Diplo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Diplo
Diplo 2014 Press Photo (cropped).jpg
2014 press photo
Latar belakang
Nama lahirThomas Wesley Pentz
Nama lainDiplodocus, Wes Gully
Lahir10 November 1978 (umur 40)
Tupelo, Mississippi, U.S.[1]
GenreEDM, hip hop
Pekerjaan
  • DJ
  • record producer
  • rapper
  • singer
  • songwriter
  • record executive
Tahun aktif1997–present
LabelMad Decent, Atlantic
Artis terkait
Situs webdiplo.com

Thomas Wesley Pentz atau yang lebih dikenal dengan nama Diplo (lahir di Tupelo, Mississippi, 10 November 1978; umur 40 tahun) adalah adalah penulis lagu, produser, rapper, dan DJ berkebangsaan Amerika Serikat. Semua aktivitasnya berpusat di Los Angeles, California, AS. Dia juga pendiri perusahaan rekaman Mad Decent serta bagian dari kelompok musik elektronik Major Lazer. Pentz dibesarkan di Miami, Florida, Amerika Serikat dan mengembangkan apresiasi genre Miami Bass yang nantinya akan mempengaruhi banyak tulisannya. Dia juga memasukkan Funk carioca bergenre ke dalam musik, yang membantu membawa musik dansa Brasil ke AS. Dia pindah ke Philadelphia di tahun 90-an dan segera mulai naik ke menonjol sebagai DJ. Sementara di Philadelphia ia berkolaborasi dengan DJ Low Budget dengan siapa ia memulai proyek sampingan Hooked on Hollertronix. Kolaborasi ini mengakibatkan mixtape "Jangan Takut", dimana New York Times akan memanggil salah satu dari 10 album tahun 2003.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004 Diplo akan merilis album debutnya berlabel "Florida" yang menampilkan rasa yang kuat hip hop dan perjalanan hop. Selama ini ia sering bermain musik sebagai DJ di klub-klub dan pihak mana ia mulai menemukan kesuksesan. Setelah namanya mulai mendapatkan buzz sekitar industri musik ia membangun studio rekaman sendiri bernama The Mausoleum. Sejak itu studionya telah menyelenggarakan berbagai seniman terkenal mulai dari M.I.A., Santigold, Christina Aguilera, dan plastik kecil.

karier musik Diplo mulai untuk meledakkan ke dalam arus utama setelah ia bertemu elektronik / hip hop artis dan mantan mitra M.I.A. dengan siapa ia merilis mixtape "Pembajakan Dana Terorisme". Album ini akan pergi ke menerima pujian kritis dari publikasi seperti Pitchfork dan New York Times yang termasuk album di atas daftar tahun. M.I.A. dan Diplo juga berkolaborasi pada lagu "Paper Planes", yang dirilis pada album studio kedua M.I.A. ini. Lagu ini dinominasikan untuk penghargaan Grammy dan mencapai Nomor 4 di US Billboard Hot 100 chart.

Meskipun denyut tari catchy Diplo dan pendekatan inovatif ia telah diambil pada genre EDM cukup membuat namanya terkenal, karyanya sebagai produser sama mengagumkan dibandingkan. Dia telah menghasilkan musik dan berkolaborasi dengan beberapa musisi terpanas dalam bisnis termasuk Kid Cudi, Robyn, Bruno Mars, dan Snoop Dog.

Diplo juga telah membuktikan dirinya melalui jadwal tur avid bahwa telah mengutusnya bermain menunjukkan di seluruh dunia dan di festival besar. Dia telah melakukan tur dengan banyak musisi terkenal seperti Steve Aoki dan telah memainkan banyak festival seperti Ultra serta Festival Layak Mad Music bahwa ia dan label rekaman dibuat. Ketika Diplo tidak tur sendirian ia mungkin tur dengan proyek sampingan Major Lazer atau Jack U, proyek sampingan dubstep bahwa ia dibentuk dengan Skrillex. Apapun sedikit musik Diplo memiliki tangannya di tampaknya berubah emas dan tidak ada keraguan bahwa Diplo secara konsisten akan mengejutkan penonton dengan bakat besar sebagai majalah Rolling Stone telah diberi label Diplo sebagai salah satu dari 40 alasan untuk menjadi bersemangat tentang musik.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun 2009, kali pertama dia dinominasikan dalam Grammy Award dalam kagegori Record of the Year melalui lagunya, "Paper Planes" berbagi dengan M.I.A., Switch.[2] Selanjutnya, yang ke-dua, dia juga dinominasikan dalam Grammy Award 2012 dalam kategori Best Rap Song melalui lagu "Look at Me Now", berbagi dengan Chris Brown, Lil Wayne and Busta Rhymes.[3] Nama Diplo kembali disebut sebagai nominator dalam perhelatan Grammy Award 2013 dan 2016 melalui kategori Producer of the Year, Non-Classic. Sedangkan tahun 2016, dia kembali masuk nominasi kategori Best Dance/Electronic Album, Skrillex and Diplo Present Jack U.[4] Bersamaan dengan itu, namanya juga dinominasikan dalam kategori Best Dance Recording, di mana keduanya memenangi penghargaan.[5]

Grammy Awards[sunting | sunting sumber]

Tahun Nominasi Penghargaan Hasil
2009 "Paper Planes" Record of the Year Nominasi
2012 "Look at Me Now" Best Rap Song Nominasi
2013 Diplo Producer of the Year, Non-Classical Nominasi
2016[6] Nominasi
"Where Are Ü Now" (with Skrillex and Justin Bieber) Best Dance Recording Menang
Skrillex and Diplo Present Jack Ü (with Skrillex) Best Dance/Electronic Album Menang
2017 Lemonade (as a producer) Album of the Year Belum diputuskan
Purpose (as a producer) Belum diputuskan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Astrology: Diplo (DJ), date of birth: 1978/11/10, Horoscope, Astrological Portrait, Dominant Planets, Birth Data, Biography". astrotheme.com. Diakses tanggal 24 August 2015. 
  2. ^ "Diplo Discusses Grammys, 'Lean On' Snub & His 'Dream' Award". 
  3. ^ [1]. hollywoodreporter.com (February 12, 2012). Retrieved on June 21, 2016.
  4. ^ Coscarelli, Joe (2015-12-07). "Diplo on His Grammy Priorities: Winning, Snapchat and the Best Party". The New York Times. ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2016-06-07. 
  5. ^ [2]. Grammy.com (February 15, 2016). Retrieved on June 20, 2016.
  6. ^ "Grammy Nominations 2016: See the Full List of Nominees".