Pegunungan Coast

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pegunungan Coast yang diambil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dari luar angkasa, Pegunungan Rocky Kanada terlihat di sebelah kanan

Pegunungan Coast (bahasa Prancis: La chaîne Côtière) adalah sebuah pegunungan utama di kawasan Pegunungan Pantai Pasifik di Amerika Utara bagian barat, yang membentang dari barat daya Yukon hingga Alaskan Panhandle dan hampir seluruh Pantai British Columbia di selatan hingga Sungai Fraser.[1] Nama pegunungan ini diambil dari kedekatannya dengan pesisir. Pegunungan ini mencakup pegunungan vulkanik dan non-vulkanik serta padang es yang luas di Pasifik dan Pegunungan Boundary, dan ujung utara sistem vulkanik yang dikenal dengan nama Pegunungan Riam.[2] Pegunungan Coast adalah bagian dari sistem pegunungan yang lebih besar yang disebut Pegunungan Pantai Pasifik atau Sistem Pegunungan Pasifik, yang meliputi Pegunungan Cascade, Pegunungan Insular, Pegunungan Olympic, Pegunungan Pantai Oregon, Pegunungan Pantai California, Pegunungan Saint Elias, dan Pegunungan Chugach.[2][3] Pegunungan Coast juga merupakan bagian dari American Cordillera―istilah bahasa Spanyol untuk rantai pegunungan yang luas―yang terdiri dari rangkaian pegunungan yang hampir terus menerus yang membentuk tulang punggung bagian barat Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Antartika.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BC Geographical Name: Coas Mountains". Geo BC - British Columbia. Diakses tanggal 21 Maret 2024. 
  2. ^ a b "Coast Mountains | Coastal Range, Pacific Ranges & British Columbia | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-21. 
  3. ^ "Coast Mountains - Peakbagger.com". www.peakbagger.com. Diakses tanggal 2024-03-21.