Daftar karakter Sonic the Hedgehog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berikut adalah daftar karakter dalam waralaba permainan video milik Sega, Sonic the Hedgehog.

Tokoh dalam permainan video[sunting | sunting sumber]

Sonic the Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Sonic the Hedgehog (bahasa Jepang: ソニック・ザ・ヘッジホッグ (Sonikku za hejjihoggu)) adalah landak tercepat di dunia dengan bulu biru, dan merupakan maskot resmi perusahaan permainan video Sega. Secepat kecepatan suara, Sonic dapat dengan mudah berlari lebih cepat dan mengakali pasukan Dr. Eggman. Namun, ia terkadang memiliki kesulitan seperti takut air karena ia tidak bisa berenang. Sonic memakai sepatu anti-gravitasi yang memungkinkan dia untuk tidak menggesek tanah saat berjalan. Ia disuarakan oleh Roger Craig Smith.

Amy Rose[sunting | sunting sumber]

Amy Rose the Hedgehog (bahasa Jepang: エミー・ローズ・ザ·ヘッジホッグ (Emī Rōzu za Hejjihoggu)) adalah landak merah muda yang merupakan pacar dari Sonic. Sifatnya tomboy tapi dia memiliki kepribadian lebih feminin, ia memiliki minat belanja dan fashion. Amy telah menjadi sedikit lebih agresif, tetapi ia memiliki hati yang baik, tidak pernah menyerah, dan merupakan salah satu yang paling optimis dan ceria, Amy selalu penuh harapan, selalu gembira dalam sisi baik dari hal-hal dan adalah individu yang ceria dan penuh perhatian, dengan pandangan positif tentang kehidupan. Ia suka berharap agar ia menjadi istri Sonic. Ia disuarakan oleh Cindy Robinson.

Miles "Tails" Prower[sunting | sunting sumber]

Tails (bahasa Jepang: テイルス (Teirusu)), bernama lengkap Miles Prower (bahasa Jepang: マイルス・パウアー (Mairusu Pauā)), adalah rubah muda yang berbakat dengan kemampuan untuk terbang dengan memutar dua ekor nya seperti rotor helikopter. Ia sangat ahli di bidang mekanik dan merupakan teman terbaik Sonic. Ia disuarakan oleh Colleen O'Shaughnessey.

Dr. Eggman[sunting | sunting sumber]

Dr. Julian Ivo Robotnik (bahasa Jepang: 博士ジュリアンイヴォロボトニック (Hakase Jurian'Ivu~o Robotonikku)) atau lebih dikenal dengan sebutan Dr. Eggman (bahasa Jepang: ドクター・エッグマン (Dokutā Egguman)), adalah antagonis utama serial ini. Di samping aksinya yang tidak ia hentikan untuk mendirikan "Eggman Empire" (atau dikenal juga sebagai Robotropolis), ia memiliki sifat fisik berkepala botak dan berkumis panjang, IQ bernilai 300, dan postur tubuh yang bulat. Beberapa sumber mengatakan bahwa ia dahulu seorang ilmuwan yang menjadi korban kecelakaan eksperimen. Ia disuarakan oleh Mike Pollock.

Metal Sonic[sunting | sunting sumber]

Metal Sonic (bahasa Jepang: メタルソニック (Metarusonikku)) adalah robot landak buatan Eggman yang menirukan Sonic. Memiliki beberapa variasi, termasuk Rocket Metal dan Metal Sonic v3.0.

Knuckles the Echidna[sunting | sunting sumber]

Knuckles the Echidns (bahasa Jepang: ナックルズ・ザ・エキドゥナ (Nakkurusu Za Ekiduna)) adalah ekidna berwarna merah kuat dan heroik yang tinggal di pulau "Angel Island", dan menjaga permata besar "Master Emerald". Meskipun memiliki ekspresi serius dalam kasus tertentu karena ia adalah saingan ramah untuk Sonic, ia kadang-kadang membuat keputusan bodoh, dan memiliki sifat kurang beruntung. Ia juga menjaga pulaunya dan memiliki dinosaurus bernama Chomps. Kakek buyutnya Athair memperingatkan dia bahwa dia harus tinggal di pulau untuk memainkan perannya dalam kebebasan Mobius. Ia disuarakan oleh Travis Willingham.

Shadow the Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Shadow the Hedgehog (bahasa Jepang: シャドウ・ザ・ヘッジホッグ (Shadou za Hejjihoggu)) adalah landak hitam bergaris merah yang merupakan rival kedua bagi Sonic. Dia melakukan apapun yang diperlukan untuk mencapai tujuan-nya, dan karena ini ia telah berjuang baik bersama Sonic. Ia memiliki penggunaan penting dalam kecepatan supersonik dan penggunaan Chaos Emerald. Ia disuarakan oleh Kirk Thornton.

