The Old Curiosity Shop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Old Curiosity Shop
Cover of Master Humphrey's Clock, in which the serial editions were pubished
Cover, the serial in Master Humphrey's Clock, 1840
PengarangCharles Dickens
IlustratorGeorge Cattermole
Hablot Knight Browne (Phiz)
Samuel Williams
Daniel Maclise
Perancang sampulGeorge Cattermole
NegaraEngland
BahasaEnglish
GenreNovel
DiterbitkanSerialised April 1840–November 1841; book format 1841
PenerbitChapman & Hall London
Jenis mediaPrint
Didahului olehNicholas Nickleby 
Diikuti olehBarnaby Rudge 
Novel The Old Curiosity Shop yang rilis pada january 1911

The Old Curiosity Shop adalah sebuah novel yang ditulis oleh Charles Dickens yang menceritakan tentang kisah kakek Little Nell Trent dan Quilp kurcaci yang jahat. The Old Curiosity Shop merupakan salah satu dari dua novel (yang lainnya berjudul Barnaby Rudge) yang diterbitkan bersama dengan cerita pendek dalam serial mingguannya Master Humphrey's Clock, tahun 1840 - 1841. Novel yang kala itu sangat populer di New York. The Old Curiosity Shop dicetak dalam bentuk buku pada tahun 1841.[1] Novel The Old Curiosity bergenre sentimentalisme.[2] The Old Curiosity berisi 748 halaman, dengan George Cattermole and Hablot K. Browne sebagai ilistrator.

Pada tahun 1841, Ratu Victoria membaca novel The old Curiosity menganggap novel The Old Curiosity sebagai novel yang sangat menarik untuk dibaca.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah buku ini berawal dari sebuah toko kuno yang menjual barang-barang unik dan antik di kota London, bernama Old Curiosity Shop. Di toko tersebut, tinggallah Nellie Trent seorang gadis yatim piatu empat belas tahun yang baik hati, bersama dengan kakeknya. Mereka hidup dengan sederhana dan bahagia bersama barang - barang unik yang mereka miliki. Namun, sayangnya kebahagiaan tersebut dirusak oleh kecanduan sang Kakek terhadap judi. Bahkan, saking kecanduannya, sang kakek akhirnya harus kehilangan seluruh kekayaan yang dia miliki. Sehingga sang kakek terpaksa meminjam uang pada sesosok manusia kerdil yang jahat bernama Daniel Quilp. Ironisnya, si Kakek sangat ingin mendapatkan banyak uang dari berjudi yang dia rahasiakan dari Nell karena dipicu oleh keinginannya untuk membahagiakan Nell. Meski begitu, Nell selalu menegaskan kalau ia tidak butuh uang untuk bahagia. Meskipun Nell sangat dicintai oleh kakeknya, Nell menjalani kehidupan yang sepi dan hanya memiliki sedikit teman seusianya. Teman satu-satunya adalah Kit, seorang anak laki-laki dan pegawai jujur ​​yang juga tinggal di toko, dan Nell mengajar membaca dan menulis.

Sang kakek berhasil meminjam banyak uang dari Daniel Quilp, seorang rentenir kurcaci yang jahat, cacat, dan bungkuk. Pada akhirnya, dia mempertaruhkan sedikit uang yang mereka miliki, dan Quilp mengambil kesempatan untuk mengambil alih toko dan mengusir Nell serta kakeknya. Penderitaan ini membuat Kakek jatuh sakit, hingga kemudian, mereka memutuskan untuk pergi jauh, mengembara hingga menemukan tempat di mana mereka dapat hidup tenang. Dia dan Nell diusir ke jalanan dan bertahan hidup sebagai mengemis, berkeliaran di seluruh London dan daerah sekitarnya.

Sementara itu, saudara laki-laki Nell, Frederick, yakin bahwa kakeknya telah menyembunyikan uang untuk Nell dan menyusun rencana agar teman bodohnya, Swiveller, menikahi Nell agar mereka dapat berbagi keberuntungan. Keduanya, dibantu oleh Quilp yang jahat untuk mengejar Nell dan kakeknya. Quilp tahu bahwa mereka tidak mempunyai uang, tetapi dia bergabung dalam rencana jahat ini demi kesenangan untuk menyiksa Nell.

Saat Nell dan kakeknya mengembara di Inggris Victoria, mereka bertemu dengan karakter yang berbeda dan aneh, seperti dalang, pemilik museum lilin yang ambisius, yang menyebut dirinya "Marquise", pelatih anjing. Setelah banyak petualangan dan kesulitan mereka tiba di kota yang tenang, di mana mereka dibantu oleh seorang lelaki tua yang disebut sebagai "profesor". Dalam perjalanan inilah Nell dan kakeknya bertemu orang-orang dengan berbagai karakter dan latar belakang. Ada yang baik hati dan menolong mereka, seperti Short dan Mr.Codlin yang merupakan artis pertunjukan keliling, juga Mrs. Jarley, pemilik pameran boneka lilin (tokoh dalam dunia nyata dan memiliki asosiasi dengan Museum Madame Tussauds); namun ada juga yang “menguji” ketahanan Kakek dan berusaha menjebaknya kembali dalam dunia gelap, judi.

