Adam Young

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Adam Young
Owlcity.png
Latar belakang
Nama lahir Adam Randal Young
Nama lain Owl City, Sky Sailing, Port Blue
Lahir 5 Juli 1986 (umur 31)
Asal Owatonna, Minnesota
Genre Electropop, synthpop, indietronica
Pekerjaan Produser, musisi, penyanyi-penulis lagu
Instrumen Vokal, programming (musik), keyboard, gitar, gitar bass, banjo, vibraphone, akordion, drum, perkusi
Tahun aktif 2007 - sekarang
Label Universal Republic, Sky Harbor, Port Blue
Artis terkait Owl City, Carly Rae Jepsen, Sky Sailing, Swimming With Dolphins, Windsor Airlift, Port Blue, Seagull Orchestra, Lights, Dispatch, Keehar
Situs web ayoungmusic.com

Adam Young (lahir 5 Juli 1986; umur 31 tahun) adalah seorang penyanyi asal Amerika Serikat, penggubah lagu, multi-instrumentalis, produser dan pendiri proyek musik elektronika Owl City. Ia juga pemimpin beberapa proyek musikal lainnya, seperti Sky Sailing,[1] Port Blue, dan Swimming with Dolphins.

Proyek musikal[sunting | sunting sumber]

Young mulai menggubah lagu di dalam basement orang tuanya ketika ia menderita insomnia. Bekerja sendirian, Young mempublikasikan lagu-lagu elektropopnya ke MySpace dan iTunes, menjual sekitar 2.000 trek per minggunya[2] atas nama Owl City. Young selanjutnya mengembangkan MySpace dan merilis sebuah album mini dan sebuah album lengkap.

Rilis musikal pertama Owl City, Of June, memulai debutnya pada tanggal 21 April 2007. Meskipun dirilis secara independen, Of June tetap saja mendapat peringkat nomor 15 di tangga lagu US Dance/Electronic Albums. Ada tujuh lagu di Of June, dan salah satunya, "Hello Seattle", dirilis ulang dengan Ocean Eyes.

Album penuh pertamanya, Maybe I'm Dreaming, dirilis pada tanggal 16 Desember 2008, dan mencapai peringkat 13 di tangga lagu US Electronic Albums, juga tanpa dukungan dari perusahaan rekaman. Album ini membuat Young memiliki penggemar yang cukup besar, dan sebagai hasilnya ia berkeliling ke seluruh Amerika Serikat, dengan Austin Tofte pada keyboard dan backing vocal, Matthew Decker pada drum, dan terkadang Breanne Düren juga pada keyboard dan backing vocal.

Pada tahun 2009, Young menandatangani kesepakatan dengan perusahaan rekaman Universal Republic. Di bawah label barunya ini, dia merilis album penuh keduanya Ocean Eyes dan merilis ulang dua album sebelumnya. Lagu hitsnya "Fireflies" terjual 650.000 kopi pada minggu pertama dan menjadi iTunes Single Of The Week. Kemudian itu mencapai peringkat satu pada Billboard Hot 100. Ocean Eyes mencapai sepuluh besar di tangga album Amerika Serikat dan menduduki peringkat atas pada tangga album rock dan elektronik Amerika Serikat. Pada bulan Februari 2010, iTunes merilis daftar penjualan lagu tertinggi sejak 2003 dengan "Fireflies" terdapat pada peringkat 24[3]. Setelah kesuksesan Ocean Eyes, Young mulai melakukan tur keliling dunia. Tur grup musiknya terdiri atas Adam Young (pemimpin vokal, gitaris, keyboard, drum), Breanne Düren (backup vocals/keyboard), Matthew Decker (drummer), Laura Musten (violin), dan Hannah Schroeder (cello). Sebuah versi deluxe Ocean Eyes dirilis pada tanggal 26 Januari 2010, yang berisi bonus lagu "Rugs From Me To You", "Strawberry Avalanche", dan "Hot Air Balloon".

Young merilis album ketiganya, All Things Bright and Beautiful, pada tanggal 14 Juni 2011. Album ini mencapai peringkat 1 di iTunes Top 10 Electronic Album di Amerika Serikat dan Kanada serta menerima rata-rata 4,5 bintang dari pelanggan. Album ini berisi tiga lagu, Deer in the Headlights, Alligator Sky, dan Galaxies. Shy Violet, salah satu lagu dalam album ini, hanya tersedia di Jepang dan Britania Raya.