Silver the Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Silver the Hedgehog (bahasa Jepang: シルバー・ザ・ヘッジホッグ (Shirubā za Hejjihoggu)) adalah landak berusia empat belas tahun yang berasal dari setidaknya dua-ratus tahun di masa depan. Dia sering melakukan perjalanan melalui waktu untuk membantu Sonic dan teman-temannya. Dia memiliki kemampuan untuk menggunakan psikokinesis yang memungkinkan dia untuk memindahkan benda dengan kekuatan pikirannya, tetapi kurang mahir dalam kecepatan supersonik. Ia disuarakan oleh Quinton Flynn.

Rouge the Bat[sunting | sunting sumber]

Rouge the Bat (bahasa Jepang: ルージュ・ザ・バット (Rūju za Batto)) adalah kelelawar putih perempuan berusia 18 tahun, yang membawa banyak pengalaman dalam berburu harta karun, terutama berfokus pada permata. Ia juga mengabiskan waktunya dengan berkomunikasi lewat organisasi Guardian Units of Nations. Ia disuarakan oleh Karen Strassman.

Nack the Weasel[sunting | sunting sumber]

Nack the Weasel, dikenal juga sebagai Fang the Sniper (bahasa Jepang: ファング・ザー・スナイパー (Fangu zā Sunaipā)), adalah campuran musang-serigala yang tampaknya terobsesi dengan barang-barang berharga dan uang. Dia adalah karakter Sonic pertama yang memiliki senjata pistol. Ia sering mencari barang berharga atau mungkin Chaos Emerald, untuk dijual. Bagimana ia benar bekerja untuk Dr. Eggman atau tidak, tidak diketahui sama sekali. Selain memiliki gaya koboi yang norak, ia memiliki adik perempuan bernama Nic.

Tikal the Echidna[sunting | sunting sumber]

Tikal the Echidna adalah karakter ekidna perempuan yang merupakan putri dari Pachacamac, pemimpin ras Knuckles. Tidak seperti ayahnya, ia sangat cinta damai dan selalu berusaha meski sering sia-sia untuk meminta Pachacamac berhenti berperang dengan bangsa lain. Ketika Pachacamac berada di area altar permata Master Emerald, ia dan prajuritnya menjadi ketakutan melihat makhluk aneh yang menyerang mereka dan menghabisi ras tersebut. Oleh sebab itu ia menyegel dirinya bersama dengan makhluk tersebut.

Dia bahkan juga membantu Sonic dan kawan-kawan dalam menyelesaikan misi dalam permainan video Sonic Adventure. Ia meminta Sonic untuk menyegel makhluk aneh bernama “Chaos” tersebut. Dalam kehadiran selanjutnya di permainan video Sonic Adventure 2, ia bertindak sebagai karakter yang dapat dimainkan. Ia kembali di permainan video Sonic Runners, sebagai karakter yang dapat dimainkan.

Vector the Crocodile[sunting | sunting sumber]

Vector the Crocodile (bahasa Jepang: ベクター・ザ・クロコダイル (Bekutā za Kurokodairu)) adalah seekor buaya yang memimpin komunitas Chaotix, dengan Knuckles sebagai wakil pemimpin komunitas tersebut. Ia dan timnya akan melakukan apa pun untuk uang, asalkan itu tidak melanggar hukum. Dia saat ini disuarakan oleh Keith Silverstein.

Espio the Chameleon[sunting | sunting sumber]

Espio the Chameleon (bahasa Jepang: エスピオ・ザ・カメレオン (Esupio za Kamereon)) adalah seekor bunglon berwarna ungu yang bekerja sebagai seorang pengusaha di komunitas “Chaotix”, termasuk tim trio “Chaotix”. Sesuai namanya, ia adalah mata-mata. Bunglon yang selalu siap siaga ini tidak takut untuk menyuarakan pendapat bahwa ketika hal-hal yang tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, yang biasanya adalah, meskipun keluhannya umumnya diabaikan oleh rekan setimnya ketika prospek keuntungan mungkin menurun, dan Espio menemukan dirinya diseret pada skema pencetak uang bersifat gegabah yang lain.

Dia memiliki kemampuan untuk mengubah supaya ia tak terlihat, dan mempelajari ilmu ninja; dengan demikian membuat Espio aset yang tak ternilai untuk pekerjaan detektif Chaotix. Bunglon ini jarang terganggu oleh apa pun, dan tidak membiarkan emosi bahkan di antara teman-teman - yang dapat menjadi berkat, sehingga ia dapat membantu siapapun termasuk Sonic ataupun Shadow, dalam melakukan investigasi.

Dia disuarakan oleh Troy Baker.

Charmy Bee[sunting | sunting sumber]

Charmy Bee (bahasa Jepang: チャーミー・ビー (Chāmii Bii)) adalah seekor lebah berumur 6 - tahun yang sangat hiperaktif, tetapi dengan hati yang besar, bersenjatakan sengat dan memakai helm. Dapat terbang di udara, dan bekerja bersama Vector dan Espio. Ia juga memiliki kemampuan untuk berpindah antara bunga. Dia mencintai semua jenis bunga, dan ia juga mencintai madu dan mengambil tidur siang panjang. Dia menikah dengan seorang gadis bernama Saffron. Dia disuarakan oleh Colleen O'Shaughnessey.

