Laut Libya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Letak Laut Libya.
Definisi batas selatan Laut Ionia (perbatasannya sama dengan utara Laut Libya). Merah: definisi perbatasan oleh Organisasi Hidrografi Internasional. Kuning: definisi perbatasan tradisional.

Laut Libya (Yunani Λιβυκόν πέλαγος, البحر الليبي dalam bahasa Arab) adalah bagian dari Laut Mediterania, di mana ke utara dibatasi oleh pulau-pulau Yunani Kythira, Kreta, Karpathos dan selatan dengan pantai Libya di Afrika Utara, yaitu Cyrenaica dan Marmarica (pantai yang sekarang Libya timur dan barat Mesir, antara Tobruk dan Alexandria). Penunjukan ini digunakan oleh ahli geografi kuno menggambarkan Mediterania selatan, tetapi istilah ini juga digunakan oleh para penulis perjalanan modern dan kartografer. Garis pantai selatan Kreta yang berbatasan dengan Laut Libya termasuk Pegunungan Asterousia dan Mesara Plain , daerah ini adalah tempat kedudukan penyelesaian yang cukup kuno Zaman Perunggu termasuk situs Kommos, Hagia Triada dan Phaistos.

Berbatasan dengan Laut Ionia di barat laut, utara Laut Kreta, Laut Aegea di timur laut dan Basin di sebelah timur kawasan Mediterania timur. Utara, ada terletak di antara Sisilia dan Tunisia, Laut Sisilia, yang pada gilirannya dibatasi di sebelah barat dengan Selat Sisilia. Pelaut menganggapnya suatu laut terbuka sebagai lawan dari Laut Aegea yang dihiasi dengan pulau.

Laut Libya teridiri dari beberapa pulau kecil di dekat pantai selatan Kreta. Pulau terbesar di Laut Libya adalah Djerba. Pulau-pulau lain di Laut Libya, tergantung pada definisi dan beberapa pulau kecil dekat dengan pantai selatan Kreta, adalah yang terbesar dan hanya dihuni secara permanen adalah Gavdos. Pulau-pulau kecil lainnya termasuk Gavdopoula, Paximadia, dan Chryssi Koufonissi, semua di wilayah perairan Yunani. Laut Libya adalah lebih dingin dari sisa dari Mediterania Timur, terutama di pantai selatan Kreta, karena dalam dasar laut dan arus.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]