Ceko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CC-devnations.svg
Republik Ceko

Česká republika (Ceska)
SemboyanPravda vítězí
(Ceska: "Kebenaran menang")
Lagu kebangsaan
Kde domov můj
(Indonesia: "Di Mana Rumahku Berada")
Czech Republic (orthographic projection).svg
EU-Czech Republic.svg
Flag-map of the Czech Republic.svg
Lokasi  Ceko  (hijau gelap)

– di Eropa  (hijau & abu-abu)
– di Uni Eropa  (hijau)

Lokasi Ceko
Ibu kota
Praha
50°5′N 14°28′E / 50.083°N 14.467°E / 50.083; 14.467
Bahasa resmiCeska
PemerintahanKesatuan parlementer republik konstitusional
• Presiden
Miloš Zeman
Petr Fiala
LegislatifParlemen
Senát
Poslanecká sněmovna
Pembentukan
sekitar 870
1198
28 Oktober 1918
15 Maret 1939
1 Januari 1969
• Pembubaran Cekoslowakia
(Konstitusi saat ini)
1 Januari 1993
Luas
 - Total
78.866 km2 (116)
 - Perairan (%)
2,12
Penduduk
 - Perkiraan 2022
10.516.707[1] (86)
 - Sensus Penduduk 2021
10.524.167[2]
133/km2 (91)
PDB (KKB)2022
 - Total
Kenaikan $509,953  miliar[3] (48)
Kenaikan $47.527[3] (36)
PDB (nominal)2022
 - Total
Kenaikan $296,238  miliar[3] (48)
Kenaikan $27.609 [3] (43)
Gini (2020) 24,2[4]
rendah
IPM (2021)Penurunan 0,889[5]
sangat tinggi · 32
Mata uangKoruna (Kč)
(CZK)
Zona waktuWaktu Eropa Tengah (CET)
(UTC+1)
 - Musim panas (DST)
UTC+2 (Waktu Musim Panas Eropa Tengah (CEST))
Lajur kemudikanan
Kode telepon+420¹
Kode ISO 3166CZ
Ranah Internet.cz²
Situs web resmi
www.czechia.eu
  1. Berbagi kode +42 dengan Slowakia hingga 1997.
  2. Juga .eu, berbagi dengan negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.

Republik Ceko, Ceska, Cesko, atau Cek[a] (bahasa Ceska: Česká republika, Česko Tentang suara ini dengar ), atau secara singkat Ceko atau Cekia (/ˈtʃɛkiə/ Tentang suara ini dengar ) adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia. Negara ini berbatasan dengan Jerman di sebelah barat dan utara, dengan Polandia di sebelah utara, dengan Slowakia di sebelah tenggara dan dengan Austria di sebelah selatan.

Di negara ini terletak Sudetenland di mana dahulu tinggal suku bangsa Jerman, tetapi setelah Perang Dunia II, sebagian besar mereka dideportasi meskipun masih banyak orang Ceko yang menyandang nama Jerman. Kala itu sekitar 3,5 juta jiwa bangsa Jerman diusir.

Di tanah Sudeten banyak terdapat industri, terutama industri kerajinan kristal dan bir.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanah Ceko muncul di akhir abad ke-9 ketika ia dipersatukan oleh Přemyslids. Kerajaan Bohemia adalah penguasanya, namun konflik keagamaan seperti Perang Hussit abad ke-15 dan Perang Tiga Puluh Tahun abad ke-17 sangat merusak. Kemudian tanah ini di bawah pengaruh Habsburg dan menjadi bagian Austria-Hongaria.