Ray the Flying Squirrel[sunting | sunting sumber]

Ray the Flying Squirrel (bahasa Jepang: レイ・ザ・フライングスクイレル (Rei za Furaingu Sukuireru)) adalah tupai kuning antropomorfik dengan ekor panjang. Ia adalah teman akrab Sonic yang tergabung dalam kelompok komunitas "Chaotix". Meski memiliki nama panjang demikian, Ray tidak pernah terlihat "terbang" (atau meluncur, seperti halnya dengan tupai terbang di dunia nyata) di permainan video SegaSonic the Hedgehog. Dia disuarakan oleh Hiroko Yoshino.

Mighty the Armadillo[sunting | sunting sumber]

Mighty the Armadillo (bahasa Jepang: マイト・ザ・アルマヂロ (Maito-za-Arumadiro))adalah seekor armadillo berwarna hitam dan merah yang turut serta membantu Sonic. Dia telah bertindak sebagai saingan ramah untuk Espio, dan sesuai namanya, ia memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Ia tergabung sebagai anggota dari komunitas Chaotix.

Big the Cat[sunting | sunting sumber]

Big the Cat (bahasa Jepang: ビグ・ザー・キャット (Bigu zā Kyatto)) adalah seekor kucing ungu berusia 18 tahun dengan penampilan macho yang tinggal di hutan. Ia sangat gemar memancing. Ia memiliki binatang peliharaan berupa seekor katak bernama Froggy (bahasa Jepang: カエルークン (Kaeru-kun)). Katak itu terjebak di dalam monster air Chaos, tetapi diselamatkan oleh Big. Ketika kembali, ia melihat pesawat milik Tails, Tornado 2, hancur dan berantakan. Big selanjutnya kembali ke hutan guna kembali memancing.

Ia juga memiliki misi yang sama di permainan video Sonic Heroes dan di serial TV Sonic X. Tetapi di Sonic X, selain dibantu oleh Sonic, Big juga dibantu oleh Chris Thorndyke dalam mencari Froggy.

Ia kini disuarakan oleh Kyle Hebert.

Blaze the Cat[sunting | sunting sumber]

Blaze the Cat (bahasa Jepang: ブレイズ・ザ・キャット (Bureizu Za Kyatto))adalah seekor kucing perempuan berwarna lavender yang merupakan putri dari wilayah dimensi Sol. Kendati pada awalnya belum dapat mengerti cara berteman, tetapi Cream the Rabbit menunjukkan bahwa persahabatannya dengan menjadi salah satu teman-temannya terbaik. Oleh karenanya ia dapat berteman baik dengan Sonic dan Silver. Sesuai namanya ia sangat mahir dalam ilmu pyrokinesis dan seni bela diri ju-jitsu. Ia disuarakan oleh Laura Bailey.

Cream the Rabbit[sunting | sunting sumber]

Cream the Rabbit (bahasa Jepang: クリーム・ザ・ラビット (Kurīmu za Rabitto)) adalah seekor kelinci muda dengan sikap yang sopan dan pandangan yang terus-menerus cerah. Ia adalah di antara yang termuda dari karakter Sonic, dan masih mempertahankan sifat kekanak-kanakan yang mempengaruhi interaksi dengan anggota lain dari para pemain. Dia juga salah satu dari beberapa karakter hewan protagonis untuk memiliki kerabat di permainan video, termasuk Amy, Tails, Big, dan ibunya Vanilla.

Meski mampu terbang untuk membantu teman-temannya keluar pada petualangan bersama mereka, dia tidak suka kekerasan pada umumnya dan akan lebih memilih untuk tidak harus mendapatkan antagonis dengan siapa pun. Namun demikian, ia memiliki berbagai kemampuan yang berguna, termasuk kemampuan untuk terbang dengan mengepakkan telinga besarnya.

Dalam petualangan-nya, ia selalu ditemani oleh chao-nya yang bernama Cheese the Chao. Dalam permainan video Sonic Heroes, ia ikut ambil bagian dari tim trio Rose untuk mencari saudara dari Cheese bernama Chocola the Chao.

Ia disuarakan oleh Michelle Ruff.

Chao[sunting | sunting sumber]

Chao (bahasa Jepang: チャウ (Chau)) adalah makhluk berkesadaran, relatif kecil yang berfungsi sebagai cara untuk memperkenalkan baik kehidupan buatan (dalam pemrograman, dan tidak dalam seluruh waralaba) juga semakin turut serta dalam waralaba permainan video tersebut. Meski kehadiran mereka yang pertama adalah di Sonic Adventure, Chao sudah terlebih dahulu diperkenalkan di permainan video NiGHTS into Dreams yang dirilis untuk Sega Saturn.

