Super Mario 64

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Super Mario 64
Super Mario 64 box cover.jpg
Sampul permainan
PengembangAPH Nintendo
PenerbitNintendo
PengarahShigeru Miyamoto
ProduserShigeru Miyamoto
Komponis musikKoji Kondo
SerialSuper Mario
PlatformNintendo 64, iQue Player, Virtual Console
Tanggal rilisNintendo 64[1][2]
iQue Player
  • ZH: 21 November 2003
Virtual Console[3][4]
GenrePlatforming
ModePemain tunggal

Super Mario 64 merupakan judul game yang dirilis bersama-sama dengan peluncuran Nintendo 64. Sebagai 'Killer Application' dari Nintendo 64, Super Mario 64 sangat mendongkrak penjualan unit Nintendo 64. Secara total, Super Mario 64 telah terjual sebanyak 11 juta unit.

Super Mario 64 merupakan game 3-D pertama dari seri video game Mario, dan pada masanya merevolusi dan mendefinisikan ulang genre 3-D (pada saat itu game bergenre 3-D terlalu lambat dan memiliki sedikit poligon. Keadaan ini diperparah dengan built-in game kamera yang fix dan tidak flexibel sehingga mempersulit gameplay).

Dalam perpindahan dari 2-D ke 3-D, Super Mario 64 menggantikan level serta jalan cerita linear dengan dunia yang luas dan misi yang beraneka ragam yang bebas dipilih oleh pemain. Walaupun demikian, gameplay Mario masih tetap terasa, sehingga "Look and Feel" dari game-game Mario sebelumnya masih tetap tersedia.

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Permainan dimulai dari halaman depan istana Princess Peach

Super Mario 64 mendapat sambutan yang sangat baik, dan sampai sekarang masih menjadi permainan yang terkenal. Super Mario 64 telah mendapat berbagai penghargaan, seperti "Game of the Year" dari berbagai media. Pada beberapa situs permainan video Super Mario 64 telah dianggap sebagai "Greatest Games of All Times" (atau Game Terbaik Sepanjang Masa).

Super Mario 64 adalah permainan video nomor satu pada majalah seperti Next Generation Magazine, Nintendo Power, dan berada di tempat kelima di IGN, Electronic Gaming Monthly. EGM memberikan penghargaan emas pada ulasan perdananya. Di majalah Edge, Super Mario 64 merupakan game pertama dari 5 permainan yang memperoleh nilai sempurna 10 dari 10. GameSpot menyebut Super Mario 64 sebagai salah satu dari 15 game yang paling berpengaruh. GameTrailers meletakkan Super Mario 64 pada nomor dua sebagai permainan paling inovatif sepanjang masa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Super Mario 64 untuk Nintendo 64 – Ringkasan rilis". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-08. Diakses tanggal 13 September 2008. 
  2. ^ "Super Mario 64". IGN. Diakses tanggal 13 September 2008. 
  3. ^ "Super Mario 64 untuk Wii – Ringkasan rilis". GameSpot. Diakses tanggal March 9, 2008. [pranala nonaktif]
  4. ^ "Super Mario 64 (Virtual Console)". IGN. Diakses tanggal 9 Maret 2008.