Punch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Punch
Southern Bourbon Punch.jpg
JenisKoktail Edit the value on Wikidata
Punch

Punch adalah nama untuk berbagai macam minuman tanpa atau dengan alkohol, yang kebanyakan mengandung buah atau jus buah. Koktail itu berasal dari India, di mana ia diimpor ke Inggris pada abad ke-17, dan kemudian menyebar ke negara lain. Di pesta-pesta dan perayaan sering disajikan dalam wadah lebar atau mangkuk, dan sangat populer di Eropa Tengah selama liburan Natal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kata punch berasal dari bahasa Hindu dan berarti lima karena pada awalnya terbuat dari lima bahan: alkohol, gula, lemon, air dan teh atau rempah-rempah. Dari India ia datang ke Inggris berkat para pelaut dan karyawan British East India Company di awal abad ke-17, dan dari sana ia melakukan perjalanan ke negara-negara lain di Eropa. Biasanya punch mengandung lebih sedikit alkohol daripada koktail klasik. Istilah punch pertama kali dicatat dalam tindakan Inggris pada tahun 1632, ketika kebanyakan punch dibuat dari anggur atau brendi tetapi sekitar 1655 rum Jamaika mulai digunakan, dan punch itu lahir seperti yang kita kenal sekarang.

Punch

Jenis punch[sunting | sunting sumber]

Saat ini, produsen punch memasok berbagai jenis "punch buah-buahan" yang sebagian besar merupakan minuman berwarna merah di Republik Ceko terutama sekitar musim Natal. Meskipun namanya kebanyakan punch hanya mengandung sedikit jus buah, dan bahan utamanya adalah gula, asam sitrat, dan perasa buatan. Variasi non-alkohol terutama diberikan kepada anak-anak atau orang dewasa yang tidak minum alkohol mengandung campuran minuman buah-buahan seperti jus, air, teh, dan pemanis seperti gula atau madu.

Jenis lain bisa termasuk anggur, gin atau alkohol lain, sering kali bersama dengan berbagai jus buah atau minuman non-alkoholik lainnya. Banyak punch dilakukan dengan penambahan rum.

Punch sangat populer diminum oleh siswa karena campuran ini sering mengandung alkohol dalam jumlah besar, dan terbuat dari bahan yang tidak mahal. Kadang-kadang penambahan air dihapus dan alkohol ditambahkan hingga 30% atau lebih.

Punch di negara lain[sunting | sunting sumber]

Di Republik Ceko sedikit rum, gula, irisan jeruk atau lemon, kismis, kacang-kacangan, dan kayu manis dengan adas bintang ditambahkan pada minuman anggur merah atau putih yang biasanya disiapkan atau dibeli untuk hari Natal. Ini sepopuler dengan mulled wine, dan di pasar Natal bisa dapat banyak jenis minuman yang termasuk atau tidak termasuk alkohol.

Di Karibia dan negara-negara Pasifik, dan Samudra Hindia punch adalah minuman aperitif. Di Korea punch tradisional namanya Sujonggwa dibuat dari buah kering, kayu manis, dan jahe. Di Meksiko "agua loca" ("air gila") adalah punch yang sangat manis, dan dibuat dari tebu, mezcal atau tequila yang dicampur dengan "aguas frescas" (minuman buah, sereal, dan air). Orang muda suka minum punch karena tidak merasakan kandungan alkohol dan mabuk dengan cepat.

Di Jerman punch adalah campuran beberapa jus buah dengan tambahan anggur atau alkohol dan tidak boleh hilang selama perayaan Natal tradisional Jerman. Feuerzangenbowle adalah minuman anggur merah, dan rum yang membakar dan menumpahkan Zuckerhut ("topi gula"), sepotong gula besar yang terletak di "Feuerzange".

Tautan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Artikel ini digunakan terjemahan teks dari artikel Punč (drink) di Wikipedia bahasa Ceko.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Beberapa resep

Sejarah punch