Kirby (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kirby
Tokoh Seri Kirby
Berkas:Karakter Kirby.png
Penampilan
perdana
Kirby's Dream Land (1992)
Penampilan
terakhir
Kirby and the Forgotten Land (2022)
PenciptaMasahiro Sakurai
Didesain
oleh
Masahiro Sakurai (hanya dibuat di Super Smash bros)
Shigeru Miyamoto
Satoru Iwata
Pengisi suaraMayumi Tanaka (1993)
Taeko Kawata (1994)
Makiko Ohmoto (1999–)

Kirby (カービィ, Kābī, pengucapan bahasa Jepang: [kaːbiː]) adalah sebuah karakter fiksi dan protagonis utama seri permainan video Kirby milik Nintendo dan HAL Laboratory. Karakter tersebut adalah salah satu ikon terkenal dan paling familiar dari Nintendo. Sejak 1999, pengisi suaranya adalah Makiko Ohmoto.

Sejarah dan kreasi[sunting | sunting sumber]

Kirby diciptakan oleh Masahiro Sakurai sebagai karakter pemain dari game tahun 1992, Kirby's Dream Land. Desain karakter dimaksudkan untuk berfungsi sebagai grafis pengganti untuk protagonis asli permainan dalam pengembangan awal dan dengan demikian diberikan tampilan yang sederhana. Sakurai beralih ke desain placeholder untuk desain karakter terakhir ketika dia yakin bahwa desain itu lebih baik untuk karakter.[1] Karakter itu dikenal sebagai kirby selama pengembangan sampai nama "Kirby" dipilih dari daftar draf daftar nama potensial. Shigeru Miyamoto menyatakan bahwa "Kirby" dipilih untuk menghormati pengacara Amerika John Kirby, yang membela Nintendo di Kasus Universal City Studios, Inc. v. Nintendo Co., Ltd. pada tahun 1984 dan bahwa nama yang terdengar serak itu sangat kontras dengan penampilan karakter yang lucu.[2][3] Kirby muncul putih di Kirby's Dream Land karena palet abu -abu dari sistem Game Boy. Sakurai menginginkan karakter itu berwarna merah muda, meskipun Miyamoto awalnya mengira karakter itu berwarna kuning. Kirby memang tampak putih dalam materi promosi dan karya seni game Amerika Utara untuk mencerminkan penampilan karakter dalam game.[1]

Di Amerika Utara, Kirby secara konsisten muncul dalam karya seni dengan ekspresi yang lebih mencolok dan lebih berani daripada di Jepang, di mana ekspresinya lebih santai. Nintendo telah mengatakan bahwa penampilan yang lebih siap tempur menarik khalayak yang lebih luas di Amerika Utara.[4]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Kirby bisa mendapatkan properti musuh atau objek yang dia makan. Sebagai contoh; dengan menghirup musuh yang menggunakan pedang, Kirby menjadi pendekar pedang yang terampil.

Penampilan fisik[sunting | sunting sumber]

Kirby memiliki kulit merah muda, bulat, tubuh dengan tangan dan sepatu merah. Matanya berbentuk oval khas dan berwarna putih (mata bersinar) di bagian atas, hitam di tengah dan biru tua di bagian bawah (semuanya hitam di awal permainan) dengan pipi merona di dekat matanya. Tubuhnya lembut dan fleksibel, memungkinkan dia untuk meregangkan atau meratakan dan mengadopsi bentuk yang berbeda, membuka mulutnya sangat lebar untuk menghirup musuh, atau mengembang dirinya sendiri dengan udara dan terbang. Dalam Kirby: Nightmare in Dream LandKirby's Return to Dream Land dan Kirby & the Amazing Mirror, Kirby berwarna berbeda muncul sebagai pemain lain dalam permainan multi-pemain. Dalam kasus yang terakhir, mereka adalah hasil dari Kirby yang dibagi menjadi empat oleh Dark Meta Knight.[5]

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Seri utama[sunting | sunting sumber]

Bentuk media utama Kirby adalah permainan, karena ia adalah bintang dan protagonis dari seri milik Nintendo yang dinamai menurut namanya. Kebanyakan game Kirby adalah game platform di mana Kirby melawan musuh, memecahkan puzzld, dan menantang bos. Setiap permainan biasanya menambahkan sentuhan baru atau perubahan pada kemampuan Kirby yang ditekankan oleh level permainan, seperti menggabungkan power up di Kirby 64 atau Kemampuan Super di Return to Dream Land. Sebagian besar permainan melibatkan Kirby menyelamatkan dunia atau bahkan alam semesta dari kekuatan jahat yang gelap. Gim Kirby yang khas memiliki makhluk yang kuat, seperti Dark Matter atau Nightmare, mengendalikan atau merusak penjahat sekunder.

