Pokémon: Detective Pikachu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pokémon: Detective Pikachu
Pokémon Detective Pikachu teaser poster.jpg
Poster rilis teater
SutradaraRob Letterman
Produser
  • Mary Parent
  • Cale Boyter
  • Hidenaga Katakami
  • Don McGowan
  • Greg Baxter
  • Cliff Lanning
  • Ali Mendes
Skenario
Cerita
BerdasarkanDetective Pikachu
oleh The Pokémon Company[a]
Pemeran
MusikHenry Jackman[1]
SinematografiJohn Mathieson
Penyunting
Perusahaan
produksi
Distributor
  • Warner Bros. Pictures (Seluruh Dunia)
  • Toho (Jepang)
Tanggal rilis
  • 3 Mei 2019 (2019-5-3) (Jepang)
  • 8 Mei 2019 (2019-5-8) (Indoensia)
  • 10 Mei 2019 (2019-5-10) (Amerika Serikat)
Durasi
104 Menit
Negara
  • Amerika Serikat
  • Jepang
BahasaInggris
Anggaran$150 Juta[2]
Pendapatan kotor$433 Juta[3]

Pokémon: Detective Pikachu adalah film misteri fantasi 2019 yang disutradarai oleh Rob Letterman. Berdasarkan franchise Pokémon yang dibuat oleh Satoshi Tajiri dan berfungsi sebagai adaptasi dari video game 2016 dengan nama yang sama, ini ditulis oleh Letterman, Dan Hernandez, Benji Samit dan Derek Connolly, dari sebuah cerita oleh Hernandez, Samit dan Nicole Perlman. Film ini diproduksi oleh Legendary Pictures bekerja sama dengan Toho. Ini adalah film Pokemon laga hidup pertama.[4] Ryan Reynolds berperan sebagai suara dan penangkap gerak wajah Pikachu, dengan Justice Smith, Kathryn Newton, Suki Waterhouse, Omar Chaparro, Chris Geere, Ken Watanabe dan Bill Nighy dalam peran laga hidup.

Pembuatan film berlangsung dari Januari hingga Mei 2018 di Colorado, Inggris, dan Skotlandia. ini dirilis di Jepang pada 3 Mei 2019, dan di Amerika Serikat pada 10 Mei 2019, didistribusikan oleh Warner Bros Pictures di RealD 3D dan Dolby Cinema.[5] Ini adalah film Pokémon pertama yang didistribusikan secara teatrikal di Amerika Serikat oleh Warner Bros sejak Pokémon 3: The Movie (2001).

Detektif Pikachu menerima ulasan beragam dari para kritikus, yang memuji efek visual, desain makhluk, dan kinerja Reynolds, tetapi mengkritik cerita dan skrip sebagai formula.[6] Dengan pendapatan kotor di seluruh dunia lebih dari $ 431 juta, ini adalah adaptasi video game video terlaris kedua sepanjang masa. Pengembangan sekuel diumumkan pada Januari 2019, sebelum perilisan film.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di alam Pokémon, Tim Goodman adalah seorang penjual asuransi berusia 21 tahun yang melepaskan mimpinya menjadi pelatih Pokémon setelah kematian ibunya dan menjadi terasing dari ayahnya, Harry Goodman. Tim dihubungi oleh polisi dari Ryme City, sebuah kota tempat manusia dan Pokemon hidup bersama dalam damai dan menangkap serta melawan Pokémon dilarang, dan memberi tahu ayahnya telah meninggal dalam kecelakaan mobil.

Saat berkunjung melalui apartemen Harry, Tim bertemu dengan Pikachu berpakaian deerstalker yang mampu berbicara dengan Tim dan dipahami olehnya. Mereka diserang oleh sekelompok Aipom di bawah pengaruh gas ungu yang secara tidak sengaja dilepaskan Tim, tetapi melarikan diri. Di sebuah kafe, Pikachu menjelaskan dia menderita amnesia dan satu-satunya petunjuk identitasnya adalah nama dan alamat Harry di topinya, membuatnya percaya bahwa dia adalah mitra Harry. Karena Pikachu selamat dari kecelakaan mobil, dia menduga Harry juga selamat.