Setelah jatuhnya negara ini setelah Perang Dunia I, Ceko dan tetangganya Slowakia bergabung dan membentuk republik merdeka Cekoslowakia pada 1918. Negara baru ini mempunyai etnis Jerman minoritas yang besar, yang menuju ke pembubaran Cekoslowakia ketika Jerman dengan sukses menganeksasi minoritas tersebut melalui Persetujuan Munchen pada 1938, dan Slowakia mendapat otonomi yang lebih besar, dengan negara dinamai "Ceko-Slowakia". Slowakia lebih lanjut memecahkan diri lagi pada 1939 dan sisa negara Ceko ini diduduki oleh Jerman.

Setelah Perang Dunia II, Cekoslowakia jatuh ke dalam pengaruh Uni Soviet. Pada 1968, sebuah invasi oleh pasukan Pakta Warsawa mengakhiri usaha pemimpin negara ini untuk meliberalisasikan partai berkuasa dan menciptakan "sosialisme dengan sebuah muka manusia" pada Musim Semi Praha. Pada 1989, Cekoslowakia mendapatkan kebebasan melalui Revolusi Beludru. Pada 1 Januari 1993 negara ini secara damai pecah menjadi dua, menciptakan Republik Ceko dan Republik Slowakia yang merdeka.

Republik Ceko bergabung dengan NATO pada 1999 dan Uni Eropa pada 2004.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Ceko tidak memiliki batas laut karena dibatasi oleh Polandia, Jerman, Austria, dan Slowakia. Di daerah Bohemia, mengalir Sungai Elbe atau Labe dalam bahasa Ceska dan Sungai Vltava, dikelilingi oleh pegunungan rendah. Di Sudeten, terdapat titik tertinggi di Ceko, Gunung Sněžka setinggi 1.602 m. Bagian timur Ceko, Moravia, juga berbukit dan dialiri oleh Sungai Morava serta merupakan mata air Sungai Oder atau Odra. Sungai-sungai tersebut mengalir ke Laut Utara, Laut Baltik, dan Laut Hitam.

Iklim di Ceko adalah sedang dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang lembap, berawan, dan dingin serta dipengaruhi oleh iklim laut dan darat.

Politik[sunting | sunting sumber]

Bedasarkan konstitusi, Republik Ceko adalah sebuah negara demokrasi perwakilan parlementer multi-partai yang pluralis dengan kepala negara seorang presiden yang dipilih oleh parlemen untuk masa jabat 5 tahun. Presiden memiliki hak veto dalam legislasi, hak imunitas, dan bisa membubarkan parlemen dalam keadaan tertentu. Ia juga memilih perdana menteri serta anggota kabinet berdasarkan proposal dari perdana menteri.

Parlemen (Parlament České republiky) adalah bikameral, dengan Kamar Deputi (bahasa Ceska: Poslanecká sněmovna, 200 anggota) dan Senat (bahasa Ceska: Senát).[6]

Pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Ceko dibagi menjadi tiga belas daerah administratif (kraje, tunggal - kraj) dan satu daerah ibu kota (hlavní město), yang ditandai dengan *.

Peta Ceko dengan warna-warni berbeda per provinsi
Daerah Ibu kota
Praha*  
Daerah Bohemia Tengah (Středočeský kraj) kantor-kantornya terletak di Praha
Daerah Bohemia Selatan (Jihočeský kraj) České Budějovice
Daerah Plzeň (Plzeňský kraj) Plzeň
Daerah Karlovy Vary (Karlovarský kraj) Karlovy Vary
Daerah Usti nad Labem (Ústecký kraj) Ústí nad Labem
Daerah Liberec (Liberecký kraj) Liberec
Daerah Hradec Kralove (Královéhradecký kraj) Hradec Králové
Daerah Pardubice (Pardubický kraj) Pardubice
Daerah Olomouc (Olomoucký kraj) Olomouc
Daerah Moravia-Silesia (Moravskoslezský kraj) Ostrava
Daerah Moravia Selatan (Jihomoravský kraj) Brno
Daerah Zlin (Zlínský kraj) Zlín
Daerah Vysocina (Vysočina) Jihlava

Hubungan luar negeri[sunting | sunting sumber]

Ceko telah menjadi salah satu negara paling aman dan damai selama beberapa dekade terakhir.[7] Ceko merupakan anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, NATO, OECD, Dewan Eropa dan merupakan pengamat Organisasi Negara-negara Amerika.[8] Kedutaan besar sebagian besar negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Ceko berlokasi di Praha, sedangkan konsulat berlokasi di seluruh negeri.

