Mega Man (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mega Man
Tokoh Mega Man
Penampilan
perdana
Mega Man (1987)
Penampilan
terakhir
Rockman X DiVE
(2020)
PenciptaAkira Kitamura
Didesain
oleh
Akira Kitamura
Keiji Inafune
Pengisi suara
Informasi
Nama lengkapRock Light
AliasMega
The Blue Bomber
Blue Metal Hero
Rock
SpesiesRobot Master
SenjataMega Buster
Variable Weapons System
KeluargaThomas Light (pencipta/ayah)
Proto Man (saudara laki-laki)
Roll (saudara perempuan)
MM1 & MM9 Robot Masters (sepupu)
MM3 Robot Masters (saudara tiri)
X (saudara/penerus)
Kode desainDLN/DRN-001

Mega Man[a] adalah nama untuk karakter fiksi utama dari waralaba media Mega Man yang dimiliki oleh Capcom.[4] Ia diciptakan oleh Akira Kitamura untuk permainan video Mega Man pertama yang dirilis pada tahun 1987, dengan seniman grafis Keiji Inafune yang menambahkan bagian terperinci berdasarkan desain seni piksel Kitamura.[5]

Mega Man telah menjadi salah satu maskot Capcom, salah satu karakter asli utama perusahaan, dan terus menjadi salah satu ikon industri permainan video yang paling dikenal.[6] Setelah muncul dalam banyak konsol sejak Nintendo Entertainment System, Mega Man memiliki pasar permainan video yang luas. Semesta fiksi Mega Man dapat dibagi menjadi tujuh kategori, masing-masing menampilkan variasi dan inkarnasi yang berbeda dari pahlawan robot anak-anak. Meskipun kata "Mega Man" atau "Rockman" merujuk pada Mega Man versi pertama dari seri klasik, kata tersebut juga bisa merujuk kepada karya fiksi Mega Man lainnya, atau sekelompok karakter utama yang disebutkan dengan patuh di dalamnya.

Beberapa seri terpisah yang telah muncul selama beberapa tahun terakhir, masing-masing melanjutkan alur cerita Mega Man dengan cara yang unik, diantaranya adalah Mega Man X, Mega Man Legends, Mega Man Battle Network, dan Mega Man Star Force. Mega Man juga muncul sebagai karakter yang dapat dimainkan dalam seri Super Smash Bros.. Ia juga muncul dalam sebuah seri animasi televisi yang pada awalnya diproduksi di Jepang, serta sejumlah mainan, komik, dan karakter figur yang tersedia baik di dalam maupun di luar Jepang.

Peran Mega Man dalam cerita aslinya adalah menjadi asisten untuk penciptanya Dr. Light. Ketika rekan Light menjadi gila, Dr. Light menggunakan kembali Mega Man untuk melawan ilmuwan gila Dr. Wily dan pasukan robotnya yang terus bertambah, dan menghentikan mereka dari mengambil alih planet ini dengan menggunakan kemampuan khusus mereka sendiri untuk melawan mereka.[7] Memanfaatkan meriam lengan Mega Buster dan kemampuannya untuk menyalin senjata khusus dari robot bos yang ia kalahkan, Mega Man harus berkeliling dunia dan melintasi lingkungan yang keras untuk mengakhiri ancaman Wily. Dengan bantuan penciptanya Dr. Light dan berbagai macam teman sibernetiknya, tujuan akhir Mega Man kedepannya adalah untuk mencapai perdamaian abadi bagi manusia dan robot.[b]

Konsepsi dan penciptaan[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya karakter ini sempat diusulkan bernama "Mighty Kid", "Knuckle Kid", atau "Rainbow Battle Kid", sebelum Capcom akhirnya memilih "Rockman" sebagai nama Jepang untuk Mega Man. Kata "Rock" dalam Rockman mengacu pada jenis musik rock and roll, dan dimaksudkan untuk bekerja sama dengan robot saudara perempuannya, Roll. Namun, Presiden Divisi Produk Konsumen Capcom, Joe Morici, meminta agar nama Rockman diganti menjadi Mega Man untuk rilis internasional karena ia merasa "nama sebelumnya terlalu mengerikan."[8] Selain itu, judul Mega Man asli juga memasukkan mekanik permainan "Rock, Paper, Scissors" untuk mengalahkan musuh tertentu.[6][9] Seni piksel untuk karakter tersebut dibuat oleh perancang permainan video asli dalam seri, Akira Kitamura (dikreditkan dengan nama samaran "A.K."), dan kemudian diubah menjadi ilustrasi yang disempurnakan oleh Keiji Inafune.[5][10][11] Kitamura awalnya menginginkan Mega Man berwarna putih, tetapi memilih warna biru untuk membuat animasinya lebih jelas. Desain Mega Man memiliki banyak pengaruh kecil dari berbagai manga, anime, dan acara tokusatsu, khususnya Ninja Captor. Nobuyuki Matsushima, programmer utama untuk permainan video, datang dengan ide Mega Man yang bisa berubah warna ketika senjatanya berubah.[12]

Selama acara khusus di TGS 2007, Inafune mengomentari penciptaan Mega Man. "Saya sering disebut bapak Mega Man, tapi sebenarnya desainnya sudah dibuat ketika saya baru bergabung dengan Capcom," jelasnya. "Mentor saya (anggota senior Capcom Akira Kitamura), yang merupakan desainer dari Mega Man asli, memiliki konsep dasar tentang seperti apa seharusnya Mega Man. Jadi saya hanya melakukan setengah dari pekerjaan dalam menciptakannya. Saya tidak sepenuhnya mendesain [protagonis] Mega Man dari awal hingga Zero (Mega Man X, SNES). Dulu ketika SNES keluar, saya diminta untuk mendesain ulang Mega Man. Tapi saya sadar bahwa desain punya saya tidak akan diterima sebagai Mega Man, jadi saya meminta desainer lain untuk membuat Mega Man yang baru, dan saya bekerja untuk versi Zero dan merilisnya sebagai 'karakter utama lainnya' yang akan mencuri semua adegan bagus!"[10]

