Miles "Tails" Prower

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Miles "Tails" Prower
Karakter Sonic the Hedgehog
ASR Tails.png
Miles "Tails" Prower saat ia muncul di Sonic & Sega All-Stars Racing
Penampilan pertama Sonic the Hedgehog 2 (1992)
Permainan pertama Sonic the Hedgehog 2 (1992)
Dibuat oleh Yasushi Yamaguchi
Desain oleh Yasushi Yamaguchi (1992-1997)
Yuji Uekawa (sejak 1998)
Disuarakan oleh Colleen O'Shaughnessey (sejak 2014)

Miles "Tails" Prower adalah karakter seri permainan video Sonic the Hedgehog yang diperkenalkan pada tahun 1992 melalui permainan video Sonic the Hedgehog 2 yang dirilis untuk Master System, Game Gear, dan Mega Drive. Ia adalah rubah berwarna kuning dengan mata biru, dua ekor, dan mengenakan sepatu merah dan putih, serta sarung tangan putih. Dia adalah sahabat karib dan teman terbaik Sonic. Ekornya memiliki kemampuan untuk berputar seperti baling-baling, dan dengan demikian membuatnya mampu untuk terbang.

Konsep[sunting | sunting sumber]

Dalam proses pembuatan permainan video Sonic the Hedgehog 2, kompetisi digelar dalam perusahaan Sega untuk membuat teman sejati baru untuk menemani Sonic di petualangannya. Yasushi Yamaguchi, artis pemimpin Sonic 2, menciptakan karakter rubah berekor 2 atau kitsune, dan memberinya nama Tails the Flying Fox, kendati beberapa orang memberinya nama "Miles". Kompromi akhirnya dibuat, dan karakter ini juga diberikan nama lengkapnya, yaitu Miles Prower. Nama lengkap ini menirukan kata "mil per jam" (bahasa Inggris: Miles per hour).

Saat pengembangan berlangsung, ada perdebatan apakah karakter ini seharusnya adalah rubah dengan mutasi aneh, atau kitsune, yang merupakan makhluk mitologis di Jepang yang terlihat seperti rubah, tetapi memiliki beberapa ekor. Ini seharusnya memiliki ekor yang baru setiap seratus tahun, dalam perhitungan jumlah ekor, tetapi tidak usianya seharusnya hanya 8.

Awalnya, ia memiliki bulu oranye (untuk Jepang), bulu coklat (untuk pasar Barat seperti Amerika Serikat dan Eropa), dan warna mata hitam. Namun sejak tahun 1998, beberapa bulan sebelum dirilisnya Sonic Adventure, Tails mendapat tampilan seperti sekarang ini: bulu kuning keemasan, dan mata biru. Tampilan ini didesain oleh Yuji Uekawa. Dalam serial televisi dan permainan video Sonic Boom, Tails juga mengenakan kacamata coklat, dan pakaian seorang mekanik.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Tampilan klasik Tails (versi Amerika) dari tahun 1992 - 1998. Versi Jepang memiliki tampilan yang sedikit berbeda, dengan warna bulu oranye.

Menurut manual Sonic the Hedgehog 2 versi Jepang, Tails mengikuti Sonic dari belakang. Sonic menyadarinya, dan melihat ke belakang. Dia segera berlari keluar dari pandangan karena menyadari Sonic telah melihatnya. Sonic mengabaikan dirinya dan berlalu, tetapi Tails tetap bertekad untuk mengejar ketinggalan dengan dia. Sonic menjadi terkesan dengan tekadnya, dan memutuskan untuk membiarkan dia ikut, dan segera berteman dengan dia. Dia juga menggemari mekanik, dan sangat terkesan ketika memperhatikan pesawat milik Sonic, Tornado. Di samping itu, menurut pemasaran Amerika Serikat dan Eropa, Tails bukannya diejek oleh teman-temannya (dikarenakan 2 ekor di belakangnya), ia lebih dipuji dan mencintainya untuk sekelompok. Ia juga terobsesi dengan Sonic untuk jauh lebih lama, dan mencoba untuk meniru pahlawan saat ia tumbuh. Dalam satu contoh, sewaktu mencoba untuk meniru serangan berputar, Tails sengaja menciptakan dasbor khusus untuk berputar, serta mewarisi semua kemampuan yang diajarkan Sonic yang dia tahu. Dengan kemampuan tersebut, ia sanggup menghentikan Dr. Eggman (Dr. Robotnik di Amerika Serikat). Guna bersatu demi kekuatan, Tails, Sonic, dan teman-teman sebayanya membentuk kelompok "Pahlawan Pembebasan" (bahasa Inggris: The Freedom Fighters) dengan anggotanya yakni, Sonic dan Tails, seekor anjing hutan bernama Antoine D' Coolette, seekor cyborg kelinci bernama Bunnie Rabbot-D'Colette yang juga istri Antoine, seekor tupai tanah cerdas bernama Sally Acorn, putri dari raja Maxmillian Acorn, dan seekor walrus yang suka bekerja keras bernama Rotor the Walrus.

Kehadiran[sunting | sunting sumber]

Dalam permainan video, Tails hadir di hampir setiap permainan video sejak Sonic the Hedgehog 2, kecuali Dr. Robotnik's Mean Bean Machine dan Sonic Labyrinth, dimana ia tidak hadir sama sekali. Tails juga membintangi permainan videonya sendiri, yakni Tails and the Music Maker (dirilis pada tahun 1994) untuk Sega Pico, dan juga Tails' Skypatrol dan Tails Adventures (keduanya dirilis pada tahun 1995) untuk Sega Master System dan Sega Game Gear. Ia juga hadir di buku komik Sonic the Comic, Sonic the Hedgehog, dan Sonic Universe, dan pernah membintangi serial komik yang menggunakan nama yang sama yang diterbitkan oleh Archie Comics.

