Strike dan Dip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kompas Brunton Standar, biasa digunakan oleh ahli geologi dalam pengukuran strike dan dip
Kompas Stratum untuk mengukur dip dan dip direction dalam satu langkah

Strike dan Dip mengacu kepada orientasi atau geometri fitur-fitur geologi. Garis strike perlapisan, patahan, atau fitur planar lainnya, adalah garis yang merepresentasikan perpotongan fitur tersebut di bidang horizontal. Dalam peta geologi, strike dan dip digambarkan dengan garis pendek yang dipotong oleh garis yang lebih pendek tegak lurus dengan garis pertama. 

Strike dan Dip perlapisan. 1-Strike, 2-Dip direction, 3-Apparent dip 4-Sudut dip
Garis Strike dan Dip dari bidang mendeskripsikan posisi relatif terhadap bidang horizontal dan bidang vertikal tegak lurus dengan garis strike.

Cara lain untuk merepresentasikan Strike dan Dip adalah dengan Dip dan Dip Direction. Dip Direction adalah azimut dari arah dip yang diproyeksikan ke bidang horizontral (seperti trend dari fitur linear dalam pengukuran trend dan plunge), yang dimana arahnya tegak lurus ( 90°) dari arah strike. Seperti contoh, sebuah dipping 30° ke selatan, akan memiliki strike timur- barat ( dan akan ditulis 090° / 30° S menggunakan strike dan dip ), tetapi akan ditulis sebagai 30/180 menggunakan metode dip dan dip direction

Strike dan dip ditentukan di lapangan dengan kompas dan klinometer atau kombinasi keduanya, seperti kompas Brunton yang merupakan nama seorang penambang di Colorado. Kompas-Klinometer yang mengukur dip dan dip direction dalam satu langkah (seperti di gambar sebelumnya ) sering disebut kompas "stratum" atau " Klar" yang merupakan nama seorang profesor berkebangsaan Jerman. Aplikasi-aplikasi di Ponsel pintar juga tersedia, yang menggunakan akselerometer internal untuk memperoleh pengukuran orientasi. Dikombinasikan dengan GPS, ponsel pintar bisa membaca dan merekam dan lalu mengunggahnya ke peta .[1]

Setiap fitur planar bisa diukur oleh strike dan dip, termasuk Perlapisan sedimen, patahan dan kekar, Cuesta, dike dan sill batuan beku, foliasi metamorf, dan fitur planar lainnya di muka bumi. Fitur linear diukur menggunakan metode yang sama, dimana "plunge" adalah sudut dip dan "trend" analog dengan nilai dip direction.


Apparent dip atau Dip semu adalah nama dari setiap dip yang diukur di bidang vertikal yang tidak tegak lurus dengan garis strike. True dip atau dip asli bisa diukur dari apparent dip menggunakan trigonometri bila diketahui nilai strike. Penampang geologi menggunakan apparent dip ketika mereka digambarkan dalam suatu sudut yang tidak tegak lurus trike.

Notes[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weng Y.-H., Sun F.-S. & Grigsby J.D. (2012). "GeoTools: An android phone application in geology". Computers & Geosciences. 44: 24–30. doi:10.1016/j.cageo.2012.02.027. 

References[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]