The Sims

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

The Sims adalah permainan komputer simulasi strategik yang dibuat oleh desainer permainan Will Wright, dipublikasi oleh Maxis, dan didistribusikan oleh Electronic Arts. Permainan ini adalah simulasi aktivitas sehari-hari dalam rumahtangga. Pada tanggal 4 Februari 2000, permainan ini telah terjual sebanyak 16 juta kopi yang membuatnya sebagai permainan komputer dengan penjualan terbesar dalam sejarah.[1]

Tinjauan luas[sunting | sunting sumber]

The Sims berfokus pada kehidupan orang virtual yang disebut sebagai Sims. Pemain dapat mengontrol aktivitas keseharian Sims, seperti menyuruhnya tidur, makan, membaca, atau mandi. Will Wright, desainer game ini, menyebut The Sims sebagai permainan rumah-rumahan digital ("digital dollhouse").selain itu kita juga dapat membuat orang dengankarakter masing masing.

Pak ekspansi[sunting | sunting sumber]

The Sims adalah salah satu game yang paling banyak memiliki pak ekspansi. Hingga saat ini, ada 7 pak ekspansi yang telah diproduksi untuk The Sims (diurutkan berdasarkan tanggal rilis):

The Sims: Livin' Large[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 31 Agustus 2000 (Amerika Utara)

The Sims: Livin' Large (dikenal pula sebagai The Sims: Livin' It Up di Britania Raya, Irlandia and Finlandia) adalah pak ekspansi pertama yang dirilis untuk The Sims. Livin' Large ini memberikan tambahan karakter, karier, barang-barang, dan fitur baru. artikel utama

The Sims: House Party[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 21 April 2001 (Amerika Utara)

The Sims: House Party adalah pak ekspansi kedua untuk game The Sims. House Party memberikan tambahan fitur untuk mengadakan pesta, serta tambahan karakter dan barang-barang baru.

The Sims: Hot Date[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 12 November 2001 (Amerika Utara)

The Sims: Hot Date adalah pak ekspansi ketiga untuk The Sims. Hot Date memberikan sebuah fitur baru yang tidak ada di pak ekspansi sebelumnya, yakni kemampuan untuk meninggalkan rumah dan pergi ke sebuah tempat baru yang disebut "Downtown." Di Downtown, sim dapat mengajak sim lainnya untuk makan atau kencan. Selain itu, Hot Date juga memberikan tambahan barang furniture, karakter, dan pakaian baru.

The Sims: Vacation[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 28 Maret 2002 (Amerika Utara)

The Sims: Vacation (atau The Sims: On Holiday di Irlandia, Britania Raya, dan Cina) adalah pak ekspansi ke-4 untuk game The Sims. Vacation memberikan tambahan perumahan (neighborhood) baru yang disebut Vacation Island, dimana Sims dapat berlibur bersama keluarga mereka. Vacation Island dibagi menjadi tiga zona, yaitu pantai, hutan, dan gunung salju.

The Sims: Unleashed[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 7 November 2002 (Amerika Utara)

The Sims: Unleashed adalah pak ekspansi kelima yang dikembangkan oleh Maxis/EA untuk game The Sims. Di Unleashed, terdapat fitur tambahan yang memungkinkan pemain untuk memelihara hewan. Beberapa hewan, yaitu anjing dan kucing, diperlakuakn seperti Sim—mereka butuh makan dan minum. Sementara hewan-hewan lainnya diperlakukan sebagai objek (hiasan).

Di Unleashed, lot perumahaan (neighborhood) yang awalnya hanya berjumlah 10, kini dikembangkan menjadi lebih dari 40 buah yang terbagi dalam zona perumahan dan komersial. Di lot komersial, pemain dapat mendirikan toko dan berbagai jenis restoran.

Selain itu, ekspansi ini juga memberikan banyak tambahan musik dalam game.

The Sims: Superstar[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 13 Mei 2003 (Amerika Utara)

The Sims: Superstar adalah pak ekspansi ke enam dari game The Sims. Pak ekspansi ini memungkinkan Sims pemain untuk menjadi seorang selebritas.

The Sims: Makin' Magic[sunting | sunting sumber]

Tanggal rilis: 29 Oktober 2003 (Amerika Utara)

The Sims: Makin' Magic adalah pak ekspansi terakhir yang dirilis untuk game The Sims. Pak ekspansi ini memberikan fitur baru yang memungkinkan pemain menggunakan sihir dalam game.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]