Teluk Guinea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 1°0′LU 4°0′BT / 1°LU 4°BT / 1.000; 4.000

Teluk Guinea.

Teluk Guinea adalah bagian dari Samudra Atlantik di barat Afrika. Perpotongan Khatulistiwa dan Meridian (nol derajat lintang dan bujur) di teluk.

Sungai yang mengalir ke Teluk Guinea di antaranya Niger dan Volta. Garis pantai pada teluk termasuk Gelung Benin dan Gelung Bonny.

Sungai Niger di sedimen organik khususnya disetorkan ke laut selama jutaan tahun yang menjadi minyak mentah. Teluk wilayah Guinea, bersama dengan delta Sungai Kongo dan Angola lebih jauh ke selatan, diharapkan untuk menyediakan sekitar seperempat dari impor minyak Amerika Serikat pada tahun 2015. Wilayah ini sekarang dianggap sebagai salah satu minyak terbesar di dunia dan eksplorasi gas.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Asal Guinea nama diperkirakan menjadi daerah di wilayah tersebut, meskipun spesifikasinya yang disengketakan. Bovill (1995) memberikan deskripsi menyeluruh:[1]

Nama Guinea disebutkan membentuk nama Ghana, dijemput oleh Portugis di Maghrib. Penulis ini menemukan ini tidak dapat diterima. Guinea namanya telah digunakan baik di Maghrib dan di Eropa jauh sebelum waktu Pangeran Henry. Misalnya, pada peta bsekitar tahun 1320 oleh kartografer Genoa Giovanni di Carignano, yang mendapat informasi tentang Afrika dari orang setanah airnya di kota perdagangan kuno di Afrika Utara yang bernama Sijilmasa, kita menemukan Gunuia, dan dalam atlas Catalan 1375 sebagai Ginyia. Sebuah bagian dalam Leo [Africanus] (vol. III, 822) poin ke Guinea telah bentuk korup Djenne [2.000 tahun di pusat kota tua Mali pada sungai Niger], kurang terkenal dari Ghana namun demikian selama berabad-abad terkenal di Maghrib sebagai pasar yang besar dan kursi belajar. Bagian yang relevan berbunyi: "Kerajaan Ghinea disebut oleh pedagang Gheneoa bangsa kita, oleh penduduk alami daripadanya Genni dan oleh Portugals dan orang lain Eropa Ghinea...." Tetapi tampaknya lebih mungkin bahwa Guinea berasal dari aguinaou, yang Berber untuk Negro. Marakesh [kota di bagian tenggara Maroko] memiliki pintu gerbang, yang dibangun pada abad kedua belas, disebut Aguinaou Bab, Gerbang Negro (Delafosse, Haut-Senegal-Niger, II, 277-278). Penerapan modern Guinea nama untuk pantai tanggal hanya dari 1481. Pada tahun itu Portugis membangun sebuah benteng, São de Mina (Elmina modern), di Gold Coast, dan raja mereka, Yohanes II, diizinkan oleh Paus [Sixtus II atau Innocent VIII] untuk gaya dirinya Lord Guinea, sebuah judul yang bertahan sampai kepunahan terakhir monarki.

Nama "Guinea" juga diterapkan ke selatan pantai Afrika Barat, sebelah utara Teluk Guinea, yang menjadi dikenal sebagai "Guinea Atas", dan pantai barat Afrika Selatan, di sebelah timur, yang menjadi dikenal sebagai "Guinea Bawah" Nama "Guinea" masih melekat pada nama-nama dari tiga negara di Afrika: Guinea, Guinea-Bissau, dan Guinea Khatulistiwa.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan sejauh barat daya Teluk Guinea sebagai "Sebuah garis berjalan tenggsrs dari Tanjung Palmas di Liberia ke Tanjung Lopez (0°38′LU 8°42′BT / 0,633°LS 8,7°BT / -0.633; 8.700)".[2]

Pulau di Teluk Guinea[sunting | sunting sumber]

Annobon[sunting | sunting sumber]

Annobon, juga dikenal sebagai Pagalu atau Pigalu, adalah sebuah pulau yang merupakan bagian dari Guinea Khatulistiwa.

Bioko[sunting | sunting sumber]

Bioko adalah sebuah pulau di lepas pantai barat Afrika di Teluk Guinea yang merupakan bagian dari Guinea Khatulistiwa.

Corisco[sunting | sunting sumber]

Corisco adalah sebuah pulau milik Guinea Khatulistiwa.

Kepulauan Elobeys[sunting | sunting sumber]

Elobey Grande dan Elobey Chico adalah dua pulau kecil milik Guinea Khatulistiwa.

São Tomé dan Príncipe[sunting | sunting sumber]

São Tomé dan Príncipe resmi menjadi bagian dari Republik Demokratik Sao Tome dan Principe, adalah berbahasa Portugis di Teluk Guinea, di lepas pantai barat Afrika khatulistiwa yang terdiri dari dua pulau, São Tomé dan Príncipe. Mereka berada sekitar 140 kilometer (87 mil) terpisah dan sekitar 250 dan 225 kilometer (155 dan 140 mil), masing-masing, lepas pantai barat laut Gabon. Kedua pulau adalah bagian dari pegunungan vulkanik punah. São Tomé, pulau selatan yang cukup besar, terletak tepat di utara khatulistiwa.

Negara yang berbatasan dengan Teluk Guinea[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://journal.oraltradition.org/files/articles/12ii/2_Hale.pdf
  2. ^ "Limits of Oceans and Seas, 3rd edition". International Hydrographic Organization. 1953. Diakses 7 February 2010.