amerika Serikat)
Negara
  • Jepang
  • Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$95 Juta[1]

Sonic the Hedgehog adalah film komedi petualangan yang akan datang[2] berdasarkan franchise Sonic the Hedgehog oleh Sega. Film ini disutradarai oleh Jeff Fowler (dalam debut sutradara fitur-nya) dari skenario oleh Patrick Casey, Josh Miller, dan Oren Uziel dan sebuah cerita oleh Casey dan Miller. Dibintangi oleh Ben Schwartz sebagai suara Sonic dan Jim Carrey sebagai musuh bebuyutannya, Doctor Robotnik, bersama dengan James Marsden dan Tika Sumpter. Dalam film itu, sheriff kota kecil membantu Sonic ketika ia berusaha melarikan diri dari Dr. Robotnik dan pemerintah.

Pada 2013, Sony Pictures memperoleh hak film untuk waralaba, dan pada 2014, memiliki adaptasi film dalam pengembangan. Fowler disewa untuk mengarahkan pada 2016. Setelah Sony mengubah proyek, Paramount Pictures memperolehnya pada 2017, dan sebagian besar pemain telah menandatangani pada Agustus 2018. Pembuatan film berlangsung antara Juli dan Oktober 2018 di Ladysmith dan Parksville pada Pulau Vancouver, dan di Vancouver, Inggris Kolombia, Kanada. Film ini adalah produksi bersama internasional antara Amerika Serikat dan Jepang.

Sonic the Hedgehog pada awalnya dijadwalkan akan dirilis di AS pada 8 November 2019, tetapi setelah reaksi yang sangat negatif terhadap trailer pertama, dirilis pada 30 April, Paramount menunda film tersebut hingga 14 Februari 2020 untuk merancang ulang Sonic, yang desain asli yang paling menarik kritik. Desain ulang, diresmikan dalam trailer baru untuk film ini, mendapat reaksi yang jauh lebih positif dari penggemar.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sonic adalah landak biru cepat dari dunia lain, yang datang ke Bumi untuk melarikan diri dari penjahat yang berusaha memanfaatkan kekuatan kecepatan supernya. Setelah secara tidak sengaja menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran saat bersembunyi di kota Green Hills, Montana, ia menjadi sasaran pemerintah dan mereka menyewa robotik jahat Dr. Robotnik untuk memburunya. Sementara itu, mantan perwira SFPD yang berubah menjadi sheriff Green Hills Tom Wachowski bertemu Sonic dan harus membantunya menghindari penangkapan, mengumpulkan cincinnya, dan menghentikan Robotnik dari menggunakan kekuatan Sonic untuk menguasai dunia.[3]

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

  • Ben Schwartz sebagai suara Sonic, landak biru antropomorfik ekstraterestrial yang dapat berlari dengan kecepatan supersonik dan sedang dalam pelarian dari pemerintah.
  • James Marsden sebagai Tom Wachowski, mantan perwira SFPD yang berubah menjadi sheriff baru di Green Hills, Montana yang berteman dengan Sonic dan membantu dia dalam upayanya untuk menghentikan Dr. Robotnik.
  • Adam Pally sebagai rekan polisi Green Hills dan teman Tom Wachowski.

Selain itu, Lee Majdoub muncul sebagai Stone, agen yang bekerja sama dengan Dr. Robotnik. Frank C. Turner juga muncul sebagai Crazy Carl. Natasha Rothwell, Debs Howard, Elfina Luk Riff Raff dan Garry Chalk berperan dalam peran yang dirahasiakan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sony Pictures Entertainment memperoleh hak untuk memproduksi dan mendistribusikan film berdasarkan Sonic the Hedgehog pada 2013. Pada 10 Juni 2014, sebuah film animasi laga hidup berbasiskan Sonic the Hedgehog diumumkan sebagai perusahaan patungan antara Sony Pictures dan Marza Animation Planet. Ini akan diproduksi oleh Neal H. Moritz oleh spanduk Film Asli bersama Takeshi Ito, Mie Onishi, dan Toru Nakahara, dan ditulis oleh Evan Susser dan Van Robichaux. Pada bulan Februari 2016, CEO Sega Hajime Satomi menyatakan film ini dijadwalkan untuk tahun 2018. Blur Studio Tim Miller dan Jeff Fowler dipekerjakan pada tahun 2016 untuk mengembangkan film; Fowler akan memulai debutnya sebagai sutradara fitur, dan baik Miller maupun Fowler akan memproduksi eksekutif. Patrick Casey, Josh Miller, dan Oren Uziel sedang menulis skenario.