E-123 Omega[sunting | sunting sumber]

E-123 Omega adalah robot yang diciptakan oleh Eggman. Ia dikirim untuk mejaga Shadow the Hedgehog. Namun, Omega mendapat kebencian mendalam terhadap penciptanya untuk menyegel dia di dalam fasilitas jelas, dan tidak hanya benar-benar menolak misi awalnya, tapi berusaha untuk membalas dendam dengan cara yang bisa diharapkan untuk bertempur: menghancurkan robot buatan Eggman dan bahkan Eggman sendiri. Ia disuarakan oleh Vic Mignogna.

Jet the Hawk[sunting | sunting sumber]

Jet the Hawk (bahasa Jepang: ジェット・ザ・ホーク (Jetto za Hōku)) adalah elang berwarna hijau yang merupakan pemimpin trio "Babylon Rouges". Ia dan dua teman setianya bekerja demi mencari harta karun, dan ahli dalam cara menggunakan papan udara, dalam kehadiran pada permainan video yang pertama di Sonic Riders, meskipun papan udara itu sendiri sudah diperkenalkan lebih dahulu di serial TV Sonic Underground. Ia bahkan disebut sebagai "Legendary Wind Master". Ia disuarakan oleh Michael Yurchak.

Wave the Swallow[sunting | sunting sumber]

Wave the Swallow (bahasa Jepang: ウェイヴ ・ザ ・スアロー (Weivu za Suaroo)) adalah burung walet berumur delapan belas tahun yang bekerja sebagai mekanik. Dia adalah 'jenius mekanik' dan lebih maju dalam mekanika papan udara dari Tails, Eggman, atau bahkan Manic. Karena pengetahuannya, dia cenderung untuk memberikan saran yang hanya dia bisa mengerti. Dia memiliki keterampilan berkuda yang sangat baik sebagai ayahnya pernah menjadi mekanik dan penggunaan papan udara untuk generasi sebelumnya dari trio "Babylon". Ia sering memiliki bentrokan dengan Storm, sering mengomentari kecerdasan rendahnya, serta keterampilan mesin. Ia disuarakan oleh Kate Higgins.

Storm the Albatross[sunting | sunting sumber]

Storm the Albatross (bahasa Jepang: ストーム ・ザ ・アルバットラス (Sutoomu za Arubattorasu)) adalah albatros abu-abu dengan kekuatan besar tapi temperamen pendek. Dia bahkan mungkin gagap ketika dia bingung. Seperti Knuckles, Storm juga sangat canggung, yang cenderung menimbulkan rasa malu untuk dirinya sendiri, bahkan Jet dan Wave. Dia memiliki kemampuan kecepatan yang sangat kecil, mengandalkan kekuatan yang mentah. Dia disuarakan oleh Travis Willingham.

Bean the Dynamite Duck[sunting | sunting sumber]

Bean the Dynamite Duck (bahasa Jepang: ビーン・ザ・ダイナマイト (Bin za Dainamaito) adalah bebek berwarna hijau yang mengenakan syal berwarna merah. Ia secara luas dianggap semacam ahli bahan peledak, karena ia memiliki kemampuan untuk kerajinan bom (dari udara tipis) dan disebut sebagai "dinamit" dalam namanya (memecah tradisi waralaba Sonic di mana karakter biasanya dinamai spesies mereka).

Bark the Polar Bear[sunting | sunting sumber]

Bark the Polar Bear (bahasa Jepang: バーク・ザ・ポーラーベアー (Baku za Porabea)) adalah beruang kutub bertubuh kekar yang merupakan teman setia Bean. Ia memiliki lengan yang kuat meski lambat. Ia mengenakan sarung tangan coklat, syal hijau dan topi merah.

Tokoh yang kadang-kadang muncul[sunting | sunting sumber]

  • Orbot (Kirk Thornton): Robot berbentuk bulat berwarna merah yang merupakan kaki tangan dari Eggman.
  • Cubot (Wally Wingert): Robot berbentuk kotak berwarna kuning yang merupakan kaki tangan dari Eggman.
  • Eggman Nega (Mike Pollock): Keturunan dari Dr. Eggman.
  • Tails Doll: Boneka bebentuk Tails yang merupakan penantang bagi Tails.
  • Shade the Echidna: Ekidna perempuan yang merupakan keturunan dari klan Noctrunus.
  • Profesor Pickle: (Dan Green): Dokter yang selalu setia menemani Sonic.
  • Chaos: Makhluk aneh yang tubuhnya terbuat dari air.
  • Emerl: Robot dari suku Gizoid.
  • E-102 Gamma (Steve Broadie): Robot yang termasuk bagian dari seri-E.
  • G.U.N. Commander (Marc Thompson): Komandan unit dari G.U.N.
  • Putri Elise ke-3: Ratu dari Kerajaan Soleanna.
  • Vanilla the Rabbit: Ibu dari Cream.