Tim menunjukkan botol gas itu ke seorang jurnalis yang ingin tahu, Lucy Stevens, dan dia mengarahkannya ke Ryme Wharf. Mereka bertemu dengan informan Harry, Mr. Mime, yang mengarahkan mereka ke arena pertempuran Pokemon ilegal. Pemilik arena, Sebastian, mengakui Pikachu, yang telah melukai Charizard-nya dalam pertempuran sebelumnya, dan menuntut pertandingan ulang. Sebastian meminum Charizard dengan gas ungu, mengaduknya menjadi kemarahan yang hebat, dan Pikachu tidak dapat memanggil kekuatan listriknya untuk melawan. Saat berusaha menyelamatkan Pikachu, Tim mengetuk Sebastian dan menghancurkan beberapa botol gas di pakaiannya, membuat Pokémon arena menjadi hiruk-pikuk. Arena tersebut digerebek oleh polisi dan letnan Hideo Yoshida menunjukkan rekaman kamera keamanan Tim dari kecelakaan Harry untuk meyakinkannya bahwa Harry tidak mungkin selamat.

Tim dan Pikachu dihubungi oleh Howard Clifford, pendiri Ryme City yang percaya hidup dengan Pokémon bermanfaat bagi kondisinya yang sakit. Howard menunjukkan kepada Tim sebuah rekreasi holografik dari tabrakan mobil, mengungkapkan Harry selamat dan ditangkap oleh Mewtwo, yang menghapus ingatan Pikachu. Howard memperingatkan Tim bahwa putranya Roger ada di belakang gas, "R", dan mengatakan kepadanya jika dia menemukan Mewtwo, dia dapat menemukan ayahnya. Tim dan Pikachu merekrut Lucy dan melakukan perjalanan ke fasilitas laboratorium yang sedang diselidiki Harry, yang telah bereksperimen pada Mewtwo dan mensintesis R dari gennya. Mereka diserang oleh Greninja yang ditingkatkan secara genetis dan Pikachu terluka parah saat melarikan diri. Tim berhasil berkomunikasi dengan Bulbasaur untuk mendapatkan bantuan, dan Bulbasaur membawa Tim ke tempat terbuka di mana mereka bertemu Mewtwo. Mewtwo menyembuhkan Pikachu, tetapi sebelum dapat mengungkapkan niatnya, ia ditangkap oleh Roger. Mendapatkan kembali ingatannya untuk membantu Mewtwo melarikan diri, Pikachu yakin dia telah mengkhianati Harry dan meninggalkan Tim untuk kembali ke Ryme City sendirian.

Pikachu datang melintasi area tempat Harry jatuh dan menemukan bukti bahwa itu adalah Greninja, bukan Mewtwo, yang bertanggung jawab. Di Ryme City, Howard mengungkapkan Mewtwo ke Tim dan mengambil kendali tubuhnya menggunakan helm neural-link. Howard menjelaskan bahwa Mewtwo dapat memadukan manusia dan Pokémon, memungkinkan manusia untuk berevolusi seperti Pokémon, teti ini hanya dapat dilakukan jika pikiran Pokemon dalam keadaan bingung, sehingga kebutuhan akan gas R. Howard melepaskan R di seluruh kota menggunakan balon parade dan menggunakan kekuatan Mewtwo untuk mulai menyatukan manusia dengan Pokemon mereka. Pikachu tiba dan memanggil kekuatan listriknya untuk bertarung di Mewtwo sementara Tim melawan pengawal Howard, Norman, yang menyatakan dirinya sebagai Ditto yang dimodifikasi secara genetika yang juga menyamar sebagai Roger. Dengan bantuan Roger yang sebenarnya, Tim menaklukkan Ditto dan melepaskan helm Howard, membebaskan Mewtwo dari kendalinya.

