Laut Camotes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Laut Camotes
Camotes sea - outrigger - near Olango island.jpg
Perairan Camotes dekat Pulau Olango
LokasiVisayas
Jenis tubuh airLaut
Permukiman

Laut Camotes adalah laut kecil yang berlokasi di kepulauan Filipina, yang terletak di antara wilayah Visayan Timur dan Visayan Tengah. Berbatasan dengan pulau Leyte di utara dan timur, Bohol di selatan, dan Cebu di barat. Ini berisi Kepulauan Camotes, Pulau Lapinig, Pulau Olango, Pulau Mactan, dan berbagai pulau kecil lainnya.

Laut Camotes terhubung ke Laut Visayan ke barat laut. Laut ini terhubung ke Laut Bohol.

Laut Camotes juga mengandung Terumbu Karang Danajon, yang merupakan karang penghalang ganda satu-satunya di Filipina, yang merupakan formasi geologi yang sangat langka, dan hanya ada 6 karang penghalang ganda di dunia. Danajon terdiri dari dua set terumbu karang besar yang terbentuk di lepas pantai di punggung bawah laut karena kombinasi arus pasang surut yang menguntungkan dan pertumbuhan karang di daerah tersebut.

Pola cuaca[sunting | sunting sumber]

Laut Camotes menjadi tempat dengan pola cuaca yang cepat berubah:

Sebagai patokan, Pola cuaca Amihan Filipina (angin timur laut yang sejuk) dimulai pada bulan November atau Desember dan berakhir pada bulan Mei atau Juni.[1][2]

Sepanjang sisa tahun ini, Filipina mengalami angin barat atau barat daya; musim barat daya, yang disebut sebagai Habagat.[3] Musim Habagat dicirikan oleh cuaca panas dan lembab, seringnya hujan lebat, dan angin yang bertiup dari barat.

Indikator utama dari pergantian antara pola musiman Amihan dan Habagat adalah pergantian arah angin. Dalam sebagian besar tahun, perubahan musim ini terjadi secara tiba-tiba dan terjadi hanya dalam semalam. Dalam beberapa tahun ada periode mungkin satu atau dua minggu di mana angin akan beralih antara pola Amihan dan Habagat beberapa kali sebelum menetap ke pola untuk musim baru.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Philippines : Weather". Lonely Planet (travel guidebook). 
  2. ^ English, Fr. Leo James (2004). Tagalog-English Dictionary. Manila: Congregation of the Most Holy Redeemer. ISBN 971-08-4357-5. 
  3. ^ University of Manila Journal Of East Asiatic Studies, Volumen 5. 1956.