Pasifik Barat Laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasifik Barat Laut
Cascadia
Kiri-kanan dari atas: Cakrawala Seattle dan Gunung Rainier, Air Terjun Multnomah, Danau Crater, Cakrawala Vancouver, Black Tusk, Pantai Cannon, Cakrawala Portland dan Gunung Hood
Composition
Wilayah metropolitan besar
DialekBahasa Inggris Pasifik Barat Laut
Pasifik Barat Laut dari luar angkasa.

Pasifik Barat Laut (Inggris: Pacific Northwest, PNW), terkadang disebut sebagai Cascadia, adalah wilayah geografis di Amerika Utara bagian barat yang dibatasi oleh perairan pesisir Samudra Pasifik di barat dan, secara longgar, oleh Pegunungan Rocky di timur. Meskipun tidak ada batasan resmi, konsep yang paling umum mencakup negara bagian Oregon, Washington, Idaho utara, dan provinsi British Columbia di Kanada. Beberapa konsepsi yang lebih luas menjangkau utara hingga Alaska dan Yukon, selatan hingga California utara, dan timur hingga Montana barat. Konsepsi lain mungkin terbatas pada wilayah pesisir sebelah barat pegunungan Cascade dan Coast.

Pesisir Barat Laut adalah wilayah pesisir Barat Laut Pasifik, dan Dataran Tinggi Barat Laut (juga dikenal sebagai "Pedalaman" di British Columbia), adalah wilayah pedalaman.[1] Istilah "Pasifik Barat Laut" tidak sama dengan Wilayah Barat Laut (juga dikenal sebagai Barat Laut Raya, istilah sejarah di Amerika Serikat) atau Wilayah Barat Laut Kanada. Wilayah ini kadang-kadang disebut sebagai Cascadia, yang dipengaruhi oleh perbatasannya, mungkin sama atau mungkin tidak sama dengan Pasifik Barat Laut.

Wilayah metropolitan terbesar di wilayah ini adalah Seattle Raya, Washington, dengan 4 juta orang;[2] Metro Vancouver, British Columbia, dengan 2,84 juta orang;[3] dan Portland Raya, Oregon, dengan 2,5 juta orang.[4]

Budaya Pasifik Barat Laut dipengaruhi oleh perbatasan Kanada-Amerika Serikat, yang didirikan oleh Amerika Serikat dan Inggris pada saat penduduk wilayah tersebut sebagian besar terdiri dari masyarakat adat. Dua bagian perbatasan—satu di sepanjang paralel ke-49 di selatan British Columbia dan satu lagi di antara Alaska Panhandle dan British Columbia utara—telah meninggalkan dampak besar di wilayah tersebut. Menurut sejarawan Kanada Ken Coates, perbatasan tidak hanya mempengaruhi Pasifik Barat Laut—sebaliknya, "sejarah dan karakter kawasan ditentukan oleh perbatasan".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Interior Savings Centre in Kamloops, British Columbia". Interiorsavingscentre.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 12, 2010. Diakses tanggal August 18, 2010. 
  2. ^ "Best Places to Live in Seattle-Tacoma-Bellevue, Washington Metro Area (WA)". Bestplaces.net. Diakses tanggal August 18, 2010. 
  3. ^ Government of Canada, Statistics Canada (2021-01-14). "Population estimates, July 1, by census metropolitan area and census agglomeration, 2021 boundaries". www150.statcan.gc.ca. Diakses tanggal 2021-04-17. 
  4. ^ "Doing Business in Portland, Oregon". Business.GOV. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 10, 2009. Diakses tanggal December 12, 2009. 
  5. ^ Coates, Ken S. (2002). "1. Border Crossings". Dalam Findlay, John M.; Coates, Ken S. Parallel Destinies: Canadian-American Relations West of the Rockies. University of Washington Press. hlm. 3–5. ISBN 978-0-295-98252-6. Diakses tanggal December 14, 2010.