Duabelas Hari Natal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Duabelas Hari Natal

Dua Belas Hari Natal (Twelve Days of Christmas) dan malam-malam yang terkait dengan ke-12 hari itu (Twelve-tide), adalah serangkaian hari raya yang dimulai pada malam Hari Natal (25 Desember) hingga pagi hari 6 Januari, yaitu hari Epifania. Malam-malam yang terkait dengan ke-12 hari ini dimulai sebelum hari yang dimaksud. Jadi, malam pertama Natal jatuh pada 25-26 Desember, dan Malam ke-12 jatuh pada 5-6 Januari.

Dua Belas Hari Natal mungkin lebih dikenal lewat lagu The Twelve Days of Christmas dalam bahasa Inggris yang menyebutkan serangkaian hadiah yang diberikan pada setiap hari dari perayaan ini. Ini adalah salah satu lagu yang paling populer dan paling banyak direkam dalam sejarah Amerika.


Lagu[sunting | sunting sumber]

Asal-usul musik[sunting | sunting sumber]

Bermula dari masa kekuasaan Ratu Elisabet I dari Inggris pada tahun 1558, Gereja Katolik Roma dan praktek iman dilarang keras. Sebagian dari bermacam-macam ketetapan hukum melawan kekatolikan meliputi: Misa dilarang. Para imam diusir pergi dari wilayah kerajaan, dan diancam dengan dakwaan penghianatan besar dengan hukuman digantung, dikeluarkan isi perutnya hidup-hidup, dan dipenggal serta tubuhnya dipotong-potong menjadi empat bagian, apabila mereka berani kembali dan mempersembahkan Misa. Seorang Katolik yang menyembunyikan seorang imam di rumahnya atau mengijinkannya mempersembahkan Misa akan menerima hukuman yang sama. Warga Katolik tidak diperbolehkan memberikan hak suara, mempunyai harta milik, menjadi saksi di pengadilan, ataupun memiliki senjata. Barangsiapa tidak mengikuti kebaktian Protestan akan didenda dan apabila pelanggaran diulang akan dijebloskan ke dalam penjara. Seluruh sekolah Katolik ditutup dan pengajaran iman dilarang. Barangsiapa ditunjuk sebagai pegawai pemerintah wajib menyatakan sumpah menyangkal Paus dan keyakinan akan transsubstansiasi, karenanya menghalangi seorang Katolik menempati posisi yang demikian. Ketetapan-ketetapan hukum ini terus berlaku hingga April 1829 ketika Raja George IV dengan segan menandatangani Emancipation Bill, yang memberikan kebebasan politik dan agama bagi warga Katolik. Namun demikian, hingga saat ini, Raja ataupun Ratu Kerajaan Inggris tidak dapat menjadi seorang Katolik Roma.

Asal-usul liriknya[sunting | sunting sumber]

Twelve Days of Christmas adalah sebuah syair anak-anak yang aslinya diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Mirth without Mischief di London sekitar 1780. Syairnya mulanya adalah sebuah permainan daya ingat dan dimainkan oleh sekumpulan pemain. Masing-masing orang bergiliran menyebutkan baris pertama dari syair ini. Ketika tiba kembali giliran si pemain pertama, ia mengucapkan baris kedua dari syairnya dan seterusnya.

Seratus tahun kemudian permainan ini diambil oleh Lady Gomme (seorang kolektor cerita dan syair rakyat Inggris) sebagai syair yang "dapat bersenang-senang bernyanyi pada setiap malam ke-12 sebelum Natal, lalu makan pie dan kue ke-12."

Kata-katanya berbunyi demikian: Twelve Drummers Drumming Eleven Pipers Piping Ten Lords a-leaping Nine Ladies Dancing Eight Maids a-milking Seven Swans a-swimming Six Geese a-laying Five Gold Rings Four Calling Birds Three French Hens Two Turtle Doves and A Partridge in a Pear Tree Dari: The Reader's Digest Merry Christmas Songbook, terbit 1981.

Struktur dan lirik[sunting | sunting sumber]

"Twelve Days of Christmas" adalah sebuah lagu kumulatif, artinya, setiap bait dibangun di atas bait sebelumnya. Lagu ini memiliki 12 bait, masing-masing menggambarkan hadiah yang diberikan oleh "kekasihku yang sejati" pada masing-masing dari ke-12 hari Natal.

Bait pertama berbunyi demikian:

On the first day of Christmas, my true love gave to me
A partridge in a pear tree

Bait kedua:

On the second day of Christmas, my true love gave to me
Two turtle doves,
And a partridge in a pear tree

... dan seterusnya. Bait terakhir:

On the twelfth day of Christmas, my true love gave to me
Twelve drummers drumming
Eleven pipers piping
Ten lords a-leaping
Nine ladies dancing
Eight maids a-milking
Seven swans a-swimming
Six geese a-laying
Five golden (kadang-kadang gold) rings
Four calling (atau colly) birds
Three french hens
Two turtle doves
And a partridge in a pear tree

Ketukan lagu ini tidak tetap, berbeda dengan kebanyakan musik populer. Bait pembukanya, yaitu "On the twelfth day of Christmas, my true love gave to me", dibuat dari dua bar 4/4, sementara kebanyakan baris yang menyebutkan hadiah-hadiahnya disusun dengan satu bar 3/4 kecuali "Five golden rings", yang menggunakan dua bar 4/4, "Two turtle doves" menggunakan bar 4/4 dengan "And a" pada ketukan yang keempat dan "Partridge in a pear tree" menggunakan dua bar 4/4. Pada kebanyakan versi, sebuah bar 4/4 segera mengikuti "Partridge in a pear tree." "On the" terdapat di dalam bar itu pada ketukan ke-4 untuk bait berikutnya.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]