Mewtwo mengembalikan penduduk kota ke normal, Howard ditangkap, dan Roger mempekerjakan Lucy sebagai reporter penuh waktu, dengan Tim memberi selamat padanya setelah itu dengan mengajaknya berkencan. Mewtwo menjelaskan bahwa Harry membantu Mewtwo melarikan diri tetapi diserang oleh Greninja, dan Pikachu secara sukarela menyatukan dirinya dengan Harry untuk menyelamatkan hidupnya, pengalaman menghapus ingatan mereka sendiri. Mewtwo memisahkan keduanya dan Harry bersatu kembali dengan Tim dalam tubuh manusianya, dan Tim memutuskan untuk tinggal di Ryme City untuk belajar bagaimana menjadi seorang detektif dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan Pikachu, Lucy, dan Harry.

Pemeran Suara[sunting | sunting sumber]

  • Ryan Reynolds sebagai:
    • Detective Pikachu, seorang detektif kelas dunia dan Pikachu yang sangat pintar berbicara yang hanya bisa dipahami oleh Tim. Reynolds melakukan pengambilan suara dan gerak wajah untuk karakter tersebut.
      • Ikue Ōtani memberikan suara normal Detektif Pikachu seperti yang didengar oleh semua orang selain Tim. Ōtani mengulang perannya dari serial animasi dan video game Pokémon.
    • Harry Goodman, Ayah Tim yang hilang dan seorang detektif kepolisian Kota Ryme.
  • Justice Smith sebagai Tim Goodman, mantan pelatih Pokémon yang mencari ayahnya yang hilang; dia juga mitra Detektif Pikachu, dan satu-satunya orang yang bisa mendengarnya berbicara.
    • Max Fincham sebagai Tim Goodman Muda.
  • Kathryn Newton sebagai Lucy Stevens, seorang reporter kecil yang ditemani oleh seorang Psyduck.
  • Suki Waterhouse sebagai Ms. Norman / Ditto, Ditto yang dimodifikasi secara genetis Howard yang bahkan dapat mengambil penyamaran manusia, terutama sebagai pengawal Howard, Ms. Norman dan Roger.
  • Omar Chaparro sebagai Sebastian, seorang pelatih Pokémon yang menjalankan arena pertempuran Ryme City Pokémon rahasia yang ditemani oleh Charizard.
  • Chris Geere sebagai Roger Clifford, putra Howard dan presiden Clifford Enterprises.
  • Ken Watanabe sebagai Detektif Hideo Yoshida, seorang veteran letnan polisi Kota Ryme dan teman Harry yang ditemani oleh Snubbull.
  • Bill Nighy sebagai Howard Clifford, visioner penyandang cacat di belakang Ryme City dan pendiri Clifford Enterprises.
  • Rita Ora sebagai Dr. Ann Laurent, seorang ilmuwan untuk Clifford Enterprises bereksperimen pada Mewtwo.
  • Karan Soni sebagai Jack, teman Tim yang merupakan pelatih Pokémon.
  • Josette Simon sebagai "Grams", nenek Tim yang merawatnya setelah kematian ibu Tim.
  • Kadiff Kirwan sebagai Walikota Kota Ryme
  • Rina Hoshino dan Kotaro Watanabe sebagai Mewtwo (suara)
  • Rachael Lillis sebagai Jigglypuff (arsip rekaman suara).

