To Kill a Mockingbird

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
To Kill A Mockingbird
Halaman muka edisi pertama
PengarangHarper Lee
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
PenerbitJ. B. Lippincott & Co.
Tanggal terbit
11 Juli 1960
Jenis mediaPrint (Hardback dan Paperback)
Halaman296 (edisi pertama, hardback)

To Kill a Mockingbird adalah judul sebuah novel karangan Harper Lee yang diterbitkan pada tahun 1960. Novel ini didasari pada pengamatan penulis terhadap keluarga dan tetangga-tetangganya, serta kejadian-kejadian yang terjadi di sekitarnya pada tahun 1936, ketika penulis masih berumur 10 tahun.

Novel ini terkenal karena bahasanya yang hangat dan penuh humor sekalipun isu-isu yang dibahas merupakan isu serius seperti pemerkosaan dan diskriminasi ras. Sebuah kritik menjelas

Novel ini telah ditinjau ulang (reviewed) oleh setidaknya 30 koran dan majalah. Baru-baru ini, To Kill A Mockingbird dinobatkan menempati peringkast teratas setelah injil dalam daftar "buku yang harus dibaca seseorang sebelum ia meninggal" ("every adult should read before they die")[1] Pada tahun 1962, buku ini diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama dengan arahan sutradara Robert Mulligan, dan berhasil mendapatkan piala Oscar. Sejak tahun 1990, drama yang didasarkan pada cerita buku ini dimainkan secara rutin di Monroeville, Alabama, kampung halaman sang penulis, Harper Lee.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pauli, Michelle (2006-03-02). "Harper Lee tops librarians' must-read list". Guardian Unlimited. Diakses tanggal 2008-02-13. 

Referensi[sunting | sunting sumber]