Paspor Ceko dibatasi oleh visa. Menurut Indeks Pembatasan Visa Henley & Partners 2018, warga negara Ceko memiliki akses bebas visa ke 173 negara, yang menempatkan mereka di peringkat ke-7 bersama dengan Malta dan Selandia Baru.[9] Organisasi Pariwisata Dunia memeringkat paspor Ceko ke-24.[10] Program Pengabaian Visa AS berlaku untuk warga negara Ceko.

Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri memiliki peran utama dalam menetapkan kebijakan luar negeri, meskipun Presiden juga memiliki pengaruh dan mewakili negara di luar negeri. Keanggotaan di Uni Eropa dan NATO merupakan pusat kebijakan luar negeri Ceko. Kantor Hubungan Luar Negeri dan Informasi (ÚZSI) berfungsi sebagai badan intelijen asing yang bertanggung jawab atas spionase dan pengarahan kebijakan luar negeri, serta perlindungan kedutaan besar Ceko di luar negeri.

Republik Ceko memiliki ikatan dengan Slowakia, Polandia, dan Hungaria sebagai anggota Grup Visegrád,[11] serta dengan Jerman,[12] Israel,[13] Amerika Serikat[14] dan Uni Eropa serta para anggotanya.

Para pejabat Ceko telah mendukung pembangkang di Belarus, Moldova, Myanmar, dan Kuba.[15]

Diplomat Ceko terkenal di masa lalu termasuk Pangeran Philip Kinsky dari Wchinitz dan Tettau, Karl Philipp, Pangeran Schwarzenberg, Edvard Beneš, Jan Masaryk, Jiří Dienstbier dan Pangeran Karel Schwarzenberg.

Militer[sunting | sunting sumber]

Staf Umum Angkatan Darat Ceko di Praha

Angkatan bersenjata Ceko terdiri dari Angkatan Darat Ceko, Angkatan Udara Ceko dan unit pendukung khusus. Angkatan bersenjata dikelola oleh Kementerian Pertahanan. Presiden Ceko adalah Panglima Tertinggi. Pada tahun 2004 tentara mengubah dirinya menjadi organisasi yang sepenuhnya profesional dan wajib militer dihapuskan. Negara ini telah menjadi anggota NATO sejak 12 Maret 1999. Pengeluaran pertahanan kira-kira 1,28% dari PDB (2021).[16] Angkatan bersenjata bertugas melindungi Republik Ceko dan sekutunya, mempromosikan kepentingan keamanan global, dan berkontribusi pada NATO.

Saat ini, sebagai anggota NATO, militer Ceko berpartisipasi dalam operasi Dukungan Tegas dan KFOR dan memiliki tentara di Afghanistan, Mali, Bosnia dan Herzegovina, Kosovo, Mesir, Israel, dan Somalia. Angkatan Udara Ceko juga bertugas di negara-negara Baltik dan Islandia.[17] Peralatan utama militer Ceko meliputi pesawat tempur multi peran JAS 39 Gripen, pesawat tempur Aero L-159 Alca, helikopter serang Mi-35, kendaraan lapis baja (Pandur II, OT-64, OT-90, BVP-2) dan tank (T-72 dan T-72M4CZ).