Untuk serial televisi, ia hadir dalam Adventures of Sonic the Hedgehog, serial TV Sonic the Hedgehog (SatAM), Sonic X, dan Sonic Boom.

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Semenjak kehadirannya pada tahun 1992, Tails selalu berhubungan dekat dengan Sonic. Ia pernah menolong Sonic dalam akhir cerita permainan video Sonic the Hedgehog 2, Sonic and Knuckles, Sonic Pocket Adventure, dan Sonic Advance. Dalam beberapa media termasuk situs resmi Sonic dan DeviantART, Tails juga dilaporkan memiliki beberapa pacar yakni Fiona Fox, rubah berwarna merah, Cosmo the Seedrian, makhluk berwujud tumbuhan mawar dari serial Sonic X, dan juga Cream the Rabbit.

Hasil pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Hasil pekerjaan yang dibuat Tails adalah mesin jet "Jet Anklet" yang dapat dipasangi di sepatu, komputer saku "Miles Electric", pesawat bersayap ganda "Tornado 2", mesin penterjemah, robot pejalan "Cyclone", mobil balap Formula Satu "Whirlwind S-7", papan selancar udara "Yellow Tail Gear", cincin palsu, dan kapal selam "Sea Fox".

Kemampuan khusus[sunting | sunting sumber]

Tails dan Sonic saat menaiki pesawat dalam permainan video Sonic the Hedgehog 3

Di samping kemampuan-kemampuan yang dimiliki Sonic, Tails juga mampu menggunakan kedua ekornya untuk terbang, mencambuk, meluncur, dan bahkan menyerang musuh dari jarak jauh menggunakan "Lemparan Petir" (bahasa Inggris: Thunder Shoot), dimana ia mengelilingi rekan tim dengan listrik dan meluncurkan mereka di musuh dengan kekuatan yang cukup. Ia juga bahkan menggunakan meriam lengan untuk menembak dari jarak jauh.

Tails juga memiliki wujud super, yakni Super Tails dan Turbo Tails. Dalam wujud Turbo Tails, ia dilengkapi dengan kain merah di bagian belakangnya, dan memiliki kemampuan untuk terbang tanpa harus menggunakan ekornya. Dalam wujud Super Tails, ia perlahan-lahan berkedip dari kuning ke oranye, atau sebaliknya, dan seperti biasa dia bisa bergerak lebih cepat dari biasanya dan memiliki kemampuan seperti Super Sonic. Tails juga dikelilingi oleh empat burung kuning bertenaga super. Ketika ia mendapat dekat musuh, salah satu dari mereka akan membebaskan diri dan secara otomatis menghancurkannya tanpa harus meminta Tails untuk bergerak. Bagaimanapun wujudnya, Tails juga dapat mengendalikan massa besar energi (Chaos Control) menggunakan permata Chaos Emerald, seperti karakter Sonic lainnya.

Nama dalam bahasa lain[sunting | sunting sumber]

Tails juga pernah membintangi buku komiknya sendiri, disamping keahdirannya dalam buku komik Sonic the Hedgehog
Bahasa Nama Transliterasi Keterangan lain
Jepang テイルス Teirusu Nama panggilan dalam bahasa Jepang
マイルス・パウアー Mairusu Pauā Nama lengkap dalam bahasa Jepang
Korea 테일즈 Teilzeu Nama panggilan dalam bahasa Korea
마일즈 테일즈 프로워 Mailzeu Teilzeu Peuroweo Nama lengkap dalam bahasa Korea
Mandarin (Hanzi sederhana) 传说 Chuánshuō Nama panggilan
万里企业大战 Wànlǐ qǐyè dàzhàn Nama lengkap
Mandarin (Hanzi tradisional) 傳說 Chuánshuō Nama panggilan
萬里企業大戰 Wànlǐ qǐyè dàzhàn Nama lengkap
Arab ميل الأعمال والحروب mil al'aemal w alhurub Nama lengkap
Hongaria Mérföld "farok" Prower
Latvi Miles "Astes" Prower
Lituavi Miles "uodegos" Prower
Serbia Маирусу Пауа Mairusu Paua Nama lengkap dalam Rōmaji diterjemahkan ke bahasa Serbia
Миља "Таилс" Провер Milja "Tails" Prover Nama lengkap dalam bahasa Serbia
Kroasia Miles "repovima" Prower
Tagalog Milya "Tails" Prower
Suomi Mailia "Tails" Prower
Norwegia Miles "Tails" Prower
Swedia Miles "Tails" Prower
Denmark Miles "Tails" Prower
Ceska Miles "Tails" Prower
Slowakia Miles "Tails" Prower
Rusia Тейлз Teylz Nama panggilan
Майрусу Пауа Mayrusu Paua Nama lengkap dalam Rōmaji diterjemahkan ke bahasa Rusia
Майлз Прауэр Maylz Prauer Nama lengkap
Yunani ουρές Ourés Nama panggilan
Belanda Mijl "Tails" Prower
Polski Miles "Tails" Prower
Portugis Miles "Tails" Prower
Katala Milers "Tails" Prower
Spanyol Colas Nama panggilan dalam versi Amerika Latin dari Sonic X
Miles "Tails" Prower
Jerman Miles „Tails“ Prower
Italia Miles "Tails" Prower
Perancis Miles « Tails » Prower

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]