Presiden Ceko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Presiden Republik Ceko
Prezident České Republiky
Petahana
Petr Pavel

sejak 9 Maret 2023
JenisKepala Negara
KediamanKastil Praha, Praha
Ditunjuk olehPemilu Langsung
Masa jabatan5 Tahun, dapat dipilih untuk satu kali masa jabatan
PendahuluPresiden Cekoslowakia
Pejabat perdanaVáclav Havel
Dibentuk2 Februari 1993; 31 tahun lalu (1993-02-02)
Gaji2,235,600Kč[1]
Situs webwww.hrad.cz

Presiden Ceko (Bahasa Ceko:Prezident České) atau nama resminya Presiden Republik Ceko (Bahasa Ceko: Prezident České republiky) adalah kepala negara Republik Ceko dan panglima angkatan bersenjata Ceko.[2]

Presiden Ceko memiliki kekuasaan yang terbatas pada kekuasaan seremonial saja. Sedangkan urusan pemerintahan dijalankan oleh Perdana Menteri, dan sejak banyak tindakan presiden memerlukan persetujuan perdana menteri yang akhirnya menjadi pertanggungjawaban pemerintah. Tetapi presiden berhak untuk mengangkat perdana menteri, menteri-menteri kabinet, para anggota Bank Nasional Ceko dan mencalonkan para hakim Mahkamah Agung dengan persetujuan Senat.

Miloš Zeman merupakan Presiden Ceko saat ini yang menjabat sejak 8 Maret 2013 dan terpilih kembali pada tahun 2018.

Kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Kontitusi Republik Ceko menetapkan bahwa bentuk negara adalah negara parlementer dengan perdana menteri sebagai figur pemimpin politik dan sekaligus sebagai kepala pemerintahan dan presiden sebagai kepala negara. Namun, status presiden pertama, Václav Havel, memperoleh pengaruh yang lebih besar daripada yang telah ditetapkan para penyusun kontitusi Ceko, meskipun tidak sekuat jabatan Presiden Cekoslowakia.

Kekuasaan Absolut[sunting | sunting sumber]

Presiden Republik Ceko memiliki wewenang untuk bertindak secara independen di sejumlah bidang substantif. Salah satu kekuasaan terkuat adalah hak veto, yang mengembalikan RUU ke parlemen. Meskipun hak veto dapat dikesampingkan oleh parlemen dengan suara mayoritas mutlak (lebih dari 50%) dari semua deputi, kemampuan untuk menolak menandatangani undang-undang bertindak sebagai kontrol terhadap kekuasaan legislatif. Satu-satunya rancangan undang-undang yang tidak dapat diveto atau disetujui oleh Presiden adalah tindakan yang akan mengubah konstitusi.

Kekuasaan Tunggal Terbatas[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa kekuasaan yang dicadangkan kepada presiden, tetapi hanya dapat digunakan dalam keadaan terbatas. Salah satunya adalah pembubaran Dewan Perwakilan Parlemen Republik Ceko. Presiden dapat membubarkan Dewan Perwakilan Parlemen Republik Ceko atas kewenangannya sendiri, memaksa pemilihan baru Dewan Perwakilan itu dalam waktu 60 hari,yang hanya dapat dilakukan di bawah kondisi yang ditentukan oleh konstitusi.

Kekuasaan Bersama[sunting | sunting sumber]

Salah satu kekuasaan presiden yang dapat dilakukan dengan persetujuan pemerintah, sebagaimana dinyatakan dengan tanda tangan perdana menteri. Ini termasuk semua hal yang berkaitan dengan hubungan luar negeri dan penggunaan militer, pengangkatan hakim untuk pengadilan yang lebih rendah, dan pemberian amnesti. Kecuali ketika Dewan Perwakilan telah dibubarkan karena kegagalannya untuk membentuk atau mempertahankan pemerintahan, presiden dapat meminta pemilihan Dewan dan Senat hanya dengan persetujuan perdana menteri

Kekuasaan Seremonial[sunting | sunting sumber]

Banyak kekuasaan presiden Ceko dapat dikatakan seremonial sampai tingkat tertentu, terutama karena presiden memiliki kekuasaan yang relatif sedikit terlepas dari kehendak perdana menteri. Contohnya adalah statusnya sebagai panglima tertinggi militer. Tidak ada bagian dari tugas ini yang dapat dilakukan kecuali melalui persetujuan perdana menteri. Dalam hal perang, dia dalam segala hal hanyalah boneka, karena konstitusi memberikan semua kewenangan konstitusional substantif atas penggunaan angkatan bersenjata kepada parlemen. Faktanya, satu-satunya hal khusus yang diizinkan konstitusi untuk dilakukan presiden sehubungan dengan militer adalah menunjuk jenderalnya – tetapi ini pun harus dilakukan dengan tanda tangan perdana menteri.

Banyak tugas seremonial presiden berada di bawah ketentuan konstitusi yang memungkinkan pelaksanaan kekuasaan "tidak secara eksplisit didefinisikan" dalam konstitusi, tetapi diizinkan oleh undang-undang yang lebih rendah. Dengan kata lain, Parlemen memiliki kekuasaan untuk mengizinkan presiden melakukan tanggung jawab apa pun yang mereka anggap tepat, tanpa harus mengubah konstitusi. Undang-undang semacam itu disahkan pada tahun 1994 sehubungan dengan pemberian penghargaan dan tanda jasa negara[3]. Sementara konstitusi secara eksplisit mengizinkan penganugerahan kehormatan dan pemberian medali oleh presiden hanya dengan tanda tangan perdana menteri, parlemen bertindak pada tahun 1994 untuk memberikan presiden kekuasaan untuk melakukannya atas otoritasnya sendiri. Oleh karena itu, tugas khusus ini secara efektif dibagi antara parlemen dan presiden. Tindakan itu bahkan memungkinkan presiden untuk memilih seseorang untuk melakukan upacara presentasi yang sebenarnya.

Pemberhentian Dari Jabatan[sunting | sunting sumber]

Presiden Ceko dapat diberhentikan dari jabatannya dengan alasan dan keaadan sebagai berikut:

  1. Kematian
  2. Mengundurkan diri dengan menyampaikan pengunduran diri kepada Senat Ceko
  3. Presiden mungkin dianggap tidak dapat menjalankan tugasnya karena "alasan serius" oleh resolusi bersama Senat dan Dewan Perwakilan – meskipun presiden dapat mengajukan banding ke Mahkamah Konstitusi agar resolusi ini dibatalkan.

Dan jika jabatan presiden kosong diakibatkan karena hal-hal tersebut maka jabatannya akan diemban bersama oleh Ketua Senat dan Dewan Perwakilan Ceko.

Daftar Presiden Ceko[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama : Daftar Presiden Ceko

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Prezident Klaus má nárok na 50tisícovou rentu i státní důchod" (dalam bahasa Cheska). Mladá fronta DNES. 17 June 2011. 
  2. ^ Mahoney, William (2011-02-18). The History of the Czech Republic and Slovakia (dalam bahasa Inggris). ABC-CLIO. ISBN 978-0-313-36306-1. 
  3. ^ "Pražský hrad - The Act on the State Decorations of the CR". web.archive.org. 2008-08-02. Archived from the original on 2008-08-02. Diakses tanggal 2022-06-01.