Beauty and the Beast (film 2017)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Beauty and the Beast
Beauty and the Beast 2017 poster.jpg
Poster teatrikal
Sutradara Bill Condon
Produser David Hoberman
Todd Lieberman
Skenario
Berdasarkan
Pemeran
Musik Alan Menken
Sinematografi Tobias A. Schliessler
Penyunting Virginia Katz
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 23 Februari 2017 (2017-02-23) (Spencer House)
  • 17 Maret 2017 (2017-3-17) (Amerika Serikat)
Durasi
129 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $160 juta[3]
Pendapatan kotor $1,222 miliar[a]

Beauty and the Beast adalah film fantasi musikal tahun 2017 yang disutradarai oleh Bill Condon dari skenario yang ditulis oleh Stephen Chbosky dan Evan Spiliotopoulos, serta diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Mandeville Films.[4] Film ini didasarkan pada film animasi Disney berjudul sama tahun 1991 yang merupakan adaptasi dari dongeng karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumont.[5] Film ini dibintangi oleh Emma Watson, Dan Stevens, Luke Evans, Kevin Kline, Josh Gad, Ewan McGregor, Stanley Tucci, Gugu Mbatha-Raw, Audra McDonald, Ian McKellen dan Emma Thompson.[6]

Syuting utama dilakukan di Shepperton Studios di Surrey, Inggris, pada tanggal 18 Mei 2015, dan berakhir pada tanggal 21 Agustus 2015. Film ini dirilis pada tanggal 17 Maret 2017, dalam format standar, Disney Digital 3-D, RealD 3D, IMAX dan IMAX 3D.[7] Film ini menerima tanggapan positif dari kritikus maupun penonton dan telah meraih pendapatan sebesar $1,2 miliar di seluruh dunia, menjadikannya film dengan pendapatan kotor tertinggi pada tahun 2017 serta peringkat kesepuluh untuk pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di Perancis pada era Rococo, seorang penyihir yang menyamar menjadi pengemis tiba di sebuah pesta dan menawarkan kepada tuan rumah, seorang pangeran berhati dingin, setangkai mawar sebagai ganti untuk tempat berteduh. Setelah ditolak oleh sang pangeran, ia mengutuknya menjadi makhluk buruk rupa dan para pelayannya menjadi perabot rumah tangga, serta menghapus seluruh isi istana dari memori orang-orang yang mereka sayangi. Ia memberikan sang pangeran mawar yang telah disihir dan memperingatkannya bahwa jika dia tidak bisa belajar mencintai seseorang dan balas dicintai sebelum kelopak terakhir gugur, dia dan para pelayannya tidak akan bisa menjadi manusia lagi selamanya.

Beberapa tahun kemudian, di desa Villeneuve, Belle bermimpi akan petualangan dan menolak rayuan dari Gaston, seorang mantan tentara yang arogan. Ayah Belle, Maurice, tersesat di hutan dan pada akhirnya mencari perlindungan di kastil milik Beast, namun Beast menawannya karena memetik mawar tanpa ijin. Belle pergi mencarinya dan menemukannya terkurung di penjara kastil. Beast sepakat untuk mengijinkannya menggantikan Maurice.

Belle berteman dengan para pelayan kastil, yang menjamunya dengan makan malam spektakuler. Saat dia berkeluyuran ke sayap barat yang terlarang dan menemukan mawarnya, Beast yang sangat marah mengusirnya dari kastil. Saat tiba di hutan, ia disudutkan oleh sekawanan serigala. Beast datang tepat waktu untuk menyelamatkannya namun terluka sebagai akibatnya. Belle merawatnya sampai sembuh dan seiring itu mulai menjalin pertemanan dengan Beast. Beast menunjukkan ke Belle hadiah dari sang penyihir, sebuah buku yang bisa membawa pembacanya ke tempat manapun. Belle menggunakannya untuk mengunjungi rumah masa kecilnya di Paris, di mana dia menemukan masker yang digunakan dokter saat wabah. Dia menyadari bahwa ayahnya terpaksa membawanya pergi meninggalkan ibunya yang sekarat untuk mencegahnya ikut terkena wabah.