Tokoh-tokoh lain[sunting | sunting sumber]

Julie-Su[sunting | sunting sumber]

Julie-Su (bahasa Jepang: ジュリー・ス (Jurii su)) adalah karakter ekidna perempuan berwarna merah muda yang merupakan pacar dari Knuckles. Ia dahulu merupakan anggota kelompok Dark Legion, tetapi kini ia turut membantu Knuckles menjaga Master Emerald. Dia memiliki saudara perempuan bernama Lien-da. Julie-su tidak memiliki kemampuan fisik apapun tetapi ia adalah seorang ahli persenjataan. Dia biasanya membawa sebuah pistol. Dalam kehidupan keluarga selanjutnya, ia ditampilkan pada akhirnya menetap dengan Knuckles dan anak perempuannya Lara-Su.

Saffron Bee[sunting | sunting sumber]

Saffron Bee (bahasa Jepang: サフロン・ビー (Safuron Bii)) adalah lebah perempuan yang merupakan pacar dari Charmy Bee.

Dr. Julian Snively[sunting | sunting sumber]

Dr. Julian Snively Robotnik (bahasa Jepang: スニブレー・ロボトニック (Sunibureh Robotonikku))) adalah keponakan Eggman yang bekerja sebagai manajer ‘’Guardian Units of Nations’’ (G.U.N.) Secara fisik ia dilecehkan oleh Eggman, sehingga Snively mulai perencanaan menentang dia, dan setelah kekalahan pamannya, berusaha untuk merebut kekuasaan sendiri. Dalam buku komik, Snively sendiri adalah yang bertanggung jawab untuk kematian Robotnik, dengan membajak senjata Ultimate Annihilator untuk menghapus diktator kejam dari keberadaan tersebut.

Snively disuarakan oleh Charlie Adler dalam serial TV Sonic the Hedgehog.

Scourge the Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Scourge the Hedgehog (bahasa Jepang: スカージ・ザー・ヘジホグ (Sukāji zā Hejihoggu)) adalah tokoh yang memihak Shadow the Hedgehog dalam buku komik Sonic the Hedgehog. Ia pada awalnya merupakan penjahat kembar bagi Sonic, dan pernah membentuk geng penjahat atas pihak Eggman, tetapi selanjutnya berusaha untuk bergabung dengan Shadow guna menjadi anggota Guardian Units of Nations.

SWATbot[sunting | sunting sumber]

SWATbot (bahasa Jepang: スワトボット (Suwatobotto)) adalah golongan robot yang pernah diciptakan oleh ilmuwan Julian Kintobor, yang selalu mendapat perintah dari atasannya. Kelompok ini memiliki variasi yang bermacam-macam termasuk senjatanya. Masing-masing disuarakan oleh Jim Cummings dalam serial TV Sonic the Hedgehog dan Maurice LaMarche di Sonic Underground.

Sleet[sunting | sunting sumber]

Sleet (bahasa Jepang: スリート (Suri-to)) adalah serigala yang merupakan sahabat karib sekaligus rival bagi Dingo. Ia berusaha sebaik mungkin mengajari Dingo cara menangkap landak. Sleet memiliki perangkat pengubah yang dapat mengubah Dingo menjadi objek apapun. Memang ia tampaknya seorang penjahat yang serius, tetapi dia selalu gagal di misi dan jarang berhasil. Bahkan hal itu juga karena Dingo sendiri. Ia disuarakan oleh Maurice LaMarche dalam serial TV Sonic Underground.

Dingo[sunting | sunting sumber]

Dingo (bahasa Jepang: ヂンゴ (Dinuu-go)) adalah seekor cyborg dingo berotot kekar dengan aksen Australia. Kesetiaannya tetap sengit dengan pasangannya Sleet. Hanya saja, ia juga memiliki sifat mesum, terutama jika ia jatuh cinta kepada Sonia the Hedgehog atau mungkin, Rouge the Bat. Hal ini terbukti dalam episode 2 dari Sonic Underground, di mana di mana ia melihat foto Sonia, ia mengatakan “Ohhhh, cantik...” . Ia disuarakan oleh Peter Wilds dalam serial TV Sonic Underground.

Coconuts[sunting | sunting sumber]

Coconuts (bahasa Jepang: ココナッツ (Kokonattsu)) adalah robot berbentuk monyet lebih penting dan licik dalam berburu Sonic. Ketika Scratch dan Grounder hadir, ia diturunkan jabatannya dan dialihkan ke pekerjaan lebih ringan. Membenci pekerjaan ini sepenuhnya, Coconuts masih membuat upaya untuk menangkap Sonic memperoleh keuntungan Eggman, dengan harapan dipromosikan lagi. Menjadi yang tertua dan lebih berpengalaman antara sendiri, Grounder, dan Scratch, Coconuts mungkin juga kurang rentan untuk jatuh ke perangkap Sonic. Ia memiliki sekelompok pasukan dengan model yang sama (disebut ‘’Aiai’’ (アイアイ) dalam bahasa Jepang menurut instruksi manual Sonic the Hedgehog 2) dan baik dia maupun pasukannya membawa buah kelapa sebagai senjata. Dia hadir di serial TV ‘’Adventures of Sonic the Hedgehog’’ dan permainan video Dr. Robotnik's Mean Bean Machine. Dia disuarakan oleh Ian James Corlett dalam kartun Adventures of Sonic the Hedgehog.