Tentara dan pemimpin militer Ceko yang paling terkenal di masa lalu adalah Jan Žižka, Albrecht von Wallenstein, Karl Philipp, Pangeran Schwarzenberg, Joseph Radetzky von Radetz, Josef Šnejdárek, Heliodor Píka, Ludvík Svoboda, Jan Kubiš, Jozef Gabčík , Frantisek Fajtl dan Petr Pavel.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan GPD riil per kapita Republik Ceko 1973 hingga 2018
Ceko adalah bagian dari Pasar Tunggal Eropa dan Kawasan Schengen, tetapi menggunakan mata uangnya sendiri, koruna Ceko.

Ceko memiliki ekonomi pasar sosial berorientasi ekspor yang maju,[18] berpendapatan tinggi[19] berbasis jasa, manufaktur, dan inovasi, yang mempertahankan negara kesejahteraan dan model sosial Eropa.[20] Ceko berpartisipasi dalam Pasar Tunggal Eropa sebagai anggota Uni Eropa dan karena itu menjadi bagian dari ekonomi Uni Eropa, tetapi menggunakan mata uangnya sendiri, koruna Ceko, bukan euro. Ini memiliki tingkat PDB per kapita yaitu 91% dari rata-rata UE[21] dan merupakan anggota OECD. Kebijakan moneter dilakukan oleh Bank Nasional Ceko, yang independensinya dijamin oleh Konstitusi. Ceko menempati urutan ke-12 dalam pembangunan manusia yang disesuaikan dengan ketidaksetaraan PBB dan ke-24 dalam Indeks Modal Manusia Bank Dunia. Negara ini dijelaskan oleh The Guardian sebagai "salah satu ekonomi paling berkembang di Eropa".[22]

Pada tahun 2023, PDB per kapita negara pada paritas daya beli adalah $51.329[23] dan $29.856 pada nilai nominal.[24] Menurut Allianz A.G., pada tahun 2018 negara ini menjadi MWC (negara kekayaan rata-rata), peringkat ke-26 dalam aset keuangan bersih.[25] Negara ini mengalami pertumbuhan PDB sebesar 4,5% pada tahun 2017.[26] Tingkat pengangguran 2016 adalah yang terendah di UE sebesar 2,4%,[27] dan tingkat kemiskinan 2016 adalah yang terendah kedua di antara anggota OECD.[28] Ceko menempati peringkat ke-27 dalam Indeks Kebebasan Ekonomi 2021,[29] ke-30 dalam Indeks Inovasi Global 2022, turun dari peringkat ke-24 pada tahun 2016,[30] [31] ke-29 dalam Laporan Daya Saing Global,[32] dan ke-25 dalam Laporan Perdagangan Pemberdayaan Global.[33] Ceko memiliki ekonomi yang beragam yang menempati peringkat ke-7 dalam Indeks Kompleksitas Ekonomi 2016.[34] Sektor industri menyumbang 37,5% ekonomi, sedangkan jasa menyumbang 60% dan pertanian 2,5%.[35] Mitra dagang terbesar untuk ekspor dan impor adalah Jerman dan UE pada umumnya. Dividen senilai CZK 270 miliar dibayarkan kepada pemilik asing perusahaan Ceko pada tahun 2017, yang telah menjadi isu politik.[36] Negara ini telah menjadi anggota Kawasan Schengen sejak 1 Mei 2004, setelah menghapus kontrol perbatasan, membuka sepenuhnya perbatasannya dengan semua tetangganya pada 21 Desember 2007.[37]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Pada sensus tahun 2020, populasi Ceko mencapai 10,701,777 orang.[38][39] Tingkat kesuburan pada tahun 2019 adalah 1.71 kelahiran/wanita.[40] Umur rata-rata di Ceko adalah 43.2 tahun dan perkiraan harapan hidupnya adalah 79.85 tahun pada tahun 2020.[41]

Suku bangsa[sunting | sunting sumber]

Pada sensus tahun 2011, mayoritas penduduk Republik Ceko adalah orang Ceko (64.3%). Sedangkan beberapa kaum minoritas seperti orang Moravia (5.0%), orang Slowakia (1.4%), orang Ukraina (0.5%), Polandia (0.4%), dan lainnya. Sebanyak 25% orang yang disensus tidak menjawab.[42]

Menurut Czech Statistical Office, sebanyak 496,413 orang (4.5% dari populasi Ceko) merupakan warga negara asing pada tahun 2016. Imigran paling banyak berasal dari negara Ukraina, Slowakia, Vietnam, Rusia, dan Jerman.