Di Villeneuve, Gaston sepakat untuk membantu Maurice menyelamatkan Belle dengan harapan Belle akan mau menikah dengannya. Saat Maurice mengetahui niatnya dan menolaknya, Gaston meninggalkannya di tengah hutan untuk dimangsa serigala. Maurice ditolong oleh seorang pengemis, Agathe, namun saat ia menceritakan apa yang terjadi ke penduduk desa, Gaston meyakinkan mereka untuk mengirimkannya ke rumah sakit jiwa.

Setelah berdansa dengan Beast, Belle mengetahui keadaan ayahnya lewat cermin ajaib. Beast membebaskannya agar bisa menyelamatkan Maurice, dan memberikan cerminnya kepada Belle agar dia selalu bisa mengingatnya. Di Villeneuve, Belle membuktikan kewarasan Maurice dengan memperlihatkan Beast lewat cermin ke para penduduk desa. Sadar bahwa Belle mencintai Beast, Gaston mengurungnya bersama ayahnya dan mengerahan penduduk desa menuju kastil untuk membunuh Beast. Maurice dan Belle meloloskan diri dan Belle segera bergegas kembali ke kastil.

Saat pertarungan berlangsung, Gaston meninggalkan Le Fou, yang akhirnya beralih pihak ke para pelayan kastil untuk melawan penduduk desa. Gaston menyerang Beast yang terlalu sedih untuk balik melawan, namun akhirnya mendapat kemauan lagi setelah melihat Belle telah kembali. Ia memutuskan melepaskan Gaston sebelum bersatu kembali dengan Belle. Tanpa disangka, Gaston menembak Beast dari sebuah jembatan yang kemudian ambruk dan membunuhnya. Beast meninggal tepat saat kelopak terakhir gugur dan para pelayan berubah menjadi benda mati. Ketika Belle mengungkapkan cintanya ke Beast, Agathe menampakkan dirinya sebagai penyihir dan membatalkan kutukannya, menghidupkan kembali Beast dan para pelayannya menjadi wujud asli mereka serta mengembalikan memori para penduduk desa. Sang pangeran dan Belle menggelar pesta perayaan, di mana mereka berdansa dengan bahagia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya pada tahun 2009, Disney mulai kemajuan pada film adaptasi dari Musikal Broadway 1994.[8][9] Namun, dalam sebuah wawancara 2011, komposer Alan Menken mulai versi film yang direncanakan dari Beauty and the Beast panggung musik "kalengan."[10]

Pada bulan April 2014, dilaporkan bahwa Walt Disney Pictures mulai mengembangkan versi live-action baru dan remake dari Beauty and the Beast setelah melakukan lainnya live-action film fantasi seperti Alice in Wonderland, Maleficent, Cinderella, dan The Jungle Book.[11] Pada tanggal 4 Juni 2014, Bill Condon menandatangani kontrak untuk menyutradarai film dengan Evan Spiliotopoulos untuk menulis skrip. [12] Condon awalnya direncanakan pada tidak hanya menggambar inspirasi dari film aslinya, tetapi ia juga berencana untuk mencakup sebagian besar, jika tidak semua, dari lagu Menken/Ashman dari musikal Broadway, dengan tujuan membuat film sebagai "lurus ke depan, live-action, besar anggaran film musikal".[13] Pada bulan September 2014, diumumkan bahwa Stephen Chbosky (The Perks of Being a Wallflower) akan menulis ulang script. Menken akan kembali mencetak gol musik film, yang akan menampilkan lagu-lagu dari film asli dan materi baru yang ditulis oleh Menken dan Tim Rice. Pada bulan Juni 2015, Menken mengatakan film ini tidak akan menyertakan lagu-lagu yang ditulis untuk musikal Broadway. [14]

Film[sunting | sunting sumber]

Kepala Sekolah fotografi pada film dimulai pada Shepperton Studios di London pada 18 Mei 2015.[15][16][17] Syuting dengan aktor utama menyimpulkan pada 21.[18][19] Enam hari kemudian, co-produser Jack Morrissey menegaskan bahwa film ini telah resmi dibungkus oleh produksi. .[20]

