Karang Kingman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karang Kingman
Karang Kingman—Gambar Satelit NASA NLT Landsat 7 (Warna Terlihat)

Karang Kingman (Kingman Reef) ialah batu karang tropis seluas 1 kilometer persegi yang terletak di Samudra Pasifik Utara, kira-kira separuh perjalanan antara Kepulauan Hawaii dan Samoa Amerika di 6°24′LU 162°24′BT / 6,4°LU 162,4°BB / 6.400; -162.400. Merupakan yang paling utara dari Kepulauan Line Utara dan teritori tak tergabung dari Amerika Serikat, bagian Kepulauan Terpencil Minor Amerika Serikat, diatur dari Washington, DC oleh AL AS. Batu karang ini tertutup untuk umum.

Ditemukan pada 1789 oleh Kapten Edmund Fanning dari kapal Betsey. Kapten W.E. Kingman menggambarkannya pada 1853. Secara resmi dianeksasi Amerika Serikat pada 10 Mei 1922.

Kingman sekitar 920 mil laut selatan Honolulu.

Pada saatnya, garis pantaninya bisa mencapai 3 km secara melingkar, namun titik tertinggi karang itu sekitar 1 meter dpl dan dibasahi atau terendam air hampir sepanjang waktu, membuat Karang Kingman Reef bahaya maritim. Tak memiliki SDA, tak dihuni, dan tak didukung kegiatan ekonomi. Sebagian batu karang itu melingkungi laguna dalam yang dalam yang digunakan pada 1937 dan 1938 sebagai stasiun pertengahan jalan antara Hawai'i dan Samoa Amerika oleh flying boats Pan American Airways. Pada 1937, Pan Am memiliki rencana untuk melabuhkan kapal North Wind sebagai tanker terapung di Kingman dan menggunakan batu karang sebagai persinggahan flying boats-nya pada rute ke Selandia Baru namun Pan Am meninggalkan gagasan mendapatkan ongkos dukungan kebanyakan kapal tanker yang tak jalan yang menjadi penghalang. Ada pula perhatian bahwa akomodasi semalam yang malam takkan tersedia pada masa kerusakan mekanis. Sebagai akibatnya, Pan Am beralih ke Pulau Canton pada 18 Mei 1939 dan mulai melayani ke Selandia Baru pada 12 Juli 1940.