Pada tanggal 2 Oktober 2017, Paramount Pictures mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh hak setelah Sony Pictures Columbia Pictures membuat film menjadi turnaround. Namun, sebagian besar tim produksi tetap tidak berubah. Pada bulan Februari 2018, diumumkan bahwa film tersebut akan dirilis pada bulan November 2019. Tapi pada 24 Mei, film ini diundur menjadi 14 Febuari 2020

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Mei 2018, dilaporkan bahwa Paul Rudd sedang dalam pembicaraan untuk peran utama sebagai Tom, "seorang polisi yang berteman dengan Sonic dan kemungkinan akan bekerja sama untuk mengalahkan Dr. Eggman," tetapi kemudian ditolak. Sehari kemudian, diumumkan bahwa James Marsden berperan dalam peran yang dirahasiakan, tetapi kemudian terungkap sebagai Tom Wachowski. Pada Juni 2018, Tika Sumpter sebagai pemeran suara. Jim Carrey berperan untuk memainkan penjahat, Dr. Robotnik. Pada bulan Agustus 2018, Ben Schwartz bergabung dengan para pemeran film menyuarakan karakter judul. Beberapa hari kemudian, Adam Pally dan Neal McDonough sebagai pemeran suara. Debs Howard dan Elfina Luk bergabung dengan para pemeran.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Tempat pemotretan berlangsung dari 24 Juli 2018 dan berakhir di Vancouver, Ladysmith, dan Pulau Vancouver pada 16 Oktober 2018. Pasca produksi dan fotografi tambahan dimulai dan berakhir pada Oktober di New York, tempat Jim Carrey merekam adegannya.

Efek dan desain visual[sunting | sunting sumber]

Efek visual disediakan oleh Industrial Light & Manic (ILM), Blur Studio, Digital Domain dan Moving Picture Company (MPC). Tim produksi menciptakan versi realistis Sonic, menambahkan bulu, sepatu lari baru, dua mata yang terpisah, dan tubuh yang lebih mirip manusia. Mereka menggunakan Ted, boneka beruang hidup dari film Ted, sebagai referensi untuk memasukkan karakter CG ke dalam pengaturan dunia nyata. Produser eksekutif Tim Miller mengatakan: "Itu akan aneh dan akan terasa seperti dia berlarian telanjang jika dia semacam hal yang berang-berang. Itu selalu, bagi kami, bulu, dan kami tidak pernah menganggap sesuatu yang berbeda. Itu bagian dari apa yang mengintegrasikannya ke dunia nyata dan menjadikannya makhluk nyata. " Menurut Miller, Sega tidak "sepenuhnya bahagia" dengan desain mata Sonic. Penampilan humanoidnya telah digambarkan sebagai sesuatu yang membangkitkan respons menjijikkan dari kesukaan oleh pemirsa.

Reaksi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Mei 2019, dua hari setelah rilis trailer, Fowler mengumumkan di Twitter bahwa Sonic akan dirancang ulang sebelum rilis film, karena reaksi penonton terhadap desain di trailer pertama dan suntingan yang lebih diterima dengan baik. Tanggal rilis November film tetap tidak berubah, memicu kekhawatiran bahwa perombakan desain karakter utama akan menyebabkan tim efek visual terlalu banyak bekerja. Namun pada 24 Mei 2019, Jeff Fowler mengumumkan di Twitter bahwa film dimundur ke 14 Februari 2020.