Musik[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Pada 16 Maret 2015, Disney mengumumkan film ini akan dirilis dalam 3D pada 17 Maret 2017.[15] Presentasi resmi pertama dari film berlangsung di Disney tiga hari, D23 Expo di Agustus 2015.[21]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Menyusul pengumuman pada 22 Mei 2016, [22] Disney perdanakan trailer pertama resmi pada Good Morning America keesokan harinya. [23] Dalam 24 jam pertama, trailer mencapai 91.800.000 pandangan, yang menduduki puncak jumlah tampilan terlihat bahwa jumlah kalinya dalam sejarah, termasuk untuk penggoda untuk film-film lainnya didistribusikan oleh Disney seperti Star Wars: The Force Awakens, Captain America: Civil War dan Avengers: Age of Ultron.[24]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini meraup keuntungan sebanyak $470,787,029 (Rp 6,2 triliun) di Amerika dan $629,975,123 (Rp 8,3 triliun) di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $1,100,762,152 (Rp 14,6 triliun).

Pada pekan pertama, film ini langsung menduduki puncak Weekend Box Office dan meraup keuntungan sebanyak $174,750,616 (Rp 2,3 triliun) dari 4.210 teater. Pada pekan kedua, film ini masih menduduki puncak Weekend Box Office dan meraup keuntungan sebanyak $90,426,717 (Rp 1,2 triliun) dari 4.210 teater, turun 48,3% dibandingkan pekan sebelumnya. Pada pekan ketiga, film ini turun ke posisi kedua Weekend Box Office dan meraup keuntungan sebanyak $45,420,743 (Rp 603,1 miliar) dari 4.210 teater, turun 49,8% dibandingkan pekan sebelumnya. Pada pekan keempat, film ini masih menduduki posisi kedua Weekend Box Office dan meraup keuntungan sebanyak $23,652,605 (Rp 313,9 miliar) dari 3,969 teater, turun 47,9% dibandingkan pekan sebelumnya. Pada pekan kelima, film ini turun ke posisi ketiga Weekend Box Office dan meraup keuntungan sebanyak $13,705,122 (Rp 181,9 miliar) dari 3.592 teater, turun 42,1% dibandingkan pekan sebelumnya. Pada pekan keenam, film ini masih menduduki posisi ketiga Weekend Box Office dan meraup keuntungan sebanyak $9,662,645 (Rp 128,2 miliar) dari 3.315 teater, turun 29,5% dibandingkan pekan sebelumnya.