Seri ini memiliki 35 game saat ini, dengan yang pertama adalah Kirby's Dream Land pada tahun 1992 dan yang terbaru adalah Kirby and the Forgotten Land pada tahun 2022. Meskipun sebagian besar adalah game platform, beberapa spin-off termasuk permainan pinball, pertarungan, balapan, dan puzzle.

Seri Super Smash Bros.[sunting | sunting sumber]

Kirby muncul dalam seri game Super Smash Bros. sebagai karakter yang dapat dimainkan, yang juga dibuat oleh Masahiro Sakurai. Dia adalah satu-satunya perwakilan seri Kirby di Super Smash Bros. dan Super Smash Bros. Melee, dan telah menjadi salah satu dari tiga (yang lainnya adalah Meta Knight dan King Dedede) pada Super Smash Bros. Brawl. Dia mengulangi perannya sebagai karakter yang dapat dimainkan di Super Smash Bros. untuk Nintendo 3DS dan Wii U dan Super Smash Bros. Ultimate, yang terakhir menampilkan dia memainkan peran utama dalam mode cerita "World of Light" di mana dia bertahan hidup dari Galeem. pembantaian pada semua pejuang.

Penerima[sunting | sunting sumber]

Sejak pertama kali muncul di Kirby's Dream Land, Kirby mendapat sambutan positif. Nintendo Power mendaftarkan Kirby sebagai pahlawan favorit ke-19 mereka, berkomentar bahwa dia tidak mendapatkan rasa hormat yang pantas dia dapatkan.[6] Kirby menduduki peringkat kedua pada daftar karakter Top 10 Super Smash Bros. GameDaily.[7] Mereka juga memasukkannya ke dalam artikel "Pretty in Pink Video Game Characters" mereka.[8] GamesRadar mendaftarkan Kirby sebagai salah satu gumpalan yang paling disukai, menyebutnya sebagai salah satu hal terlucu yang muncul dalam permainan Nintendo, namun juga menggambarkan cara dia mengalahkan musuh-musuhnya sebagai "mengerikan."[9] Dia menduduki peringkat keenam di IGN 10 karakter veteran Super Smash Bros. , digambarkan sebagai "merah muda paling mengerikan yang pernah dibuat."[10] Sebuah edisi webcomic VG Cats menggambarkan Kirby dalam 100 bentuk dari kedua video game dan bentuk media lainnya, seperti karakter dari The Legend of Zelda, Metal Gear dan Gundam.[11] Pada tahun 2011, Cheat Code Central menempatkan Ninja Kirby sebagai ninja teratas kesembilan dalam video game.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Zablotny, Marc (September 10, 2012). "11 amazing Kirby facts and secrets". Official Nintendo Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 31, 2014. Diakses tanggal January 23, 2014. 
  2. ^ Zablotny, Marc (September 20, 2012). "How did your favourite Nintendo characters get their names?". Official Nintendo Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2012. Diakses tanggal March 26, 2014. 
  3. ^ Turi, Tim (June 17, 2011). "Miyamoto Talks Wii U, Zelda, And Nintendo's Past". Game Informer. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 11, 2018. Diakses tanggal October 26, 2018. 
  4. ^ Gaston, Martin (April 28, 2014). "Why is Kirby always angry in the US? Nintendo explains". Gamespot. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 15, 2014. Diakses tanggal August 19, 2014. 
  5. ^ "Kirby & the Amazing Mirror Story" (dalam bahasa Jepang). Nintendo Co., Ltd. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-11-23. Diakses tanggal 2006-11-21. 
  6. ^ Nintendo Power 250th issue!. South San Francisco, California: Future US. 2010. hlm. 40, 41. 
  7. ^ "Top 10 Smash Bros. Characters - Page 9". GameDaily. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-06. Diakses tanggal 2009-08-07. 
  8. ^ "Pretty in Pink Video Game Characters". GameDaily. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2008. Diakses tanggal July 26, 2013. 
  9. ^ "The Top 7... Lovable Blobs". GamesRadar. 15 January 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-16. Diakses tanggal 2010-01-05. 
  10. ^ Super Smash Bros. Veterans' Day - IGN (dalam bahasa Inggris), January 10, 2008, diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-09, diakses tanggal 2020-07-13 
  11. ^ "VG Cats! Comics". www.vgcats.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-08. Diakses tanggal 2020-07-13. 
  12. ^ Becky Cunningham, Top 10 Ninjas In Video Games Diarsipkan 2019-05-03 di Wayback Machine., Cheat Code Central, 2011

Pranala luar[sunting | sunting sumber]