Capote

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Capote
Capote poster.jpg
Poster film Capote
Sutradara Bennett Miller
Produser Caroline Baron
William Vince
Michael Ohoven
Skenario Dan Futterman
Berdasarkan Capote 
oleh Gerald Clarke
Pemeran Philip Seymour Hoffman
Catherine Keener
Clifton Collins Jr.
Chris Cooper
Musik Mychael Danna
Sinematografi Adam Kimmel
Penyunting Christopher Tellefsen
Perusahaan
produksi
A-Line Pictures
Copper's Town Productions
Infinity Media
Eagle Vision
United Artists
Distributor Sony Pictures Classics
Tanggal rilis
  • 2 September 2005 (2005-9-2) (Festival Film Telluride)
  • 28 Oktober 2005 (2005-10-28) (Kanada)
  • 30 September 2005 (2005-9-30) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 3 Februari 2006 (2006-2-3) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
114 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Kanada[2]
Bahasa Inggris
Anggaran $7 juta[3]
Pendapatan kotor $49,233,161[3]

Capote adalah film biografi drama kriminal tahun 2005 yang disutradarai oleh Bennett Miller dan diproduseri oleh Caroline Baron, William Vince dan Michael Ohoven. Naskah film ini ditulis oleh Dan Futterman berdasarkan buku Capote karya Gerald Clarke. Film ini dibintangi oleh Philip Seymour Hoffman, Catherine Keener, Clifton Collins Jr. dan Chris Cooper.

Film Capote ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 2 September 2005 dan dirilis di Kanada pada tanggal 28 Oktober 2005.[4] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 30 September 2005 secara terbatas dan 3 Februari 2006 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1959, keempat mayat keluarga Clutter ditemukan di peternakan mereka di Kansas. Saat membaca The New York Times, Truman Capote (Philip Seymour Hoffman) terpaku oleh cerita tersebut dan memanggil penyunting majalah The New Yorker William Shawn (Bob Balaban) untuk memberitahu bahwa ia berencana untuk mendokumentasikan tragedi tersebut.

Capote berangkat ke Kansas dan mengundang teman masa kecilmya, Nelle Harper Lee (Catherine Keener), untuk ikut serta. Capote bermaksud untuk mewawancarai mereka yang terlibat dengan keluarga Clutter, dengan Nelle Harper sebagai perantara dan fasilitatornya. Alvin Dewey (Chris Cooper), ketua detektif Biro Investigasi Kansas dalam kasus ini, mengusirnya pergi, namun istri Alvin, Marie (Amy Ryan), sangat menyukai tulisan Capote dan membujuk suaminya untuk mengundang Capote dan Nelle Harper ke rumah mereka untuk makan malam.

Kisah Capote tentang produksi film serta pemerannya membuat Marie terkesan. Seiring waktu, suaminya menjadi ramah terhadap Capote dan mengizinkannya melihat foto para korban. Keluarga Alvin, Nelle Harper dan Capote sedang makan malam saat tersangka pembunuhan, Perry Smith (Clifton Collins Jr.) dan Richard "Dick" Hickock (Mark Pellegrino), tertangkap. Rayuan, penyuapan dan wawasan yang mendalam tentang kondisi manusia memudahkan Capote untuk berkunjung ke penjara di mana terdakwa ditahan.

Capote mulai membentuk kerja sama dengan Perry. Ia memberitahu William tentang maksudnya untuk memperluas ceritanya menjadi sebuah buku. Setelah diadili, Capote mendapat akses lanjutan terhadap pembunuh tersebut dengan menyuap petugas tahanan Marshall Krutch (Marshall Bell).

Capote menghabiskan tahun-tahun berikutnya secara teratur mengunjungi Perry dan belajar tentang hidupnya, kecuali sebuah tugas selama setahun ketika ia pergi ke Maroko dan Spanyol untuk menulis "tiga bagian pertama" dari buku tersebut, didampingi oleh pasangan romantisnya Jack Dunphy (Bruce Greenwood) .

Kisah tentang kehidupan Perry, sikapnya yang menyesatkan dan ketulusan emosionalnya membuat Capote terkesan, yang telah terikat secara emosional dengan Perry meskipun ia memiliki kasus pembunuhan yang mengerikan. Capote membantu Perry dan Dick dengan mencarikan penasihat hukum yang ahli untuk mereka dan mengajukan banding. Ia masih tetap frustrasi karena Perry menolak untuk menghubungkan apa yang sebenarnya terjadi pada malam pembunuhan tersebut.

Meskipun awalnya hal ini merupakan upaya untuk memberikan representasi yang tepat dan memperluas kesempatan Capote untuk berbicara dengan para pembunuh, proses banding berlangsung selama beberapa tahun. Tanpa masalah pengadilan yang dipecahkan, Capote merasa ia terjebak dengan sebuah cerita tanpa akhir dan ia tidak dapat menyelesaikan bukunya. Akhirnya, ia meminta Perry untuk mendeskripsikan pembunuhan tersebut dan pemikirannya pada saat itu dengan jelas. Capote telah memiliki apa yang ia inginkan dari Perry, namun dalam prosesnya, ia melihat sikap tak berperasaan dan egoisme atas tindakannya sendiri.

