Laut Chukchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lokasi Laut Chukchi.

Laut Chukchi (Rusia: Чуóктское мóре) adalah salah satu laut yang berada di Samudera Arktik. Laut Chukchi dibatasi di sebelah barat dengan Selat De Long, dan di timur dengan Point Barrow, Alaska, yang di luarnya terletak Laut Beaufort. Selat Bering berada di selatan dan menghubungkannya ke Laut Bering dan Samudera Pasifik.

Pelabuhan utama di Laut Chukchi adalah Uelen di Rusia.

Garis hari internasional melintasi Laut Chukchi dari barat lauat hingga ke tenggara. Hal ini melewati ke arah timur untuk mejauhi Pulau Wrangel serta Okrug Otonom Chukotka di daratan Rusia.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Para ilmuwan meneliti di Laut Chukchi.

Laut ini memiliki luas ± 595.000 km ² (230.000 mil ²) dan hanya dapat dilayari sekitar empat bulan dalam setahun. Fitur geologi utama dari dasar Laut Chukchi adalah 700 km (435 mi) panjang Hope Basin, yang terikat pada timur laut oleh Arch Herald. Kedalaman kurang dari 50 m (164 kaki) menempati 56% dari total area.

Laut Chukchi memiliki sedikit pulau dibandingkan dengan laut lain dari Arktik. Pulau Wrangel terletak di barat laut batas laut, Pulau Herald terletak di dekat batas utara, dan beberapa pulau-pulau kecil berada di sepanjang pantai Siberia dan Alaska.

Laut ini dinamai dari orang-orang Chukchi, yang tinggal di pantai dan di Semenanjung Chukotka. Pesisir Chukchi secara tradisional dilakukan untuk penangkapan ikan, penangkapan ikan paus dan perburuan walrus di laut dingin.

Di Siberia tempat di sepanjang pantai adalah: Tanjung Billings, Tanjung Schmidt, Sungai Amguyema, Vankarem Tanjung, Teluk Kolyuchinskaya , Laguna Neskynpil'gyn, Tanjung Serdtse-Kamen, Enurmino, Sungai Chegitun , Inchoun, Uelen dan Tanjung Dezhnev.

Di Alaska, sungai-sungai mengalir ke Laut Chukchi adalah Kivalina, Kobuk, Kokolik, ukpowruk, Kukpuk, Noatak, Utukok, Pitmegea, Wulik, dan lain-lain . Dari sungai yang mengalir di dari sisi Siberia, Amguyema, Ioniveyem, dan Chegitun adalah yang paling penting.

Penetapan Batas[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas-batas dari "Laut Chukchi "sebagai berikut:

Di Barat. Batas Timur Laut Siberia Timur [dari titik paling utara dari Pulau Wrangel melalui pulau ke Tanjung Blossom ke Tanjung Yakan di daratan utama (176 ° 40'E)].

Di Utara. Sebuah garis dari Point Barrow, Alaska (71°20′LU 156°20′BT / 71,333°LU 156,333°BB / 71.333; -156.333) ke titik paling utara Pulau Wrangel (179 ° 30'W).

Di Selatan. Lingkaran Kutub Utara [66 ° 33'39 "N] antara Siberia dan Alaska.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1648 Semyon Dezhnyov berlayar dari Sungai Kolyma di Arktik ke Sungai Anadyr di Pasifik, namun rute itu tidak praktis dan tidak digunakan untuk 200 tahun ke depan. Pada 1728 Vitus Bering dan pada tahun 1779 Kapten James Cook memasuki laut dari Pasifik.

Pada tanggal 28 September 1878, selama ekspedisi Adolf Erik Nordenskiöld yang membuat seluruh panjang bagian timur laut untuk pertama kalinya dalam sejarah, kapal uap Vega terjebak dalam es cepat di Laut Chukchi. Karena kemajuan lebih lanjut untuk tahun yang mustahil, kapal itu diamankan di perempat musim dingin. Meski begitu, anggota ekspedisi dan kru sadar hanya beberapa mil es-diblokir laut di antara mereka dan perairan terbuka. Tahun berikutnya, dua hari setelah Vega dirilis, ia melewati Selat Bering dan dikukus menuju Samudra Pasifik.

Pada tahun 1913, Karluk, ditinggalkan oleh pemimpin ekspedisi Vilhjalmur Stefansson, hanyut dalam es sepanjang expanses utara Laut Chukchi dan tenggelam, hancur oleh es dekat Pulau Herald. Yang selamat sampai ke Pulau Wrangel, di mana mereka menemukan diri mereka dalam situasi putus asa. Kemudian Kapten Robert Bartlett berjalan ratusan kilometer dengan Kataktovik, seorang pria Inuit, di es Laut Chukchi untuk mencari bantuan. Mereka mencapai Cape Vankarem di pantai Chukotka, pada 15 April 1914. Dua belas selamat dari ekspedisi naas ditemukan di pulau Wrangel sembilan bulan kemudian oleh Raja & Winge, sebuah sekunar Arctic memancing baru dibangun.

Pada tahun 1933, kapal uap Chelyuskin berlayar dari Murmansk, timur terikat untuk mencoba transit dari Laut Utara Rute ke Pasifik, untuk menunjukkan seperti transit dapat dicapai dalam satu musim. Kapal menjadi berat menimpa di dalam es di Laut Chukchi, dan setelah melayang dengan es selama lebih dari dua bulan, hancur dan tenggelam pada 13 Februari 1934 di dekat Pulau Kolyuchin. Selain satu kematian, dia seluruh komplemen dari 104 mampu mendirikan kamp di lautan es. Pemerintah Soviet menyelenggarakan evakuasi udara mengesankan, dimana semuanya diselamatkan. Kapten Vladimir Voronin dan pemimpin ekspedisi Otto Schmidt menjadi pahlawan.

Setelah beberapa kali gagal, kecelakaan terletak di atas tempat tidur Laut Chukchi oleh ekspedisi Rusia, Chelyuskin-70, pada pertengahan September 2006. Dua komponen kecil dari superstruktur kapal ditemukan oleh penyelam dan dikirim ke pembangun kapal, Burmeister & Wain Kopenhagen, untuk identifikasi.

Pada bulan Juli 2009, sebuah massa besar bahan organik yang ditemukan mengambang di laut di lepas pantai barat laut Alaska. Analisis oleh US Coast Guard telah mengidentifikasi sebagai tubuh besar alga mekar.

Pada tanggal 15 Oktober 2010, para ilmuwan Rusia telah membuka stasiun penelitian terapung kutub di Laut Chuckchi. Nama stasiun adalah Severny Polyus-38 dan akan menjadi rumah bagi 15 peneliti selama setahun. Mereka akan melakukan studi kutub dan mengumpulkan bukti-bukti ilmiah untuk memperkuat klaim Rusia ke Arktik.

Fauna[sunting | sunting sumber]

Beruang kutub ditemukan pada es pak Laut Chukchi. Pada kenyataannya, populasi beruang kutub yang ditemukan di laut dan paket es adalah salah satu dari lima populasi Eurasia genetika berbeda dari spesies ini

Minyak dan gas bumi[sunting | sunting sumber]

Rak Chukchi diyakini untuk memiliki minyak dan cadangan gas setinggi 30 miliar barel (4,8 × 109 m3). Beberapa perusahaan minyak bersaing untuk sewa di daerah itu, dan pada tanggal 6 Februari 2008, pemerintah AS mengumumkan bidder yang sukses akan membayar US $ 2,6 miliar untuk hak ekstraksi. Pelelangan telah membuat beberapa kritik dari pemerhati lingkungan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]