A Christmas Carol (film 2009)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
A Christmas Carol (film 2009)
A CHRISTMAS CAROL(2009).jpg
Poster layar lebar
Sutradara Robert Zemeckis
Produser Melissa Cobb
Penulis Robert Zemeckis
Charles Dickens
Berdasarkan A Christmas Carol oleh Charles Dickens
Pemeran Jim Carrey
Colin Firth
Gary Oldman
Musik Alan Silvestri
Sinematografi Robert Presley
Penyunting Jeremiah O'Driscoll
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis Amerika Utara:
6 November 2009
Britania Raya:
3 November 2009
Indonesia:
18 November 2009
Durasi 96menit
Bahasa Inggris
Anggaran 175-200 juta dolar AS
Pendapatan kotor $325,286,646

A Christmas Carol adalah film animasi berdasarkan sebuah novel klasik dengan judul yang sama dan dibuat dengan teknologi animasi modern yang dirilis pada tanggal 6 November 2009 di Amerika Serikat dan Inggris pada tanggal 3 November. Film ini disutradarai oleh Robert Zemeckis dan Charles Dickens. Pengisi suara dalam film animasi ini antara lain Jim Carrey, Colin Firth, dan Gary Oldman.

Kritikus film Amerika memberikan pendapat yang beragam atas film ini. Film ini dipuji karena visualnya dan pendapatannya yang mencapai $325,3 juta dengan anggaran $175–200 juta. Film 3D ini diproduksi melalui proses perekaman gerakan, teknik yang sama dengan yang digunakan Zemeckis dalam film-film lainnya, The Polar Express (2004), dan Beowulf (2007).[1] Proses pembuatan film A Christmas Carol dimulai pada Februari 2008.[2] Premiere film ini dilakukan di London, bertepatan waktunya dengan dinyalakannya lampu Natal tahunan di Jalan Oxford dan Jalan Regent, yang pada tahun 2009 bertemakan Dickens.[3][4]

Plot[sunting | sunting sumber]

Ebenezer Scrooge adalah sosok seseorang yang pandai, yang tidak memikirkan orang lain, dan hanya memikirkan untung dan rugi. Bahkan ia menganggap persahabatan, cinta, dan hari Natal adalah sesuatu yang tidak diperlukan. Suatu ketika Scrooge didatangi sosok gaib bernama Jacob Marley. Marley memberi tahu bahwa Scrooge akan didatangi tiga sosok gaib yang akan mengungkap kisah perjalanan hidup Scrooge. Tiga sosok gaib ini akan mengantar Scrooge melewati perjalanan panjang melampaui batas ruang dan waktu untuk membuka mata hati Scrooge.

Yang muncul pertama adalah Ghost of Christmas Past (Roh Natal Masa Lalu). Ghost of Christmas Past ini membawa Scrooge ke masa lalu untuk mengungkap hal sebenarnya yang membuat Scrooge sangat membenci hari Natal. Setelah itu muncul Ghost of Christmas Present (Roh Natal Saat Ini) yang mengantar Scrooge melihat kebahagiaan dan penderitaan orang-orang yang ada di sekitar Scrooge. Setelah tugas Ghost of Christmas Present selesai, muncullah Ghost of Christmas Yet to Come (Roh Natal Akan Datang). Sosok ketiga ini memperlihatkan yang akan terjadi pada Scrooge jika ia tidak segera mengubah jalan hidupnya.

Pada akhirnya ia berubah dari seorang yang pelit menjadi dermawan. Film ini mengisyarakat bahwa kita harus berbagi kepada yang membutuhkan.[5]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jim Carrey sebagai:
    • Ebenezer Scrooge, seorang pemarah, pelit, egois, yang membenci Natal dan segala sesuatu yang menimbulkan kebahagiaan.
    • Ghost of Christmas Past, roh pertama dari tiga roh yang sering menghantui Scrooge agar berubah. Ia digambarkan sebagai seorang remaja dengan tubuh seperti lilin dan kepala menyala, yang berbicara dengan suara pelan dan aksen Irlandia.
    • Ghost of Christmas Present, roh kedua dari tiga roh. Ia digambarkan sebagai pria besar periang dari utara Inggris dengan rambut dan berewok merah, serta berjubah hijau. Umurnya bertambah dengan cepat saat bersama Scrooge.
    • Ghost of Christmas Yet to Come, roh terakhir dari tiga roh. Roh ini digambarkan sebagai bayangan besar dalam bentuk Grim Reaper yang muncul di lantai atau dinding dan terkadang berwujud tiga dimensi untuk menunjuk sesuatu atau mengejar Scrooge dalam bentuk bayangan besar kereta jenazah yang ditarik kuda.
  • Gary Oldman sebagai:
    • Bob Cratchit, juru tulis Scrooge yang tidak dihargai dan digaji murah.
    • Jacob Marley, arwah dari sesorang yang pernah menjadi mitra bisnis Scrooge. Arwah ini dirantai dan dikutuk gentayangan di bumi karena berhati dingin dan menyia-nyiakan hidup.
    • Tiny Tim, putra bungsu Cratchit. Gerakannya diperankan oleh Gary Oldman, tetapi suara diisi oleh Ryan Ochoa.
  • Colin Firth sebagai Fred, keponakan Scrooge yang ramah dan merupakan satu-satunya kerabat yang masih hidup.
  • Bob Hoskins sebagai:
    • Tuan Fezziwig, pemilik usaha tempat Scrooge bekerja sebagai pegawai magang.
    • Joe tua, penadah yang membeli barang-barang Scrooge setelah meninggal dari Nyonya Dilber.

Pemeran lain dalam berbagai peran, di antaranya Robin Wright Penn, Cary Elwes, Steve Valentine, Fionnula Flanagan, Molly C. Quinn, Ryan Ochoa, Daryl Sabara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fleming, Michael (06-07-2007). "Jim Carrey set for ‘Christmas Carol’" (dalam bahasa Inggris). Variety. Diakses tanggal 18-12-2015. 
  2. ^ McClintock, Pamela (07-02-2008). "Studios rush to fill '09 schedule". Variety (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ "Dickens theme for festive lights" (dalam bahasa Inggris). BBC News. 13-09-2009. Diakses tanggal 13-09-2009. 
  4. ^ Hall, James (12-09-2009). "Disney's A Christmas Carol will be theme for London's Christmas lights". The Telegraph (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 13-09-2009. 
  5. ^ "Summary: A Christmas Carol" (dalam bahasa Inggris). SparkNotes. Diakses tanggal 25-09-2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]