Theseus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Theseus and Aethra oleh Laurent de La Hyre

Theseus (bahasa Yunani: Θησεύς) adalah raja dan pahlawan Athena dalam mitologi Yunani, anak dari Aithra. Theseus adalah pahlawan seperti Perseus, Kadmos, atau Herakles. Namanya berasal dari kata θεσμός ("thesmos") yang berarti hukum atau tradisi[1]. Ia pernah menelusuri Labirin buatan Daidalos dengan bantuan benang pemberian Ariadne. Ia berjanji akan menikahi Ariadne, tetapi dalam perjalanan kembali ke negerinya Ia meninggalkan Ariadne di kepulauan Masaponia.

Theseus pernah berperang bersama bangsa Lapith melawan para kentaur.

Dalam A Midsummer Night's Dream karya William Shakespeare, ia adalah raja Athena yang baru saja menaklukkan Hippolyta, ratu Amazon, dan ingin menikahinya. Ia kemudian kedatangan Egeus beserta anaknya Hermia. Egeus ingin agar Hermia menikah dengan Demetrius, tetapi Hermia ingin menikah dengan Lysander. Theseus berusaha meyakinkan Hermia agar menuruti perintah ayahnya. Di akhir cerita, Theseus mengizinkan Hermia menikah dengan Lysander, dan Demetrius dengan Helena. Dan mereka merayakan ketiga pernikahan ini bersama-sama.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "θεσμός - Ελληνοαγγλικό Λεξικό WordReference.com". www.wordreference.com (dalam bahasa Yunani). Diakses tanggal 2017-10-25. 
  2. ^ "Midsummer Night's Dream: Entire Play". shakespeare.mit.edu. Diakses tanggal 2017-10-25.