Teluk Alaska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peta Teluk Alaska.

Teluk Alaska (bahasa Inggris: Gulf of Alaska) adalah lengan dari Samudra Pasifik yang didefinisikan oleh kurva dari pantai selatan Alaska, yang membentang dari Semenanjung Alaska dan Pulau Kodiak di barat sampai Kepulauan Alexander di timur, di mana Teluk Gletser dan Inside Passage berada.

Seluruh garis pantai teluk adalah kombinasi kasar hutan, gunung, dan sejumlah gletser air pasang. Gletser terbesar Alaska, Gletser Malaspina dan Gletser Bering, tumpah keluar ke garis pantai sepanjang Teluk Alaska. Pantai ini sangat menjorok, dengan Cook Inlet dan Prince William Sound dua badan air terhubung yang terbesar. Ini termasuk Teluk Yakutat dan Cross Sound. Teluk Lituya adalah tempat dari tsunami yang tercatat terbesar dalam sejarah. Teluk ini umum dijadikan pelabuhan yang terlindung bagi perahu nelayan.

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Teluk Alaska dianggap sebagai ekosistem Kelas I, yang sangat produktif (lebih dari 300 gram karbon per meter persegi per tahun)[1] berdasarkan data SeaWiFS.

Banyak koral air dalam dapat ditemukan di Teluk Alaska. Primnoa pacifica telah memberikan kontribusi terhadap lokasi ini sehingga dicap sebagai Habitat Areas of Particular Concern.[2] P. pacifica biasanya merupakan karang air dalam yang ditemukan pada kedalaman 150 meter (490 ft) dan 900 meter (3.000 ft) di teluk ini.[3]

Meteorologi[sunting | sunting sumber]

Teluk ini adalah generator besar badai. Selain membuang sejumlah besar salju dan es di Alaska selatan, mengakibatkan beberapa konsentrasi terbesar dari salju dan es di selatan Lingkaran Arktik, banyak badai bergerak ke selatan di sepanjang pantai British Columbia, Washington, Oregon, dan California Selatan (terutama selama kejadian El Niño). Sebagian besar curah hujan dan salju musiman di Pasifik Barat Laut dan Amerika Serikat Barat Daya berasal dari Teluk Alaska.

Jangkauan[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional mendefinisikan batas-batas Teluk Alaska sebagai berikut:[4]

Di Utara. Pantai Alaska.

Di Selatan. Sebuah garis yang ditarik dari Tanjung Spencer, batas Utara [Perairan Pesisir Alaska Tenggara dan British Columbia] sampai Kabuch Point, batas Tenggara [Laut Bering], sedemikian rupa bahwa semua pulau-pulau yang berdekatan termasuk di Teluk Alaska.

Menurut United States Geological Survey Geographic Names Information System, Teluk Alaska dibatasi di utara oleh pantai Alaska dan di selatan oleh garis dari ujung selatan Pulau Kodiak di sebelah barat sampai Dixon Entrance di sebelah timur.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hogan, C. Michael (2011). "Gulf of Alaska. Topic ed. P.Saundry. Ed.-in-chief C.J.Cleveland. Encyclopedia of Earth". National council for Science and the Environment. Diakses tanggal 2013-06-13. 
  2. ^ Stone Robert P; Shotwell S Kalei. (2007). "State of deep coral ecosystems in the Alaska Region: Gulf of Alaska, Bering Sea and the Aleutian Islands" (PDF). In: Lumsden SE et al., eds. The State of Deep Coral Ecosystems of the United States. NOAA Technical Memorandum CRCP-3. Silver Spring, MD: 65–108. Diakses tanggal 2013-06-13. 
  3. ^ Waller, RG; Stone, RP; Mondragon, J; Clark, CE (2011). "Reproduction of Red Tree Corals in the Southeastern Alaskan Fjords: Implications for Conservation and Population Turnover". In: Pollock NW, ed. Diving for Science 2011. Proceedings of the American Academy of Underwater Sciences 30th Symposium. Dauphin Island, AL: AAUS; 2011. Diakses tanggal 2013-06-13. 
  4. ^ "Limits of Oceans and Seas, 3rd edition" (PDF). International Hydrographic Organization. 1953. Diakses tanggal 7 February 2010. 
  5. ^ U.S. Geological Survey Geographic Names Information System: Gulf of Alaska

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 57°LU 144°BT / 57°LU 144°BB / 57; -144