Tim memutuskan untuk memasukkan elemen anime untuk animasi game. Inafune menjelaskan, "Tangan [Mega Man] berubah menjadi pistol dan Anda benar-benar dapat melihatnya keluar dari lengannya. Kami ingin memastikan bahwa animasi serta gerakannya realistis dan benar-benar masuk akal. Jadi dengan Mega Man, kami memiliki perpaduan sempurna antara karakter permainan video dengan ide animasi."[13] Dalam seluruh seri, Mega Man diberikan keterampilan baru untuk menambahkan lebih banyak variasi pada gaya permainan. Untuk Mega Man 6, setelah menerapkan begitu banyak mekanisme yang berbeda untuk gaya permainan dalam entri sebelumnya, Inafune berpikir bahwa perakitan adaptor Rush tidak dapat dihindari. Sang seniman berjuang dengan desain adaptor dan akhirnya menganggapnya tidak realistis. Menurut Inafune, "Kalau dipikir-pikir, mereka seharusnya tidak bisa bergabung seperti ini. Akan canggung jika bagian Rush seperti leher yang rapat jika mereka digabungkan, jadi apa yang harus saya lakukan?"[14]

Dalam sampul salinan untuk rilis Amerika Utara, penampilan Mega Man sangat berbeda dari aslinya. Ilustrator sampul veteran untuk permainan video Marc Ericksen melukis desain untuk kotak Amerika Utara dari Mega Man 2, termasuk Mega Man menembakkan pistol, bukan Mega Buster yang menjadi ciri khasnya. Ericksen menjelaskan, "Saya tidak tahu apa-apa tentang Mega Man, dan [setelah melihat karakter yang sedang beraksi] saya berkata kepada direktur seni, 'Dengan apa ia mengambul gambar?' ... Ia berkata, 'Yah, ia pasti punya pistol, karena saya tidak melihat senapan.' ... Saya berkata, 'Jadi, pistol? Apakah Anda ingin saya membuat pistol?' Dan ia berkata, 'Ya, mari kita taruh pistol di sana.' Jadi saya melakukan apa yang diperintahkan dan saya meletakkan pistol di sana. Ditambah fakta bahwa mereka hanya punya waktu, seperti, satu setengah hari bagi saya untuk melukis dan apa yang Anda dapatkan bukanlah hasil terbaik. Tapi pasti hasil itu bukan salahku. Maksudku, mereka menyuruhku meletakkan pistol di tangannya!"[15]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: ロックマン Hepburn: Rockman?, diucapkan [ɾokɯmaɴ]
  2. ^ Kutipan dari adegan penutup berbahasa Inggris dari Mega Man.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mega Man Voices". Behind The Voice Actors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-25. Diakses tanggal 7 Oktober 2021. 
  2. ^ a b c d e f "Mega Man Voices". Behind The Voice Actors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-25. Diakses tanggal 9 Juli 2021. A green check mark indicates that a role has been confirmed using a screenshot (or collage of screenshots) of a title's list of voice actors and their respective characters found in its opening and/or closing credits and/or other reliable sources of information. 
  3. ^ Capcom. ロックマンロックマン. Capcom. Scene: Ending credits, 7:02. 
  4. ^ Mega Man History "Introduction" section Capcom.com. URL Accessed 29 Oktober 2006.
  5. ^ a b "Keiji Inafune dropped mad Mega Man secrets on me". 6 September 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Juli 2015. Diakses tanggal 29 Juli 2015. 
  6. ^ a b Interview with Kenji Inafune Mega. Man.Network (Originally published in Play magazine, volume 3, issue 4 (April 2004)). Archived from the original on 15 Desember 2005. URL Accessed 4 Mei 2006.
  7. ^ Mega Man History "Classic series" section Capcom.com. URL Accessed 29 Oktober 2006.
  8. ^ Mitchell, Richard. "Who changed Rockman's name to Mega Man?". Joystiq. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Juni 2011. Diakses tanggal 4 Oktober 2010. 
  9. ^ Staff (March 1993). "What's So Hot About Capcom?". Nintendo Power. No. 46. hlm. 94. 
  10. ^ a b Hirohiko Niizumi (23 September 2007). "TGS '07: Mega Man celebrates 20th anniversary". GameSpot. CBS Interactive Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Desember 2012. Diakses tanggal 1 Februari 2011. 
  11. ^ Mega Man: Official Complete Works. Udon Entertainment Corp. 23 December 2009. hlm. 6. 
  12. ^ "The Birth of Mega Man – 2011 Developer Interview". Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Agustus 2018. Diakses tanggal 14 Agustus 2018. 
  13. ^ Hoffman, Chris (April 2004). "The Best Damn Mega Man Feature Period". Play. Imagine Publishing. 3 (4). ISSN 1747-7859. 
  14. ^ Mega Man: Official Complete Works. Udon Entertainment. January 6, 2010. hlm. 34–9. ISBN 978-1-897376-79-9. 
  15. ^ Ericksen, Marc. "MegaMan 2, What's with the pistol??!!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-12. Diakses tanggal June 16, 2013.