Dengan segala sesuatu yang sudah ada di tangannya, Capote masih harus menunggu proses banding berakhir sebelum ia merasa bahwa ia dapat menerbitkan karyanya. Seiring berjalannya waktu, novel terlaris Nelle Harper berjudul To Kill a Mockingbird diadaptasi ke dalam sebuah film, namun Capote tidak dapat berbagi kebahagiaan atas kesuksesan temannya dan ia juga terjebak mabuk melalui kesengsaraannya sendiri.

Ketika banding terakhir ditolak, Perry meminta Capote untuk kembali sebelum ia dieksekusi, namun Capote tidak dapat memaksa dirinya untuk melakukannya. Sebuah telegram dari Perry untuk Nelle Harper akhirnya memaksa Capote untuk kembali ke Kansas. Di sanalah ia menjadi saksi mata saat Perry dan Dick dieksekusi.

Capote berbicara dengan Nelle Harper tentang pengalamannya yang mengerikan dan menyesali bahwa ia tidak dapat melakukan apapun untuk menghentikannya. Nelle Harper menjawab, "Mungkin tidak. Faktanya adalah kau tidak mau." Adegan terakhir menunjukkan Capote melihat melalui foto dari kasus tersebut dan pada tulisan dan gambar yang diberikan kepadanya oleh Perry. Epilog menunjukkan bahwa In Cold Blood menjadikan Capote menjadi penulis paling terkenal di Amerika Serikat, juga mencatat bahwa ia tidak pernah menyelesaikan buku lain. Sebuah catatan tambahan untuk film ini memberi kutipan yang akan dipilih oleh Capote untuk judul buku Answered Prayers: "Lebih banyak air mata ditumpahkan di atas doa yang terjawab daripada yang tidak terjawab",[6] kutipan dari Santa Teresa dari Alvila.[7][8]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Philip Seymour Hoffman sebagai Truman Capote
  • Catherine Keener sebagai Nelle Harper Lee
  • Clifton Collins Jr. sebagai Perry Edward Smith
  • Chris Cooper sebagai Alvin Dewey
  • Bob Balaban sebagai William Shawn
  • Bruce Greenwood sebagai Jack Dunphy
  • Katherine Shindle sebagai Rose
  • Amy Ryan sebagai Marie Dewey
  • Mark Pellegrino sebagai Richard "Dick" Hickock
  • Allie Mickelson sebagai Laura Kinney
  • Marshall Bell sebagai Warden Marshall Krutch
  • Araby Lockhart sebagai Dorothy Sanderson
  • Robert Huculak sebagai reporter New York
  • R. D. Reid sebagai Roy Church
  • Rob McLaughlin sebagai Harold Nye
  • Harry Nelken sebagai Sherif Walter Sanderson
  • C. Ernst Harth sebagai Lowell Lee Andrews
  • Jeremy Dangerfield sebagai Jury Foreman

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Capote mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 90%, berdasarkan 187 ulasan, dengan rating rata-rata 8.2/10.[9] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 88 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Capote mendapatkan $28,750,530 di Amerika Utara dan $20,482,631 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $49,233,161, melebihi anggaran produksi film $7 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $324,857, menempati posisi ke-23 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,291,075, menempati posisi ke-13 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Capote (15)". British Board of Film Classification. November 18, 2005. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ "Capote (2005)". British Film Institute. Diakses tanggal August 20, 2015. 
  3. ^ a b c d "Capote (2005)". Box Office Mojo. Diakses tanggal August 20, 2015. 
  4. ^ "Telluride Film Festival 2005". RuthlessReview.com. March 23, 2006. Diakses tanggal March 13, 2018. 
  5. ^ Gritten, David (January 5, 2007). "You wait years for a good Capote film, then two come along at once". The Daily Telegraph. Diakses tanggal March 13, 2018. 
  6. ^ Shelley, Peter (2017). Philip Seymour Hoffman. The Life and Work. Jefferson, North Carolina: McFarland. hlm. 77. ISBN 978-1-476-66243-5. ISBN 1-47666243-6. 
  7. ^ Coughlin, Paul (2008). No More Jellyfish, Chickens or Wimps. Raising Secure, Assertive Kids in a Tough World. Bloomington, Minnesota: Bethany House. hlm. 36. ISBN 978-0-764-20580-4. ISBN 0-76420580-3. 
  8. ^ Ahern, Rosemary, ed. (2012). The Art of the Epigraph. How Great Books Begin. New York City: Simon & Schuster. hlm. 49. ISBN 978-1-451-69327-0. ISBN 1-45169327-3. 
  9. ^ "Capote (2005)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  10. ^ "Capote reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]