Di akhir cerita, Dickes menghilangkan karakter utama, dengan membuat cerita Nell meninggal dunia, membuat kakeknya dan semua orang yang mencintainya sedih dan kesepian. Dickens seolah menghadirkan beragam karakter dalam bentuk malaikat dan iblis, namun mengingatkan bahwa musuh terbesar sebenarnya berasal dari dalam hati manusia sendiri.[4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Nell (Nelly): gadis manis dan lembut. Dia menemani kakeknya selama perjalanannya melalui Inggris. Di akhir cerita pada novel, Nell meninggal dunia.
  • Sang Kakek: Kakek Nell yang tidak pernah disebutkan namanya merupakan seorang pedagang barang antik tua yang menghabiskan sebagian besar uangnya dalam perjudian karena dia ingin mendapatkan cukup uang untuk membahagiakan cucunya. Namun, sang kakek dimiskinkan oleh Quilp yang jahat yang telah meminjamkannya uang. Akhirnya sang kakek dan Nell menjadi pengemis.
  • Kit: teman dan pelayan toko Nell. Dia dijebak karena pencurian oleh Quilp, dan dipenjara, tetapi dia dibebaskan dan pergi untuk menyelamatkan Nell.
  • Quilp: seorang antagonis pada novel the old curiosity shop, merupakan kurcaci bungkuk yang jahat dan kejam. Dia membuat Nell dan kakeknya jatuh miskin dengan meminjamkan uang kepada kakek untuk membiayai perjudiannya, dan kemudian mengusir mereka dari Tokonya. Di akhir cerita, Quilp jatuh ke Sungai thames pada malam berkabut dan tenggelam. Kematiannya diyakini karena bunuh diri.
  • Frederick: Kakak licik Nell yang percaya bahwa sebenarnya sang kakek memiliki banyak harta peninggalan untuk Nell.
  • Richard (Dick): seorang pegawai di kantor hukum Sampson Brass dan wali Marchioness. Swiveller awalnya adalah teman Quilp dan Frederick, tetapi akhirnya membebaskan diri.
  • Pria Pemberani: salah satu dari banyak karakter yang tidak disebutkan namanya dalam buku ini. Dia adalah adik laki-laki yang terasing dari kakek Nell. Dia memimpin pencarian Nell dan kakeknya.
  • Tn. Sampson Brass: seorang pengacara yang rendah hati dan korup. Dia bekerja untuk Quilp.
  • Miss Sarah (Sally): saudara perempuan dan pegawai Mr. Brass.
  • Mrs Jarley: pemilik pertunjukan lilin keliling, yang menerima Nell dan kakeknya karena kebaikan.
  • Pelayan kecil: pelayan Nona Brass.[5]

Lokasi The Old Curiosity Shop[sunting | sunting sumber]

Toko The Old Curiosity Shop dapat ditemukan di jalan Portsmouth no 13-14 Holborn, London, WC2A 2ES, dan sekarang dimiliki oleh London School of Economics.[6] Bangunan ini berasal dari abad keenam belas (tahun 1567) di daerah Clare Market, tetapi nama toko ditambahkan setelah novel The Old Curiosity Shop dirilis, karena dianggap sebagai inspirasi deskripsi Dickens tentang toko barang antik.[7] Lokasi nyata lainnya yang digunakan dalam novel ini adalah jembatan London, Bevis Marks, Finchley, dan Minster-on-Sea. Dilaporkan oleh sejarawan Coventry lokal David McGrory bahwa Charles Dickens menggunakan gerbang Coventry's Whitefriers di The Old Curiosity Shop. Bangunan gerbang ini masih ada di Much Park Street.

Edisi Utama[sunting | sunting sumber]

  • 1840–1841, UK, Chapman and Hall, Pub date (88 weekly parts) April 1840 sampai November 1841, sebagai serial dari Master Humphrey's Clock
  • 1841, UK, Chapman and Hall, 1841, hardback (edisi pertama)
  • 1870, UK, Chapman and Hall, Hardback
  • 1904, NY, Thomas Y. Crowell 1904, leatherbound
  • 1972, UK, Penguin English Library ISBN 0-14-005436-7, (telah di cetak sebanyak 6 kali)
  • 1995, USA, Everyman's Library ISBN 0-460-87600-7, paperback
  • 1997, UK, Clarendon Press (Oxford University Press) ISBN 0-19-812493-7, Pub date 13 November 1997, hardback.
  • 2001, UK, Penguin Books Ltd ISBN 0-14-043742-8, Pub date 25 January 2001, paperback (Penguin Classic)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Garber, Megan (2013-02-21). "Serial Thriller". The Atlantic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-18. 
  2. ^ ""The Old Curiosity Shop," Dickens: Ringkasan". id.unansea.com. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  3. ^ "Queen Victoria's Journals - Information Site". qvj.chadwyck.com. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  4. ^ "The Old Curiosity Shop | novel by Dickens | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-20. 
  5. ^ "The Old Curiosity Shop Summary". www.dickenslit.com. Diakses tanggal 2022-05-28. 
  6. ^ "The Old Curiosity Shop". Coldnoon (dalam bahasa Inggris). 2015-12-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-25. Diakses tanggal 2022-05-28. 
  7. ^ Stuff, Good. "The Old Curiosity Shop, St James's, London". britishlistedbuildings.co.uk. Diakses tanggal 2022-05-28.