Selain itu, Diplo muncul sebagai dirinya sendiri, DJ yang tampil di arena Pokémon Sebastian. Ryoma Takeuchi, yang memberikan suara tim dijuluki Jepang, memiliki cameo sebagai pelatih Pokémon dalam video Tim watch. Dalam adegan yang dihapus, Rob Delaney muncul sebagai rekan kerja Tim di perusahaan asuransi.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Film ini secara resmi diumumkan pada Juli 2016,[7] meskipun Legendary Pictures dilaporkan dalam pembicaraan pada awal April tahun itu. Pokémon Company dan Letterman ingin mengadaptasi Detective Pikachu karena minat mereka dalam membuat film yang berfokus pada karakter lain selain Ash Ketchum, protagonis dari serial TV animasi Pokémon. Di tempat itu, Letterman menyatakan, Gagasan berbicara Pokemon berasal dari konsep awal untuk serial TV 1990-an, tetapi dibatalkan ketika pengembang game asli, Game Freak, tidak puas dengan konsep. Gagasan itu dihidupkan kembali untuk game spin-off Detektif Pikachu 2016. Letterman mengatakan bahwa mereka "menghabiskan satu tahun merancang semua karakter sebelum pemotretan sehingga kita bisa menyelesaikannya dengan benar".

Rob Letterman direkrut untuk mengarahkan film pada 30 November 2016, dan studio berproduksi cepat mulai pada 2017.[8] Pada 16 Agustus 2016, Nicole Perlman dan Alex Hirsch sedang bernegosiasi dengan Legendary untuk menulis skenario.

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Pada November 2017, Justice Smith berperan sebagai pemeran utama manusia, dengan Kathryn Newton ditambahkan ke costar setelah sesi intens membaca dan menguji aktris yang berhadapan dengan Smith. Newton mengalahkan Natalia Dyer, Haley Lu Richardson, dan Katherine Langford untuk peran tersebut.[9] Pada bulan Desember 2017, Ryan Reynolds berperan dalam peran judul, digambarkan melalui Tangkapan gerak dan suara. Aktor lain yang dipertimbangkan untuk peran ini adalah Danny DeVito, Dwayne Johnson, Mark Wahlberg dan Hugh Jackman. Pada bulan Januari 2018, dengan dimulainya produksi, Ken Watanabe, Bill Nighy dan Chris Geere bergabung dengan para pemain, pada Februari 2018, Suki Waterhouse dan Rita Ora ditambahkan juga, dan pada April 2018 , Omar Chaparro telah ditandatangani.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Produksi utama dimulai pada 15 Januari 2018, di London, Inggris dan Denver, Colorado.[10] Sembilan hari kemudian, Legendary mengumumkan bahwa fotografi utama telah resmi dimulai. Sebagian besar interaksi yang diatur dan referensi vokal untuk Pikachu diisi oleh Jon Bailey. Namun, semua dialognya dijuluki oleh Ryan Reynolds. Fotografi uatama berakhir pada 1 Mei 2018. Beberapa syuting berlangsung di Shepperton Studios, Warner Bros Studios, Leavesden, dan Minley Woods di Hampshire, daerah pedesaan Colorado, tepat di luar Denver dan Colorado Springs; dan Skotlandia. Pembuatan film juga berlangsung di Anchor Wharf di Chatham Historic Dockyard di Kent.

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Efek visual film ini disediakan oleh Moving Picture Company (MPC), Framestore, Image Engine, Rodeo FX, dan Instinctual VFX. Sebagian besar efek visual disediakan oleh tim yang sama di belakang The Jungle Book, Fantastic Beasts and Where to Find Them, dan The Lion King. Letterman membandingkan efek visual dengan karakter Rocket Raccoon dari Guardians of the Galaxy: "Mereka secara teknis, beberapa efek visual paling canggih di dunia ... Ini benar-benar foto-realistis, seperti mereka masih hidup dan dalam film." Rekaman audio tambahan dari pertarungan antara Detektif Pikachu dan Charizard direkam di Pokémon World Championships 2018.[11]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada awal November 2018, dengan film dalam fase pasca-produksi, tes layar diadakan untuk versi film yang tidak lengkap, yang menarik reaksi positif yang sangat besar dari penonton tes, dengan pujian diarahkan pada naskah, efek visual, dan Reynolds ' kinerja.