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2019, Junkie XL menandatangani untuk membuat skor untuk Sonic the Hedgehog. Riff Raff, yang memiliki peran dalam film ini, juga akan muncul di soundtrack.[4]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Cuplikan tes diputar di Comic Con Experience di Brazil pada 6 Desember 2018. Poster teaser dirilis pada 10 Desember 2018, mengungkapkan Sonic yang didesain ulang. Desain menerima respon negatif dari para kritikus dan penggemar, dan dibandingkan dengan film video game 2019 adaptasi lainnya, Pokémon: Detective Pikachu, yang menambahkan tekstur bulu dan kulit pada karakter Pokemon. Mantan anggota Tim Sonic, yang menciptakan game Sonic the Hedgehog yang asli, menyatakan terkejut dengan desain tersebut.

Poster kedua untuk film ini bocor secara online tak lama setelah rilis yang pertama. Penggemar mengeluhkan kurangnya kemiripan dengan permainan dan mengkritik posisi kaki Sonic, muncul sebagai meme internet di mana pengguna menciptakan kembali posisi tersebut. Akun Twitter resmi untuk film tersebut memposting gambar Sonic di belakang papan bertuliskan: "Tidak bisakah seorang pria berolahraga?" Gambar desain Sonic bocor pada Maret 2019 untuk lebih banyak kritik penggemar. Mantan presiden Tim Sonic dan co-pencipta Sonic Yuji Naka "terkejut" dengan desain dan merasa rasio kepala dan perut Sonic tidak seimbang.

Trailer pertama ditayangkan pada 4 April 2019 di CinemaCon di Las Vegas, dan dirilis secara online pada 30 April. Sebagian besar menerima penerimaan negatif, dengan Gita Jackson dari Kotaku menyebutnya "mengerikan" "dan" hawar di atas bumi yang lelah ini ". Desain Sonic dikritik, terutama untuk penampilan humanoidnya, dan beberapa penulis menemukan penggunaan Coolio's "Gangsta's Paradise" sebagai musik latar yang aneh dan tidak pantas. Sebaliknya, Seet Keane dari CNET memuji humor dan referensi ke gim-gim tersebut. Dalam 24 jam trailer tersebut menerima lebih dari 12 juta tampilan dengan lebih dari 175.000 suka versus lebih dari 268.000 tidak suka. Dalam dua hari setelah rilis, trailer tersebut telah dilihat lebih dari 20 juta kali di YouTube.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Sonic the Hedgehog pada awalnya dijadwalkan untuk rilis 2018 oleh Columbia Pictures; namun, Paramount Pictures menjadwal ulangnya hingga 15 November 2019. Film ini akan dirilis lagi di Amerika Serikat seminggu sebelumnya pada 8 November 2019. Pada Mei 2019, Jeff Fowler mengumumkan bahwa film akan lagi ditunda, kali ini diundur ke 14 Februari 2020, untuk "membuat Sonic lebih benar" menyusul pengumuman desain ulang karakter.[5]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sharf, Zack (November 18, 2019). "'Sonic' Redesign Cost Paramount Nowhere Near the $35 Million That's Been Rumored". IndieWire. Diakses tanggal November 18, 2019. 
  2. ^ Zemler, Emily; Zemler, Emily (2019-11-12). "Watch Jim Carrey Hunt Sonic the Hedgehog in New Trailer". Rolling Stone (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-12. 
  3. ^ Sneider, Jeff (2018-08-09). "Exclusive: 'Sonic the Hedgehog' Movie Adds MCU Veterans Adam Pally, Neal McDonough". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-12. 
  4. ^ Jones, Biz (2019-05-01). "Riff Raff Reveals Role In New SONIC THE HEDGEHOG Movie". www.sohh.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-12. 
  5. ^ "Sonic The Hedgehog Redesign Delays Movie To 2020". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]