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan review yang positif dari para kritikus. Dari RottenTomatoes, film ini memiliki rating 71%, berdasarkan 270 ulasan, dengan rating rata-rata 6.6/10. Dari MetaCritic, film ini mendapatkan skor 65 dari 100, berdasarkan 47 kritik. Dari CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Tanggal Kategori Penerima Hasil Ref.
MTV Movie & TV Awards 7 Mei 2017 Movie of the Year Beauty and the Beast Menang [25]
Best Actor in a Movie Emma Watson Menang
Best Kiss Emma Watson dan Dan Stevens Nominasi
Best Duo Josh Gad dan Luke Evans Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Beauty and the Beast Press Kit" (PDF). wdsmediafile.com. Walt Disney Studios. Diakses tanggal April 7, 2017. 
  2. ^ "Beauty and the Beast remake: A traditional tale with a modern twist". University of New York. March 13, 2017. Diakses tanggal April 14, 2017. 
  3. ^ Anne Thompson (March 14, 2017). "'Beauty and the Beast': How Bill Condon Built Hollywood's Most Expensive Musical". IndieWire. Diakses tanggal March 15, 2017. 
  4. ^ McClintock, Pamela (May 24, 2016). "'Beauty and the Beast' Teaser Tops 'Star Wars: Force Awakens' in First Day". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 25, 2016. 
  5. ^ Erbland, Kate. "'Beauty and the Beast' Is a Technological Marvel, But for Its Actors, the Challenge was Daunting". IndieWire. Penske Business Media. Diakses tanggal 23 March 2017. 
  6. ^ Fletcher, Rosie (December 1, 2016). "Beauty and the Beast 2017 cast, trailer, release date and everything you need to know". Digital Spy. Diakses tanggal January 26, 2017. 
  7. ^ Phillips, Ian; Acuna, Kristin (October 27, 2015). "Disney announced all its movies coming in the next 4 years — here's what you have to look forward to". Tech Insider. Diakses tanggal November 3, 2015. 
  8. ^ Marmiroli, Adriana (June 5, 2009). "Alan Menken Adesso musicalanche in Italia" [Alan Menken musicals now in Itaty]. La Stampa (dalam bahasa italian). Diakses tanggal May 21, 2015. 
  9. ^ Hill, Jim (July 1, 2009). "Hollywood bets big on 'Beast,' considers remake of 'My Fair Lady'". Jim Hill Media. Diakses tanggal May 21, 2015. 
  10. ^ Brew, Simon (January 11, 2011). "Alan Menken interview: Tangled, movie scores, musicals, Enchanted 2, Snow Queen and more". Den of Geek. Diakses tanggal January 22, 2011. 
  11. ^ Chitwood, Adam (April 11, 2014). "Rumor: Could Bill Condon Direct Disney’s Live-Action BEAUTY AND THE BEAST?". Collider.com. Diakses tanggal May 20, 2015. 
  12. ^ Kroll, Justin (June 4, 2014). "Bill Condon to Direct Live-Action ‘Beauty and the Beast’ Film for Disney". Variety. Diakses tanggal January 27, 2015. 
  13. ^ Tapley, Kristopher (June 4, 2014). "'Twilight' director Bill Condon will translate Disney's 'Beauty and the Beast' to live action (UPDATED)". HitFix. Diakses tanggal June 5, 2014. 
  14. ^ Robbins, Caryn (June 5, 2015). "Alan Menken Confirms 3 New Songs for BEAUTY AND THE BEAST Film; Broadway Tunes Will Not Be Included". Broadway World. Diakses tanggal June 5, 2015. 
  15. ^ a b Ford, Rebecca (March 16, 2015). "Disney's Live-Action 'Beauty and the Beast' Gets Release Date". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal March 16, 2015. 
  16. ^ Foutch, Haleigh (March 7, 2015). "Todd Lieberman Offers Updates on Allegiant and Disney’s Beauty and the Beast". Collider.com. Diakses tanggal May 19, 2015. 
  17. ^ "On the Set for 5/18/15: Emma Watson Starts ‘Beauty and the Beast’, Oliver Stone Wraps ‘Snowden’, Melissa Mccarthy Finishes ‘Michelle Darnell’ & More". SSN Insider. May 18, 2015. Diakses tanggal May 18, 2015. 
  18. ^ Trumbore, Dave (August 23, 2015). "Emma Watson Wraps ‘Beauty and the Beast’ on ‘Harry Potter’ Anniversary". Collider.com. Diakses tanggal August 23, 2015. 
  19. ^ "Twitter Watch: Emma Watson & Luke Evans Wrap Filming on BEAUTY AND THE BEAST". Broadway World. August 24, 2015. Diakses tanggal August 27, 2015. 
  20. ^ "Disney's Live Action BEAUTY AND THE BEAST Officially Wraps Production!". Broadway World. August 27, 2015. Diakses tanggal August 27, 2015. 
  21. ^ Couch, Aaron; Kit, Borys (August 16, 2015). "Disney Shows off 'Pirates 5,' 'Beauty and the Beast' at D23". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 15, 2015. 
  22. ^ Gallagher, Simon. "Disney's Live Action Beauty & The Beast Trailer Debuts Tomorrow". Diakses tanggal 22 May 2016. 
  23. ^ Collis, Clark. "Beauty and the Beast trailer: Disney's live-action remake debuts first teaser". Diakses tanggal 23 May 2016. 
  24. ^ Gettell, Oliver. "Beauty and the Beast teaser outpaces Star Wars, Marvel in first day". Diakses tanggal 25 May 2016. 
  25. ^ "Here Are Your 2017 MTV Movie & TV Awards Nominations: See The Full List". MTV News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-04-08. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan, atau </ref> penutup tidak ada