Agama[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke 9 dan 10, daerah Bohemia yang sekarang bagian dari Ceko mengalami Kristenisasi Katolik. Setelah terjadi Reformasi Protestan, Kerajaan Bohemia mulai mengikuti ajaran dari Jan Hus. Pergerakan tersebut disebut dengan Husite.

Menurut sensus tahun 2011, 34.5% penduduk Ceko tidak beragama, 10.3% Katolik, 0.8% Protestan, 2.5% agama lainnya, dan 44.7% tidak menjawab.[42]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Pemain hoki Jaromír Jágr

Dua olahraga terkemuka di Ceko adalah sepak bola dan hoki es. Acara olahraga yang paling banyak ditonton adalah turnamen Olimpiade dan Kejuaraan Hoki Es Dunia.[43][44] Olahraga terpopuler lainnya termasuk tenis, bola voli, bola lantai, golf, hoki bola, atletik, bola basket, dan ski.[45]

Negara ini telah memenangkan 15 medali emas di Olimpiade Musim Panas dan sembilan di Olimpiade Musim Dingin. Tim hoki es Ceko memenangkan medali emas di Olimpiade Musim Dingin 1998 dan telah memenangkan dua belas medali emas di Kejuaraan Dunia, termasuk tiga medali langsung dari tahun 1999 hingga 2001.

Hiking adalah olahraga yang populer. Kata 'turis' dalam bahasa Ceko, turista, juga berarti 'trekker' atau 'pejalan kaki'. Untuk pejalan kaki, berkat tradisi berusia lebih dari 120 tahun, ada Sistem Penanda Pendakian Ceko untuk jalan setapak, yang telah diadopsi oleh negara-negara di seluruh dunia. Ada jaringan sekitar 40.000 km jalur jarak pendek dan jarak jauh yang ditandai melintasi seluruh negeri dan semua pegunungan Ceko.[46][47]

Musik[sunting | sunting sumber]

Antonín Dvořák, komponis Ceko

Tradisi musik tanah Ceko muncul dari himne gereja pertama, yang bukti pertamanya dikemukakan pada jeda abad ke-10 dan ke-11. Beberapa karya musik Ceko menyertakan dua paduan suara, yang pada masanya berfungsi sebagai lagu kebangsaan: "Tuhan, Kasihanilah Kami" dan himne "Saint Wenceslaus" atau "Saint Wenceslaus Chorale".[48] Penulis lagu kebangsaan "Tuhan, Kasihanilah Kami" oleh beberapa sejarawan dianggap berasal dari Santo Adalbert dari Praha (sv.Vojtěch), uskup Praha, yang hidup antara tahun 956 dan 997.[49]

Literatur[sunting | sunting sumber]

Literatur dari wilayah Ceko saat ini sebagian besar ditulis dalam bahasa Ceko, tetapi juga dalam bahasa Latin dan Jerman atau bahkan Slavonik Gereja Lama. Franz Kafka, meskipun bilingual dalam bahasa Ceko dan Jerman,[50][51] ia menulis sebuah karya bernama The Trial, The Castle dalam bahasa Jerman.

Pada paruh kedua abad ke-13, istana kerajaan di Praha menjadi salah satu pusat Minnesang Jerman dan sastra istana. Sastra berbahasa Jerman Ceko dapat dilihat pada paruh pertama abad ke-20.

