Olomouc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Peta
Lambang Olomouc Lokasi Olomouc di Ceko
Data dasar
Kraj: Olomoucký kraj
Ketinggian: 208–420 m di atas NN
Wilayah: 103,36 km²
Penduduk: 103.523 (2019)
Kepadatan penduduk: 975 jiwa per km²
Kode pos: 77100
Kode wilayah: ...
Nomor pelat kendaraan bermotor: OC, OL, OM
Alamat balai kota: Magistrát města Olomouce

Horní náměstí 1
771 27 Olomouc

Situs web resmi: [1]
Tuan wali kota: Mgr. Miroslav Žbánek, MPA

Olomouc (bahasa Inggris: /ˈɒləmoʊts/ OL-ə-mohts, bahasa AS: /ˈoʊloʊ-/ OH-loh-, bahasa Ceko: [ˈolomouts] secara lokal Holomóc or Olomóc; bahasa Jerman: Olmütz; bahasa Polandia: Ołomuniec [ɔwɔˈmuɲɛts]; bahasa Hongaria: Alamóc; bahasa Latin: Olomucium) merupakan sebuah kota di Moravia yang terletak di sebelah timur Republik Ceko. Kota Olomouc adalah pusat administrasi Wilayah Olomouc (Olomoucký kraj) dan kota terbesar keenam di Republik Ceko. Kota ini memiliki 100.523 jiwa (2019) dan di zona perkotaannya hidup populasi sekitar 480.000 orang.

Olomouc dikenal dengan monumen bersejarahnya, misalnya Kolom Tritunggal Mahakudus telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2000.

Di Abad Pertengahan Olomouc berada kota terbesar ketiga di Wilayah Mahkota Bohemia (setelah Praha dan Wroclaw) dan bersaing dengan Brno untuk status pusat Moravia. Keadaan itu berubah setelah kota Olomouc diduduki oleh tentara Kekaisaran Swedia dari tahun 1642 hingga 1650. Kemudian, pada pertengahan abad ke-18 kota ini dibangun kembali dan menjadi benteng yang sangat kuat dan penting. Oleh karena itu, Olomouc dulu merupakan pusat pertahanan yang pokok dan penting dan juga menjadi kursi dari garnisun militer yang besar. Sejak 1968 kota Olomouc diduduki oleh garnisun pendudukan dari Tentara Soviet.

Palacký University Olomouc[sunting | sunting sumber]

Palacký University di Olomouc yang didirikan pada tahun 1573 adalah universitas tertua di Moravia dan tertua kedua di Republik Ceko. Universitas memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan kota. Dengan lebih dari 25.200 siswa (termasuk yang di Moravian College Olomouc), Olomouc memiliki kepadatan mahasiswa tertinggi di Eropa Tengah. Sebagian besar bangunan universitas terletak di pusat warisan kota. Universitas ini memiliki delapan fakultas.

Iklim dan cuaca[sunting | sunting sumber]

Secara geografis, kota Olomouc dan seluruh Republik Ceho terletak di zona beriklim sedang dan ada empat musim (musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin).

Wali kota[sunting | sunting sumber]

Putra-putri kota[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]