Pac-Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pac-Man
Publikasi
22 Mei 1980
Genremaze video game (en)
KarakterPac-Man (karakter)
Bagian dariNamco Museum Virtual Arcade (en)
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformGame Boy Advance, Windows Phone, Android, Atari 5200, Commodore VIC-20, Atari 2600, MSX, Commodore 64, Sega Game Gear, Linux, Windows, ZX Spectrum, Xbox 360, Amiga, DOS, Nintendo Entertainment System, Super Nintendo Entertainment System, iOS, Famicom Disk System, Apple II series (en), Atari 8-bit, Intellivision (en), Texas Instruments TI-99/4A (en), IBM PC, Game Boy Color, Neo Geo Pocket Color (en), iPod Touch, PlayStation 4 dan Xbox One
ModePermainan video pemain tunggal
Formatunduhan digital
Metode inputpapan tombol komputer, tuas kendali dan layar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PembuatToru Iwatani
PengembangNamco
PenyuntingNamco (Jepang)
Midway Games (en) (Amerika Utara)
DesainerToru Iwatani
PenerbitGoogle Play dan App Store
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864328
Informasi tambahan
Situs webpacman.com
MobyGamespac-man
IMDB: tt0260264 Archive.org: PacMan1981Atari
Musicbrainz: 89bc772b-a157-4481-88f9-45e404602925
Bagian dari
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Berkas:Pac-man.png
Tangkapan gambar Pac-Man versi orisinal dari arkade. Dalam gambar ini, keempat hantu berada di posisi awal mereka di tengah layar sementara Pac-Man berada di bawahnya.

Pac-Man adalah sebuah permainan arkade yang dikembangkan Namco dan diterbitkan Midway; dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980. Awalnya dirilis di arkade saja, Pac-Man yang masih populer hingga kini telah dirilis pula dalam platform lainnya seperti Game Boy dan SNES. Perancang permainan ini adalah Toru Iwatani, yang merupakan karyawan Namco.

Pemain harus mengontrol tokoh berwarna kuning bernama Pac-Man dan membawanya mengelilingi lorong berlika-liku sambil "memakan" titik-titik kecil dan benda-benda khusus lainnya. Pada saat yang sama, terdapat empat "hantu" yang berkeliling di lorong tersebut yang bertugas menangkap Pac-Man. Sang pemain dapat menyelesaikan satu level (tingkat) jika berhasil memakan seluruh titik dan benda khusus. Secara teori, permainan dapat terus berlanjut tanpa batasan tingkat, tetapi tingkat ke-256 memiliki bug yang menyebabkan gambar di layar tidak beraturan dan karena itu Pac-Man tidak dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut.

Pac-Man kini dianggap sebagai salah satu permainan video klasik serta merupakan salah satu ikon tahun 1980-an. Salah satu alasan kesuksesannya adalah bentuk permainannya yang dapat digemari baik pria maupun wanita dibandingkan dengan permainan arkade lainnya sebelum Pac-Man seperti Space Invaders dan Defender yang merupakan permainan tembak-tembakan.

Pranala luar[1][sunting | sunting sumber]

  1. ^ wikipedia, wikipedia (20 November 2021). "wikipedia". Pac Man.