A Christmas Carol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
A Christmas Carol
Sampul novela berwarna cokelat bertuliskan "A Christmas Carol by Charles Dickens" menggunakan tinta emas.
Sampul edisi pertama (1843)
Pengarang Charles Dickens
Judul asli A Christmas Carol. In Prose. Being a Ghost Story of Christmas.
Ilustrator John Leech
Negara Inggris
Diterbitkan 19 Desember 1843
Penerbit Chapman & Hall
Text A Christmas Carol di Wikisource

A Christmas Carol. In Prose. Being a Ghost Story of Christmas, atau yang lebih dikenal dengan A Christmas Carol, merupakan novela yang dikarang oleh Charles Dickens. Edisi pertama novela ini diterbitkan oleh Chapman & Hall di London dan diilustrasikan oleh John Leech. A Christmas Carol mengisahkan cerita mengenai Ebenezer Scroooge, seorang bakhil yang dikunjungi oleh hantu dari mantan mitra bisnisnya, Jacob Marley, dan roh-roh Hantu Natal Masa Lalu, Hantu Natal Masa Kini dan Hantu Natal Akan Datang. Setelah dikunjungi hantu tersebut, Ebenezer berubah menjadi orang yang baik dan lemah lembut.

Charles menulis A Christmas Carlos selama periode ketika Inggris mempelajari dan meninjau ulang tradisi Natal masa lalu, termasuk kidung Natal dan kebiasaan baru seperti pohon Natal. Charles terilhami oleh pengalaman masa mudanya dan cerita tentangNatal karya penulis lain termasuk Washington Irving dan Douglas Jerrold. Charles telah menulis tiga cerita Natal sebelum menulis novela ini dan terilhami selepas lawatan ke Sekolah Field Lane, satu di antara beberapa tempat yang dibangun bagi anak-anak jalanan di London. Penanganan terhadap orang miskin dan kemampuan orang yang egois untuk menebus dirinya dengan berubah menjadi karakter yang lebih bersimpati adalah tema utama cerita ini. Terdapat diskusi antara akademisi mengenai wujud cerita ini; sebuah pendapat menilai cerita ini bersifat duniawi, sedangkan pendapat lainnya menilai cerita ini merupakan alegori Kristen.

Novela ini diterbitkan pada 19 Desember 1843. Edisi pertamanya langsung laris manis pada malam Natal, menyebabkan novel ini dicetak ulang sebanyak 13 kali pada akhir tahun berikutnya. Novela ini mendapatkan penilaian positif dari para kritikus. Cerita ini disalin secara ilegal pada Januari 1844, sehingga Dickens mengambil langkah hukum terhadap penerbit yang pailit. Ini menyebabkan keuntungan Charles berkurang dari penerbitan novela ini. Charles melanjutkan menulis empat cerita Natal lainnya pada tahun berikutnya. Novela ini telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Cerita ini diadaptasi dalam banyak film, sandiwara panggung, opera, dan media lainnya.

Charles mengakui pengaruh ketaatan Barat modern terhadap Natal dan kemudian mengilhami beberapa aspek Natal, termasuk pertemuan keluarga, makanan dan minuman musiman, menari, permainan dan kemurahan hati yang meriah.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Sumber daring[sunting | sunting sumber]

Koran, jurnal dan majalah[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]