Terjemahan Alkitab berperan dalam perkembangan sastra Ceko. Terjemahan bahasa Ceko tertua dari Mazmur berasal dari akhir abad ke-13 dan terjemahan Alkitab bahasa Ceko lengkap pertama selesai sekitar tahun 1360. Alkitab bahasa Ceko lengkap pertama yang dicetak diterbitkan pada tahun 1488. Terjemahan Alkitab bahasa Ceko lengkap pertama dari bahasa aslinya diterbitkan antara tahun 1579 dan 1593. Kodeks Gigas dari abad ke-12 adalah manuskrip abad pertengahan terbesar yang masih ada di dunia.[52]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Bangunan batu yang diawetkan paling awal di Bohemia dan Moravia berasal dari masa Kristenisasi pada abad ke-9 dan ke-10. Sejak Abad Pertengahan, tanah Ceko telah menggunakan gaya arsitektur yang sama dengan sebagian besar Eropa Barat dan Tengah. Gereja tertua yang masih berdiri dibangun dengan gaya Romawi. Selama abad ke-13, itu digantikan oleh gaya Gotik. Pada abad ke-14, Kaisar Charles IV mengundang arsitek dari Prancis dan Jerman, Matthias dari Arras dan Peter Parler, ke istananya di Praha. Selama Abad Pertengahan, beberapa kastil berbenteng dibangun oleh raja dan bangsawan, serta beberapa biara.

Gaya Renaisans menembus Mahkota Bohemia pada akhir abad ke-15 ketika gaya Gotik yang lebih tua mulai dicampur dengan elemen Renaisans. Contoh arsitektur Renaisans murni di Bohemia adalah Istana Musim Panas Ratu Anne, yang terletak di taman Kastil Praha. Bukti penerimaan umum Renaisans di Bohemia, yang melibatkan masuknya arsitek Italia, dapat ditemukan di chateau yang luas dengan halaman arcade dan taman yang ditata secara geometris.[53] Penekanan ditempatkan pada kenyamanan, dan gedung-gedung yang dibangun untuk tujuan hiburan juga bermunculan.[54]

Pada abad ke-17, gaya Barok menyebar ke seluruh Mahkota Bohemia.[55] Pada abad ke-18, Bohemia menghasilkan kekhasan arsitektural – the Baroque Gothic style, perpaduan gaya Gotik dan Barok.[53]

