Kevin Lima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kevin Lima
Lahir1960
AlmamaterCalifornia Institute of the Arts
PekerjaanSutradara film, animator, pembuat karakter
Tahun aktif1987-sekarang
Dikenal atasTarzan, Enchanted
Suami/istriBrenda Chapman

Kevin Lima (lahir sekitar tahun 1960) adalah sutradara film berkebangsaan Amerika Serikat yang telah mengarahkan sejumlah film Disney termasuk film debutnya A Goofy Movie pada tahun 1995, Tarzan, 102 Dalmatians, dan Enchanted. Ia menikah dengan Brenda Chapman, seorang sutradara animasi di Pixar.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Lima mempelajari film dan animasi di California Institute of the Arts, selama pertengahan 80-an. Setelah lulus, ia pergi ke Taiwan selama setengah tahun untuk bekerja dalam film The Brave Little Toaster. Kemudian ia bekerja dalam film The Chipmunk Adventure, di mana ia bertemu dengan Glen Keane, salah satu dari banyak seniman yang telah meninggalkan Disney setelah kegagalan The Black Cauldron di bioskop. Keane membujuk Lima untuk melamar di Disney dan ia mendapat pekerjaan meskipun faktanya ia ditolak tiga tahun sebelumnya. Lima bekerja di Disney sebagai animator karakter di film Oliver & Company, sebagai pembuat karakter di film The Little Mermaid dan Beauty and the Beast, dan sebagai penyunting cerita untuk Aladdin. Karena ingin menyutradai, ia meninggalkan Disney untuk Hyperion Pictures di mana ia bekerja pada serial TV Itsy Bitsy Spider dan film seperti Bébé's Kids.[1]

Lima akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi sutradara di Disney dan ia mengarahkan dua film animasi, A Goofy Movie, dan Tarzan. Karena ia ingin sekali menyutradarai film aksi hidup, maka Lima sekali lagi meninggalkan Disney, tetapi segera kembali setelah itu. Berkat Glenn Close, yang menyuarakan karakter dalam film Tarzan, Lima ditawari untuk menyutradarai sendiri 102 Dalmatians, yang baru saja kehilangan sutradaranya. Setelah mengarahkan film aksi hidup pertamanya, ia melanjutkan menyutradarai dua film TV yang dibintangi oleh Julie Andrews, yakni Eloise at the Plaza dan Eloise at Christmastime. Sejak tahun 2000, Lima ingin membuat film Enchanted, tetapi ia berulang kali ditolak karena naskah yang terlalu suram, dan ia tidak "cukup lucu untuk mengerjakan film ini". Ia pun akhirnya memperhalus naskah dan pada tahun 2007 Enchanted dirilis dengan sambutan kritis yang besar.[1]

Sejak menyutradarai Enchanted, Lima telah diatur untuk menyutradarai beberapa proyek termasuk adaptasi fitur aksi-hidup dari kisah klasik Tom Thumb berjudul Thumb,[2] sebuah film yang diadaptasi dari permainan papan terkenal, Candy Land,[3] sebuah pembuatan ulang dari film tahun 1964 The Incredible Mr. Limpet,[4] sebuah film komedi yang dibintangi oleh Hugh Jackman berjudul Avon Man,[5] dan film aksi-hidup tanpa judul untuk Sony Pictures Animation.[6] Pada bulan Juli 2011, DreamWorks Animation mengumumkan bahwa Lima akan menyutradarai Monkeys of Mumbai, yang terinspirasi oleh kisah epik India Ramayana, dan diceritakan melalui sudut pandang monyet tersebut.[7]

Filmografi (sebagai sutradara)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Vespe, Eric (December 14, 2007). "Quint dreams about Disney princesses with ENCHANTED director Kevin Lima!!!". Ain't It Cool News. Diakses tanggal September 21, 2011. 
  2. ^ McNary, Dave (October 7, 2008). "WB, Red Wagon developing 'Thumb'". Variety. Diakses tanggal September 18, 2011. 
  3. ^ Fleming, Michael (February 4, 2009). "'Candy Land' coming to bigscreen". Variety. Diakses tanggal September 18, 2011. 
  4. ^ Goldberg, Matt (June 11, 2009). "ENCHANTED Director Kevin Lima Swims With THE INCREDIBLE MR. LIMPET". Collider.com. Diakses tanggal September 18, 2011. 
  5. ^ Goldberg, Matt (February 17, 2010). "ENCHANTED Helmer Kevin Lima to Direct Hugh Jackman in AVON MAN". Collider.com. Diakses tanggal September 18, 2011. 
  6. ^ Kroll, Justin (January 18, 2011). "Sony Animation buys 'Enchanted' helmer's pitch". Variety. Diakses tanggal September 18, 2011. 
  7. ^ "Kevin Lima to Direct "Monkeys of Mumbai" (Working Title) at DreamWorks Animation" (Siaran pers). DreamWorks Animation SKG, Inc. 20 Juli 2011. Diakses tanggal 20 Juli 2011.  "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-20. Diakses tanggal 2012-02-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]