Grounder[sunting | sunting sumber]

Grounder (bahasa Jepang: ゴロ (Goro)) adalah robot pengebor berwarna hijau yang berfungsi sebagai pembantu reguler untuk Dr. Eggman. Dia adalah robot hijau pendek dengan tapak kaki seperti tank. Dia memiliki sebuah bor untuk hidung serta untuk tangan. Ia memiliki pasukan di suku yang sama, sebagian besar berwarna merah. Dia mengkhususkan diri terutama dalam gadget; Dia bisa mengubah bor "tangan" ke aneka senjata atau alat-alat, penyimpanan berbagai macam peralatan (umumnya, telepon) di dalam batang tubuh, dan (menurut episode menampilkan bagaimana ia diciptakan) bahkan memiliki komponen pisau Swiss Army yang dipasang di lidahnya. Grounder juga tampaknya menjadi robot Eggman yang paling rapuh.

Seringnya kegagalan dalam menangkap Sonic ataupun Tails membuat Eggman marah atas penyalahgunaan dan mengancam dia sebagian besar waktu. Grounder juga mudah ditipu, seperti Scratch; Sonic akan sering muncul dengan menyamar, sebagai orang dari seorang wanita tua atau pria pengantar pizza. Berkali-kali tertipu oleh landak tersebut, Grounder dan Scratch memiliki beberapa kesempatan. Dia hadir di serial TV ‘’Adventures of Sonic the Hedgehog’’ dan permainan video Dr. Robotnik's Mean Bean Machine.

Dia disuarakan oleh Garry Chalk dalam serial TV Adventures of Sonic the Hedgehog.

Scratch[sunting | sunting sumber]

Scratch (bahasa Jepang: スクラッチ (Sukura-chi)) adalah robot humanoid dengan bentuk seperti ayam, termasuk "skala", lengan berbentuk seperti sayap, kaki yang panjang, ekor berbulu dan paruh. Selain berteman dengan Grounder dan Coconuts,ia juga memiliki pasukan penjaga bernama Clucker (コケッコー (Kokekko)) yang bersenjatakan meriam telur. Seperti layaknya Grounder, Scratch mudah tertipu oleh penyamaran. Ia hadir di serial TV Adventures of Sonic the Hedgehog, permainan video Sonic the Hedgehog Spinball dan Dr. Robotnik's Mean Bean Machine. Dia disuarakan oleh Phil Hayes dalam kartun Adventures of Sonic the Hedgehog.

Mina the Mongoose[sunting | sunting sumber]

Mina the Mongoose adalah karakter luwak berwarna kuning dari komik Sonic the Hedgehog. Mina tahu cara berlari cepat, tetapi tidak begitu banyak sebagai Sonic. Ayahnya yang bernama Arthur meninggal, dan karena ia telah hanya tinggal dari ibu mereka, dia mendapatkan teman terbaik di dunia. Ia bernyanyi dengan baik, sehingga memiliki julukan "Songoose". Dia mencintai Sonic (secara umum tidak cukup, dia sebagai teman), masih menemukan dirinya seorang teman bagi luwak. Di komik Archie, di waktu Sonic menghilang, Mina berpikir dia telah pergi. Jadi dia menemukan Ashe. Nama ibunya adalah Isabella. Di komik dia pergi ke sekolah dan belajar dengan Sonic dan Bunnie. Bunnie sangat tidak ramah dengannya. Mina sekali membantu konser Sonic. Dia ingin mengakui ada Sonic di perasaannya, tetapi belum lagi, Mina adalah teman dengan Sally, dan mereka adalah teman terbaik. Bahkan setelah Fang ingin menembak Sally, tapi Mina menolongnya. Ia juga berteman baik dengan Manic.

Antoine D'Coolette[sunting | sunting sumber]

Antoine D'Coolette (bahasa Jepang: アントワン・デクレット (Antowan Dekuretto)) adalah seekor coyote pengecut yang berbicara dengan aksen Prancis. Ia adalah putera dari Jenderal D’Coolette dan menikah dengan Bunnie Rabbot. Dia bukanlah karakter sangat penting (atau berguna), tetapi ia selalu menggantung di sekitarnya. Dia disuarakan oleh Rob Paulsen dalam serial TV Sonic the Hedgehog.

Rotor the Walrus[sunting | sunting sumber]

Rotor the Walrus (bahasa Jepang: ロター・ウォールス (Rotaa Uohrusu)) adalah seekor walrus yang bekerja sebagai mekanik. Ia adalah putra dari Sherman. Dan merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Tentu saja ia adalah walrus ungu, dengan topi bisbol kuning, dan sabuk dengan kantong peralatan, menutur buku komik dengan nama yang sama. Pada akhir tahun 1999, desainnya telah diperbarui oleh artis Yuji Uekawa dengan mata hijau. Yuji juga mendesain ulang karakter tersebut pada bulan Juni 2013. Dalam periode 2003-2013, penampilannya memiliki aksesori berupa topi kuning tradisional-nya, tapi ditambahkan jaket coklat dan kacamata. Ia disuarakan oleh Mark Ballou (musim 1) dan Cam Brainard (musim 2) pada serial TV Sonic the Hedgehog.