Young menyatakan di blog-nya pada Januari 2012 bahwa album berikutnya akan berkolaborasi dengan JR Rotem, Dr Luke, Stargate, Brian Kennedy dan Emily Wright dalam penulisan dan pembuatannya. Pada tanggal 15 Mei 2012, Owl City merilis empat lagu EP berjudul Shooting Star, dan kemudian mengumumkan bahwa album baru akan dirilis pada tanggal 14 Agustus, yang kemudian ditunda menjadi 21 Agustus. Pada akhir Mei, Young membuat acara pengungkapan cover art empat kuadran, mengungkapkan masing-masing empat kotak ketika 5.000, 10.000, 15.000, dan akhirnya 20.000 orang berbagi di Facebook atau Twitter. Pada tanggal 29 Mei 2012, sampul resmi diumumkan. Awalnya direferensikan di Twitter sebagai # OCTMS, bagian OC jelas menjadi Owl City, TMS diumumkan sebagai The Midsummer Station. Single pertama dari album ini "Good Time" (menampilkan Carly Rae Jepsen), kedua sebagai "Shooting Star". "Good Time" dirilis pada tanggal 26 Juni di iTunes, dan diposting ke akun SoundCloud Owl City pada tanggal 22 Juni. [Rujukan?]

Sky Sailing[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 29 Juni 2010, Young mengumumkan bahwa ia akan merilis rekaman awal dengan nama Sky Sailing. Dia mulai membuat musik di bawah moniker Sky Sailing sekitar tahun 2006. Debut album Sky Sailing ini, An Airplane Carried Me to Bed, dibuat tersedia secara eksklusif melalui iTunes pada tanggal 13 Juli 2010.[4]

Port Blue[sunting | sunting sumber]

Port Blue adalah alias yang digunakan untuk percobaan instrumental, produksi ambient. Di bawah nama ini Young telah merilis satu album, The Airship (2007), dan satu EP, The Albatross EP (2008).

Pada tanggal 1 Juni 2011, Adam mengumumkan melalui Twitter bahwa ia bekerja pada sebuah lagu baru dalam Port Blue.[5]

Pada tanggal 8 Maret 2013, EP Port Blue yang belum pernah dirilis 'The Pacific Ep' yang diupload ke akun resmi Port Blue SoundCloud - soundcloud.com/portbluemusic. 'The Pacific' adalah 5 lagu Ep, diproduksi kembali pada tahun 2004-2005.

Kolaborasi[sunting | sunting sumber]

Young telah memberikan vokal untuk artis/produser yang berbeda dan proyek-proyek mereka, termasuk:

Dia juga telah menghasilkan musik untuk artis-artis lain, termasuk:

  • Relient K - Forget and Not Slow Down (Amazon Exclusive) – "Terminals" (2009)

Dia juga memiliki remix resmi untuk beberapa lagu dengan artis yang berbeda, termasuk:

  • LIGHTS - Saviour (Adam Young Remix) (single) - "Saviour (Adam Young Remix)" (2010)
  • Something Corporate - Played in Space: The Best of Something Corporate - "I Woke Up in A Car (Adam Young Mix)" (2010)
  • Switchfoot - Vice Re-Verses - "Blinding Light (Adam Young of Owl City Remix)" (2012)
  • Carly Rae Jepsen & Owl City - Good Times (Remixes) - EP - "Good Time (Adam Young Remix)"

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Young bertempat tinggal di kampung halamannya, Owatonna, Minnesota di mana ia menulis dan merancang semua musiknya. Dia menyebutkan ia memiliki sindrom Asperger, dan ia sering menyebut dirinya sebagai pemalu dan tertutup,walaupun sebenarnya dia salah. Young mengatakan bahwa ia menyukai fotografi dan menganggap dirinya sebagai seorang fotografer amatir. Ia adalah seorang Kristiani, dan menuliskan tentang keimanannya di blog-nya dan melalui musiknya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Skysailing Music". Sky Harbor Entertainment. February 15, 2011. Diakses tanggal 19 Mei 2013. 
  2. ^ Sisario, Ben (November 20, 2009). "From Mom’s Basement to the Top of the Chart". The New York Times. Diakses tanggal February 15, 2011. 
  3. ^ "Factbox: Most-downloaded iTunes songs". TVNZ. February 15, 2011. Diakses tanggal 15 Februari 2011. 
  4. ^ "Sky Sailing offers free track download". Sky Harbor Entertainment. February 15, 2011. Diakses tanggal 15 Februari 2011. 
  5. ^ "Working on a new Port Blue song.". Twitter. 1 Juni 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]