Seniman Ceko mengembangkan gaya kubisme yang berbeda dalam arsitektur dan seni terapan. Ini kemudian berkembang menjadi gaya Cekoslowakia nasional, rondocubism.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^Nama "Ceko" dalam bahasa Indonesia merupakan salah kaprah karena dipotong dari nama negara "Cekoslowakia", sementara "Cekoslowakia" sendiri bermakna "Cek" (/ˈtʃɛk/ atau Ceska /ˈtʃɛska/) dan "Slowakia" -- 'o' merupakan penghubung "dan" dalam bahasa Ceska
  2. . Nama formal dan nama pendek resmi negara ini di PBB adalah Česká republika dan Česko dalam bahasa Ceska, dan the Czech Republic dan Czechia dalam bahasa Inggris.[56] Hanya bahasa-bahasa di Indonesia yang menggunakan ejaan "Ceko", sementara bahasa Melayu di Malaysia menggunakan ejaan Republik Czech dan Bahasa Czech. Kedutaan negara ini di Indonesia menggunakan nama Kedutaan Republik Ceko, sementara sebuah perusahaan konsultan bisnis antara Cek dan Indonesia menggunakan nama Cekindo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Population of Municipalities – 1 January 2022". Czech Statistical Office. 29 April 2022. 
  2. ^ "Národnost". Census 2021 (dalam bahasa Cheska). Czech Statistical Office. Diakses tanggal 13 January 2022. 
  3. ^ a b c d "World Economic Outlook Database April 2022". IMF.org. International Monetary Fund. Diakses tanggal 19 June 2022. 
  4. ^ "Gini coefficient of equivalised disposable income". Eurostat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 October 2020. Diakses tanggal 21 June 2022. 
  5. ^ "Human Development Report 2021/2022" (PDF) (dalam bahasa Inggris). United Nations Development Programme. 8 September 2022. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2022-10-09. Diakses tanggal 8 September 2022. 
  6. ^ "The Constitution of the Czech Republic – Article 16". Czech Republic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 September 2015. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  7. ^ "Global Peace Index 2020" (PDF). visionofhumanity.org. Institute for Economics and Peace. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2022-10-09. 
  8. ^ "The Czech Republic's Membership in International Organizations". United States State Department. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  9. ^ "The Henley & Partners Visa Restrictions Index 2018. Data accurate as of 16 January 2018" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 9 May 2018. Diakses tanggal 13 March 2018. 
  10. ^ "Visa Openness Report 2016" (PDF). World Tourism Organization. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 23 January 2016. Diakses tanggal 17 January 2016. 
  11. ^ "About the Visegrad Group". Visegrád Group. 15 August 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 July 2015. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  12. ^ "Společné prohlášení ke strategickému dialogu mezi Ministerstvem zahraničních věcí České republiky a Ministerstvem zahraničních věcí Spolkové republiky Německo jako novém rámci pro česko-německé vztahy" (PDF). German embassy in the Czech Republic. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 3 September 2015. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  13. ^ "Czech Vote Against Palestine: Only European Nation At UN To Vote Against Palestinian State Was Czech Republic". The Huffington Post. 30 November 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 September 2015. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  14. ^ "Czech-U.S. Relations". Ministry of Foreign Affairs of the Czech Republic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 October 2015. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  15. ^ "Czechs with few mates". The Economist. 30 August 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 September 2009. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  16. ^ "Resortní rozpočet". Ministry of Defence of the Czech Republic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 August 2015. Diakses tanggal 8 August 2015. 
  17. ^ "Foreign Operations". Ministry of Defence of the Czech Republic. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 March 2016. Diakses tanggal 25 March 2016. 
  18. ^ www.mccanndigital.cz. "Getting to know Czech Republic". Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 July 2014. Diakses tanggal 13 September 2014. 
  19. ^ "World Bank 2007". Web.worldbank.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 May 2008. Diakses tanggal 25 April 2010. 
  20. ^ Aspalter, Christian; Jinsoo, Kim; Sojeung, Park (2009). "Analysing the Welfare State in Poland, the Czech Republic, Hungary and Slovenia: An Ideal-Typical Perspective". Social Policy & Administration. 43 (2): 170–185. doi:10.1111/j.1467-9515.2009.00654.x. 
  21. ^ "GDP per capita in PPS". Eurostat. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 May 2015. Diakses tanggal 16 June 2015. 