Bunnie Rabbot-D'Coolette[sunting | sunting sumber]

Bunnie Rabbot-D'Coolette (bahasa Jepang: バニー・ラボット・デクレット (Banii Rabotto Dekuretto)) adalah istri dari Antoine. Ia adalah seekor cyborg kelinci yang tinggal di wilayah Knothole, bergabung dengan sekelompok pejuang bersama Sally. Ia sering terlibat dalam pertempuran dengan Eggman dan pasukan robotnya, menjadi anggota kunci dari tim ini. Ia memiliki kemampuan ekstrem dengan menggunakan mesin-mesin. Ia disuarakan oleh Christine Cavanaugh dalam serial TV Sonic the Hedgehog.

Putri Sally Acorn[sunting | sunting sumber]

Putri Sally Acorn (bahasa Jepang: サリー・エイコーン (Sarii Eikohn)) adalah hibrida tupai tanah/chipmunk perempuan yang merupakan putri dari Maxmillian Acorn. Pada awalnya, dia tidak memiliki judul dan menyerupai karakter “Ricky Squirrel” dalam bentuk perempuan. Ia hadir dalam semua komik dan serial TV waralaba Sonic kendati ia pertama kali hadir dalam komik Sonic the Comic sebelum hadir di media lain seperti komik Amerika Sonic the Hedgehogdan serial TV dengan nama yang sama. Ia bahkan hadir di Sonic's Christmas Blast. Ia adalah rival bagi Amy Rose dalam mendapat Sonic, meski ia adalah pemimpin "Pejuang Pembebasan". Pihak perusahaan Sega, bahkan Ratu Aleena, ibu Sonic, tidak merestui hubungan Sonic dengan Sally, karena menurut undang-undang keluarga kerajaan, landak laki-laki harus menikah dengan landak perempuan. Pacar Sally yang asli adalah tupai laki-laki yang mungkin bernama Richard the Squirrel (Richard adalah nama formal dari Ricky). Ia disuarakan oleh Kath Soucie dalam serial TV Sonic the Hedgehog.

Ratu Aleena Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Ratu Aleena Hedgehog (bahasa Jepang: 女王・エーリーナー・ヘジホグ (Joō Eriinā Hejihoggu)) adalah ibu Sonic, Manic dan Sonia, dan istri dari Jules the Hedgehog, yang juga ayah dari Sonic. Dia menghabiskan perjalanan serinya dari anak-anaknya sendiri, sampai waktu tepat untuk mengungkapkan dirinya sendiri. Karakternya memiliki banyak sekutu, termasuk Pendeta Delphius dan Knuckles. Dia juga sedikit menceritakan awal setiap episode Sonic Underground. Dia disuarakan oleh Gail Webster dalam serial TV Sonic Underground.

Cyrus[sunting | sunting sumber]

Cyrus (bahasa Jepang: サイラス (Sairasu)) adalah seekor singa yang merupakan sahabat karib bagi Sonic dan Tails. Ia berhenti dari pekerjaannya sebagai mata-mata Eggman, dan bersahabat karib dengan "Pahlawan Pembebasan" dan tempat persembunyian mereka ada di istana. Ia disuarakan oleh Ian James Corlett di Sonic Underground.

Dulcy the Dragon[sunting | sunting sumber]

Dulcy the Dragon (bahasa Jepang: ダルシー・ザー・ドラゴン (Darushii zā Doragon)) adalah seekor naga yang dikenal sebagai "pelindung", dan memiliki kekuatan melebihi orang biasa. Dulcy adalah salah satu pejuang-pejuang pembebasan yang paling kuat di serial Sonic. Namun, karena gadis cantik, dia sering melakukan pekerjaan yang buruk ketika datang ke beberapa tempat. Ia disuarakan oleh Cree Summer pada serial TV Sonic the Hedgehog.

Manic the Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Manic the Hedgehog (bahasa Jepang: マニック・ザ・ヘッジホッグ (Manikku za Hejjihoggu)) adalah landak hijau muda berpenampilan keren dan dibesarkan oleh pencuri (mungkin oleh keluarga Rouge, keluarga Jet, keluarga Bean, atau keluarga Espio), sehingga menjadi master dari jasa mereka. Ketika Manic bertemu saudaranya, mereka menolak ini, meskipun keterampilan dengan membuka kunci sangat dibutuhkan. Ia merupakan abang dari Sonic, tetapi karena tidak mampu memiliki kemampuan sendiri. Ia adalah pemain drum. Ia membayar orang-orang untuk tingkat adil untuk keserakahan dan kenikmatan sendiri. Tetapi ia tetap orang baik dan ia juga pernah mengatakan sesuatu seperti "Aku menunggu", dalam beberapa episode. Ia disuarakan oleh Jaleel White seperti Sonia dan Sonic dalam kehadiran mereka bertiga di Sonic Underground. Sementara suara nyanyiannya diisi oleh Tyley Ross.

