Perempuan dalam bahaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Penggambaran Paolo Uccello dari Santo Georgius dan seekor naga, sekitar tahun 1470, sebuah gambar klasik dari perempuan dalam bahaya.

Perempuan dalam bahaya, wanita dalam bahaya, pelayan yang ditindas, atau putri raja dalam bahaya (damsel-in-distress, persecuted maiden, atau princess in jeopardy) adalah sebuah tema klasik dalam sastra, seni, film dan permainan video dunia. Jenis ini biasanya melibatkan seorang wanita muda cantik atau polos, yang ditempatkan dalam sebuah bahaya oleh seorang penjahat atau monster, dan yang meminta seorang pahlawan laki-laki untuk menyelamatkannya. Setelah menyelamatkannya, pahlawan tersebut biasanya meminangnya. Ia telah menjadi karakter utama dari fiksi, terutama melodrama. Meskipun ia biasanya manusia, ia juga dapat merupakan spesies lainnya, termasuk spesies fiksi atau fokloris; dan bahkan figur-figur ilahi seperti malaikat, roh atau dewi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Mario Praz (1930) The Romantic Agony Chapter 3: 'The Shadow of the Divine Marquis'
  • Robert K. Klepper, Silent Films, 1877-1996, A Critical Guide to 646 Movies, pub. McFarland & Company, ISBN 0-7864-2164-9