  22. ^ Robert Tait. Czech democracy ‘under threat’ from rising debt crisis. The Guardian. 6 January 2019.
  23. ^ "World Economic Outlook Database, April 2019". IMF.org. International Monetary Fund. Diakses tanggal 4 June 2019. 
  24. ^ "World Economic Outlook Database, April 2019". IMF.org. International Monetary Fund. Diakses tanggal 24 April 2019. 
  25. ^ Brandmeir, Kathrin; Grimm, Michaela; Heise, Michael; Holzhausen, Arne. "Allianz Global Wealth Report 2018" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2022-10-09. Diakses tanggal 25 January 2021. 
  26. ^ "Česká ekonomika na konci roku dál rostla, HDP loni stoupl o 4,5 procenta". iDNES.cz (dalam bahasa Cheska). 16 February 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 March 2018. Diakses tanggal 14 March 2018. 
  27. ^ Unemployment rates, seasonally adjusted, September 2016 Diarsipkan 28 December 2017 di Wayback Machine.. Eurostat.
  28. ^ Federica Cocco. Israel and the US have the highest poverty rates in the developed world Diarsipkan 28 December 2017 di Wayback Machine.. Financial Times. Published on 19 October 2016.
  29. ^ "Country Rankings: World & Global Economy Rankings on Economic Freedom". www.heritage.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 November 2018. Diakses tanggal 15 March 2018. 
  30. ^ WIPO. "Global Innovation Index 2022, 15th Edition". www.wipo.int (dalam bahasa Inggris). doi:10.34667/tind.46596. Diakses tanggal 2022-11-16. 
  31. ^ "The Global Innovation Index 2016". The Global Innovation Index. 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 February 2017. Diakses tanggal 31 January 2019. 
  32. ^ "The Global Competitiveness Report 2018". Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 October 2018. Diakses tanggal 17 October 2018. 
  33. ^ "Enabling Trade rankings". Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 March 2018. Diakses tanggal 15 March 2018. 
  34. ^ Economic Complexity Rankings (ECI) Diarsipkan 14 March 2018 di Wayback Machine.. The Atlas of Economic Complexity. Access date 3 October 2017.
  35. ^ LABOR FORCE - BY OCCUPATION Diarsipkan 22 May 2014 di Wayback Machine.. The World Factbook.
  36. ^ "Czech foreign owned companies take second biggest dividend yield in 2017:report". Radio Prague. 7 March 2018. 
  37. ^ "Czech Republic to join Schengen". The Prague Post. 13 December 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 February 2008. Diakses tanggal 8 October 2007. 
  38. ^ "Population change - year 2020". Population change - year 2020 (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-17. 
  39. ^ "Czechia - The World Factbook". www.cia.gov. Diakses tanggal 2021-07-17. 
  40. ^ "Fertility rate, total (births per woman) - Czech Republic | Data". data.worldbank.org. Diakses tanggal 2021-07-17. 
  41. ^ "Czech Republic (Czechia) Population (2021) - Worldometer". www.worldometers.info (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-17. 
  42. ^ a b "Public database: Census 2011". Czech Statistical Office. Diakses tanggal 17 Juli 2021. 
  43. ^ "ČT sport vysílá deset let, nejsledovanější byl hokej". MediaGuru.cz (dalam bahasa Cheska). Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 May 2018. Diakses tanggal 6 May 2018. 
  44. ^ "Prague's Most Popular Sports". Prague.fm. 21 October 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2014. Diakses tanggal 14 May 2014. 
  45. ^ "Golf, florbal a hokejbal pronikly mezi nejoblíbenější české sporty". iDNES.cz. 11 October 2009. 
  46. ^ "Hiking in the Czech Republic". Expats. 16 June 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 October 2016. Diakses tanggal 23 October 2016. 
  47. ^ "Turistické značení KČT". KČT. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 February 2017. Diakses tanggal 23 October 2016. 
  48. ^ The chronicles of Beneš Krabice of Veitmil – the hymn "Svatý Václave" mentioned there as old and well-known at the end of the 13th century [1] Diarsipkan 5 March 2012 di Wayback Machine.
  49. ^ Dějiny české hudby v obrazech (History of Czech music in pictures); in Czech
  50. ^ Hawes 2008, hlm. 29.
  51. ^ Sayer 1996, hlm. 164–210.
  52. ^ "Codex Gigas: The Devil's Bible". Prague Post. 19 October 2005. Diakses tanggal 5 January 2021. 
  53. ^ a b "History of Czech Architecture". eu2009.cz. Czech Presidency of the European Union. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 October 2015. Diakses tanggal 20 July 2015. 
  54. ^ "The History of Architecture". www.czech.cz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 September 2015. Diakses tanggal 18 August 2015. 
  55. ^ Kotalík, Jiří (2002). Architektura barokní (dalam bahasa Cheska) (edisi ke-Deset století architektury). Prague: Správa Pražského hradu a DaDa. hlm. 13. ISBN 978-80-86161-38-9. 
  56. ^ "The Czech Republic". The United Nations Terminology Database. Diakses tanggal 2 September 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]