Trailer resmi pertama film itu dirilis pada 12 November 2018. Warner Bros mengungkapkan versi trailer dalam bahasa Inggris bersama dengan versi yang dijuluki dalam bahasa Spanyol, Prancis, Italia dan Jerman. Segera menjadi video trending teratas di YouTube. dan topik trending teratas di Twitter. sambil menginspirasi banyak meme internet dan video reaksi. Dalam 24 jam, trailer konsep tinggi ini mengumpulkan lebih dari 100 juta penonton di berbagai platform media online dan sosial. Di YouTube, trailer berbahasa Inggris ini mengumpulkan lebih dari 1 juta suka dalam dua hari, dan 1,22 juta suka dalam lima hari. Di Twitter, ia membuat rekor baru lebih dari 400.000 sebutan pada hari trailer tersebut diungkap. Trailer kedua, menampilkan penampilan Mewtwo, dirilis pada 26 Februari 2019. Sebelum rilis trailer, Ryan

Pada 30 November 2018, Letterman, Smith, dan Newton muncul di panggung selama acara Tokyo Comic-Con

Pada tanggal 7 Mei 2019, beberapa hari sebelum film dijadwalkan rilis di Amerika Serikat, saluran YouTube bernama "Inspector Pikachu" mengunggah video yang dimaksudkan untuk menjadi unggahan dari film penuh. Mencakup hampir 1,75 jam panjangnya, video muncul untuk menunjukkan menit pembukaan film sebelum menghabiskan sisa runtime yang menggambarkan Detective Pikachu melakukan aerobik untuk lagu "Wanna Dance!" oleh seniman synthwave Theo Kirsh. Reynolds membantu dalam prank, mempostingnya di Twitter seolah-olah dia sedang memperingatkan Warner Bros dan akun resmi film tentang kedua akun Inspektur Pikachu dan dugaan unggahan bajakan di YouTube.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Detektif Pikachu mendapat $ 144,1 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 288,9 juta di wilayah lain, dengan total dunia $ 433 juta, dibandingkan dengan anggaran produksi $ 150 juta.[12]

Di Amerika Serikat dan Kanada, film ini dirilis bersama Tolkien, Poms dan The Hustle, dan diproyeksikan untuk menghasilkan $ 50-70 juta dari 4.202 bioskop. Film ini menghasilkan $ 20,7 juta pada hari pertama, termasuk $ 5,7 juta dari preview Kamis malam, kedua catatan untuk film berdasarkan video game. Ia melanjutkan ke debut menjadi $ 54,4 juta, menempatkan kedua di belakang Avengers: Endgame. Itu adalah pembukaan terbaik yang pernah ada untuk film video game, dan juga merupakan total tertinggi keenam untuk sebuah film yang tidak debut nomor satu di box office. Pada akhir pekan kedua film ini menghasilkan $ 24,8 juta, menempatkan ketiga di belakang John Wick: Chapter 3 - Parabellum dan Avengers: Endgame,[13] dan kemudian menghasilkan $ 13,3 juta pada akhir pekan ketiga, finishing keempat. Pada tanggal 14 Juni 2019, Detective Pikachu mendapat $ 132 juta di dalam negeri, menjadi film adaptasi video game terlaris, melampaui Lara Croft: Tomb Raider (2001).

Respon Kritik[sunting | sunting sumber]

Pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes, film ini memegang peringkat persetujuan 69% berdasarkan 294 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6 / 10. Konsensus kritis situs web tersebut berbunyi, "Pokémon Detective Pikachu mungkin tidak mengambil premis yang sangat aneh sejauh mungkin, tetapi adaptasi offbeat ini harus menangkap sebagian besar - jika tidak semua - penggemar waralaba."[14] Ini adalah adaptasi video game laga hidup teater internasional pertama yang mempertahankan peringkat "fresh" dan merupakan adaptasi video game berperingkat tertinggi kedua di situs.[15] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, menetapkan film skor 53 dari 100, berdasarkan 48 kritik,[16] yang menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberikan nilai rata-rata film "A−" pada skala A + ke F, sementara khalayak umum yang disurvei oleh PostTrak memberikannya 4 dari 5 bintang.[17]