Sonia the Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Sonia the Hedgehog (bahasa Jepang: ソウニア・ザ・ヘッジホッグ (Sounia za Hejjihoggu)) adalah landak magenta keunguan yang merupakan kakak dari Sonic. Dia dibesarkan oleh keluarga angkat aristokrat, memberinya mentalitas kelas atas. Dia membenci saat penampilannya terlihat benar-benar kotor, tetapi ia juga terampil senam dan karate, dan memiliki kekuatan manusia super, memori fotografi, dan kemampuan untuk memutar secara cyclonic mirip Espio the Chameleon yang pernah melakukannya dulu sebelum menggantinya dengan serangan menggulung. Sonia mengembangkan tarik ke arah Knuckles kendati pacarnya yang asli adalah Aidan Spine the Hedgehog. Ia disuarakan oleh Jaleel White dalam serial TV Sonic Underground, tetapi suara sekundernya disuarakan oleh Stevie Vallance.

Tn. Charles Hedgehog[sunting | sunting sumber]

Tuan Charles Hedgehog (bahasa Jepang: サー・チャールズ・ヘジホグ (Sā Chāruzu Hejihoggu)) adalah penemu aneka mesin. Ketika ia membuat ciptaan pertamanya, yaitu mesin pengubah robot, Ia menjadi robot karena beberapa kesalahan kecil saat mengembangkan mesin tersebut. Beberapa tahun kemudian, ia mendapat kembali kehendak pribadinya dan bertemu dengan keponakannya Sonic. Ia bekerja sebagai mata-mata untuk “Pejuang Pembebasan”. Ia adalah paman dari Sonic, dan disuarakan oleh William Windom dalam serial TV Sonic the Hedgehog.

Tokoh-tokoh lain[sunting | sunting sumber]

  • Bartleby: Seorang bangsawan terkaya di Robotropolis. Bartleby adalah mantan tunangan Sonia, yang tidak suka saudaranya dan bekerja sebagai agen untuk Robotnik. Dia berbicara dengan aksen bahasa Inggris kelas atas, dan kombinasi itu dengan sombong perilaku dan kekayaan yang besar berarti ia sering dianggap stereotip dari orang Inggris kelas atas.
  • Pendeta Delphius: Pendeta yang berwujud trenggiling dan mengenakan mantel. Dia adalah penginjil di Mobius. Dia tinggal di sebuah gua di suatu tempat di daerah dingin dari Mobius, dan cukup baik untuk memasak makanan hot-dog.
  • Fiona Fox: Rubah merah perempuan yang membantu Scourge, tetapi memiliki besar keinginan untuk memihak Tails. Akankah Sourge dan Fiona akan bercerai atau tidak, belum diketahui secara pasti.
  • Lien-Da: Saudara kandung perempuan Julie-Su.
  • Decoe dan Bocoe: Dua robot tang membantu Eggman.
  • Bokkun: Makhluk seperti setan hitam yang membantu Eggman.
  • Cosmo the Seedrian: Seedrian yang turut membantu Tails.
  • Chris Thorndyke: Pemuda yang turut serta bersama Sonic dalam petualangannya di Sonic X.
  • Porker Lewis: Babi yang setia dalam membantu Knuckles dalam buku komik Sonic the Comic.
  • Johnny Lightfoot: Kelinci abu-abu pria yang mahir ilmu bela diri Aikido yang membantu Sonic dalam buku komik Sonic the Comic.
  • Arms: Robot berlengan panjang buatan Eggman.
  • Mindy LaTour: Artis vokalis yang bersasl dari keluarga LaTour di Sonic Underground.
  • Max: Pemain drum yang terlihat nakal namun jenaka di Sonic Underground.

Tokoh baru dalam serial Sonic Boom[sunting | sunting sumber]

  • Sticks the Badger (Nika Futterman): Musang perempuan yang ahli dalam menggunakan bumerang.
  • Wali kota E. Pluribus Fink (Mike Pollock): Wali kota wilayah Knothole.
  • Fastidious Beaver (Mike Pollock): Seekor berang-berang berwatak halus dengan ekspresi bodoh yang mencoba untuk mendapatkan pekerjaan.
  • Leroy the Turtle (Kirk Thornton): Kura-kura berwatak ramah.
  • Soar the Eagle (Travis Willingham): Elang botak yang bekerja sebagai jurnalis stasiun televisi.
  • U.T. (Roger Craig Smith): Robot penerjemah bahasa asing.
  • Dave the Intern (Roger Craig Smith): Pria yang terlihat bodoh namun mungkin mahir dalam ilmu mekanik.
  • Perci (Cindy Robinson): Bandicoot perempuan yang memiliki keahlian di bidang teknik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]