Scott Mendelson dari Forbes menyebut film itu "film video game terbaik yang pernah ada" dan menulis, "Detective Pikachu bekerja karena ini film pertama yang bagus dan starter-franchise yang menjanjikan atau brand-in kedua. Ini film nyata, berakar pada karakter lengkungan dan tikungan naratif dengan hanya emosi mentah dan taruhan pribadi yang cukup untuk membuat efek khusus yang signifikan saat-saat penting di luar tontonan. " Sean Keane dari CNET juga menyebut film itu yang terbaik berdasarkan pada video game, memuji Reynolds dan menyebutnya sebagai "permainan menghibur dengan banyak hati".

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2019, empat bulan sebelum perilisan Detective Pikachu, Legendary Entertainment mengumumkan bahwa sekuel sudah dalam pengembangan, dengan Oren Uziel masuk sebagai penulis skenario.[18]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Henry Jackman to Score Rob Letterman's 'Pokémon: Detective Pikachu'" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-02-27.  Teks " Film Music Reporter " akan diabaikan (bantuan)
  2. ^ Faughnder, Ryan. "Can 'Avengers: Endgame' top 'Avatar's' box office record? Analysts say it has a shot". latimes.com. Diakses tanggal 2019-05-08. https://www.latimes.com/business/hollywood/la-fi-ct-box-office-avengers-endgame-avatar-record-20190507-story.html
  3. ^ "Pokemon Detective Pikachu (2019) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2019-05-31. https://www.animenewsnetwork.com/news/2019-05-07/detective-conan-film-returns-to-no.1-detective-pikachu-opens-at-no.3/.146500
  4. ^ Sharf, Zack; Sharf, Zack (2019-02-26). "'Detective Pikachu' Official Trailer: Ryan Reynolds Brings Pokémon Mayhem". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  5. ^ "Ryan Reynolds' 'Detective Pikachu' Gets 2019 Release Date". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  6. ^ "'Pokémon Detective Pikachu': What the Critics Are Saying". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  7. ^ "Legendary and Pokemon Co. to Create Live-Action Detective Pikachu". Legendary (dalam bahasa Inggris). 2016-07-20. Diakses tanggal 2019-12-17. 
  8. ^ "Pokemon Movie 'Detective Pikachu' Lands Director". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  9. ^ Hipes, Patrick; Hipes, Patrick (2017-11-17). "Legendary's 'Detective Pikachu' Sets Justice Smith To Star". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  10. ^ "Live-Action 'Pokemon' Movie 'Detective Pikachu' Starts Filming This January in the UK - Omega Underground". web.archive.org. 2018-06-30. Diakses tanggal 2019-12-17. 
  11. ^ Why Pokemon's First Live-Action Movie Features Detective Pikachu Instead of Ash Ketchum - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-12-17 
  12. ^ "Pokemon Detective Pikachu (2019) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2019-06-30. 
  13. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-05-19). "Lionsgate Bounces Back As 'John Wick: Chapter 3' Fires Up $57M Series-High Opening; 'Endgame' Bests 'Avatar' With $770M+". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  14. ^ Pokémon Detective Pikachu (2019) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-12-17 
  15. ^ "42 Video Game Movies Ranked Worst to Best" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  16. ^ Pokémon Detective Pikachu, diakses tanggal 2019-12-17 
  17. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-05-12). "'Pokemon Detective Pikachu' Grabs $58M In 'Endgame' Dominated Universe; Marvel Pic 3rd Highest Domestic With $723M+ – Sunday Update". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  18. ^ McNary, Dave; McNary, Dave (2019-01-25). "'Detective Pikachu' Sequel in Development With '22 Jump Street' Writer". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-17. 
  1. ^ Detective Pikachu was developed by Creatures, directed by Naoki Miyashita, written by Tomokazu Ohara and Haruka Utsui, and published by Nintendo and The Pokémon Company.